Salah satu alasannya adalah karena jenis investasi yang satu ini memiliki risiko yang rendah

Investor Pemula? Pilih Saja Investasi Reksadana Pasar Uang

Investor pemula sangat cocok memilih investasi reksadana pasar uang. Salah satu alasannya adalah karena jenis investasi yang satu ini memiliki risiko yang rendah, sehingga sangat sesuai untuk investor pemula.

Investor pemula biasanya kurang suka dengan investasi yang memiliki tingkat risiko yang tinggi. Hal ini dikarenakan investor takut akan mengalami kerugian melebihi modal yang ditanam dan takut tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali.

Meskipun keuntungan yang didapatkan akan sebanding dengan risikonya, investasi pasar uang ini masih berpotensi memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Mengapa demikian? Anda akan menemukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Sebelum membahas investasi pasar uang ini lebih jauh lagi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertiannya. Reksadana pasar uang adalah salah satu jenis produk investasi dari reksadana dimana dana yang ditanam oleh investor akan diinvestasikan dalam pasar instrumen pasar uang.

Sederhananya, reksadana pasar uang ini merupakan suatu wadah yang digunakan untuk menampung dana dari para investor untuk diinvestasikan dalam bentuk portofolio berupa instrumen pasar uang.

Ada beberapa contoh instrumen pasar uang yang sering kita temui, diantaranya yaitu Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Jenis produk Reksadana ini langsung dikelola oleh manajer keuangan profesional atau biasa dikenal dengan sebutan manajer investasi (MI).

Manajer investasi ini yang nantinya akan mengalokasikan dana yang telah terkumpul dari para investor untuk selanjutnya diinvestasikan di pasar modal ataupun pasar uang hingga akhirnya menghasilkan keuntungan bagi para investor yang berinvestasi.

Cara Kerja Reksadana Pasar Uang

Seperti yang telah kita ketahui, dari pengertiannya reksadana pasar uang adalah investasi yang mengalokasikan dananya ke pasar uang. Jadi, dana akan dikumpulkan dari investor kemudian dikelola oleh manajer investasi.

Selanjutnya, dana tersebut akan dialokasikan oleh manajer investasi ke pasar uang. Efek dari investasi ini bersifat seperti utang yang diterbitkan dalam kurun waktu yang tidak lebih dari satu tahun. Hal ini dilakukan untuk pemeliharaan modal dan menjaga likuiditas.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa investasi ini biasanya dipilih untuk investasi jangka pendek. Karena dana yang ditanam hanya bisa bekerja optimal jika investasi dilakukan dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Karakteristik Reksadana Pasar Uang

Perlu Anda ketahui jika reksadana memiliki berbagai jenis produk investasi yang masing-masing produk tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini juga berlaku pada investasi pasar uang dari reksadana. Berikut beberapa karakteristik dari investasi pasar uang ini.

  1. Risiko Lebih Rendah

    Hal pertama yang harus diketahui seorang investor ketika akan memilih jenis investasi adalah tingkat risiko dari investasi tersebut. Hal ini bertujuan agar investor siap dengan kerugian yang mungkin didapatkan dari tingkat risiko tersebut.

    Investasi pasar uang ini memiliki risiko lebih rendah diantara produk Reksadana yang lainnya. Namun, keuntungan yang didapatkan juga akan sebanding dengan tingkat risiko yang mungkin terjadi.
  2. Cocok untuk Investasi Jangka Pendek
    Investasi pasar uang ini bisa dikatakan cocok untuk investor yang menginginkan investasi jangka pendek. Hal ini dikarenakan investasi ini memiliki likuiditas yang tinggi sehingga memiliki jangka waktu yang fleksibel.
    Imbal hasil yang dapat diterima oleh investor bisa mencapai 5-7 persen per tahunnya. Sehingga sangat cocok untuk investor yang ingin mencoba berinvestasi dalam jangka waktu pendek.
  3. Bebas Pajak
    Berbeda dengan deposito, investasi pasar uang tidak dikenakan pajak. Sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi ini tidak akan terpotong oleh pajak. Dengan demikian, imbal hasil yang Anda terima akan lebih maksimal.

