Kiat Sukses Startup Pakai Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan
20 Feb 2022

Kiat Sukses Startup Pakai Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pesatnya transformasi digital membuat bisnis startup kian melejit. Untuk membangun bisnis ini, Anda bisa menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan terlebih dahulu. Ada banyak macam ide bisnis startup yang bisa Anda coba dengan modal tersebut.

Riset Google, Temasek, dan Bain & Company mengungkapkan total Gross Merchandise Value (GMV) di Indonesia mencapai US$70 miliar pada 2021 dan diperkirakan pada tahun 2025 meningkat dua kali lipat. Maka, tidak mengherankan jika bisnis startup begitu menjanjikan. Dengan pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan Anda bisa segera memulainya.

Apa Itu Startup?

Hidup di era digital tentunya membuat Anda tidak terlalu asing dengan istilah startup. Sebuah bisnis yang sangat populer di masa sekarang, terutama kalangan anak muda. Startup secara bahasa diartikan sebagai rintisan atau perusahaan rintisan.

Startup termasuk jenis usaha yang difokuskan pada satu produk atau jasa untuk memberikan solusi pada konsumen. Bedanya dengan bisnis lainnya, startup ini memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankannya serta untuk peningkatan pertumbuhan bisnis. Sebab itu, bisnis ini kerap dikenal bisnis digital atau usaha di bidang teknologi.

Modal bisnis startup bergantung dari kebutuhan pasar. Meski membutuhkan modal yang lumayan banyak, bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkan bisnis ini. Solusinya, ada pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa Anda dapatkan dengan cepat dan mudah.

5 Ide Bisnis Startup Berpeluang Sukses

Tertarik bisnis startup, tapi bingung mau buat yang bagaimana? Tenang, Anda bisa simak beberapa ide bisnis startup yang dapat dicoba berikut ini.

  1. Bisnis layanan antar
    Teknologi digital membuat berbagai aktivitas bisa dilakukan secara instan seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bisa diperoleh dari layanan antar. Salah satu yang populer adalah delivery makanan, minuman, atau kebutuhan pokok.
    Masa pandemi Covid-19 juga mendorong penggunaan layanan antar tersebut sehingga bisnis ini semakin berkembang. Saat ini telah ada jasa delivery makanan yang sering digandrungi konsumen. Dengan menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda juga bisa merintisnya pula. Anda bisa membangun jasa layanan antar untuk produk lainnya yang dibutuhkan dan barangkali belum ada di sekitar Anda.
  2. Startup edukasi dan pelatihan
    Edukasi masa kini tidak lagi tergantung dari pendidikan formal karena semua orang bisa belajar dimanapun dan kapanpun melalui internet. Ini bisa menjadi peluang Anda untuk membangun bisnis berupa startup edukasi atau pelatihan. Saat ini banyak orang juga membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan skill terutama yang berkaitan dengan teknologi digital seperti coding, data analyst, digital marketing, dan sebagainya.
    Teknologi digital akan terus berkembang sehingga kebutuhan terhadap skill tersebut juga meningkat. Untuk itu, peluang pasar bisnis ini terbuka lebar. Dalam membangun bisnis ini Anda juga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki background IT. Anda bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk merekrut karyawan yang ahli IT dan mulai merintis bisnis tersebut bersama.
  3. Bisnis jasa digital bagi UMKM
    Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sektor UMKM memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian dalam negeri, yakni nilainya sekitar 61% untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Namun, para pelaku UMKM tersebut masih terbatas dalam menjalankan bisnis secara digital.
    Kendala tersebut bisa menjadi ide bisnis startup Anda. Bermodalkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang dimiliki, Anda dapat membuka bisnis jasa digital bagi para pelaku UMKM. Jasa digital tersebut bisa berupa layanan platform penjualan, digital marketing, campaign product secara digital, digitalisasi pencatatan keuangan, dan lainnya.
  4. Bisnis layanan keamanan siber
    Menggunakan teknologi digital tidak hanya instan, tapi juga memiliki kekurangan seperti peretasan atau pembobolan data. Hal tersebut dapat mengancam keamanan siber dan data pengguna. Mengenai masalah tersebut, bisnis layanan keamanan siber ini dapat menjadi solusinya.
    Bisnis sangatlah dibutuhkan mengingat pentingnya menjaga keamanan data konsumen bagi suatu perusahaan. Membangun bisnis tersebut dengan pinjaman modal usaha tanpa jaminan menguntungkan karena banyak orang yang membutuhkan layanan tersebut. Apalagi yang di daerah pedesaan yang terbatas tenaga ahli siber.
  5. Bisnis Internet of Things (IoT)
    Layanan digital tak hanya berwujud software seperti aplikasi, tapi juga barang kebutuhan sehari-hari yang bisa dihubungkan ke perangkat digital. Misalnya, bola lampu pintar, smart CCTV, penyedot debu elektronik, dan sebagainya. Produk-produk tersebut merupakan produk IoT yang sekarang banyak diminati.
    Dana pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan yang Anda miliki dapat digunakan untuk menjual produk IoT tersebut. Bisa juga dijadikan bisnis layanan Software as a Service (SaaS) untuk mendukung sistem IoT ini.

