Shopping
29 Apr 2023

Trik Belanja Saat Stress, Dompet Aman dan Dapat Cashback!

Hadirnya kartu kredit online saat ini begitu memudahkan transaksi belanja. Setiap inovasi dalam bidang perbankan kian hari kian memudahkan para penggunanya. Hal itu karena didorong oleh fakta bahwa nyaris segala aktivitas manusia dilakukan secara online.

Salah satunya adalah kegiatan belanja. Apakah kamu termasuk yang seringkali melakukan kegiatan belanja? Bahkan tiap bulan pada pekan gajian atau tanggal cantik selalu diidentikkan dengan hari belanja nasional.

Bagi kamu yang mungkin jelang akhir bulan merasa penat dan diterpa stress, pasti akan memanfaatkan momen belanja dengan baik. Namun, jangan sampai kalap ya! Di sini akan dibahas cara-cara agar dompet tetap aman meski belanja terus jalan.

Benarkah Belanja Bisa Usir Stress? Saatnya Cek Fakta!

Tak bisa dipungkiri bahwa masalah selalu datang dan pergi silih berganti di kehidupan kita. Mulai dari masalah keluarga, pekerjaan, finansial bahkan juga asmara. Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu stress yang menimpa kita.

Coping mechanism yang biasa dilakukan saat mengatasi stress bermacam-macam, mulai dari liburan sampai belanja. Kalau kamu yang mana?

Lantas, benarkah belanja bisa bantu hilangkan stress? Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh University of British Columbia, mereka yang berbelanja barang-barang cenderung bisa merasakan kebahagiaan lebih lama. Rasa senang itu akan terus berlanjut bahkan sampai berminggu-minggu.

Salah satu penelitian yang dikutip oleh Fox News pun menerangkan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena mereka bisa melihat barang belanjaan itu. Hanya dengan melihatnya bisa memberikan reaksi yang senang.

Namun sayangnya kebiasaan tersebut akan berakhir buruk jika kamu tidak dapat mengontrol pengeluaran. Selain itu, sebaiknya jika diterpa masalah atau stress diselesaikan dari akarnya. Jika kamu memilih untuk belanja, ini hanya dapat memberikan distraksi yang sementara.

Apalagi jika kemudian stress shopping ini malah membuat dompetmu semakin menipis. Hal tersebut sebaiknya harus dihindari. Jadi, yang tadinya belanja untuk mengurangi stress malah jadi makin stress karena memikirkan keborosan dan kondisi keuangan memburuk.

6 Tips dan Trik agar Belanja Pakai Kartu Kredit Online untuk Kurangi Stress Tanpa Cemas!

Terkadang, tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi atau self-reward kepada diri sendiri yang sudah bekerja keras dengan belanja. Apalagi saat ini terdapat kartu kredit yang mudah di approve, sehingga lebih memudahkan transaksi belanjamu.

Hanya saja, jangan sampai kebiasaan ini justru membuatmu menjadi konsumtif. Berikut ini adalah rangkuman tips dan trik jitu yang bisa kamu ikuti agar bisa belanja untuk stress tanpa menambah stress yang baru.

●       Membuat Alokasi Dana

Teruntuk kamu yang seringkali diterpa stress dan begitu menyukai belanja sebagai distraksinya, maka bisa memakai cara ini. Kamu harus membuat alokasi dana khusus setiap bulannya.

Sehingga hal ini membuat kamu lebih waspada dan tidak sampai over budget. Membuat alokasi dana ini membantumu mengontrol setiap pengeluaran belanjamu. Kamu pun akan berbelanja sesuai dengan kemampuan budget.

Hal ini juga membuatmu terhindar dari pembelanjaan yang sifatnya impulsive ataupun tidak penting-penting amat. Agar lebih mudah melakukan ini, kamu bisa menyediakan kartu kredit online khusus untuk dana belanja mu.

●       Sering Lakukan Window Shopping

Kamu tentu memiliki banyak hobi atau camilan favorit yang ingin kamu beli. Tidak ada salahnya dengan menuliskan daftar keinginanmu. Sehingga kamu hanya akan membeli barang yang memang sesuai wishlist-mu, bukan karena terpengaruh review atau promo yang kamu temui di sosial media.

