Jenis Obligasi
29 Sep 2022

Belum Mengenal Jenis Obligasi? Simak di Sini!

Saat ini, sudah cukup banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan investasi. Instrumen investasi yang ada juga sangatlah beragam, termasuk investasi Obligasi, sehingga Anda dapat lebih leluasa untuk memilih jenis Obligasi yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki.

Instrumen investasi sendiri beragam macamnya, seperti deposito, logam mulia, reksadana, saham, properti, Obligasi, dan masih banyak lagi. Tentunya, masing-masing instrumen investasi tersebut memiliki kelebihan, kekurangan, dan risikonya  masing-masing.

Untuk itu Anda perlu lebih cermat dalam memilih jenis investasi. Saat ini, kita akan membahas mengenai salah satu jenis instrumen investasi yang sering diminati oleh para investor, yaitu Obligasi.

Apa Itu Obligasi?

Obligasi merupakan salah satu jenis instrumen investasi dalam bentuk surat utang yang diterbitkan baik oleh perusahaan maupun pemerintah yang memiliki jangka waktu tertentu. Surat utang ini memiliki artian bahwa penerbit mengakui memiliki utang kepada pemilik Obligasi dengan waktu jatuh tempo yang telah disepakati.

Jika disederhanakan, penerbit Obligasi dapat diartikan sebagai debitur, sementara pembeli Obligasi sebagai kreditur atau dapat disebut juga sebagai investor.

Untuk pembayarannya sendiri, penerbit Obligasi perlu melunasi pokok beserta bunganya. Bunga dalam Obligasi sering disebut sebagai kupon Obligasi.

Untuk dapat berinvestasi Obligasi, Anda bisa mendapatkannya di pasar modal. Perlu diketahui juga bahwa kepemilikan atas Obligasi dapat Anda sesuaikan dengan tren pasar yang terjadi di pasar modal. Sekalipun Obligasi memiliki tanggal jatuh tempo, tidak berarti Obligasi tersebut harus dipegang hingga waktu jatuh tempo, Anda dapat memperjualbelikannya bahkan sebelum tanggal jatuh temponya.

Berbagai Jenis Obligasi

Sebelum Anda memulai berinvestasi Obligasi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis dari Obligasi. Obligasi sendiri terdiri dari berbagai jenis yang dapat dibedakan berdasarkan kategorinya. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Obligasi Berdasarkan Penerbit

Pada dasarnya, setiap badan hukum dapat menerbitkan Obligasi. Namun terdapat berbagai aturan yang mengikat dalam penerbitannya dengan maksud agar tidak merugikan investor. Berikut ini Obligasi dilihat dari lembaga hukum yang berhak untuk menerbitkannya:

  1. Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah atau yang disebut juga government bonds merupakan surat utang yang diterbitkan oleh negara yang secara sah oleh hukum juga dilindungi dengan berbagai peraturan yang mengikat.

Peraturan yang dimaksud termasuk Undang-undang, peraturan pemerintah (PP), peraturan menteri keuangan (PMK), dan masih banyak lagi.

Obligasi pemerintah juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI)
  • Sukuk Ritel (SukRi)
  • Saving Bond Ritel (SBR)
  • Sukuk Negara Tabungan (ST)
  1. Obligasi Pemerintah Daerah

Sesuai namanya, Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk membiayai berbagai proyek di daerah. Dengan begitu, daerah tersebut dapat lebih mandiri secara pembiayaan, pembangunan, juga pengembangan ekonomi sosialnya.

  1. Obligasi Korporasi

Obligasi ini diterbitkan oleh perusahaan tertentu yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan korporasi swasta. Dari segi jangka waktu, Obligasi jenis ini cenderung lebih panjang dengan minimal jangka waktu jatuh tempo satu tahun.

  • Obligasi Berdasarkan Pembayaran Bunga

Terdapat tiga jenis Obligasi yang dibedakan berdasarkan pembayaran bunga, yaitu:

  1. Obligasi Tanpa Bunga

Obligasi jenis ini merupakan surat utang yang tidak memberikan bunga atau kupon Obligasi kepada investornya. Lalu apa keuntungan yang didapatkan? Keuntungan yang didapatkan berasal dari selisih harga jual diskonto dengan nilai yang muncul pada saat diperdagangkan.

