Reksadana Pasar Uang
08 Apr 2022

Keunggulan Reksadana Pasar Uang dan Cara Memaksimalkannya

Investasi Reksadana memang sangatlah menarik untuk para investor karena menawarkan keuntungan yang cukup tinggi. Salah satu instrumen investasi yang memiliki banyak peminat adalah investasi Reksadana Pasar Uang. Jika Anda tertarik untuk mulai berinvestasi, Reksadana Pasar Uang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memulai.

Akan tetapi sebelum Anda melakukan investasi Reksadana Pasar Uang, Anda bukan hanya perlu mengetahui tentang keuntungannya saja. Penting sekali bagi investor untuk mengetahui juga tentang risiko yang mungkin saja terjadi. Bisa dikatakan jika investasi pasar uang ini cukup menarik karena risikonya yang tidak terlalu tinggi. Meskipun demikian, Anda tetap harus mempelajarinya secara serius.

Reksadana Pasar Uang akan cocok bagi investor konservatif. Investor konservatif merupakan tipe investor yang lebih senang melakukan investasi dengan risiko yang minim. Tipe investor konservatif juga mencari investasi yang lebih aman serta memberikan imbal hasil yang stabil. Selain itu, investor konservatif juga menghindari pengurangan nilai investasi pokok yang ditanamkan.

Sebagai seorang investor konservatif, Reksadana Pasar Uang bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena jenis Reksadana ini menawarkan risiko yang relatif rendah dan menawarkan potensi keuntungan yang stabil.

Banyak dari investor konservatif yang memilih Reksadana Pasar Uang. Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, memang Reksadana Pasar Uang ini lebih aman meskipun harus dipahami juga bahwa masing-masing instrumen investasi menawarkan keuntungannya tersendiri.

Memahami Reksadana Pasar Uang

Berdasarkan dari halaman resmi Bursa Efek Indonesia, Reksadana Pasar Uang adalah jenis investasi Reksadana yang alokasi portofolionya 100% pada instrumen pasar uang, termasuk surat utang yang memiliki tempo kurang dari 1 tahun.

Dana yang ditempatkan pada investasi ini digunakan untuk memelihara modal dan menjaga likuiditas. Dana investasi tersebut nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional.

Reksadana Pasar Uang menarik bagi para investor terutama mereka yang tidak ingin mengalami fluktuasi pasar yang tinggi atau ingin melakukan investasi dengan risiko yang relatif rendah.

Keunggulan Reksadana Pasar Uang

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, memang instrumen pasar uang cukup menarik. Sebenarnya masing-masing instrumen investasi memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Namun jika Anda tertarik memilih Reksadana Pasar Uang, maka penting untuk mengetahui keunggulan dan risikonya. Beberapa keunggulan Reksadana ini antara lain:

  1. Risiko Rendah
    Keuntungan pertama jika memilih investasi ini adalah memiliki risiko yang relatif lebih rendah. Anda tidak perlu merasa khawatir dengan risiko yang mungkin saja terjadi karena bisa dikatakan investasi ini yang paling minim risiko dibandingkan yang lainnya.

    Dana kelolaan Reksadana Pasar Uang diinvestasikan pada instrumen pasar uang, termasuk surat utang jangka pendek (di bawah 1 tahun). Investasi ini memiliki tingkat fluktuasi yang relatif stabil sehingga tidak terlalu banyak terpengaruh ketika pasar modal sedang bergejolak. Investor tetap bisa mendapatkan potensi keuntungan dari investasi ini saat pasar modal fluktuatif.

    Investasi seperti ini cocok untuk investor konservatif. Anda tidak perlu khawatir mengalami fluktuasi yang tinggi sehingga dana pokok yang diinvestasikan relatif akan tetap terjaga. Namun Anda juga perlu tahu bahwa semakin rendah risiko investasi, potensi imbal hasil yang diberikan juga tidak sebesar investasi dengan risiko tinggi.

  2. Likuiditas Tinggi
    Keuntungan berikutnya dari investasi Reksadana Pasar Uang yaitu memiliki likuiditas tinggi. Ketika pasar sedang tidak stabil, Anda tetap bisa mencairkan dana. Investasi pasar uang juga berbeda dengan deposito karena Anda tidak akan dikenakan penalti ketika melakukan pencairan.

    Keuntungan ini membuat Anda tidak perlu merasa khawatir jika tiba-tiba perlu mencairkan dana yang sudah berkembang. Akan tetapi banyak dari investor yang bersabar menunggu mencairkan dana ketika sudah mencapai keuntungan maksimal.

  3. Berpotensi Menguntungkan
    Setiap investor yang melakukan investasi Reksadana tentu menginginkan keuntungan yang besar. Jika memilih investasi Reksadana Pasar Uang, Anda juga bisa mendapatkan potensi keuntungan yang sesuai keinginan.

    Anda bisa memperhitungkan berapa jumlah keuntungan yang didapatkan dari jumlah dana yang diinvestasikan. Namun perlu diingat bahwa keuntungan yang didapatkan dari investasi ini tetap tergantung dari kondisi pasar uang. Sebelum melakukan investasi, Anda bisa menganalisis berapa kira-kira jumlah keuntungan yang Anda dapatkan setelah satu tahun berinvestasi.

    Pasar uang menjadi investasi yang memiliki tingkat kestabilan cukup tinggi. Hal ini menjadi kabar baik bagi para investor karena tidak perlu merasa khawatir dengan risiko kerugian.

    Agar keuntungan bisa didapatkan bisa lebih optimal maka sebaiknya memilih investasi dalam jangka panjang. Potensi keuntungan yang didapatkan oleh investor pertahunnya bisa mencapai 4-7% menyesuaikan dengan kondisi pasar.

  4. Jangka Waktu Fleksibel
    Keuntungan yang juga menarik dari investasi ini adalah memiliki jangka waktu yang fleksibel. Anda dapat berinvestasi dalam jangka pendek atau bahkan dalam jangka panjang. Ketika memilih investasi jangka pendek, Anda dapat menarik dana kapan pun Anda inginkan.

    Tentunya semakin cepat Anda mencairkan dana, maka akan semakin kecil potensi keuntungan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, banyak dari investor besar yang memilih investasi Reksadana Pasar Uang dengan jangka panjang.

  5. Bukan Objek Pajak
    Memilih investasi Reksadana juga memungkinkan Anda untuk bisa memperoleh profit investasi yang tidak dikenakan pajak. Keuntungan yang diperoleh dari investasi Reksadana bukanlah objek pajak, sehingga investor dapat menikmati profit dari investasi secara utuh.

    Jika dibandingkan dengan instrumen lainnya, memang investasi Reksadana Pasar Uang cukup menarik dengan kelebihannya yang satu ini.

Cara Memaksimalkan Keuntungan

Setelah mengetahui jika investasi Reksadana di instrumen pasar uang sangatlah menarik dan berpotensi menguntungkan, Anda tentu merasa tertarik untuk melakukan investasi. Namun setiap investor perlu mempelajari tentang keuntungan serta risiko yang mungkin saja terjadi dari investasi yang dijalani.

Selain itu, penting untuk mengetahui juga bagaimana cara memaksimalkan keuntungan. Ada beberapa cara menarik yang bisa diikuti agar bisa memaksimalkan keuntungan:

  1. Pilih Investasi Jangka Panjang
    Investor yang ingin mendapatkan keuntungan besar dari investasi pasar uang ini sebaiknya memilih investasi jangka panjang. Potensi keuntungan yang didapatkan jika Anda memilih investasi jangka panjang bisa mencapai 7% tiap tahunnya tergantung kondisi pasar.

    Selain itu, jangka waktu berinvestasi juga memengaruhi jumlah keuntungan. Meskipun keuntungannya masih di bawah 8%, akan tetapi berinvestasi di pasar uang membuat Anda merasa tenang dengan risikonya yang lebih rendah.

    Jika dihitung-hitung, potensi keuntungan yang didapatkan jika Anda menaruh uang di instrumen investasi ini akan lebih besar jika Anda tidak buru-buru mencairkannya. Akan tetapi jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu sabar menunggu waktu yang terlalu lama, maka Anda bisa memilih investasi jangka pendek. Semuanya bisa disesuaikan dengan jangka waktu berinvestasi masing-masing investor.

