Pinjaman Modal Usaha

Kiat & Keuntungan Memulai Bisnis Ekspor dari Pinjaman

Ada berbagai macam peluang bisnis yang bisa dijadikan sebagai pilihan, salah satunya ialah bisnis ekspor. Ada begitu banyak produk lokal yang dapat diekspor hingga ke negara lain.

Bisnis ekspor memang menjadi usaha yang menjanjikan untuk pengusaha sampai saat ini. Memang, untuk memulai bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Namun, saat ini Anda dapat memanfaatkan pinjaman modal usaha agar dapat memulai usaha ini dengan lancar.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Ekspor

Menjalankan bisnis ekspor tentu saja memiliki keuntungan tersendiri. Berikut berbagai keuntungan menjalankan usaha ini, antara lain:

  1. Mengembangkan pasar produk

    Dengan melakukan kegiatan ekspor, Anda dapat ikut serta dalam mendorong berbagai industri di semua belahan dunia, sehingga dapat mendorong pengusaha lain melakukan inovasi. Anda sendiri juga dapat membuat produk yang lebih efisien dan baru.

    Dengan inovasi, Anda dapat membuat target segmen yang baru sehingga produk yang dibuat bisa dijangkau lebih banyak orang lagi.

  2. Keuntungan semakin meningkat

    Profit yang diperoleh bisa menjadi lebih besar ketika menjual produk hingga ke pasar luar negeri. Hal ini disebabkan karena setiap negara mempunyai kondisi ekonomi serta mata uang berbeda.

    Sehingga Anda dapat menjual barang dengan harga yang lebih mahal, namun masih tetap dapat dijangkau oleh konsumen luar negeri.

  3. Jangkauan pasar semakin luas

    Melakukan bisnis eksport membuat jangkauan produk menjadi semakin luas, dengan banyaknya negara yang dapat dijangkau, kemungkinan untuk memperoleh profit akan menjadi lebih besar.

    Bukan hanya jangkauan pasar yang semakin luas, Anda juga dapat melakukan inovasi untuk membuat produk yang baru, sehingga Anda bisa memperoleh target pasar yang baru pula.

  4. Skala produksi menjadi semakin meningkat

    Dengan jangkauan produk yang semakin luas, Anda tentu harus memproduksi barang menjadi lebih banyak lagi sehingga skala produksi akan menjadi lebih besar.

Produk Dalam Bisnis Ekspor

Ada berbagai macam pilihan produk yang bisa Anda tawarkan ketika ingin menjajal bisnis ini, seperti:

  1. Rempah-rempah

    Dari dulu Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya dengan rempah-rempah, bahkan dulu Indonesia sempat dijajah karena tergiur dengan rempah-rempah yang dimilikinya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya bila Anda menjadikan rempah-rempah sebagai komoditi ekspor.

    Komoditi ekspor yang dapat Anda coba seperti cengkeh, pala, tembakau dan lainnya. Komoditi ekspor ini juga bisa memberi keuntungan yang menggiurkan.

    Anda dapat mengekspor rempah dalam bentuk mentah atau dalam bentuk rempah yang sudah diolah seperti bubuk, atau menjadi minuman.

  2. Tanaman obat

    Bisnis ekspor pada bidang kesehatan, khususnya tradisional juga menjadi komoditi yang menarik dijadikan sebagai pilihan. Lebih-lebih Indonesia juga terkenal dengan tanaman herbal yang memiliki kualitas yang baik.

    Ada berbagai macam tanaman obat yang bisa dijadikan sebagai komoditas ekspor. Anda dapat mengolah tanaman obat sehingga siap dikonsumsi. Contohnya saja seperti mengolah daun sirih merah, daun sidaguri, daun salam menjadi olahan teh berkhasiat.

  3. Produk fashion

    Ada begitu banyak produk fashion yang berada di Indonesia, Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Mulai dari fashion muslim, batik dan yang lainnya. Agar berbeda dengan yang lain, Anda dapat membuat produk fashion dengan lebih kreatif.

    Contohnya saja seperti produk memiliki corak tersendiri atau gaya khusus yang hanya di desain oleh pabrik yang Anda miliki. Dengan kekhususan ini, pembeli dari luar negeri akan lebih tertarik.

