Rumah tumbuh
11 Nov 2022

Menabung Dana Renovasi Rumah Tumbuh dengan Reksadana Saham

Pernah dengar tentang rumah tumbuh? Ini merupakan metode pembangunan rumah yang dilakukan secara bertahap dimana Anda bisa menabung terlebih dahulu untuk mencapai target pembangunan rumah impian.  

Reksadana Saham bisa menjadi aset investasi yang tepat bagi Anda untuk mengumpulkan dana renovasi atau pembangunan berlanjut rumah tumbuh ini. Apalagi Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki banyak kelebihan.  

Potensi keuntungannya pun memuaskan tergantung pada produk Reksadana yang dipilih. Namun secara umum, jenis instrumen ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengumpulkan dana pembangunan atau renovasi rumah tumbuh agar Anda tidak terlalu terbebani.  

Tips Investasi yang Bisa Dilakukan 

Mari pahami dulu apa itu Reksadana Saham sebelum mengenalnya lebih jauh. Instrumen ini merupakan jenis Reksadana yang dananya sebagian besar dialokasikan ke dalam bentuk saham atau efek yang bersifat ekuitas.  

Paling tidak 80% dari dana yang diinvestasikan akan dialokasikan ke aset tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan profit optimal dari instrumen tersebut: 

  • Pilihlah Platform dan Produk yang Tepat 

Pertama-tama pilihlah dulu platform yang tepat untuk berinvestasi. Di zaman sekarang ini, investasi Reksadana semakin mudah dilakukan dengan adanya platform online yang fiturnya lengkap dan memadai.  

Namun Anda harus teliti memilih mana platform yang tepat dan benar-benar bisa diandalkan. Salah pilih malah membuat investasi gagal dilakukan dan pada akhirnya tidak bisa mencapai tujuan finansial.  

Pilihan platform yang dipakai akan berpengaruh pada konsistensi Anda dalam berinvestasi. Jika platform-nya mudah dan mendukung dengan fitur yang lengkap maka investasi bisa lebih konsisten. Ini menjadi salah satu kunci penting agar tujuan investasi dapat tercapai.  

Selain memilih platform yang tepat, jangan lupa pilih juga produk Reksadana yang bisa diandalkan. Saat ini ada banyak sekali pilihan produk Reksadana yang bisa diambil.  

Perhatikan baik-baik seperti apa detailnya dan bagaimana performanya beberapa waktu belakangan. Ini akan menjadi acuan penting agar Anda bisa mendapatkan profit yang optimal.  

  • Tentukan Target Waktu dan Jumlah Dana 

Anda harus punya target kapan waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana dana tersebut. Selain itu Anda juga harus menentukan target nominal dana yang harus dikumpulkan.  

Perhitungan ini sangat penting karena membantu Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat menarik dana investasi dan apa saja yang harus dilakukan agar target terpenuhi.  

Tentu saja target ini harus disesuaikan dengan rencana pembangunan rumah tumbuh. Bisa juga Anda menentukan sendiri berapa target dana yang ingin dicapai dan kapan waktu yang tepat untuk menarik dana tersebut.  

Dari sini baru bisa dibuat perencanaan pembangunan atau renovasi sesuai dengan ketersediaan dana hasil investasi.  

  • Perhitungkan Dana Investasi 

Jangan melakukan investasi tanpa perhitungan. Harus ada tujuan yang ingin dicapai dan cari tahu berapa banyak dana yang ingin didapatkan dari hasil investasi tersebut. 

Jika Anda ingin menggunakan instrumen investasi ini untuk melanjutkan pembangunan rumah tumbuh, maka bersiaplah menghitung dananya. Cari tahu berapa target dana yang harus dicapai agar pembangunan rumah tumbuh bisa berlanjut.  

Dari sini Anda bisa membuat perhitungan berapa banyak alokasi dana yang harus diinvestasikan. Sebenarnya perhitungan semacam ini sudah semakin mudah dilakukan.  

Platform investasi di zaman sekarang sudah menyediakan kalkulator atau fitur penghitungan otomatis. Fitur tersebut akan mempermudah Anda untuk menemukan berapa jumlah dana yang sebaiknya dialokasikan.  

  • Lakukan Investasi secara Konsisten 

Pastikan untuk berinvestasi secara konsisten demi tercapainya tujuan. Apalagi biaya renovasi atau pembangunan berlanjut dari rumah tumbuh itu terbilang besar.  

