Gopay
02 Aug 2023

QRIS Gopay Bantu UMKM Perkuat Bisnis dengan Pembayaran Onlin

Metode pembayaran menggunakan dompet elektronik semakin melejit dan menjadi tren, terutama saat pandemi untuk menghindari pembayaran secara tunai. Namun sayangnya, belum semua bisnis UKM menyediakan pembayaran dengan metode tersebut. Padahal, bisnis UMKM yang menyediakan metode dompet elektronik seperti QRIS Gopay bisa menarik minat konsumen lebih besar lagi. Manfaat lain yang didapat bisnis UMKM adalah kesempatan bisnis untuk tumbuh pesat dan  naik level dengan menyediakan layanan pembayaran menggunakan dompet elektronik.

 

Bisnis UMKM yang ingin menjangkau pasar lebih luas bisa melakukan berbagai strategi marketing, salah satunya dengan cara membuat QRIS sebagai alternatif pembayaran yang bisa digunakan konsumen. Metode ini memberi kemudahan bagi konsumen karena tidak perlu repot membawa uang tunai lebih banyak ketika belanja di merchant. Sedangkan untuk kebutuhan belanja online, konsumen tidak perlu repot ke ATM atau melakukan transaksi di bank demi menyelesaikan pembayaran.

Manfaat QRIS untuk Bisnis UMKM

Sejak diluncurkan tahun 2019 oleh Bank Indonesia, metode pembayaran menggunakan QR code bertujuan untuk membantu pelaku bisnis agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Metode pembayaran ini tidak hanya tersedia di mall atau e-commerce besar, tapi juga bisa dilakukan di toko kecil hingga pedagang kaki lima. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan QRIS untuk meningkatkan bisnis UMKM.

1.     Menjangkau Konsumen Lebih Banyak

Pengeluaran kebutuhan rumah tangga yang semakin meningkat merupakan cerminan daya beli masyarakat yang semakin baik. Konsumen juga lebih tertarik belanja menggunakan dompet elektronik, seperti QRIS Gopay yang aman, mudah digunakan dan praktis dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

 

Dengan menambah metode pembayaran menggunakan QRIS, bisnis UMKM mendapat akses transaksi ke jutaan masyarakat penggunanya. Dengan demikian, bisnis bisa berkembang lebih baik dengan pasar yang lebih luas. Kemudahan metode pembayaran menggunakan dompet elektronik juga mempengaruhi pengalaman konsumen dalam berbelanja.

2.     Pengelolaan Bisnis Lebih Mudah dan Terintegrasi

Tidak hanya untuk kemudahan konsumen, metode pembayaran dengan cara membuat QRIS juga membantu pengelolaan keuangan bisnis UMKM jadi lebih mudah. Selain itu, bisnis UMKM juga bisa melakukan integrasi usaha dengan bisnis penerbit dompet elektronik untuk pengelolaan secara menyeluruh. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada dompet elektronik untuk mengembangkan bisnis lebih optimal, misalnya melalui fitur pembukuan digital dan akses pendanaan yang bisa digunakan sebagai tambahan modal bisnis.

3.     Transaksi Terjamin Aman

Keamanan dalam bertransaksi juga dirasakan oleh pelaku bisnis UMKM, tidak hanya pada konsumen saja. Kamu akan meminimalisir risiko kecurangan transaksi akibat penipuan yang dilakukan oknum yang berpura-pura menjadi konsumen.

 

Pasalnya, setiap transaksi QRIS Gopay menggunakan PIN atau kode khusus yang membutuhkan persetujuan pengguna. Proses verifikasi pembayaran ini menjamin keamanan transaksi untuk kedua belah pihak, konsumen dan bisnis UMKM. Riwayat transaksi juga tercatat secara otomatis yang bisa bermanfaat untuk pengelolaan keuangan bisnis.