Untuk jangka waktu jatuh temponya sendiri, terdapat dua pilihan yaitu pendek (di bawah satu tahun) dan panjang (di atas 10 tahun).

  1. Obligasi Bunga Tetap

Obligasi ini menawarkan tingkat suku bunga yang tetap kepada para investornya hingga saatnya Obligasi tersebut jatuh tempo. Dengan begitu, Anda sebagai investor sudah dapat memastikan keuntungan yang akan diterima.

  1. Obligasi Bunga Mengambang

Untuk Obligasi ini, bunga yang ditawarkan kepada investor dapat berubah-ubah mengikuti indeks pasar uang. Untuk besarannya sendiri memiliki batas minimal yaitu bunga pertama yang ditetapkan akan menjadi besaran bunga minimal yang akan berlaku hingga saat jatuh tempo tiba.

  • Obligasi Berdasarkan Hak Penukaran

Dilihat dari hak penukarannya, Obligasi dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

  1. Obligasi Konversi

Obligasi ini memungkinkan pemiliknya untuk dapat mengkonversikannya menjadi saham perusahaan penerbit tentunya dengan rasio penukaran yang sudah disepakati oleh para pihak terkait.

Tingkat bunga Obligasi ini  tergolong rendah karena dianggap telah diberikan keistimewaan untuk dapat ditukarkan menjadi saham.

  1. Obligasi Tukar

Hampir sama dengan Obligasi konversi, perbedaannya terdapat pada pemegang Obligasi ini dapat mengubah Obligasi menjadi saham afiliasi penerbitnya. Contohnya saham milik anak atau induk perusahaan.

  1. Obligasi Opsi Beli

Obligasi ini memberikan hak pada penerbit untuk dapat membeli kembali Obligasi tersebut kepada investor dengan harga yang sudah disepakati. Pembelian kembali ini bertujuan agar penerbit dapat melunasi utangnya lebih awal.

  1. Putable Bonds

Hampir sama dengan Obligasi opsi beli, namun perbedaannya adalah investor memiliki hak untuk mengharuskan penerbit membeli kembali Obligasi tersebut.

  • Obligasi Berdasarkan Jaminan

Untuk jenis Obligasi berdasarkan jaminan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Secured Bonds

Obligasi ini dijaminkan dengan kekayaan atau aset milik penerbit atau dapat juga dijaminkan pihak ketiga. Obligasi ini terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Mortgage bonds

Obligasi dengan jaminan berupa gedung atau bangunan

  • Collateral trust bonds

Obligasi dengan jaminan berupa saham atau Obligasi milik penerbit

  • Equipment trust certificate

Obligasi yang digunakan untuk mendanai pembelian berbagai jenis aset seperti pesawat, gerbong kereta, truk dan lain sebagainya, kemudian aset tersebut akan dipinjamkan kepada perusahaan

  1. Unsecured Bonds

Sebaliknya, Obligasi ini tidak dijaminkan dengan aset penerbit. Obligasi ini terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Debentures

Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan terpercaya

  • Subordinated debentures

Obligasi yang tidak akan dibayar jika Obligasi yang lebih senior dibayarkan

  • Income Bonds

Perusahaan diharuskan membayar bunga ketika memperoleh laba. Biasanya Obligasi jenis ini digunakan untuk mereorganisasi perusahaan yang dianggap kurang berhasil.

  • Obligasi Berdasarkan Nilai Nominal

Terdapat dua jenis Obligasi pada kategori yang satu ini, yaitu:

  1. Obligasi Konvensional

Obligasi ini memiliki satuan nominal yang cukup besar yaitu kurang lebih senilai 1 miliar rupiah per lot.

Obligasi ini menunjukkan bahwa penerbit meminjam sejumlah dana kepada masyarakat dan tentunya berkewajiban untuk membayar bunganya secara berkala dan juga membayar pokok utang pada jangka waktu yang telah ditentukan.

  1. Obligasi Ritel

Berbeda dengan Obligasi konvensional, nilai Obligasi ritel ini lebih kecil, misalnya 1 juta rupiah.

  • Obligasi Berdasarkan Perhitungan Imbal Hasil

Berdasarkan perhitungan imbal hasil, Obligasi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Obligasi Konvensional

Obligasi ini memiliki pengertian seperti Obligasi pada umumnya yaitu surat berharga yang diterbitkan oleh pihak tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan pinjaman dana sebagai tambahan modal usaha.

Disertai dengan perjanjian pemberian bunga/kupon kepada investor dalam jangka waktu tertentu.

  1. Obligasi Syariah

Dikenal dengan istilah sukuk, perhitungan imbal hasilnya berupa uang sewa dengan perhitungan yang menggunakan prinsip syariah.

Keuntungan Investasi Obligasi

Sebagai pertimbangan, berikut ini beberapa keuntungan dari berinvestasi Obligasi:

  • Instrumen Investasi Relatif Aman

Jika dibandingkan dengan jenis instrumen investasi lain, Obligasi memiliki kelebihannya sendiri yaitu keamanannya, karena ketika perusahaan penerbit Obligasi mengalami kebangkrutan, investor akan lebih diprioritaskan dalam hal pengembalian dana dibandingkan dengan pemegang aset perusahaan.

Dalam kondisi terburuk, investor kemungkinan besar akan mendapatkan uang investasinya kembali sekalipun tidak sepenuhnya.

  • Memberikan Pendapatan Tetap

Dalam berinvestasi Obligasi, investor akan mendapatkan bunga/kupon yang akan dibayarkan pada periode tertentu, seperti setiap tiga atau enam bulan. Karena jumlah dan waktu pembayarannya sudah ditetapkan sejak awal, Obligasi dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan tetap.

  • Cocok Dijadikan Diversifikasi Portofolio

Dalam berinvestasi, Anda disarankan untuk melakukan diversifikasi. Melakukan diversifikasi investasi dapat mengurangi resiko yang mungkin saja terjadi. Dengan imbal hasil yang stabil dan dapat diprediksi, Obligasi dapat dijadikan menjadi salah satu bagian dari diversifikasi Obligasi.

  • Bunga Relatif Lebih Tinggi

Obligasi menawarkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi lain seperti deposito. Dengan bunga ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai investor.

  • Dapat Memberikan Capital Gain

Obligasi memiliki likuiditas yang tinggi dengan artian dapat diperjualbelikan. Anda juga dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga saat Anda membelinya.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan potensi keuntungan berupa capital gain yang didapatkan dari selisih antara harga beli dengan harga jual.

Bersama DBS Treasures, Tentukan Investasi yang Tepat untuk Anda

Jika Anda masih belum mengetahui ingin berinvestasi pada Obligasi yang mana, DBS Treasures hadir untuk mendukung Anda berinvestasi pada instrumen yang tepat.

Fitur dan Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures

Sebagai salah satu perbankan prioritas, DBS Treasures akan memberikan beberapa keuntungan dan fitur-fitur berikut ini:

  • Kupon Reguler

Anda akan mendapatkan pendapatan reguler berupa kupon yang akan diberikan secara berkala selama periode investasi yang telah ditetapkan oleh penerbit Obligasi.

  • Potensi Capital Gain

Ada beberapa jenis Obligasi yang bisa Anda jual kapan saja sebelum jatuh tempo untuk mendapatkan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

Dapatkan kupon dengan tingkat kompetitif di atas rata-rata bunga deposito berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Tidak ada biaya tambahan apapun untuk berinvestasi bersama DBS Treasures. Anda hanya akan membayar spread antara bid dan offer.

  • Transaksi 24/7

Tersedia beragam produk Obligasi yang bisa Anda jual atau beli di Aplikasi digibank by DBS.

Tak hanya itu, persyaratan untuk berinvestasi di DBS Treasures juga sangat mudah, yaitu:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki e-KTP
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki rekening di perbankan prioritas DBS Treasures

Manfaatkan kesempatan kemudahan berinvestasi berbagai jenis Obligasi dan bergabung bersama DBS Treasures sekarang juga. Agar yakin berinvestasi, Anda bisa mencari tahu lebih lanjut seputar Obligasi di laman berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.