Jadi pastikan untuk konsisten dalam berinvestasi. Jika tadi sudah ditentukan berapa besarnya dana yang harus diinvestasikan atau disetorkan, maka ikuti saja alokasi dana dan jadwal penyetorannya secara teratur.  

Investasi yang konsisten adalah kunci penting untuk mencapai tujuan finansial. Jika sulit untuk konsisten, maka gunakan fitur auto debet yang akan mempermudah penarikan dana investasi.  

Ini jauh lebih menguntungkan karena bisa membantu Anda mencapai tujuan finansial dengan cepat berkat konsistensi setoran dana.  

  • Tarik Dana di Waktu yang Tepat 

Pada dasarnya investasi dalam bentuk Reksadana ini memang terlihat mudah. Salah satu penyebabnya adalah karena investasi ini didukung oleh Manajer Investasi.  

Dana akan dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah berpengalaman. Jadi Anda pun tidak perlu repot-repot memilih saham apa yang akan dibeli sebagai instrumen investasi karena sudah diatur oleh Manajer Investasi.  

Tugas Anda adalah menentukan waktu penarikan dana yang dirasa paling tepat. Pantau terus perkembangan hasil investasi lewat platform yang Anda gunakan.  

Pastikan bahwa dana investasi ditarik di saat profit yang Anda dapatkan mencapai titik optimal dan memang sudah sesuai dengan target finansial yang ingin dicapai.  

Langkah Renovasi Rumah Tumbuh 

Perlu diketahui bahwa rumah tumbuh itu sendiri akan membutuhkan beberapa tahap pembangunan sampai akhirnya bisa mencapai target yang diinginkan. Pembangunan bertahap ini juga bisa disebut renovasi karena ada bagian rumah yang sudah terbangun.  

Jika persiapan dananya sudah matang, maka perhatikan langkah-langkah renovasi rumah tumbuh berikut ini: 

  • Buat Rencana Renovasi 

Pertama-tama buatlah dulu rencana renovasi yang matang. Pembuatan perencanaan renovasi ini sangat penting karena kunci pembangunan rumah tumbuh adalah rencana yang spesifik.  

Sebenarnya rencana pembangunan rumah tumbuh harus dibuat dari awal. Sejak awal pembangunan pertama kali sudah harus ada rencana seperti apa rumah tersebut akan dibangun dan bagaimana urutan prosesnya.  

Rencana renovasi ini harus disesuaikan dengan target yang ingin dicapai dan bagian rumah mana saja yang sudah dibangun terlebih dahulu. Ini bisa didiskusikan dengan vendor (jika sudah ada) atau dibuat gambaran kasarnya terlebih dahulu oleh Anda sendiri sebagai pemilik rumah.  

Adanya rencana yang jelas akan membantu proses pembangunan berjalan lebih lancar dan minim kendala.  

  • Pilih Vendor yang Terpercaya 

Pastikan untuk memilih vendor yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Ini juga tidak kalah penting karena bagaimanapun juga vendor tersebut yang akan membantu mewujudkan rencana renovasi Anda tadi.  

Jika vendornya saja tidak terpercaya dan tidak kompeten maka akan sulit untuk mendapatkan hasil pembangunan yang sesuai dengan keinginan. Sebenarnya pemilihan vendor ini mudah saja jika Anda merasa puas dengan pembangunan sebelumnya.  

Rumah tumbuh ini dibuat secara bertahap, artinya sudah dilakukan pembangunan sebelumnya dan Anda sudah bekerja sama dengan vendor yang bertanggung jawab. Jika kinerja vendor memang bagus, maka bisa dilakukan kerja sama lagi untuk melanjutkan pembangunan.  

Tapi bagaimana jika vendor tersebut kurang bagus dan tidak memuaskan Anda? Carilah vendor baru yang lebih berpengalaman.  

Anda bisa memperhatikan berbagai faktor yang akan mempermudah Anda untuk menemukan vendor terbaik. Misalnya dengan melihat track record dan portofolio rumah yang sudah pernah dibangun sebelumnya.  

  • Diskusikan Material dan Desain 

Selanjutnya diskusikan material dan desain yang akan digunakan pada proses pembangunan. Sebenarnya desain ini lebih mudah untuk dibuat karena Anda pasti sudah punya gambaran saat awal mula membangun rumah.  

Namun hal tersebut bisa saja diubah sesuai dengan kondisi dan selera masing-masing. Selama memungkinkan, maka desainnya tidak harus mengikuti rencana awal.  

