Obligasi Pemerintah
21 Jul 2022

Cara Kelola Investasi SBN atau Obligasi Pemerintah

Obligasi Pemerintah terkenal sebagai salah satu jenis investasi yang menawarkan berbagai keuntungan. Mulai dari kupon atau imbal hasil berkala sampai dengan capital gain. Selain itu Obligasi juga tergolong aman karena dijamin oleh pemerintah.

Sayangnya investor tidak boleh hanya memandang dari segi keuntungannya saja. Risiko dari investasi Obligasi juga ada seperti risiko suku bunga yang berbanding terbalik dengan harga Obligasi. Menghindari risiko ini, cara mengelola Obligasi pun patut diperhatikan. Seperti apa caranya, simak penjelasannya hingga akhir.

Cara Mengelola Obligasi Pemerintah dengan Efektif

Pengertian Obligasi sendiri adalah surat utang di mana penerbit Obligasi bisa berasal dari korporasi atau pemerintah. Surat Berharga Negara (SBN) adalah jenis Obligasi negara yang paling populer karena tingkat keamanannya yang dijamin pemerintah.

Fungsi dari Surat Berharga Negara (SBN) adalah untuk membiayai anggaran negara, di mana sistemnya investor meminjamkan uang kepada pemerintah. Anda yang memegang Surat Berharga Negara (SBN) akan memperoleh keuntungan dalam bentuk kupon atau imbal hasil. 

Jenis Surat Berharga Negara (SBN) sendiri ada beberapa macam dengan karakteristik berbeda. Seperti Savings Bond Ritel (SBR) yang jangka waktunya dua tahun. SBR bisa dicairkan lebih awal karena fasilitas early redemption. Ada juga Sukuk Tabungan (ST) yang jangka waktunya sama 2 tahun, karakter imbal hasil mengambang dengan tingkat minimum.

Jenis Obligasi Pemerintah yang ketiga adalah Obligasi Negara Ritel (ORI) dengan jangka waktu 3 tahun yang waktu pencairannya sesuai jatuh tempo. Jenis kupon ORI adalah fixed rate. Terakhir adalah Sukuk Ritel (SR) yang karakteristiknya sama dengan ORI. Baik SR dan ORI memiliki periode pembayaran kupon bulanan.

Mengenali jenis-jenis Obligasi adalah dasar yang harus dipahami investor demi mempermudah pengelolaan. Selama Anda tahu jenis-jenisnya maka lebih mudah menentukan produk mana yang sebaiknya dibeli. 

Selain mengenali jenis Obligasi Pemerintah, beberapa tips pengelolaan lainnya berikut ini bisa diikuti.

1.  Memilih Produk Obligasi yang Tepat

Pengelolaan yang benar dimulai dari pemilihan produk Obligasi. Ada beberapa tips untuk memilihnya yaitu disesuaikan dengan kupon dan tenor. Anda perlu menghitung jumlah kupon yang diterima dan berapa kali pembayarannya sesuai dengan tenor. 

Anda juga harus menghitung bagaimana keuntungan jika Obligasi dipertahankan sampai jatuh tempo atau ketika dijual sebelum tenor berakhir. Apakah keuntungan yang diperoleh cukup tinggi meskipun kupon diberikan setiap bulan, artinya produk tersebut berpotensi menguntungkan di masa depan.

Perhatikan juga soal yield to maturity yaitu ketika investor berhasil mempertahankan Obligasi sampai jatuh tempo. Artinya imbal hasil yang diberikan juga lebih tinggi.

2.     Menerapkan Strategi Buy and Hold

Pengelolaan Obligasi Pemerintah paling mudah adalah dengan membeli produk kemudian tidak menjualnya kembali. Artinya Anda sudah merencanakan dengan matang soal finansial selama investasi.

Anda hanya akan mencairkan dana setelah Obligasi sudah jatuh tempo. Maka imbal hasil yang didapatkan dan pokok investasi pun 100%. Anda tinggal memilih saja mana produk yang potensi peningkatannya cukup signifikan dan tenor sesuai dengan tujuan investasi.

Misalnya Anda mungkin memilih Obligasi dengan tenor 1 tahun dengan pembayaran kupon di akhir atau jenis tanpa kupon.

3.   Waktu yang Tepat untuk Menjual Kembali Obligasi

Memantau perkembangan Obligasi begitu penting sehingga Anda mengetahui peluang terbaru. Khususnya soal waktu untuk menjual Obligasi demi menghindari kerugian atau justru mendapatkan keuntungan berupa capital gain (selisih harga beli dan jual). 

Waktu yang tepat tentu disesuaikan dengan harga pasar yang dibandingkan dengan nominal pokok Obligasi. Pada saat harga pasar lebih kecil dari nominal pokok Obligasi maka disebut dengan harga diskon.

Namun ketika harga pasar lebih tinggi dari nominal pokok Obligasi maka Anda bisa memperoleh harga premium. Manakah harga yang tepat untuk Anda bisa disesuaikan kembali dengan apakah Anda ingin membeli atau menjual Obligasi.

4.  Menerapkan Strategi Quasi Passive

Fungsi dari strategi ini adalah supaya mengetahui potensi return serta karakter risikonya. Jika pada strategi nomor 2 Anda fokus pada produk yang aman dan terpercaya, di sini Anda dapat menghitung potensi return.

Anda bisa mulai dengan menyusun portofolio Obligasi sesuai dengan potensi return yang sudah diinformasikan penerbit. Tujuannya adalah untuk mempermudah tracking pengeluaran Obligasi sampai dengan jatuh tempo.

