Kemudahan Mengelola Investasi Obligasi Pemerintah Secara Mandiri

Kemudahan Mengelola Investasi Obligasi Pemerintah

Manfaatkan kemudahan mengelola investasi melalui DBS Treasures, untuk menangkap peluang kupon atau imbal hasil yang atraktif dan prediksi pergerakan Credit Default Swap yang stabil sampai akhir tahun ini1. Kemudahan investasi obligasi menjadikannya salah satu opsi menarik untuk diversifikasi dalam portofolio Anda. Dari banyaknya jenis obligasi di pasar, yang akan di highlight disini adalah obligasi pemerintah. Obligasi pemerintah ini cenderung lebih aman aman dibandingkan dengan jenis-jenis obligasi lainnya. Di antara ragam obligasi pemerintah yang tersedia, mari membahas Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Sukuk Ritel (SR) lebih lanjut.

Dalam artikel ini Anda akan memahami dua pembahasan kemudahan berinvestasi secara mandiri pada produk obligasi pemerintah; (1) mengenali produk obligasi pemerintah, dan (2) mengetahui tips mudah dalam menganalisa produk obligasi.

 

Mengenali Produk Obligasi Pemerintah

Sebagai golongan investasi obligasi paling aman (karena resiko gagal bayar hanya ada jika negara tersebut dinyatakan bangkrut tentunya), perlu diketahui juga karakteristik produk obligasi pemerintah tersebut:

1. ORI (Obligasi Ritel Indonesia)

Seperti jenis obligasi pada umumnya, Obligasi Ritel Indonesia memiliki nilai kupon, periode kupon, dan potensi capital gain. Nilai kupon atau coupon rate adalah suku bunga yang ditawarkan oleh penerbit obligasi atas sejumlah nominal obligasi yang tercantum, yang biasanya dinyatakan dalam persentase tahunan. Nilai kupon yang ditawarkan pada jenis obligasi ini berupa fixed rate atau kupon tingkat tetap. Periode kupon atau coupon term merupakan periode yang ditentukan penerbit obligasi dalam melakukan pembayaran atas bunga yang dijanjikan kepada pemegang obligasi. Pada ORI, kupon dibayarkan setiap bulan. Sementara potensi capital gain dalam transaksi jual beli obligasi juga masih dimungkinkan untuk produk obligasi ini dengan diperjualbelikan di pasar sekunder. Capital gain didapatkan ketika harga jual kembali obligasi lebih besar dari harga beli di awal, dan capital loss ketika harga jual lebih kecil dari harga beli di awal.

Nilai kupon

Tetap

Periode kupon

Bulanan

Capital gain

Gain / loss

Produk ORI terbaru yang sudah beredar di pasar yaitu ORI0202, dengan tenor 3 tahun, jatuh tempo pada 15 Oktober 2024, coupon rate 4,95% p.a, dan minimum holding period yaitu sampai 1 kali pembayaran kupon di tanggal 15 setiap bulannya.

 

2. SR (Sukuk Ritel)

Sukuk Ritel dikelola dengan menerapkan prinsip syariah, dengan cakupan perdagangan pun dapat dilakukan di pasar sekunder antara investor domestik. Adapun salah satu Sukuk Ritel beredar yaitu SR0153, dengan persentase imbal hasil 5,10% p.a, imbal hasil yang diberikan dengan periode bulanan, dan dengan tenor 3 tahun. 

