Obligasi
29 Nov 2022

5 Tips Tepat Memilih Jenis Obligasi Menguntungkan

Namanya berinvestasi, pasti ingin mendapatkan keuntungan termasuk dalam investasi Obligasi. Setiap Obligasi tentunya berpotensi menguntungkan, namun ada banyak faktor yang mempengaruhinya.  

Dalam memilih Obligasi, Anda tidak hanya berpatokan pada keuntungan yang besar saja. Perlu pertimbangan sejumlah faktor seperti tujuan investasi, lamanya berinvestasi, jenis Obligasi yang cocok, suku bunga, dan lainnya.  

5 Tips Memilih Jenis Obligasi agar Untung 

Agar lebih maksimal dalam berinvestasi, Anda bisa menerapkan beberapa tips memilih Obligasi yang menguntungkan seperti berikut.  

1. Pahami Jenis Obligasi yang Sesuai Target Investasi 

Hal utama yang perlu Anda perhatikan yakni mengenali terlebih dahulu produk investasi. Ibaratnya, Anda harus tahu produk tersebut sebelum memastikan untuk membelinya. Seperti kandungan produk, manfaat, produsen, expired date, dan lainnya.  

Sama halnya dengan produk, jenis Obligasi juga perlu dikenali karena ada banyak. Beda Obligasi, maka beda pula sistemnya sehingga Anda harus bisa membedakannya sebelum membeli Obligasi tersebut.  

Pastikan informasi yang Anda dapatkan mengenai definisi Obligasi dan jenisnya berasal dari sumber tepercaya seperti media besar, situs pemerintah, dan lainnya. Hal ini untuk meminimalisir perolehan informasi yang kurang tepat sehingga membuat Anda mengalami misinformasi yang dapat merugikan diri dalam berinvestasi.  

Pelajari informasi tersebut secara benar karena pemahaman Anda akan sangat membantu ketika memulai memilih Obligasi tersebut dan menjalankan investasinya. Dengan begitu, Anda tidak asal berinvestasi atau justru terkena penipuan.  

2. Tentukan Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi 

Waktu menjadi salah satu faktor yang cukup krusial dan bisa menentukan besarnya investasi. Jika Anda membeli aset Obligasi dalam waktu yang tepat, besar peluangnya untuk meraup untung banyak. Namun, kerugian dalam jumlah besar juga bisa Anda alami apabila tidak memilih waktu yang tepat saat berinvestasi.  

Definisi Obligasi secara sederhana adalah investasi berupa surat utang yang diterbitkan lembaga tertentu. Dalam hal ini, investor bebas untuk membeli Obligasi dengan catatan tahu waktu yang tepat tersebut.  

Banyak yang tertarik membeli Obligasi di pasar sekunder. Hal ini lantaran investasi Obligasi di pasar sekunder memiliki potensi menguntungkan atau capital gain 

3. Pantau Tingkat Suku Bunga 

Hal penting yang perlu Anda ingat, bahwa apapun Obligasinya akan tergantung dari nilai suku bunga. Imbal hasil Obligasi tersebut berbanding terbalik dengan nilai suku bunga.  

Apabila suku bunga turun, justru keuntungan Obligasi berpotensi meningkat dan begitu pula sebaliknya. Sebab itu, pada pemaparan sebelumnya Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berinvestasi Obligasi ini.  

4. Kenali Penerbit Surat Utang 

Definisi Obligasi adalah surat utang yang harus Anda ketahui penerbitnya secara akurat. Ketahui track record penerbit tersebut agar memudahkan Anda dalam memilih Obligasi yang menguntungkan.  

Terutama jika penerbit Obligasi berasal dari luar pemerintah seperti perusahaan swasta. Alasannya karena perusahaan rentan berisiko gagal membayar kewajibannya atau mengalami default sehingga merugikan investor.  

Khusus untuk Obligasi yang diterbitkan pemerintah, Anda tidak perlu cemas masalah tersebut. Secara umum, semua ketentuan Obligasi telah dijamin dalam Undang-undang sehingga ada hukum kuat yang menaungi sistem Obligasi tersebut.  