5 Tips Memulai Bisnis Startup

Ide bisnis startup ini menarik bukan? Bagi Anda yang ingin mewujudkan mimpi memiliki startup sendiri dan menjalankan bisnis tersebut, bisa simak tipsnya sebagai berikut.

  1. Pembentukan tim solid
    Sebuah bisnis baik startup pun harus dibangun dengan tim yang solid guna mencegah kegagalan. Dalam merekrut anggota tim atau karyawan, pilihlah yang tidak hanya kompeten tetapi juga memiliki visi dan misi selaras. Hal ini akan mempererat kerja sama sehingga bisnis bisa berjalan optimal.
  2. Temukan investor yang tepat
    Namanya usaha pasti membutuhkan modal, apalagi bisnis startup yang modalnya tidak sedikit. Meski Anda sudah memiliki dana pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan, bukan berarti tidak memerlukan investor. Investor sangatlah penting untuk membantu mengembangkan bisnis tersebut.
    Investor dengan dana yang besar belum tentu menguntungkan bisnis Anda. Pilihlah investor yang memang berkomitmen dan memiliki tujuan yang sama agar bisnis dapat berkelanjutan. Jangan mudah tertipu dengan penawaran besar dari investor yang memiliki maksud tertentu sehingga merugikan bisnis Anda.
  3. Evaluasi diri dan belajar
    Apabila Anda sudah berpengalaman dalam dunia bisnis, bukan berarti Anda tidak perlu belajar tentang bisnis startup jika ingin membukanya. Setiap bisnis memiliki strategi masing-masing, termasuk bisnis startup ini sehingga Anda juga perlu memperkaya pengetahuan tentang hal tersebut.
    Menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan Anda bisa mengikuti kegiatan webinar, pelatihan, atau bootcamp yang banyak tersedia di berbagai platform online.
    Selain itu, tidak lupa untuk selalu evaluasi diri terhadap perencanaan atau bisnis yang telah Anda mulai. Hal ini bertujuan agar selalu ada perbaikan dalam bisnis startup tersebut. Sebagai tambahan, evaluasi terhadap bisnis Anda juga akan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen dan turut meningkatkan kualitas pelayanan.
  4. Pilih mentor yang tepat
    Bukan hanya belajar ataupun evaluasi diri, memiliki mentor juga penting dalam berbisnis. Mentor dapat memberikan arahan, saran atau sekadar teman diskusi di saat Anda mengalami persoalan dalam bisnis startup tersebut.
    Hal ini dikarenakan bisnis seperti startup tidak hanya bisa mengandalkan kemampuan diri atau rekan kerja. Diperlukan mentor bisnis yang tepat agar semakin memperkaya pengetahuan dalam ekosistem startup dan cara kerjanya. Tidak hanya itu, mentor bisnis juga dapat membantu Anda dalam mengevaluasi kegiatan usaha yang dijalankan.
    Ditambah lagi, berawal dari mentor tersebut Anda bisa menemukan relasi baru. Relasi yang barangkali mampu menjadi rekan bisnis ataupun investor yang akan memperluas jaringan Anda. Ini juga membuka peluang ekspansi bisnis Anda secara luas melalui koneksi tersebut.
  5. Mendesain roadmap bisnis
    Mendirikan bisnis tanpa ada tujuan dan planning hanya akan menjadi rencana besar tanpa eksekusi yang tepat. Makanya, roadmap penting dimiliki oleh seorang wirausaha seperti pebisnis startup ini. Roadmap berperan utama dalam mengarahkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.
    Di sisi lain, melalui roadmap akan terlihat lebih jelas tahapan yang harus Anda lakukan dalam menjalankan bisnis. Untuk memaksimalkannya, gunakan juga master timeline. Dua hal ini bermanfaat dalam analisis ide, pernyataan, riset, hingga pemantauan usaha tersebut.