Alasan Investor Pemula Cocok Memilih Investasi Reksadana Pasar Uang

  1. Modal Awal yang Fleksibel dengan Return yang Relatif Tinggi

    Seorang investor pemula biasanya tidak berani menanam modal yang terlalu tinggi karena masih belum yakin dengan produk investasi yang mereka pilih. Sehingga Reksadana yang berjalan di pasar uang ini akan cocok untuk investor pemula.

    Reksadana ini menetapkan modal awal yang fleksibel. Sehingga akan cocok bagi semua kalangan investor dari berbagai latar belakang dan pengalaman. Baik itu investor berpengalaman ataupun investor yang baru memulai berinvestasi.

    Berapapun modal awal Anda, namun reksadana pasar uang menjanjikan return yang lebih tinggi dari deposito atau tabungan biasa. Biasanya, ketika uang yang ditabung akan dikenakan biaya administrasi dan tidak berkembang.

    Berbeda halnya dengan investasi di pasar uang, sekalipun return yang akan Anda dapatkan itu sebanding dengan risikonya, namun uang akan tetap mengalami perkembangan sehingga investor akan mendapatkan keuntungan.
    Untuk dapat memaksimalkan keuntungan investasi ini, investor bisa menanam modal semaksimal mungkin. Karena, penanaman modal berbanding lurus dengan return yang akan didapat. Jadi, semakin besar modal yang ditanam maka semakin besar pula return yang akan didapatkan.
  2. Pencairan yang Mudah

    Investor pemula biasanya enggan untuk memulai investasi karena beranggapan jika dana investasi itu sulit untuk dicairkan dan tidak dapat dinikmati langsung hasilnya. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan reksadana pasar uang.

    Reksadana memiliki likuiditas yang tinggi sehingga proses pencairan dana bisa dilakukan kapan saja investor ingin melakukannya. Semakin tinggi likuiditas suatu investasi, maka proses pencairan dana dapat dilakukan semakin mudah.
  3. Pengelolaan Dana Oleh Profesional

    Proses pengelolaan dana investasi tentunya tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang dan perlu dilakukan oleh pihak yang telah profesional dalam bidang tersebut. Reksadana memiliki pengelolaaan dana oleh pihak yang profesional, sehingga dana investor sudah dioptimalkan.

    Pengelolaan dana di Reksadana dilakukan langsung oleh manajer investasi atau MI. Hal ini akan sangat menguntungkan investor karena investasi akan berjalan dengan lebih maksimal.

    Jika investasi berjalan lebih maksimal, otomatis keuntungan yang akan didapatkan oleh investor juga akan lebih maksimal. Sehingga, sekalipun Anda adalah investor pemula, Anda akan tertolong dengan adanya manajer investasi ini karena Anda akan tetap mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  4. Lebih Stabil
    Saat Anda akan memilih sebuah investasi, maka Anda harus memperhatikan tingkat risiko dari investasi tersebut. Reksadana memiliki 3 kategori tingkat risiko pada masing-masing produknya, yaitu risiko tinggi, menengah, dan rendah.

    Pasar uang termasuk ke dalam tingkat risiko rendah. Hal ini dikarenakan fluktuasi dan perubahan harga sekuritasnya lebih rendah. Dengan begitu, imbal hasil yang akan didapatkan cenderung lebih stabil diantara yang lainnya.

    Karena sifatnya yang lebih stabil, membuat Reksadana ini bisa menjadi pilihan tepat bagi investor pemula. Memilih pasar uang juga bisa menjadi salah satu langkah diversifikasi untuk meminimalisir risiko.
  5. Diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

    Saat ini banyak sekali investasi yang menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Investor pemula biasanya akan sangat tergiur dengan tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan segunung tanpa memperhatikan keamanan dari investasi tersebut.

    Hal tersebut tentu saja berbahaya karena tidak semua investasi tersebut benar-benar dapat memberikan keuntungan bagi investornya. Apalagi jika tidak terdaftar dan diawasi langsung oleh badan OJK.

    Reksadana pasar uang adalah investasi yang telah terjamin keamanannya karena telah terdaftar di badan Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa kita kenal dengan OJK. Dengan demikian Reksadana ini telah legal dan diawasi langsung oleh badan OJK.

