Investasi dengan ragam alokasi aset untuk disesuaikan dengan profil risiko.
22 Dec 2021

Mengenal Reksadana Lebih Dekat

Investasi Reksadana di DBS Treasures

  • Kemudahan investasi 24/7
    Beli, jual, switching, dan registrasi identitas investor online di Aplikasi digibank by DBS.

  • Diversifikasi investasi
    Pilihan alokasi aset investasi mencakup pendapatan tetap, instrumen pasar uang, dan saham.

  • Strategi yang dipersonalisasi
    Tim ahli finansial konsisten mempersonalisasi dan mengkomunikasikan strategi investasi Anda.

Apa itu Investasi Reksadana?

Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Para Manajer Investasi akan menginvestasikan dana investor ke berbagai aset sesuai jenis Reksadana dan alokasi yang tertera pada prospektus. Reksadana terbagi menjadi Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Campuran, dan Reksadana Saham, dengan tingkat risiko dan potensi keuntungan yang berbeda-beda.

Keunggulan & Kekurangan Reksadana

Sebelum mulai berinvestasi, penting bagi Anda untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan Reksadana sebagai berikut:

Keunggulan Reksadana

  • Fleksibel dari sisi dana yang diinvestasikan maupun jangka waktu investasi, karena dapat dijual kembali di hari yang sama.

  • Tidak perlu mengelola sendiri, karena sudah ditangani oleh Manajer Investasi profesional yang berpengalaman mengoptimalkan kinerja Reksadana. Kinerja ini juga selalu dilaporkan perkembangannya sehingga mudah membandingkan antar produk.

  • Tersedia beragam pilihan mata uang USD dan IDR, menjangkau pasar dalam dan luar negeri, serta tingkat risikonya dapat disesuaikan dengan profil risiko investor.

  • Mengurangi risiko investasi karena dana dikelola dengan melakukan diversifikasi kepemilikan ke banyak instrumen.

  • Diregulasi oleh pemerintah serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kekurangan Reksadana

  • Risiko fluktuasi dari pergerakan nilai aktiva bersih yang dipengaruhi berbagai faktor. Namun fluktuasi ini relatif lebih kecil dibandingkan investasi saham.

  • Risiko wanprestasi atau gagal bayar dari Manajer Investasi. Risiko ini dapat diminimalisir dengan memilih Manajer Investasi yang terkemuka dan terbukti kinerjanya.

  • Biaya investasi dikenakan untuk operasional bank custodian maupun tarif Manajer Investasi. Biaya ini bervariasi untuk setiap produk.

Cara Mengetahui Keuntungan Reksadana

Sebagai bagian dari ragam inovasi digital berkelanjutan DBS Treasures, Aplikasi digibank by DBS menawarkan kemudahan investasi Reksadana kapan saja dan di mana saja, termasuk beli, jual, switching, registrasi Single Investor Identity (SID) atau identitas investor yang wajib dibuat sebelum berinvestasi, serta melakukan monitoring atau pemantauan kinerja dan keuntungan yang Anda dapatkan. Keuntungan investasi Reksadana yang berada dalam portofolio Anda dapat dilihat langsung dalam Aplikasi digibank by DBS dengan langkah mudah berikut:

  1. Login ke Aplikasi digibank by DBS

  2. Scroll ke bagian bawah beranda dan klik Reksa Dana

  3. Klik tab Portofolio

  4. Keuntungan dalam nilai (IDR/USD) dan persentase (%) pada tiap produk yang Anda miliki dapat langsung terlihat

Cara Berinvestasi Reksadana

Nikmati keuntungan berinvestasi Reksadana dengan bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures melalui penempatan dana minimal Rp500 juta. Dapatkan strategi manajemen kekayaan yang secara konsisten dipersonalisasi dan dikomunikasikan kepada Anda, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda