Asuransi kesehatan dapat menjaga stabilitas finansial
16 Jan 2023

Alasan pentingnya asuransi kesehatan dan penyakit kritis

Biaya pelayanan kesehatan terus meningkat dengan populasi usia lanjut, serta peningkatan penyakit kronis dan kebutuhan perawatan jangka panjang. Asuransi kesehatan dapat menjaga stabilitas finansial, sehingga Anda dapat yakin bahwa orang-orang tercinta tidak akan dibebani dengan biaya tak terduga jika sesuatu terjadi pada Anda. Polis asuransi yang komprehensif dapat melunasi tagihan layanan kesehatan darurat Anda dan membantu biaya hidup sehari-hari dalam situasi sulit.

Berikut beberapa solusi asuransi yang dapat dipertimbangkan untuk perlindungan sesuai kebutuhan Anda:

  • Asuransi kesehatan: Menghadapi kenaikan biaya kebutuhan medis dan rumah sakit, Anda mungkin membutuhkan cakupan yang lebih besar untuk pengeluaran medis.

  • Asuransi kecelakaan pribadi: Khusus cedera atau kecelakaan mendadak. Sebagai contoh, kaki terkilir, punggung keseleo, atau jika tertabrak oleh pengemudi yang tidak berhati-hati.

  • Asuransi penyakit kritis: Asuransi penyakit kritis memberikan sejumlah uang jika terdiagnosa dengan penyakit atau disabilitas tertentu seperti serangan jantung, stroke, atau kanker. Karena keadaan darurat atau penyakit ini terkadang membutuhkan biaya medis lebih besar dari umumnya, polis asuransi ini akan memberikan uang kas untuk membantu melunasi pengeluaran yang tidak tercakup oleh asuransi kesehatan tradisional.

  • Asuransi Seumur Hidup: Asuransi ini melindungi Anda seumur hidup. Merupakan rencana perlindungan dengan manfaat tunai yang dapat diakses saat polis berakhir. Tergantung cakupan perlindungan, Anda bisa mendapatkan pembayaran sekaligus jika mengalami disabilitas atau penyakit kritis yang permanen, atau orang-orang terkasih juga bisa mendapatkannya jika Anda meninggal dunia.

Perbedaan asuransi penyakit kritis dan asuransi kesehatan

Dalam hal cakupan, asuransi kesehatan pada umumnya menangani biaya rumah sakit dan operasi individu yang tertanggung. Jumlah kompensasi yang diterima oleh tertanggung tidak melebihi biaya asli pelayanan kesehatan.

Di lain sisi, tanggungan dari asuransi penyakit kritis pada umumnya akan dibayarkan jika tertanggung menderita penyakit mengancam jiwa yang ditentukan dalam polis (seperti penyakit jantung, kanker, stroke). Perusahaan asuransi kemudian dapat memberikan kompensasi tunai sekaligus sesuai dengan perencanaan penyakit kritis terkait, terlepas dari berapa biaya operasi, rawat inap, atau lainnya. Pembayaran tunai sekaligus dapat berguna untuk menanggung hilangnya pendapatan dan pengeluaran harian lainnya yang mungkin tidak termasuk dalam asuransi medis Anda, sehingga Anda dapat fokus pada pemulihan kesehatan.

Mahalnya biaya pengobatan dapat menghabiskan seluruh pertanggungan medis Anda, sehingga hanya tersisa sedikit atau tidak ada sama sekali untuk penyakit di masa depan. Di sinilah peran perencanaan penyakit kritis. Rencana penyakit kritis adalah polis yang terpisah dan independen dari rencana medis Anda.

Apakah cakupan asuransi kesehatan perusahaan saya cukup?

Dengan meningkatnya biaya perawatan medis dan kepadatan rumah sakit umum, banyak orang harus menanggung biaya pengobatan yang tinggi ketika mereka dirawat di rumah sakit swasta. Asuransi kesehatan dari perusahaan tempat Anda bekerja bisa jadi tidak memberikan perlindungan yang memadai. Asuransi kesehatan perusahaan seringkali hanya menyediakan rawat inap dasar dan perlindungan biaya pengobatan, dan jumlah pertanggungan biasanya bergantung pada pangkat, gaji, dan senioritas Anda. Anda tidak memiliki kontrol untuk memutuskan jumlah dan cakupan perlindungan. Uang pertanggungan mungkin tidak cukup untuk kebutuhan individu yang sebenarnya. Selain itu, begitu seseorang meninggalkan pekerjaannya, perlindungan tersebut akan berakhir. Namun, jika Anda telah mengambil asuransi penyakit kritis, Anda bisa mendapatkan kompensasi tunai satu kali untuk digunakan dalam keadaan darurat atau penggantian biaya pengobatan yang tersisa sehingga Anda dapat fokus pada rehabilitasi.

Berapa banyak yang harus saya keluarkan untuk asuransi?

Penting untuk membeli polis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Penting juga untuk dicatat bahwa kondisi yang sudah ada sebelumnya mungkin tidak ditanggung oleh polis asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi swasta.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan ketika membandingkan asuransi kesehatan.

  • Perlindungan apa yang Anda miliki saat ini?

  • Pertanggungan tambahan apa yang Anda atau keluarga butuhkan?

  • Pilihan apa yang tersedia?

  • Berapa anggaran Anda?

  • Apa saja pengeluaran bulanan Anda yang perlu ditanggung jika Anda jatuh sakit dan tidak bisa menghasilkan pendapatan?


Pelajari dari ahlinya

Dapatkan ketenangan dengan kemudahan proses underwriting tanpa pemeriksaan medis untuk Uang Pertanggungan hingga Rp10 miliar, jaminan polis aktif dalam 10 tahun pertama polis, manfaat tambahan dengan MiTreasure Optimax Care untuk manfaat perlindungan menyeluruh di dalam dan luar negeri.

Be future ready

Agar yakin dan selalu terdepan mempersiapkan masa depan.

Di setiap tahap kehidupan dengan solusi komprehensif.