Pasar obligasi sekunder merupakan tempat investor dapat membeli dan/atau menjual obligasi mereka

Bagaimana Cara Jual Beli Obligasi di Pasar Sekunder?

Pasar obligasi sekunder merupakan tempat investor dapat membeli dan/atau menjual obligasi mereka secara bebas tanpa intervensi dari penerbit asli. Dengan kata lain, sebuah obligasi yang sudah dilepaskan dari penerbitnya disebut sebagai sebuah obligasi sekunder. Tujuan dari pasar obligasi sekunder adalah untuk memberikan likuiditas bagi para investor. Pemain utama yang dimaksud meliputi investor, pialang-pedagang, dan perantara finansial seperti bank, institusi finansial non-bank, penyedia layanan konsultasi serta regulator.

Pasar sekunder merupakan sebuah indikator yang baik dari kesehatan ekonomi sebuah negara. sementara di pasar perdana atau pasar ‘terbitan terbaru’, harga dari sebuah sekuritas ditentukan sebelumnya dan tidak berfluktuasi, di pasar sekunder harga lebih dinamis karena penawaran dan permintaan merupakan kekuatan yang menentukan di belakangnya. Lebih lanjut, pembeli dan penjual yang memperdagangkan obligasi mereka mendikte hasil dari obligasi yang berbeda yang pada akhirnya menentukan harga kredit dalam perekonomian. Naik atau turunnya harga dalam pasar mengindikasikan adanya pertumbuhan atau perekonomian yang mengalami resesi.

Fitur-fitur yang membedakan pasar sekunder

Fitur-fitur yang membedakan pasar sekunder

Apa saja tipe dari pasar sekunder?

Apa saja tipe dari pasar sekunder?

Apa yang bisa Anda dapat dari pasar sekunder?

Pasar sekunder menawarkan potensi untuk menghasilkan uang secara instan atau dalam waktu yang sangat singkat kepada investor. Permintaan akan sekuritas dan, sebagai akibatnya, harga di pasar sekunder membantu dalam mengevaluasi perusahaan secara efektif. Pasar sekunder juga memberi kemudahan bagi investor untuk menjual dan membeli dan memastikan likuiditas.

Bagaimanapun, pasar sekunder bersifat volatile dengan fluktuasi harga yang besar. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan tiba-tiba atau penurunan harga obligasi. Perdagangan dalam pasar sekunder seringkali tidak menarik karena formalitas investor. Selain itu, biaya berulang seperti pulang dan komisi dapat menghalangi investor untuk melakukan transaksi secara berkala.

Investor bersaing untuk berdagang di pasar obligasi sekunder karena:

  • Berpotensi menyediakan keuntungan yang lebih tinggi

  • Kemampuan untuk memaksimalkan pengembalian dengan mengizinkan pembelian sebelum meningkatkan kredit

  • Fasilitas strategi keluar sebelum penerbit gagal bayar

  • Kemampuan untuk mengalokasi ulang modal pada sektor lain tergantung kemana arah ekonomi

  • Persediaan mengubah durasi portofolio obligasi Anda untuk mendapatkan peningkatan atau penurunan sensitivitas terhadap suku bunga

Baca lebih lanjut artikel dari Bond Literacy Series untuk diversifikasi portofolio investasi Anda.
Diskusikan bersama kami jika Anda tertarik dengan obligasi peringkat investasi maupun obligasi dengan imbal hasil tinggi yang tersedia di pasar sekunder, Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan berdiskusi dengan para ahli di DBS Treasures. beberapa yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa mungkin ada opsi terbatas pada pasar sekunder, dan pialan atau broker mungkin tidak dapat membeli obligasi secara langsung.
Unduh Sekarang Aplikasi digibank by DBS untuk menikmati kemudahan transaksi Obligasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?