Nilai imbal hasil

Tetap

Periode imbal hasil

Bulanan

Capital gain

Gain / loss

 

 

Tips Mudah Menganalisa Produk Investasi Obligasi

 

Setelah mengetahui karakteristik produk obligasi pemerintah pada umumnya, ada pula tips-tips dalam pemilihan produk obligasi:

 

1. Pemilihan nilai kupon atau imbal hasil, jangka waktu atau tenor, periode kupon atau imbal hasil

Nilai kupon atau imbal hasil akan menentukan perolehan persentase keuntungan yang akan didapatkan dari sejumlah pembelian obligasi tersebut. Lalu, perhitungkan perolehan kupon atau imbal hasil sesuai dengan jangka waktu atau tenor obligasi tersebut. Tentunya ada opsi menjual kembali obligasi jika sekiranya keuntungan yang didapat sampai jatuh tempo memang tidak maksimal. Periode kupon atau imbal hasil menentukan kapan penerbit obligasi akan melakukan pembayaran keuntungan atas kepemilikan obligasi tersebut di pasar. Ini penting, karena kalau kita mengharapkan kupon atau imbal hasil dari pembayarannya, maka kita harus memegang obligasi tersebut sampai pada waktu pembayaran terdekat. Setelah mengenal nilai kupon atau imbal hasil, tenor, dan periode kupon atau imbal hasil dalam investasi obligasi, dalam investasi obligasi terdapat juga istilah yield-to-maturity. Dari istilah yield-to-maturity, konsep ringkasnya yaitu keuntungan yang didapatkan jika investor diasumsikan mempertahankan obligasi sampai jatuh tempo.

 

2. Penjualan kembali obligasi

Ini tentunya opsi exit bagi pembeli obligasi, dimana harga jual obligasi ke pasar sekunder bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah dari harga beli sebelumnya. Dari opsi ini bisa didapatkan capital gain, jika harga jual lebih tinggi dari harga beli. Tentunya jika memilih opsi holding obligasi sampai jatuh tempo pun nilai nominal pada obligasi yang dibeli akan dikembalikan 100%. Dari penjualan dan pembelian obligasi sendiri dikenal juga istilah-istilah seperti obligasi dijual/dibeli pada harga diskon, par, dan premium. Analisa mudah dalam menentukan penjualan obligasi tersebut diskon/par/premium4, yaitu dari perbandingan harga pasar obligasi tersebut dan nominal pokok yang tercantum pada obligasi.

Harga Pasar < Nominal Pokok Obligasi

Diskon

Harga Pasar = Nominal Pokok Obligasi

Par

Harga Pasar > Nominal Pokok Obligasi

Premium

 

Investasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures

Investasi obligasi di DBS Treasures dapat mengoptimalkan transaksi jual beli obligasi pemerintah, seperti yang dijelaskan berikut:

  • Obligasi yang diterbitkan pemerintah merupakan obligasi yang terjamin dalam undang-undang.
  • Tersedianya beragam pilihan jangka waktu, dan dalam dua pilihan mata uang yaitu rupiah dan dolar AS.
  • Seperti investasi obligasi pada umumnya juga, pemegang obligasi mendapat perolehan kupon atau imbal hasil secara berkala.

Selain optimalnya transaksi jual beli obligasi pemerintah, DBS Treasures juga menyediakan fitur dan keuntungan berinvestasi ORI dan SR sebagai berikut:

  • Potensi capital gain

Investor dapat melakukan jual beli obligasi sebelum tanggal jatuh tempo obligasi tersebut dimana terdapat kemungkinan kenaikan harga obligasi di pasar.

  • Kupon kompetitif

Persentase keuntungan yang ditawarkan penerbit obligasi di atas rata-rata bunga deposito berjangka.

  • Tidak ada biaya tambahan

Transaksi jual beli obligasi bebas dari biaya tambahan

  • Transaksi 24/7

Registrasi Single Investor Identity (SID) hingga transaksi beragam produk obligasi dapat diakses dan diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS kapan saja, di mana saja.

 

Cara Investasi Obligasi bersama DBS Treasures

Nikmati kemudahan dan keuntungan dalam investasi obligasi dapat melalui DBS Treasures sebagai Nasabah perbankan prioritas. Dengan alokasi dana minimal Rp500.000.000 sebagai Nasabah perbankan prioritas, Anda juga mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda dapat yakin mengambil keputusan investasi yang tepat di saat yang tepat.


 

Mari Diskusi bersama kami sekarang untuk mulai berinvestasi obligasi ritel.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?