Pemilihan material juga benar-benar harus diperhatikan karena kualitas bangunan rumah sudah pasti akan dipengaruhi oleh faktor ini. Pastikan bahwa semua jenis material yang dipakai punya kualitas bagus. 

Sesuaikan juga bahan material dengan kriteria yang Anda inginkan. Supaya lebih leluasa memilih material, maka bersemangatlah investasi di aset Reksadana seperti yang sudah dibahas tadi.  

Salah satu keuntungan membangun rumah tumbuh adalah bisa mengoptimalkan pemakaian material di setiap bagian rumah. Hal ini disebabkan oleh biaya pembangunan yang terasa lebih ringan karena dilakukan bertahap.  

Selama Anda punya persiapan dana yang memadai, maka tidak sulit untuk mendapat material yang berkualitas tinggi.  

  • Perhitungkan Biaya Pembangunan 

Selanjutnya perhitungkan biaya pembangunan secara rinci. Jika Anda sudah mendapatkan dana keuntungan dari hasil investasi Reksadana, maka jadikan sebagai acuan.  

Catat apa saja yang harus dipersiapkan dan buat perhitungan dananya secara rinci. Masukkan juga perhitungan dana yang sudah dikeluarkan sebelumnya, misalnya untuk biaya menyewa vendor.  

Perlu diingat bahwa perhitungan biaya ini bisa saja membengkak dan besarnya dana jauh lebih besar dari hasil profit investasi tadi. Jika ini terjadi maka Anda bisa melakukan perubahan di beberapa poin.  

Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya di bagian tertentu atau mengoptimalkan dana yang sudah ada. 

  • Persiapkan Renovasi Berikutnya 

Sudah dijelaskan bahwa rumah tumbuh adalah jenis rumah yang pembangunannya bertahap. Jika memang tahap pembangunan yang Anda lakukan saat ini belum mencapai hasil akhir, maka harus dilakukan pembangunan berikutnya.  

Ini harus dipikirkan sedini mungkin bahkan di proses pembangunan yang sekarang. Jadi renovasi berikutnya bisa lebih terencana.  

Persiapan ini juga termasuk perhitungan biaya. Jadi begitu dana keuntungan dari hasil Reksadana tadi sudah diambil untuk renovasi, maka segera lanjutkan investasi lagi.  

Nanti keuntungannya bisa dipakai untuk renovasi atau pembangunan yang selanjutnya. Strategi semacam ini sangat cocok diterapkan bagi Anda yang memang berencana membangun rumah secara bertahap demi mencapai hasil yang optimal.  

Investasi Reksadana Saham Aman dan Mudah Bersama DBS Treasures 

Rumah tumbuh memang menjadi solusi tepat bagi Anda untuk mendapatkan rumah impian secara bertahap. Anda bisa mengumpulkan dana terlebih dahulu dengan berinvestasi di aset Reksadana Saham. Saat ini investasi Reksadana bisa dilakukan dengan mudah dan aman melalui DBS Treasures sebagai perbankan prioritas.  

Melalui DBS Treasures, Anda akan terhubung dengan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dan profesional. Dana yang Anda investasikan akan dikelola sebaik mungkin oleh Manajer Investasi.  

Selain itu Anda juga akan mendapatkan tambahan wawasan terkait investasi Reksadana karena adanya dukungan dari tim ahli finansial yang siap memberikan informasi terbaru terkait analisis pasar sesuai aspirasi Anda.  

Sebagai mitra manajemen kekayaan yang profesional, DBS Treasures juga akan menawarkan kemudahan diversifikasi investasi. Ada banyak pilihan produk Reksadana yang bisa dipilih untuk diversifikasi. Tujuannya adalah meminimalkan kerugian dan mengoptimalkan profit.  

Transaksi investasi juga jauh lebih praktis dan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Anda bisa melakukan jual, beli, atau switching Reksadana dengan mudah setelah menyelesaikan registrasi Single Investor Identification (SID). Mudah bagi Anda untuk terhubung dengan beragam pilihan produk Reksadana baik dari Manajer Investasi atau berdasarkan kategorinya.  

Langsung saja mulai investasi Reksadana Saham dengan yakin sekarang juga bersama DBS Treasures. Semakin dini memulai, maka akan semakin cepat tujuan investasi Anda tercapai. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini dan mulai investasi sekarang juga.