Anda dapat mewujudkan impian masa pensiun yang nyaman
16 Jan 2023

Langkah memulai perencanaan pensiun

Dalam hal perencanaan pensiun, tidak ada satu rencana yang cocok untuk semua orang. Pensiun memiliki arti yang berbeda bagi tiap pribadi - faktanya, aspirasi pensiun terus berkembang seiring berjalannya waktu. Meskipun perencanaan keuangan harus memenuhi kebutuhan dan keinginan individu, kebutuhan untuk memiliki cukup uang untuk hidup nyaman di usia emas tetap sama. Dengan perencanaan yang memadai dan disiplin untuk menjalankan rencana, Anda dapat mewujudkan impian masa pensiun yang nyaman.

Berikut adalah beberapa tips kunci agar siap pensiun:

  1. Bangun tabungan Anda

    Ketika Anda masih muda, pensiun mungkin tampak seperti mimpi yang jauh, tetapi tidak ada istilah terlalu dini untuk mulai mempersiapkannya. Jauh lebih baik menabung daripada menghabiskan seluruh gaji. Untuk hasil terbaik, pilih rekening bank yang memberikan tingkat bunga tabungan yang baik, dan/atau memiliki bonus yang dapat semakin meningkatkan tabungan yang Anda sisihkan dari gaji bulanan

  2. Cari tahu berapa pendapatan pensiun yang Anda butuhkan

    Pikirkan gaya hidup ideal Anda saat berhenti bekerja dan berapa banyak dana yang Anda perlukan untuk pensiun. Mulailah dengan mencari tahu pendapatan pensiun bulanan yang Anda perlukan dengan mempertimbangkan anggaran kebutuhan sehari-hari Anda seperti biaya bahan makanan, transportasi, utilitas, dll. Pastikan juga untuk menyiapkan biaya terkait perawatan kesehatan. Selanjutnya, sertakan anggaran pengeluaran tak direncanakan seperti rencana perjalanan, biaya pembelian smartphone baru setiap kali edisi terbaru keluar, dan lainnya. Kalikan pendapatan pensiun bulanan yang diinginkan dengan jumlah tahun pensiun untuk memberi Anda gambaran tentang berapa banyak dana yang diperlukan untuk pensiun. Setelah mengetahui berapa banyak dana yang dibutuhkan saat pensiun, pastikan untuk menyesuaikan angka tersebut ke atas sesuai inflasi, yang meningkatkan biaya hidup dari tahun ke tahun.

  3. Investasikan uang ekstra Anda

    Alih-alih meninggalkan semua uang Anda di rekening tabungan, mengapa tidak menyalurkan uang ekstra Anda ke rencana investasi seperti Obligasi dan Reksadana? Anda juga dapat mempertimbangkan kombinasi investasi sekaligus atau rencana investasi berkala.

  4. Lindungi & kembangkan uang Anda dengan asuransi

    Seiring mencari segala cara untuk menabung dan mengembangkan uang, Anda perlu memastikan bahwa uang hasil jerih payah tersebut juga terlindungi. Paket lengkap asuransi yang mencakup kesehatan, rawat inap, jiwa, penyakit kritis, kecelakaan diri, dan lainnya dapat membantu.

    Lainnya, seperti rencana tabungan asuransi, polis asuransi dwiguna, dan asuransi unit-link juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kas sambil memberikan perlindungan tambahan pada portofolio asuransi.

  5. Diskusikan dengan manajer perencanaan kekayaan Anda

    Meskipun hampir semuanya dapat dilakukan sendiri secara online, terkadang insight manusia membuat perbedaan besar. Manajer perencanaan kekayaan dapat membantu Anda memperkirakan jumlah pendapatan pensiun yang dibutuhkan dan membuat rencana pensiun khusus untuk Anda berdasarkan kebutuhan pribadi. Dia juga dapat memberikan solusi tabungan dan investasi yang dapat membantu Anda mewujudkan rencana pensiun.


Pelajari dari ahlinya

Dapatkan ketenangan pikiran dengan perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun dan Manfaat Meninggal Dunia hingga 100% Uang Pertanggungan, Manfaat Pembayaran Tunai 20% Uang Pertanggungan di usia 70 tahun, dan Premi Dasar bernilai tetap selama masa pembayaran.

Be future ready

Agar yakin dan selalu terdepan mempersiapkan masa depan.

Di setiap tahap kehidupan dengan solusi komprehensif.