Mengenal Kartu Debit GPN dan Keuntungan Dibaliknya

KARTU DEBIT GPN

MENGENAL KARTU DEBIT GPN DAN KEUNTUNGAN DIBALIKNYA

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sistem transaksi non tunai dengan kartu debit di Indonesia  awalnya hanya dilakukan oleh lembaga internasional seperti MasterCard dan Visa. Perusahaan-perusahaan internasional ini membuat sistem payment gateway yang terjadi secara domestik. Namun, saat ini Indonesia sudah berhasil memiliki Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), sebuah sistem payment gateway sendiri yang bisa memproses transaksi non-tunai domestik secara mandiri.

Artinya semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu debit sudah terintegrasi dengan penggunaan jasa dalam negeri sendiri.

Mengenal GPN

Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN adalah sebuah sistem yang memadukan berbagai channel payment gateway dari setiap transaksi perbankan. Ketentuan tentang GPN ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PDAG/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional dan mulai berlaku sejak  1 Januari 2018. 

GPN menjadikan transaksi non-tunai menjadi lebih murah. Karena sistem pembayarannya sudah saling terhubung. Pembayaran dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, kartu debit DBS dapat digunakan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank dengan adanya kartu GPN ini.

Dengan memiliki kartu GPN, itu berarti Anda juga sudah berpartisipasi aktif dalam mendukung infrastruktur negara, membantu kelembagaan dan ekosistem keuangan  nasional.

Jika sebelumnya dengan menggunakan pembayaran kartu debit menggunakan mesin EDC bank lain, Anda dikenakan biaya sekitar 2-3% dari transaksi yang dilakukan, maka sekarang dengan menggunakan kartu debit GPN di EDC bank lain, tarif transaksi non-tunai yang dikenakan menjadi 1% hingga 0%

Keuntungan Menggunakan Kartu Berlogo GPN

GPN memang sengaja dihadirkan untuk menghilangkan biaya-biaya yang tidak perlu dari sistem pembayaran yang selama ini berlaku. Namun, jika ditelisik lebih lanjut, kehadiran kartu GPN ternyata juga memberikan keuntungan-keuntungan bagi banyak pihak seperti berikut ini.

  1. Keuntungan Bagi Pengguna Kartu GPN
  • Bisa digunakan di seluruh channel pembayaran di Indonesia.
  • Lebih mudah dan hemat dalam bertransaksi.
  1. Keuntungan Bagi Merchant
  • Setiap channel pembayaran yang dimiliki oleh masing-masing merchant bisa menerima semua kartu dari semua bank
  • Efisiensi karena setiap merchant tidak perlu memiliki terlalu banyak mesin EDC.
  • Merchant Discount Rate (MDR) yang lebih rendah.
  1. Keuntungan Bagi Setiap Pelaku Industri
  • Bank atau Lembaga lain bisa mengakses semua channel pembayaran yang ada dan bisa menyediakan berbagai fitur pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap nasabahnya.

Sekarang, Anda bisa segera memiliki kartu GPN dengan mengunjungi bank rekanan Anda. Jika Anda adalah nasabah DBS Treasures, jangan ragu lagi dan segera tukarkan kartu debit DBS Anda dengan kartu debit GPN, ya.

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./