  4. Tekstil kulit

    Siapa yang menyangka jika tekstil yang dibuat dari kulit hewan menjadi salah satu komoditas yang sedang naik daun di pasar. Umumnya, produk tekstil kulit menggunakan kulit dari kambing, sapi dan kerbau.

    Usahakan menggunakan kulit dari hewan yang tidak dilindungi agar tidak menimbulkan masalah bisnis nantinya. Kulit hewan ini nantinya akan diolah oleh pengrajin. Bisnis ini Bisnis ini memiliki peluang yang terbuka lebar serta mempunyai nilai jual menggiurkan.

  5. Produk kelautan serta perikanan

    Dari dulu Indonesia terkenal sebagai negara maritim dengan kekayaan laut terbesar di dunia sesudah laut China Selatan. Sayang rasanya jika tidak memanfaatkan hasil laut ini sebagai sebuah bisnis.

    Anda dapat mengekspor produk laut ke luar negeri dengan mengolahnya dalam bentuk berbagai makanan siap santap.

Cara Memulai Bisnis Ekspor

Demi memaksimalkan penggunaan pinjaman untuk modal usaha, Anda perlu memperhatikan persiapan. Agar bisnis juga berjalan dengan baik, diperlukan perencanaan dengan matang. Berikut tips untuk memulai bisnis ekspor, antara lain:

  1. Tetapkan produk serta dan negara tujuan

    Ini menjadi langkah awal dalam memulai bisnis ekspor. Anda harus mencari tahu serta menentukan apa barang yang akan diekspor dan menghasilkan omset besar. Untuk menentukan produknya, Anda dapat bertanya pada pengusaha, mengikuti forum bisnis dan mencari informasi via daring.

    Anda juga dapat mencari tahu mengenai trend terbaru serta produk apa saja yang sedang booming sekarang ini. Nantinya, produk yang akan di ekspor juga akan mempengaruhi besarnya pinjaman modal usaha yang akan Anda ajukan. Oleh sebab itu perhatikan dengan baik.

  2. Lakukan persiapan serta pembiayaan

    Jika sudah mengambil keputusan mengenai produk serta negara tujuan bisnis, berikutnya adalah mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan perlengkapan produk serta biaya ekspor.

    Ketika mengajukan pinjaman untuk modal usaha, Anda dapat menganggarkan biaya seperti promosi, agar nantinya bisnis bisa berjalan dengan baik. Agar produk lebih mudah dikenal orang, buat brosur serta katalog produk.

    Anda juga dapat menyewa serta membayar fotografer sehingga hasil jepretan produk terlihat semakin cantik serta menarik.

  3. Sediakan katalog di website

    Anda dapat membuat katalog melalui website atau blog agar memudahkan pembeli untuk mengakses produk. Cantumkan berbagai macam informasi yang penting seperti keunggulan, foto, dan cara menghubungi penjual dengan cepat.

    Dengan informasi yang lengkap, kredibilitas sebagai eksportir bisa lebih diterima calon pembelian.

  4. Daftarkan web ke portal bisnis

    Berikutnya, Anda dapat mendaftarkan website atau blog di portal internasional. Hal yang paling penting ialah, ubah bahasa menjadi bahasa Inggris yang benar dan mudah dimengerti karena kegiatan bisnis ini ada di lingkup internasional.

  5. Siapkan berbagai macam model surat untuk berkorespondensi

    Di dalam bisnis, kita memerlukan berbagai macam dokumen penting untuk melakukan transaksi. Buat format surat untuk dokumen jual beli dan harus didokumentasikan dalam rentang waktu tertentu.

    Surat ini digunakan untuk memenuhi prosedur transaksi internasional. Model surat ini seperti Sales Contract, Introduction Letter dan yang lainnya.

  6. Buat sample produk

    Agar bisa menarik minat pembeli, Anda dapat memberikan beberapa sample. Sample ini diberikan agar meyakinkan pembeli jika Anda merupakan penjual terpercaya. Biaya pengiriman sample ini bisa diambil dari pinjaman modal usaha yang sudah Anda anggarkan.

    Ada berbagai macam pilihan metode pengiriman sampel. Namun, hal yang harus diperhatikan ialah ketika selesai mengirimkan sampel, pembeli tidak selalu berminat dengan sampel yang Anda kirimkan.