  2. Berinvestasi Secara Rutin
    Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan adalah berinvestasi secara rutin. Sebagai investor Anda bisa menyisihkan penghasilan bulanan untuk diinvestasikan pada Reksadana Pasar Uang ini.

    Berinvestasi secara rutin dapat mengurangi risiko fluktuasi serta membuat Anda tidak menyadari jika ternyata Anda sudah menanamkan modal cukup banyak.

    Saat melakukan investasi, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai macam fasilitas menarik seperti fasilitas auto debit. Strategi ini disebut dengan Dollar Cost Averaging atau investasi rutin dalam jumlah yang sama, sehingga Anda tidak perlu memperdulikan Nilai Aktiva Bersih atau harga NAB.

    Strategi ini membuat Anda tetap bisa menanamkan dana secara konsisten dan mengikuti harga Reksadana yang bergerak mengikuti kondisi pasar.

Lakukan Investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures

Melakukan investasi Reksadana Pasar Uang sebaiknya memilih mitra yang tepat. Anda bisa melakukan investasi ini melalui DBS Treasures.

DBS Treasures adalah perbankan prioritas yang mendukung Anda untuk yakin melakukan investasi Reksadana dengan nyaman dan aman. Anda bisa menempatkan dana investasi melalui DBS Treasures minimal sebesar Rp500 juta.

Banyak dari investor yang memilih berinvestasi bersama dengan DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan yang akan mengoptimalkan strategi finansial Anda. Dengan berinvestasi melalui DBS Treasures, Anda bisa mendapatkan beragam keuntungan seperti:

  1. Investasi Dikelola oleh Ahlinya
    Keuntungan pertama yang didapatkan oleh investor jika memilih DBS Treasures adalah pengelolaan investasi oleh Manajer Investasi yang profesional. Dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures dan sudah berpengalaman.

  2. Panduan Investasi
    Bergabung bersama dengan DBS Treasures juga memungkinkan Anda mendapatkan panduan investasi yang lebih bermanfaat. Anda akan mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara agar investasi yang dilakukan semakin menguntungkan.

    Tim ahli finansial yang sudah tersertifikasi akan mengkomunikasikan informasi penting berkaitan dengan analisis pasar yang sudah dipersonalisasi untuk Anda. Jadi, Anda tidak akan merasa kebingungan untuk mulai berinvestasi.

  3. Diversifikasi Untuk Mengurangi Risiko
    Dana yang Anda investasikan akan disebar ke berbagai instrumen investasi. Cara ini disebut dengan diversifikasi yang berfungsi untuk mengelola risiko investasi.

Bersama dengan DBS Treasures, Anda bisa menikmati kemudahan bertransaksi terutama dalam hal berkaitan dengan investasi. Selain itu, jika Anda menggunakan Aplikasi digibank by DBS, ada banyak fitur menarik yang bisa dinikmati dan mampu membantu memudahkan transaksi Reksadana.

Beberapa kemudahan yang bisa Anda nikmati dari adanya Aplikasi digibank by DBS adalah seperti memudahkan analisis Reksadana, membeli Reksadana, menjual Reksadana dan bahkan melakukan switching.

Para investor baru yang belum memiliki Single Investor Identity (SID) akan mudah untuk melakukan registrasi di aplikasi yang sama tanpa harus berganti-ganti platform.

Anda tidak perlu merasa ragu atau khawatir lagi bergabung bersama dengan DBS Treasures. Dana yang Anda simpan akan dioptimalkan saat diinvestasikan di Reksadana Pasar Uang. Investasi ini memberikan ketenangan karena memang risiko dan keuntungan yang ditawarkan juga cukup stabil.

Cara untuk melakukan investasi melalui DBS Treasures tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang investasi Reksadana Pasar Uang serta bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai Nasabah prioritas di DBS Treasures.

Mari Diskusi

Mari Diskusi Relationship Manager kami akan menghubungi Anda.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.