    Meskipun hal tersebut tidak menghilangkan risiko yang mungkin Anda dapatkan ketika berinvestasi. Namun, proses investasi yang Anda jalani akan terasa lebih aman jika dilakukan dengan pihak yang sudah jelas otorisasinya.

Investasi Reksadana Pasar Uang Tepercaya Bersama DBS Treasures

Apakah Anda berminat untuk investasi Reksadana? Namun tidak tahu dimana tempat berinvestasi yang aman dan terpercaya. DBS Treasures hadir untuk mewujudkan keinginan berinvestasi Anda.

DBS Treasures merupakan perbankan prioritas yang keamanan dan kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Karena, DBS Treasures telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi di sini. Berikut beberapa keuntungannya.

  • Dana Dikelola Oleh Manajer Investasi Profesional

    Keuntungan pertama yang akan didapatkan oleh investor jika berinvestasi reksadana di DBS Treasures yaitu pengelolaan dana akan langsung dilakukan oleh mitra manajer investasi yang telah profesional dalam bidang ini.

    Pengelolaan dana di DBS Treasures akan dilakukan oleh manajer investasi professional yang merupakan partner tepercaya DBS Treasures. Dengan demikian proses investasi akan berjalan dengan lebih optimal sehingga dana yang ditanam investor akan berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

  • Panduan Langsung Dari Ahlinya

    Perlu Anda ketahui jika DBS Treasures ini memiliki sebuah tim ahli finansial khusus yang akan berbagi wawasan mengenai investasi yang Anda pilih. Tim ini terdiri dari orang-orang profesional yang telah lama bergerak dalam bidang investasi.

    Dengan demikian, jika Anda berinvestasi di DBS Treasures Anda akan mendapatkan banyak wawasan baru mengenai produk investasi yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai peluang tren investasi saat ini. Semua informasi ini dipersonalisasi dan secara konsisten dikomunikasikan kepada Anda.
  • Minim Risiko

    Investasi yang memiliki risiko yang minim dengan profit yang maksimal tentu sangat diincar oleh para investor. Meskipun pada dasarnya risiko dari investasi pasar uang ini memang cenderung rendah, dengan adanya DBS Treasures risiko tersebut dapat diminimalisir kembali dengan diversifikasi investasi.

    DBS Treasures akan mempermudah para investornya dalam proses diversifikasi karena memiliki rangkaian produk investasi komprehensif. Proses diversifikasi ini berguna untuk menurunkan tingkat risiko yang mungkin terjadi. Sehingga, semakin mudah proses diversifikasi, maka kemungkinan tingkat risiko yang didapat juga semakin rendah.
  • Transaksi yang Mudah
    Keuntungan lainnya yang akan bisa dinikmati oleh investor yaitu proses transaksi yang lebih mudah. Anda bisa melakukan berbagai transaksi investasi reksadana di Aplikasi digibank by DBS, mulai dari proses analisa reksadana yang didukung data dari invofesta juga untuk kemudahan langsung bertransaksi jual, beli, switching. Tidak hanya itu, untuk investor baru yang belum memiliki SID (Single Investor Identity) yang dikeluarkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) melalui Aplikasi digibank by DBS. Anda juga bisa melakukan registrasi SID cukup di platform ini tanpa berpindah ke platform lainnya.

Bagaimana Cara Investasi Reksadana di DBS Treasures?

Setelah mengetahui ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari DBS Treasures, lalu bagaimana cara untuk memulai investasinya? Untuk bisa memulai investasi Reksadana di DBS Treasures caranya cukup mudah.

Anda bisa memulainya dengan mendaftar sebagai nasabah prioritas di DBS Treasures. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana minimum untuk memenuhi persyaratan pendaftaran. Kini, Anda sudah memiliki peluang besar untuk bisa menghasilkan keuntungan dari investasi Reksadana.

Setelah mengetahui berbagai informasi seputar investasi reksadana pasar uang di atas, wajar jika kini Anda tertarik untuk mulai berinvestasi. Untuk itu, tunggu apalagi? Ayo investasi Reksadana di DBS Treasures sekarang juga, dan rasakan berbagai keuntungannya.

Mari diskusi bersama kami sekarang untuk mulai berinvestasi Reksadana.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?