  7. Lakukan pemasaran dari instansi pemerintah serta swasta

    Ketika melakukan bisnis ini, pemasaran adalah hal penting untuk menjadi pengembangan bisnis. Banyak penjual kecil yang menghentikan usaha karena tidak ada jaringan pemasaran.  Oleh sebab itu, manfaatkan lembaga seperti Dinas KUKM, hingga Kementerian Perdagangan. 

Cara Mencari Buyer Luar Negeri

Ada berbagai macam cara yang dapat dicoba agar nantinya produk dilirik oleh pembeli luar negeri. berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari buyer luar negeri, antara lain:

  1. Buka toko B2B E-Commerce

B2B adalah perdagangan bisnis pada bisnis. Sehingga pembeli barang yang Anda jual akan menjual kembali barang tersebut ke konsumen di negara mereka.

Saat ini ada banyak e-commerce yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Selain lebih menguntungkan, pembelian B2B biasanya memiliki jumlah banyak sehingga biaya pengiriman akan lebih efisien.

  1. Buat web perusahaan dengan basis bahasa Inggris

Dengan pinjaman untuk modal usaha, Anda dapat membuat website profesional dengan basis bahasa Inggris. Website memang bisa dikunjungi siapa saja, tetapi karena ingin menarik konsumen yang berasal dari luar negeri, tentu saja harus menggunakan bahasa Inggris.

Untuk membuat website, Anda dapat mempercayakannya pada jasa pembuatan website profesional. Sehingga nantinya tampilan website akan lebih terpercaya.

  1. Buat iklan di Google serta Facebook Ads

Bila sudah menggunakan pinjaman modal usaha, tentu Anda harus mengelola modal tersebut dengan baik dan menjalankan bisnis secara maksimal, termasuk dari segi promosi. Untuk memaksimalkan promosi bisnis, Anda dapat membuat iklan berbayar.

Promosi berbayar yang efektif untuk menyasar konsumen yang berasal dari luar negeri ialah menggunakan Google serta Facebook, hal ini disebabkan karena pengguna aplikasi ini begitu besar, selain itu Anda bisa dengan mudah menentukan kategori pembeli yang cocok untuk produk Anda.

Rekomendasi Pinjaman Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan pinjaman modal usaha saat memulai bisnis. Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah memilih produk pinjaman yang tepat. saat ini ada begitu banyak pilihan produk pinjaman.

Salah satu pilihan pinjaman modal usaha yang dapat Anda andalkan adalah DBS KTA. DBS KTA memiliki berbagai macam keunggulan, antara lain:

  1. Plafon pinjaman besar

    DBS KTA memberikan plafon pinjaman yang cukup besar hingga mencapai Rp300 juta. Dengan plafon pinjaman yang besar ini, Anda dapat mengalokasikannya dengan baik untuk bisnis ekspor yang akan Anda jalankan.

  2. Bunga flat

    Selain memiliki plafon yang besar, DBS KTA juga menawarkan bunga flat. Dengan adanya bunga flat ini, kenaikan bunga bank tidak akan mempengaruhi besarnya cicilan Anda. Bunga yang ditawarkan mulai dari 0,88% perbulannya.

  3. Cicilan mencapai 36 bulan

    Ketika mengajukan pinjaman modal usaha, masalah tenor cicilan memang menjadi bahan pertimbangan. DBS KTA memiliki tenor cicilan mencapai 36 bulan, sehingga Anda dapat mengatur cicilan sesuai dengan kemampuan.

  4. Syarat mudah

    Untuk mengajukan DBS KTA, syarat yang diberikan sangat mudah. Anda hanya harus memastikan jika berdomisili di daerah Jabodetabek.

    Selain itu Anda juga harus memiliki e-KTP serta NPWP. Untuk penghasilan, minimal penghasilan yang disyaratkan sebesar Rp5 juta, serta memiliki kartu kredit bank lain minimal sebesar Rp10 juta.

DBS KTA memang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan pinjaman yang lain, sayang rasanya jika melewatkan kesempatan ini begitu saja. Ajukan pinjaman modal usaha di DBS KTA sekarang juga, dan ciptakan peluang bisnis Anda.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?