KEUNTUNGAN UT SAVING PLAN BAGI ANDA YANG AKAN MEMULAI INVESTASI REKSADANA

KEUNTUNGAN UT SAVING PLAN BAGI ANDA

Investasi adalah kegiatan penanaman aset, saham atau dana untuk jangka waktu tertentu dengan harapan mendapat imbal balik dan potensi keuntungan   di masa depan. Banyak hal yang dapat Anda wujudkan dengan berinvestasi, seperti misalnya untuk memenuhi kebutuhan masa depan, meningkatkan aset, menambah sumber penghasilan tiap bulan, persiapan dana pensiun hingga dengan mengembangkan usaha.  Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan wawasan agar Anda dapat mengambil keputusan finansial yang akurat di saat yang tepat.

Meskipun demikian, rupanya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana dan kemana mereka harus berinvestasi. Minimnya  informasi dan banyaknya investasi “bodong”, membuat kegiatan investasi  harus diawasi dan dikelola oleh lembaga yang memiliki kredibilitas. Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi, berikut langkah dan tips yang dapat Anda lakukan.

LANGKAH AWAL BERINVESTASI

  • Buat tujuan berinvestasi
    Sebelum melakukan investasi, Anda harus memiliki mimpi yang ingin dicapai sebagai tujuan. Seperti simpanan hari tua atau tabungan pendidikan buah hati Anda. Dengan memiliki tujuan, Anda akan mendapat motivasi untuk konsisten secara rutin setiap bulannya dalam berinvestasi.

  • Menghitung jangka waktu berinvestasi
    Setelah membuat tujuan investasi, Anda harus menghitung jangka waktu sampai tujuan tersebut terwujud. Sehingga tujuan Anda dapat terealisasi sesuai dengan tenggat waktu yang Anda buat.

  • Mencari informasi tentang investasi
    Sebagai investor, Anda juga harus banyak menggali informasi terkait dengan perkembangan pasar dan investasi saham. Dengan memperkaya pengetahuan dan informasi tersebut, Anda tidak akan merasa bingung lagi untuk mengelola portofolio investasi kedepannya.

  • Pilih produk investasi
    Sebagai investor, Anda harus memilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Reksadana bisa menjadi salah satu alternatifnya. Karena dapat dimulai dari modal yang terjangkau, investasi Anda juga akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. Selain itu, investasi ini juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Rutin berinvestasi setiap bulan
    Dengan rutin berinvestasi, maka aspirasi Anda perlahan akan segera cepat terwujud. Hal yang dapat Anda lakukan adalah menyisihkan sebagian dari dana yang  Anda miliki.

JENIS - JENIS REKSADANA

Reksadana merupakan pilihan instrumen investasi yang menghimpun dana milik para pemodal yang kemudian dikelola oleh Manajer Investasi. Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan reksadana, berikut beberapa jenisnya yang perlu diketahui.

  • Reksadana Pasar Uang
    Bentuk reksadana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang atau obligasi berjangka pendek kurang dari satu tahun. Memiliki tingkat risiko yang rendah dan tergolong stabil dibandingkan dengan reksadana lainnya. Karena reksadana pasar uang merupakan investasi dengan aset yang mudah dicairkan, sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai berinvestasi.

  • Reksadana Pendapatan Tetap
    Adalah bentuk reksadana yang menginvestasikan sebagian besar asetnya seperti surat berharga dan obligasi. Investasi ini sesuai untuk periode investasi jangka pendek menengah dan jangka panjang.

  • Reksadana Campuran
    Bentuk reksadana yang berinvestasi pada kombinasi berbagai instrumen investasi seperti pasar uang, obligasi dan saham. Reksadana campuran memiliki tujuan jangka menengah panjang sekitar 3 - 5 tahun atau lebih.

  • Reksadana Saham
    Sebagian besar portofolionya akan diinvestasikan dalam instrumen saham yang terdaftar di bursa saham. Biasanya pilihan reksadana saham ini bertujuan untuk investasi jangka panjang.

Untuk berinvestasi dalam berbagai jenis reksadana tersebut, DBS Treasures memiliki fasilitas investasi Reksadana berkala yaitu UT Saving Plan.

APA ITU REKSADANA UT SAVING PLAN?

UT Saving Plan adalah fitur yang dapat memberikan kemudahan berinvestasi secara berkala dengan kinerja yang optimal pada pilihan investasi reksadana Anda. Melalui UT Saving Plan, anda bisa bebas sekaligus aman dalam memilih jenis investasi reksadana pasar uang, reksadana tetap, maupun reksadana campuran karena Fitur UT Saving Plan ini disediakan oleh prioritas banking DBS Treasures. Anda cukup tentukan pilihan reksadana yang disesuaikan dengan profil risiko Anda, kinerja reksadana dan tujuan keuangan Anda. Kemudian tentukan juga periode investasi, nominal investasi serta tanggal pendebetan setiap bulannya. Setelah itu DBS UT Saving Plan akan memastikan instruksi investasi diproses setiap bulannya. Dengan fitur UT Saving Plan ini, Anda dapat dengan mudah disiplin investasi secara rutin tanpa terpengaruh situasi pasar.

KEUNTUNGAN BERINVESTASI REKSADANA

  • Ragam Pilihan Reksadana
    Bagi calon investor, Anda dapat menentukan sendiri pilihan investasi reksadana sesuai dengan tujuan dan risiko investasi. Anda juga dapat memilih produk mata uangnya, baik Dollar ataupun Rupiah.

  • Meningkatkan diversifikasi
    Dengan berinvestasi pada reksadana maka Anda melakukan diversifikasi portfolio. Dimana kepemilikan dana akan dikelola ke banyak instrumen, sehingga dapat mengurangi resiko jika nilai investasi turun secara bersamaan.

  • Likuiditas harian
    Memiliki likuiditas tinggi dimana pemegang reksadana dapat menjual kepemilikan atas investasi setiap hari bursa.

  • Manajemen investasi profesional
    Investasi Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang telah bekerjasama dengan DBS Treasures. Partner manajer investasi DBS Treasures adalah manajer investasi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan berkinerja baik.  Manajer investasi akan mengelola reksadana dibawah kelolaannya secara transparan dan umumnya dapat dipantau performanya secara berkala.

  • Pengawasan pemerintah
    Reksadana merupakan produk yang telah diatur dan berada dalam pengawasan pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan.

  • Transparansi dan kemudahan perbandingan
    Investor dapat mengakses laporan Reksadana secara berkala melalui fasilitas Fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sehingga para pemilik saham lebih mudah untuk membuat perbandingan antara satu dengan yang lain.

Mulai investasi Reksadana Anda secara berkala melalui UT Saving Plan bersama DBS Treasures dengan strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda berdasarkan profil risiko dan data pasar terkini, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?