jenis Obligasi
27 Jul 2022

Ketahui Pengertian Floating with Floor dan Keuntungannya

Dalam melakukan investasi di setiap jenis Obligasi terdapat istilah yang biasa dikenal sebagai Floating with Floor atau kupon mengambang dan mengacu pada suku bunga berlaku. Konsep yang satu ini memiliki peran penting dalam keuntungan investasi Obligasi yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, jika Anda hendak memesan atau membeli SBR atau Savings Bond Ritel pastinya harus tahu apa saja istilah-istilah yang ada di dalamnya, salah satunya adalah Floating with Floor. Bukan hanya untuk investor pemula saja, tetapi bagi Anda yang sudah berkecimpung jauh di dunia investasi juga tetap harus memahami istilah yang satu ini.

Nah untuk mengetahui apa itu Floating with Floor, silakan simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini mulai dari pengertian hingga apa saja keuntungannya dalam dunia investasi.

Pengertian Floating with Floor 

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Floating with Floor merupakan istilah dalam investasi Savings Bond Ritel atau yang biasa dikenal sebagai SBR. Istilah ini merujuk pada jenis bunga atau kupon yang akan didapatkan oleh investor.

Dengan kata lain, Floating with Floor adalah jenis kupon mengambang yang mengacu pada tingkat suku bunga acuan dan besarannya dapat berubah mengikuti BI 7 Day Reverse Repo Rate atau BI 7DRRR.

Dengan adanya ketentuan tersebut, jika ada terjadi kenaikan suku bunga di BI, maka hasil kupon SBR yang Anda dapatkan sebagai investor juga berpotensi meningkat. Yang menariknya adalah terdapat kupon minimal yang akan membuat nilainya tidak ikut merendah jika terjadi penurunan.

Sehingga nilai keuntungan yang Anda dapatkan akan tetap pada kupon minimum yang sudah ditentukan. Nilai kupon minimum ini biasanya ditetapkan oleh pemerintah dan setiap tiga bulan sekali akan dilakukan peninjauan penetapan kupon yang mengacu pada BI 7DRRR. 

Jenis Obligasi dengan instrumen kupon yang satu ini ternyata memberikan berbagai macam keuntungan untuk investor yang berkecimpung di dalamnya. Terlebih lagi, Floating with Floor memungkinkan adanya potensi kenaikan suku bunga yang kadang menjadi alternatif investor lain untuk menghasilkan return optimal.

Untuk mengetahui apa saja keuntungan dari penggunaan kupon Floating with Floor, mari simak ulasan selanjutnya di bawah ini khusus untuk Anda.

Keuntungan Penggunaan Kupon Floating with Floor

Sebagai investor handal, pastinya Anda selalu mencari instrumen investasi yang menguntungkan serta aman dari penerbit Obligasi. Nah hal inilah yang membuat Anda dapat menggunakan kupon Floating with Floor.

Bukan tanpa alasan, jenis kupon yang satu ini mengacu pada BI 7DRRR dan memiliki sejumlah keuntungan lainnya untuk Anda sebagai investor. Lalu apa saja keuntungannya? Berikut ini penjelasannya.

1. Potensi Keuntungan Lebih Optimal

Kupon Floating with Floor memberikan potensi keuntungan yang lebih optimal bagi para investor yang terjun di bidang ini. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya data dari CNBC Indonesia yang menyebutkan bahwa rata-rata suku bunga kupon Floating with Floor lebih tinggi dari 2,05% per tahun dari batas minimumnya.

Karena adanya kemungkinan mendapatkan return lebih besar, Anda sebagai investor memiliki peluang tinggi merasakan passive income yang optimal setiap tahun sepanjang periode investasi. Tentunya Anda ingin meraih keuntungan optimal tersebut.

2. Tingkat Suku Bunga Berpotensi Naik

Investasi jenis Obligasi pada produk surat berharga dengan kupon Floating with Floor memberikan potensi kupon yang meningkat pada periode tertentu. Penetapan besaran kupon ini mengacu pada suku bunga di BI 7DRRR, sehingga investor berpotensi menerima return lebih tinggi dari batas kupon minimum.

Untuk memperhitungkan keuntungan investasi, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini:

Kupon minimum = BI 7DRRR + Spread (perubahan presentase suku bunga) 

Misalnya, Anda berinvestasi di surat berharga negara dengan seri SBR011 dan memiliki kupon Floating with Floor senilai 5,50% per tahun. Dalam kondisi ini investor memiliki potensi keuntungan lebih dari presentase tersebut saat suku bunga di BI naik bahkan Anda tidak akan mendapatkan return di bawah 5,50% per tahun. Agar lebih jelas, mari pahami simulasi di bawah.

