Reksadana merupakan investasi berbentuk penghimpunan dana investor yang ingin menanamkan modal

Ini Alasan Kenapa Reksadana Pasar Uang Lebih Menguntungkan

Reksadana merupakan investasi berbentuk penghimpunan dana investor yang ingin menanamkan modal. Dana akan dialokasikan pada berbagai instrumen investasi, salah satunya adalah Reksadana pasar uang.

Reksadana pasar uang sendiri merupakan instrumen investasi yang memiliki risiko sangat rendah. Instrumen investasi ini biasanya memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun. Produk ini juga merupakan investasi yang salah satu alokasinya ditempatkan pada deposito.

Alasan Reksadana Pasar Uang Menguntungkan

Pasar uang merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin meminimalkan risiko rugi saat berinvestasi. Selain itu, ada banyak alasan lain kenapa instrumen investasi ini lebih menguntungkan. Alasan-alasannya tersebut tidak lepas dari kelebihan yang dimilikinya.

Definisi Reksadana adalah wadah untuk menampung dana investor yang salah satunya dialokasikan pada pasar uang. Kenapa pasar uang menjadi salah satu pilihan yang diutamakan? Berikut alasannya.

  1. Tingkat Risiko Rendah

    Risiko investasi di pasar uang relatif lebih kecil dibandingkan instrumen investasi lainnya. Produk ini cocok untuk yang belum berpengalaman di bidang investasi maupun yang sudah berpengalaman.

    Anda juga bisa memilih pengelolaan dana 100% di instrumen pasar uang dengan tingkat risiko yang lebih minim.

    Adapun jenis-jenis pasar uang yang dimaksud mulai dari Sertifikat Bank Indonesia (SBI), obligasi, hingga deposito. Instrumen investasi tersebut dikenal sebagai produk yang berpotensi menguntungkan karena tingkat risikonya yang benar-benar kecil.

  2. Keuntungan yang Didapatkan Relatif Stabil

    Reksadana pasar uang akan membantu mewujudkan masa depan dengan perencanaan keuangan yang matang. Anda bisa memilih penempatan investasi jangka panjang dengan keuntungan yang relatif tetap. Hasil dari investasi tersebut bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan finansial.

    Pasar uang juga merupakan salah satu pilihan produk yang cenderung tidak fluktuatif. Selain itu, instrumen investasi ini juga relatif tidak terguncang oleh kondisi ekonomi global yang sering mengalami ketidakpastian.

  3. Pilihan Jangka Investasi Bervariasi

    Reksadana pasar uang juga cocok untuk yang ingin berinvestasi jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu juga cocok untuk yang berpengalaman maupun yang belum berpengalaman dalam bidang investasi, khususnya Reksadana.

    Namun, tetap bijak dalam memilih jangka waktu investasi. Pastikan jangkanya sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum memilih jangka waktunya.

  4. Penawaran Suku Bunga Relatif Tinggi

    Alasan berikutnya kenapa Reksadana pasar uang menguntungkan yaitu karena suku bunganya yang relatif tinggi. Bahkan imbal hasil investasi ini berpotensi lebih tinggi dibandingkan penawaran produk deposito yang umum ditawarkan oleh lembaga keuangan.

    Keuntungan Reksadana juga berasal dari kenaikan aset-aset yang ada di dalamnya. Ketika aset mengalami kenaikan, maka keuntungan pun akan turut meningkat.

    Sedangkan untuk deposito, suku bunganya sudah ditetapkan di awal, jadi tidak akan mengalami kenaikan keuntungan saat ada kenaikan aset.

  5. Dana Investasi Mudah Dicairkan

    Reksadana pasar uang memiliki aturan jangka investasi yang berbeda dibandingkan deposito. Umumnya deposito memberlakukan penalti jika investor ingin mengambil dana sebelum jatuh tempo jangka investasi.

    Di sisi lain, pasar uang dari Reksadana tidak memiliki aturan penalti seperti deposito. Artinya Anda tidak harus menunggu jatuh tempo untuk mencairkan dana investasi. Inilah salah satu kenyamanan yang ditawarkan  oleh Reksadana.

    Meski begitu, Anda tetap harus disiplin dalam menjalankan jangka investasi. Pilih jangka waktu investasi yang ideal, baik jangka pendek maupun panjang sesuai kebutuhan finansial. Jangka waktu yang ideal untuk investasi Reksadana mulai dari 1 hingga 3 tahun.