Saat ini semua sosial media ataupun e-commerce gencar melakukan live shopping. Namun jangan sampai kamu tergiur dan malah melupakan barang yang memang kamu inginkan dan perlukan.

Itulah mengapa sangat penting bagimu untuk melakukan kegiatan window shopping dengan sering. Terutama saat mencari-cari barang yang ada di wishlist. Kamu bisa menyimpannya di keranjang terlebih dahulu, tidak usah terburu-buru melakukan check out.

Sehingga kamu bisa mendapatkan semua barang di wishlist tanpa terkecuali dan dengan harga yang lebih ideal. Jika melakukan cara ini, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan prioritas belanjamu.

●       Tidak FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out ini tentu banyak menjangkiti manusia yang hidupnya saat ini banyak dihabiskan di platform online. FOMO atau takut ketinggalan tren ini menjadi salah satu pemicu munculnya kebiasaan latah.

Apalagi saat ini banyak sekali metode marketing yang bertujuan untuk membuatmu merasa tidak relevan jika tidak membeli suatu produk. Bahkan banyak para Key Opinion Leaders yang kamu ikuti di sosial media bisa membuatmu latah berbelanja.

Jangan mudah terpengaruh, apalagi jika kamu tidak memastikan sendiri kualitas barang atau produknya. Meski saat ini lebih mudah bertransaksi dengan kartu kredit yang mudah diajukan, kamu harus tetap memperhatikan kemampuan finansialmu.

Perlu diingat bahwa tren akan terus-terusan berubah, jadi tidak perlu merasa takut ketinggalan zaman. Tidak perlu juga takut dicap tidak gaul atau up to date. Lebih baik bersikap bijak dalam penggunaan uangmu.

●       Melakukan Pencatatan Pengeluaran

Hal yang satu ini dirasa paling efektif juga, supaya kamu bisa mengetahui seberapa banyak spending kamu. Namun saat ini hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis jika memiliki kartu kredit online.

Selain lebih mudah dalam bertransaksi, kamu juga bisa lebih melakukan kontrol dengan cara yang paling mudah. Semuanya bisa dilakukan dalam 1 aplikasi di HP-mu saja.

●       Membawa Bekal dari Rumah

Bagi kamu yang mungkin masih bekerja di kantor, bisa menyiasati makan siang hemat dengan membawa bekal dari rumah. Sehingga uang makan siang bisa dialokasikan ke budget belanja.

Karena saat ini makan siang di luar bisa mencapai hingga Rp 50 ribu. Jika membawa bekal bisa lebih menghemat kondisi dompet kamu.

●       Memaksimalkan Promo

Saat ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis promo saat berbelanja. Mulai dari diskon potongan harga, gratis ongkir, sampai cashback. Rajin-rajinlah mencari informasi promo, sehingga kamu bisa belanja tanpa rasa cemas malah lebih banyak untung.

Lagipula, siapa di sini yang tidak menyukai promo? Hampir setiap orang termasuk kamu tentu menyukainya. Tidak ada salahnya untuk memaksimalkan promo yang ada agar belanja jadi lebih hemat. Apalagi dengan menggunakan kartu kredit yang mudah di approve.

Setelah mengetahui tips dan trik jitu agar belanja tanpa khawatir, semoga kegiatan belanjamu tetap dan selalu menjadi aktivitas paling menyenangkan. Tidak perlu ragu untuk memberikan dirimu sedikit apresiasi untuk kerja keras selama ini dengan membelanjakan diri barang-barang yang memang kamu ingini.

Kamu juga bisa tetap belanja untuk atasi stress tanpa menambah stress dengan menggunakan kartu kredit online pertama di Indonesia dari digibank by DBS. Nikmati cashback hingga Rp 250 ribu dengan Kartu Kredit Digital digibank.

Belanja tanpa bimbang dan banyak keuntungan, bisa dirasakan dengan memiliki kartu kredit digital digibank by DBS. Dapatkan informasi lebih lanjut di sini.