5.  Menerapkan Strategi Quasi Active

Pada strategi ini tujuannya juga sama dengan sebelumnya yaitu untuk mengetahui potensi return, hanya saja dalam jangka waktu tertentu. Cara mengetahuinya berdasarkan usia rata-rata dari Obligasi.

Penghitungan ini bisa memberikan informasi akurat terhadap volatilitas Obligasi. Meskipun Anda nantinya akan membeli Obligasi dengan tujuan mempertahankan sampai tenor berakhir. Hanya saja strategi ini bisa meminimalisir kerugian ketika terjadi penurunan harga.

6.   Menerapkan Strategi Dedicated and Active

Strategi ini bertujuan supaya Anda bisa memperoleh return yang optimal. Cara menghitungnya sendiri lebih fokus pada peningkatan risiko yang kerap terjadi. Misalnya cara untuk antisipasi kenaikan tingkat bunga, waktu sampai dengan valuasi.

Banyak skenario yang bisa diuji cobakan pada produk ketika Anda sedang menghitungnya. Jadi Anda akan tahu berapa potensi maksimal dan juga minimalnya setelah memasukan risik-risiko yang kerap terjadi. 

Mudahnya Mengelola Investasi Obligasi di DBS Treasures

Tidak kalah penting dari enam cara mengelola di atas, Anda juga wajib memilih mitra manajemen kekayaan yang tepat seperti perbankan prioritas DBS Treasures. Baik itu dari segi pemilihan produk sampai mengakses fitur-fitur akan sangat memudahkan Anda.

DBS Treasures sangat memahami kebutuhan nasabah dalam investasi Obligasi, oleh karena itu beberapa keuntungan berikut ditawarkan.

1. Produk Obligasi yang Diterbitkan Langsung Oleh Pemerintah

Produk di DBS Treasures yang ditawarkan berasal dari Obligasi Pemerintah. Di mana penerbit Obligasi tersebut adalah pemerintah. Alasan mengapa produk ini dipilih karena adanya jaminan dari Undang-undang.

Anda akan merasa aman dengan memilih produk yang tersedia karena adanya jaminan tersebut. Masalah risiko gagal bayar pun akan semakin minim sehingga potensi return yang diharapkan pun bisa terwujud.

2.  Menyediakan Produk dengan Pilihan Lengkap

Keunggulan dari DBS Treasures bukan hanya dari Surat Berharga Negara (SBN) saja tetapi juga menghadirkan banyak pilihan. Anda bisa memilih Obligasi dengan jangka waktu sesuai dengan tujuan investasi. Mulai dari satu tahun hingga lebih.

Pilihan lainnya adalah mata uang yang ditawarkan juga beragam mulai dari IDR dan USD. Anda bisa menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

3.   Menawarkan Kupon Reguler

Tidak berencana untuk menerapkan strategi buy and hold? Merasa takut jika produk yang dibeli tiba-tiba mengalami penurunan nilai? Jangan khawatir, DBS Treasures menyediakan produk dengan kupon reguler.

Beberapa produk yang tersedia menawarkan kupon reguler setiap bulannya, ada juga yang per tiga bulan. Jadi Anda akan tetap merasakan imbal hasil langsung.

4.  Berpotensi Memberikan Capital Gain

Anda yang sudah memantau waktu jual beli Obligasi akan mendapatkan potensi capital gain. Investasi Obligasi tidak selalu harus dipertahankan sampai jatuh tempo. Selama Anda benar-benar melakukan pemantauan secara teliti.

5.  Menawarkan Kupon yang   Kompe-titif

Nilai imbal hasil juga jadi perhitungan ketika Anda memilih produk. DBS Treasures menyediakan produk yang memberikan kupon kompetitif. Nilai kuponnya ada di atas rata-rata bunga Deposito berjangka. Hal ini tentu mempermudah perhitungan. 

6.    Tidak Ada Biaya Tambahan Saat Jual Beli

Selama Anda bertransaksi baik jual beli Obligasi, tidak ada biaya tambahan atau tersembunyi yang akan dibebankan. Biayanya hanya selisih antara harga jual dan beli saja.

7.  Akses Transaksi Kapan Saja

Semua produk Obligasi di DBS Treasures yang diperjualbelikan bisa Anda akses secara mudah kapan saja selama 24/7. Anda bisa mengaksesnya melalui Aplikasi digibank by DBS.

Banyak strategi yang akan membantu Anda mengelola Obligasi Pemerintah secara tepat. Konsisten dalam menganalisa dan menambah wawasan soal investasi Obligasi menjadi cara paling ampuh yang harus dilakukan semua investor termasuk Anda.

Apalagi dengan dipermudahnya akses investasi melalui DBS Treasures tentu saja pengelolaan investasi bukan hal yang sulit lagi. Anda bisa mempercayakan dana kepada DBS Treasures sehingga investasi pun bisa bekerja secara maksimal.

Selama Anda tidak menunda untuk berinvestasi, tujuan-tujuan seperti membeli mobil, rumah, atau bahkan menambah properti pun bisa didapatkan. Pastikan Anda berinvestasi dengan yakin bersama DBS Treasures, ketujuh keuntungan di atas akan mudah Anda peroleh.

Hubungi Kami

Dapatkan advisory yang dipersonalisasi dari Relationship Manager Anda, dipertajam oleh inovasi digital agar Anda yakin mengambil keputusan investasi.

untuk mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasikan dan dikomunikasikan secara konsisten kepada Anda.

di aplikasi Digibank by DBS untuk menikmati kemudahan investasi Anda