  6. Penempatan Dana Investasi Fleksibel

    Sesuai definisi Reksadana, dimana investasi ini merupakan wadah untuk menampung dana masyarakat yang menjadi investor. Itu artinya, sebagai investor Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai berinvestasi.

    Silakan cek dana minimum yang ditawarkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan yang menawarkan Reksadana. Kemudian sesuaikan dana dengan tujuan investasi dan jangka waktunya yang diinginkan.

    Penempatan dana juga menentukan seberapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Semakin besar dana yang Anda tempatkan, maka semakin besar juga peluang mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

  7. Reksadana Bebas Biaya Pembelian dan Penjualan

    Investor yang ingin menambah dana yang ingin disimpan pada investasi Reksadana pasar uang tidak harus mengeluarkan biaya tambahan. Pasalnya, Reksadana pasar uang adalah investasi yang bebas biaya pembelian maupun penjualan.

    Meski begitu Anda tetap harus memperhatikan peraturan dan regulasi di perusahaan terkait. Karena beberapa perusahaan atau lembaga keuangan ada juga yang menyertakan biaya pembelian dan penjualan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biayanya relatif rendah.

Bagaimana Cara Reksadana Bekerja?

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, dana investasi pada Reksadana akan dikelola oleh manajer investasi. Namun tahukah Anda bagaimana cara Reksadana tersebut dikelola? 

Nah, di sini kami akan coba menjelaskan kepada Anda bagaimana cara investasi ini bekerja dan menghasilkan keuntungan. Berikut kami sudah merangkum bagaimana cara kerja Reksadana tersebut.

  1. Penghimpunan Dana

    Manajer investasi akan menghimpun dana dari masyarakat yang menjadi investor. Masyarakat yang berinvestasi tidak perlu bingung mengatur pengelolaan dana tersebut karena semua dijalankan oleh manajer investasi yang profesional.

  2. Pengalokasian Dana

    Dana yang sudah berhasil terhimpun kemudian akan diinvestasikan pada sejumlah instrumen investasi. Salah satu contoh instrumen investasi adalah pasar uang seperti deposito dan obligasi.

  3. Penempatan Dana sesuai Kesepakatan

    Penempatan dana biasanya melalui kesepakatan bersama. Penempatan dana yang dimaksud adalah pengalokasian dana mau ditempatkan di instrumen investasi apa. Beberapa lembaga keuangan biasanya menawarkan kesepakatan tersebut.Artinya Anda bisa memilih ingin ditempatkan pada Reksadana pasar uang yang banyak dilirik oleh para investor.

  4. Penerimaan Laporan

    Investor akan menerima laporan secara berkala setiap bulannya dari manajer investasi. Laporan tersebut berisi kinerja produk, portofolio efek, hingga komposisi aset.

Jenis-Jenis Reksadana Berdasarkan Risikonya

Sesuai definisi Reksadana, dana akan dialokasikan pada beberapa instrumen investasi. Itu artinya, selain pasar uang juga ada beberapa instrumen investasi yang lainnya. Sementara itu, pasar uang adalah salah satu instrumen yang paling rendah risikonya.

Selain pasar uang, berikut sudah kami rangkum beberapa jenis Reksadana yang saat ini tersedia di berbagai lembaga keuangan.

  1. Reksadana Saham

    Dibandingkan pasar uang, saham adalah jenis Reksadana yang tergolong tinggi risikonya. Namun, sesuai dengan risikonya, potensi keuntungan yang ditawarkannya pun tergolong tinggi. Saham adalah Reksadana yang cocok untuk investasi jangka panjang.

  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

    Penempatan Reksadana pendapatan tetap biasanya dilakukan pada instrumen seperti obligasi. Adapun jangka waktunya mulai dari 1 hingga 3 tahun, atau ada juga yang menawarkan jangka investasi sampai 5 tahun.

  3. Reksadana Campuran

    Seperti namanya, Reksadana ini menggunakan beberapa instrumen sekaligus. Adapun instrumen yang dipilih mulai dari obligasi, pasar uang, dan juga saham. Adapun imbal hasil yang ditawarkannya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Bagi yang ingin berinvestasi dengan risiko kerugian rendah, pasar uang tetap menjadi pilihan utama.

DBS Treasures: Solusi Reksadana Pasar Uang Terpercaya

Berencana untuk menginvestasikan uang di Reksadana? DBS Treasures adalah pilihan yang tepat. Perbankan prioritas Bank DBS ini menawarkan beragam pilihan Reksadana, salah satunya penempatan investasi pada instrumen pasar uang yang saat ini sedang populer.

DBS Treasures sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya, keamanan dan kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan kembali.