Selain itu, pastikan pula penerbit Obligasi telah terdaftar dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tips ini untuk mencegah Anda agar tidak mudah terjebak dalam investasi bodong dan waspada pada tawaran investasi dengan keuntungan instan.  

5. Atur Strategi dan Lihat Kondisi Pasar 

Meski investasi tidak menambah beban kerja, bukan berarti investasi mudah dilakukan karena perlu skill dan pengetahuan dalam mengatur strategi yang tepat. Susun strategi berdasarkan tujuan, risiko, waktu, dan sebagainya.  

Penyusunan strategi juga akan lebih mudah apabila Anda turut serta melihat kondisi pasar, khususnya memantau pergerakan suku bunga. Suku bunga dapat berubah kapan saja karena mudah dipengaruhi kondisi ekonomi dan politik negara.  

Sebab itu, Anda harus aktif berita terbaru setiap harinya karena ini berkaitan dengan kondisi pasar atau stabilitas ekonomi saat itu. Biasanya, saat kondisi ekonomi sedang stabil maka risikonya juga lebih kecil.  

Alasan Memilih Jenis Obligasi Pemerintah 

Obligasi ini memang banyak dipilih karena risikonya minim. Namun, ada pula beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika memilih jenis investasi ini.  

1. Mendapat Kupon Secara Berkala 

Obligasi pemerintah menawarkan pemberian kupon atau bunga secara rutin dalam kurun waktu yang sudah disepakati. Biasanya, pembagian kupon dilakukan setiap satu bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali.  

2. Potensial Memperoleh Capital Gain 

Apabila Anda membeli Obligasi dengan harga rendah, lalu berhasil menjualnya dengan harga tinggi, maka disebut capital gain. Ini merupakan potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan cara menjual Obligasi kepada investor umum di pasar sekunder.  

3. Pengembalian Nilai Pokok Saat Jatuh Tempo 

Secara umum, risiko pengembalian modal awal oleh penerbit Obligasi relatif kecil meski tetap ada. Risiko tersebut hanya ada pada Obligasi Korporasi, sementara pemerintah lebih aman dan dijamin oleh Undang-undang.  

4. Keuntungan Relatif Lebih Besar Ketimbang Bunga Deposito 

Alasan lainnya, Obligasi Pemerintah menawarkan kupon yang cenderung lebih besar dibandingkan rata-rata bunga Deposito. Tentu, ini menjadi pertimbangan utama pula bagi investor jika ingin meraup banyak untung. 

5. Bisa Dijadikan Jaminan  

Keuntungan lainnya, Obligasi ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman dari bank. Tak hanya itu, bisa juga untuk membeli saham ke Bursa Efek (Stock Exchange) sehingga keuntungan Obligasi berpeluang berlipat ganda.  

4 Cara Membeli Obligasi  

Setelah memahami pemaparan sebelumnya, terapkan tipsnya dan berikut panduan cara membeli Obligasi.  

1. Tentukan Tujuan Investasi 

Awali dulu dengan menentukan tujuan investasi Anda agar jelas target yang ingin dicapai. Hal ini juga memudahkan Anda dalam memilih jenis Obligasi yang sesuai dengan tujuan investasi tersebut.  

Dalam menentukan tujuan investasi, Anda bisa menyesuaikannya dengan target atau aspirasi hidup. Misalnya, berinvestasi untuk mengumpulkan dana pembangunan rumah, beli mobil, tabungan di masa tua, dan lainnya.  

Tambahkan pula jangka waktu untuk mencapai investasi tersebut karena ada beberapa jenis Obligasi yang membayarkan bunga atau nilai pokok pada jangka pendek atau pajang.  

2. Tentukan Platform Investasi 

Cara membeli Obligasi sekarang ini sangatlah mudah karena ada banyak platform investasi yang menyediakan hal tersebut. Pilihlah jenis platform investasi yang aman, terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan dijamin kredibilitasnya.  