BI 7DRRR = 3,50% dan spread 200 bps = 2,00%

Maka, kupon minimum = 3,50% + 2,00% = 5,50% 

Sehingga jika BI 7DRRR naik pada angka 4,00% pada bulan September 2022, maka kupon Floating with Floor yang berlaku pada periode September sampai Desember 2022 itu menjadi 6,00%.

Sedangkan jika mengalami penurunan pada angka 3,00% maka kupon pada periode yang sama akan berada di nilai minimal yaitu 5,50%. Jadi Anda tidak akan mendapatkan keuntungan di bawah 5,50%.

Jika dilihat dari manfaat yang diberikan oleh Floating with Floor, dapat disimpulkan bahwa jenis Obligasi dengan fitur imbalan seperti ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang memiliki profil risiko konservatif.

Pasalnya risiko kerugian relatif minim dalam berinvestasi dan justru berpotensi mendapatkan kenaikan keuntungan setiap tahun atau dalam periode tertentu. Namun tentunya hal ini harus diiringi dengan produk yang tepat dari penerbit Obligasi terpercaya.

Nikmati Investasi Obligasi Pemerintah Stabil dan Mudah Bersama DBS Treasures

Kini Anda tidak perlu khawatir mencari penerbit Obligasi Pemerintah yang dijual oleh pihak tepercaya dan aman, pasalnya DBS Treasures sebagai priority banking dengan AUM minimal Rp500 juta hadir dengan beragam kemudahan yang dimiliki, mencakup:

1. Terjamin Aman

Semua produk investasi Obligasi yang ada di DBS Treasures terjamin aman. Bukan tanpa alasan, produk-produk investasi tersebut diterbitkan langsung oleh pemerintah dan tentunya sudah terjamin dalam Undang-undang.

2. Produk Beragam

Tidak hanya aman, ternyata semua produk jenis Obligasi yang disuguhkan di DBS Treasures tersedia dalam berbagai pilihan. Bahkan jangka waktunya pun dapat disesuaikan dengan preferensi serta mata uang IDR, EUR, hingga USD.

3. Memiliki Kupon Reguler

Produk Obligasi yang dibeli di DBS Treasures memberikan pendapatan reguler dengan adanya kupon yang dibayarkan secara berkala sepanjang periode investasi hingga waktu jatuh tempo. Kupon tersebut dibayarkan oleh Pemerintah selaku penerbit Obligasi.

4. Adanya Potensi Capital Gain

DBS Treasures memungkinkan Anda sebagai investor untuk menjual Obligasi jenis tertentu kapan saja sebelum jatuh tempo, sehingga Anda dapat berpotensi memperoleh keuntungan saat Obligasi mengalami kenaikan harga.

5. Tingkat Kupon Kompetitif

Agar Anda mendapatkan return maksimal, Obligasi yang tersedia di DBS Treasures memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka. Menarik bukan?

6. Tidak Memiliki Biaya Tambahan

Tidak perlu khawatir akan ada biaya tambahan untuk keperluan lain, pasalnya semua produk yang ada di DBS Treasures hanya membebankan biaya untuk spread atau selisih antara harga beli dan jual. Pengeluaran ini biasa dikenal sebagai biaya offer and bid.

7. Transaksi Kapan Saja

Hanya dengan menggunakan satu aplikasi, Anda sudah bisa melakukan berbagai jenis transaksi tanpa ada batasan waktu alias kapan saja. Semua kebutuhan berinvestasi dapat terpenuhi selama 24/7 dan tentunya di Aplikasi digibank by DBS juga tersedia banyak produk Obligasi yang diperjualbelikan.

Masih menggunakan aplikasi yang sama, Anda dapat melakukan registrasi pembuatan SID atau Single Investor Identification yang dikeluarkan langsung oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia jika belum memilikinya.

DBS Treasures dapat menjadi mitra manajemen kekayaan yang akan mendukung Anda menghasilkan return sesuai tujuan investasi, mulai dari pembelian hingga prosesnya. Anda pun akan mendapatkan reward atau promo menarik lainnya jika melakukan pembelian produk Obligasi di DBS Treasures.

Bersama DBS Treasures juga Anda akan mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang disesuaikan dengan aspirasi Anda, agar Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat pula.

Jika dilihat dari bagaimana keuntungan yang disuguhkan oleh DBS Treasures, tentunya tidak ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi di sini. Segera diskusikan investasi yang diinginkan, kemudian langsung pilih jenis Obligasi yang cocok, Obligasi Pemerintah salah satunya. Pastikan hanya di DBS Treasures dan dapatkan berbagai kemudahannya.

 

Hubungi Kami

Dapatkan advisory yang dipersonalisasi dari Relationship Manager Anda, dipertajam oleh inovasi digital agar Anda yakin mengambil keputusan investasi.

untuk mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasikan dan dikomunikasikan secara konsisten kepada Anda.

di aplikasi Digibank by DBS untuk menikmati kemudahan investasi Anda