Pendaftaran investasi di DBS Treasures juga sangat mudah. Pasalnya, Bank DBS menyediakan fitur pendaftaran yang efisien bagi semua nasabahnya.

Kelebihan DBS Treasures

Selain sudah terdaftar di OJK, perbankan prioritas DBS Treasures juga memiliki sejumlah kelebihan lain. Berikut kami sudah merangkum apa saja kelebihan-kelebihannya.

  1. Strategi Manajemen Kekayaan dari Tim Profesional

    Tim ahli finansial di DBS Treasures adalah tim yang andal dan berpengalaman dalam merancang strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasi dan dikomunikasikan kepada nasabahnya. Tim ahli ini mampu mengoptimalkan kinerja portofolio untuk meningkatkan potensi keuntungan.

  2. Wawasan dari Tim Ahli

    Investor akan mendapatkan banyak wawasan terkait analisis pasar maupun peluang terkini. Pasalnya, tim ahli finansial di DBS Treasures menghadirkan wawasan yang sudah dipersonalisasi khusus untuk para investor saat proses berjalannya investasi.

  3. Minim Risiko

    Produk Reksadana dari DBS Treasures mampu mengurangi risiko investasi. Cara mengurangi risikonya pun tergolong unik yaitu melalui diversifikasi penyebaran dana ke berbagai aset investasi yang lain.

Fitur dan Keuntungan Reksadana di DBS Treasures

Fitur Reksadana di DBS Treasures tergolong lengkap. Selain itu, semua fiturnya pun menawarkan banyak keuntungan bagi para investor. Berikut apa saja fitur yang tersedia di produk investasi yang satu ini:

  1. Meningkatkan Diversifikasi Reksadana

    Dana dari para investor akan diversifikasi ke banyak jenis instrumen investasi. Tujuannya yaitu untuk mengurangi risiko kerugian investasi.

  2. Manajer Investasi

    Manajemen investasi yang bermitra dengan DBS Treasures terbilang sangat profesional. Mereka juga telah memiliki pengalaman panjang dalam mengoptimalkan investasi Reksadana milik Anda.

  3. Likuiditas Harian

    Setiap investor yang memegang Reksadana di sini bisa menjual kepemilikannya berdasarkan Nilai Aktiva Bersih di hari yang sama.

  4. Penempatan Dana Investasi Fleksibel

    Investasi ini cocok untuk para investor dengan jumlah modal yang berbeda-beda. Investor bisa menyesuaikan dana dengan minimal penempatan investasi, tujuan investasi, dan jangka waktunya.

  5. Diatur Oleh Pemerintah

    Produk investasi ini sudah mendapatkan pengawasan dari pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  6. Transparan

    Seperti yang kita ketahui, manajer investasi wajib melaporkan informasi terkait Reksadana yang mereka jalankan kepada investor. Itulah yang juga ditawarkan oleh manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasures. Laporan ini juga akan membantu investor untuk melakukan perbandingan dan mengetahui kinerjanya.

  7. Proses Transaksi Investasi Lebih Mudah

    Di DBS Treasure Anda bisa melakukan switch investasi, jual, beli, hingga proses registrasi SID secara online melalui aplikasi digibank by DBS.

Cara Investasi Reksadana di DBS Treasures

Untuk menikmati semua keuntungan investasi Reksadana di DBS Treasures caranya sangatlah mudah. Proses pendaftaran atau pembukaan rekening pun tergolong cepat dan efisien sehingga masyarakat bisa langsung berinvestasi .

Pertama-tama Anda harus bergabung menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures terlebih dahulu. Setelah itu mempersiapkan penempatan dana minimal sesuai dengan persyaratan. Anda juga berpeluang untuk mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasi dan dikomunikasikan kepada Anda. Dengan begitu, Anda bisa yakin dalam setiap langkah investasi.

Kesimpulan

Pasar uang merupakan salah satu pilihan investasi Reksadana yang saat ini sedang mengalami kenaikan. Selain minim risiko, investasi ini juga menawarkan imbal hasil yang relatif lebih besar dibandingkan dengan deposito maupun bunga tabungan konvensional.
Tertarik untuk berinvestasi Reksadana pasar uang? Daftar sekarang juga di DBS Treasures dan dapatkan strategi investasi untuk yakin mengoptimalkan keuntungan Anda. Selain sudah terdaftar di OJK, DBS Treasures ini juga memiliki tim ahli finansial yang profesional.

Mari diskusi bersama kami sekarang untuk mulai berinvestasi Reksadana.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?