Perlu Anda catat juga bahwa jangan mudah tergoda dengan platform investasi yang menawarkan keuntungan dalam waktu singkat, lalu modalnya kecil, dan sebagainya. Terlebih lagi jika ditawarkan dari orang tak dikenal seperti melalui media sosial, misalnya.  

Hal itu sangatlah berpotensial sebagai penipuan. Bukannya membeli jenis Obligasi, justru Anda terjebak sehingga mengalami kerugian. Kejadian semacam ini juga sudah banyak dialami para korban di luar sana. 

3. Registrasi dan Verifikasi Akun 

Jika sudah pasti jenis platform yang akan digunakan, maka langsung saja buat akun investasi Anda di platform tersebut. Baca dulu pula persyaratan dan segala ketentuan dari sistem kerja platform tersebut agar Anda tidak bingung dalam mengoperasikannya.  

4. Beli Obligasi pada Waktu yang Tepat 

Berikutnya, pahami secara jelas jenis Obligasi dan segala informasi mengenai hal tersebut. Lalu, pantau pasar dan lihat Obligasi yang potensial untuk dibeli. Apabila waktunya tepat, segera lakukan pembelian dengan mengikuti prosedur sesuai ketentuan yang ada di platform investasi.  

DBS Treasures: Investasi Obligasi Mudah, Praktis, dan Tepercaya 

Apabila Anda sedang mencari mitra investasi terutama jenis Obligasi, maka DBS Treasures adalah mitra manajemen kekayaan yang tepat. Perbankan prioritas ini memberikan banyak kemudahan bagi para investornya. Berikut sejumlah kelebihan yang bisa Anda rasakan apabila memilih DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan Anda.  

  • Pembayaran Tersedia dalam Kupon Reguler 

Obligasi di DBS Treasures menawarkan kupon reguler. Kupon reguler merupakan pendapatan yang bisa Anda peroleh selama periode investasi berlaku dan akan dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. 

  • Potensi Meraih Capital Gain 

Dapatkan potensi keuntungan dengan menjual aset Obligasi yang Anda peroleh di pasar sekunder sebelum jatuh tempo.  

  • Peluang Mendapat Kupon Kompetitif 

Anda juga berkesempatan untuk memperoleh kupon kompetitif yang nilainya bisa di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.  

  • Tanpa Ada Biaya Tambahan 

Investasi Obligasi tersebut bebas dari biaya tambahan, Anda hanya dikenakan spread atau selisih dari jual-beli. 

  • Transaksi 24/7 

Setiap transaksi bisa Anda jalankan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS karena sudah ada berbagai fitur lengkap untuk berinvestasi.  

Jadi, Anda bisa berinvestasi kapan saja dan di mana saja hanya melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi tersebut juga user friendly sehingga mudah dioperasikan pengguna.  

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti pembelian, penjualan Obligasi, hingga melakukan registrasi Single Investor Identification (SID). Dengan segala kemudahan tersebut, Anda dapat mengakses dan memantau investasi Obligasi kapan pun dan di mana pun.  

Itulah rangkaian tips dalam memilih jenis Obligasi yang menguntungkan dan bisa Anda buktikan manfaatnya. Berinvestasi Obligasi ini sebetulnya tidak sulit selama Anda memahami dasar-dasar mengenai Obligasi, sistem kerja, dan alurnya.  

Sebagai tambahan, banyak orang yang memandang investasi bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat. Memang betul hal tersebut bisa terjadi, tapi juga tergantung dari jenis investasi dan strateginya.  

Ada kalanya investasi tersebut nilainya melonjak tinggi karena faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kondisi pasar saat itu. Namun, yang pasti harus diperhatikan adalah pemilihan mitra manajemen kekayaan yang sesuai.  

Berdasarkan ulasan dan sejumlah keunggulan yang diberikan DBS Treasures, maka pantas dipilih sebagai mitra yang tepat agar Anda yakin berinvestasi. Apalagi sistem investasinya membuka akses cukup dari handphone saja.  Informasi selengkapnya bisa Anda lihat di sini.