Cepat Memulai Bisnis dengan Modal DBS KTA

Ingin berbisnis tapi tidak punya modal? Ini merupakan kendala paling umum ditemukan ketika seseorang ingin menjadi entrepreneur. Tidak memiliki dana bukan berarti Anda tidak bisa membangun bisnis tersebut. Sekarang ada banyak produk pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang akan membantu Anda meraih mimpi menjadi seorang entrepreneur atau bahkan founder.

Rasanya tentu keren mendengar label founder sebuah startup sehingga banyak generasi sekarang yang berani memulai bisnis startup. Terkait pilihan pinjaman, Anda bisa mengajukan DBS KTA dari Bank DBS Indonesia. Sebuah produk pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan beberapa keunggulan berikut ini.

  1. Batas maksimal dana hingga 300 juta
    Jangan risau dengan jumlah dana yang dipinjamkan karena DBS KTA menyediakan modal bisnis hingga 300 juta. Dengan modal sebanyak itu, Anda bisa mulai menyewa kantor, merekrut karyawan yang ahli dibidangnya, dan membeli berbagai perangkat elektronik ataupun multimedia yang dibutuhkan.
  2. Bunga tetap mulai dari 0,88% per bulan
    Mengenai bunga pinjaman, Anda tidak perlu cemas karena DBS KTA menawarkan bunga tetap atau bunga flat. Besar bunganya pun relatif rendah yakni mulai dari 0,88% per bulan. Jadi, cicilan masih bisa dilunasi seiring berjalannya bisnis tersebut.
  3. Maksimal periode cicilan hingga 36 bulan
    Anda juga tidak perlu takut berlebihan karena tidak bisa melunasi cicilan. DBS KTA memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melunasi cicilan maksimal dalam waktu 36 bulan. Itu termasuk periode cicilan dalam jangka panjang yang setidaknya tidak terlalu membebankan nasabah.
  4. Syarat pengajuan mudah
    Syarat mengajukan pinjaman tersebut termasuk mudah, yakni ada e-KTP, NPWP, pendapatan minimal Rp5 juta, memiliki kredit bank lain dengan limit minimum 10 juta, dan berdomisili di daerah Jabodetabek, Semarang, Bandung, atau Surabaya.

Dalam membangun bisnis sebaiknya benar-benar diperhitungkan segala aspeknya. Jangan mendirikan bisnis hanya karena ikut-ikutan tren saja karena bisnis startup yang sedang marak. Buatlah bisnis yang mampu memberikan solusi atau memecahkan masalah konsumen. Hal itu dikarenakan bisnis yang terus berjalan adalah bisnis yang selalu dibutuhkan.

Demikian informasi tentang membangun bisnis startup mulai dari pengertiannya, ide, tips untuk memulai usaha startup tersebut, hingga sederet keunggulan menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari DBS KTA. Berbagai keunggulan tersebut tidak hanya tidak mengherankan jika DBS KTA menjadi produk pinjaman yang begitu direkomendasikan.

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)