4.     Transaksi Lebih Cepat dan Anti Ribet

Kehadiran QRIS bertujuan untuk memudahkan transaksi antara konsumen dengan pelaku bisnis. Melalui metode pembayaran ini, transaksi bisa dilakukan lebih cepat melalui pemindaian QR code saja. Pelaku bisnis juga tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian. Metode pembayaran ini juga untuk melindungi penggunanya agar terhindar dari risiko peredaran uang palsu yang merugikan keuangan bisnis UMKM.

5.     Omset Semakin Melejit

Dengan cara membuat QRIS, konsumen merasa lebih nyaman melakukan transaksi dengan bisnis UMKM yang kamu kelola. Pasalnya, konsumen mendapat alternatif pilihan pembayaran lebih banyak yang memudahkan.

 

Konsumen juga merasa bebas bertransaksi menggunakan pilihan pembayaran yang tersedia. Apalagi penggunaan dompet digital dinilai lebih praktis dan higienis, tidak perlu repot membawa banyak uang tunai. Konsumen juga memiliki kecenderungan memilih merchant yang menyediakan metode pembayaran QRIS karena dianggap sebagai bisnis kekinian yang up to date. Dengan begitu, omset bisnis semakin melejit dan bisnis Kamu semakin lancar.

Cara Menggunakan QRIS untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Cara membuat QRIS sendiri tidak sulit, justru sangat mudah dan sederhana, serta bisa dilakukan dengan cepat. Lakukan langkah pembuatan QRIS berikut ini:

  • Lakukan pembuatan akun pada salah satu Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS yang terdaftar.
  • Lengkapi dengan data bisnis dan dokumen yang diminta sebagai syarat pengajuan pembuatan QRIS
  • Tunggu proses verifikasi data, pembuatan ID untuk bisnis dan pencetakan stiker QRIS oleh PJSP hingga selesai. Pihak PJSP akan mengirim stiker QRIS ke alamat bisnis Kamu.
  • Instal aplikasi sebagai merchant yang menyediakan metode pembayaran QRIS

 

Untuk meningkatkan bisnis UMKM agar naik level, Kamu harus menyediakan metode pembayaran tersebut dan menjangkau konsumen lebih luas. Cara menggunakan QRIS untuk meningkatkan bisnis UMKM bisa Kamu lakukan sejak menerima stiker QRIS dari PJSP. Selanjutnya, Kamu bisa menempel stiker QRIS tersebut agar konsumen mengetahui bisnis UMKM yang Kamu kelola menerima pembayaran menggunakan QRIS.

 

Informasikan juga pada konsumen ketika terjadi transaksi agar lebih mudah dan aman menggunakan QRIS Gopay. Ketika transaksi berhasil, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email. Kamu juga bisa meminta bukti pembayaran yang tercantum pada aplikasi yang digunakan konsumen.

Bisnis Naik Level dengan QRIS Gopay melalui Bank Digital

Untuk beradaptasi dalam persaingan bisnis yang semakin tinggi di era digital, pelaku UMKM wajib melengkapi bisnisnya dengan berbagai fitur digital terkini dengan cara membuat QRIS. Kamu bisa menyediakan metode pembayaran dompet elektronik tersebut melalui Aplikasi digibank by DBS.

 

Sebagai platform digital banking yang telah digunakan banyak pengguna dengan reputasi terbaik, digibank by DBS menawarkan sederet keunggulan yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan bisnis UMKM. Salah satunya adalah dengan menyediakan transaksi perbankan lengkap yang bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Tersedia juga fitur top-up saldo Gopay dan dompet elektronik lain yang bisa Kamu gunakan untuk mengakses pembayaran dengan QRIS Gopay.

Selain itu, ada keuntungan lain yang lebih menarik, di antaranya:

  • Bayar sat set pakai digibank QRIS
  • Limit 10juta/transaksi/hari
  • Nikmati promo menarik di merchant pilihan

Yuk, segera daftarkan bisnis UMKM untuk mendapatkan QR code dan kelola transaksi serta keuangan bisnis melalui digibank by DBS. Seluruh layanan perbankan yang kamu butuhkan tersedia dalam satu aplikasi digital banking terbaik ini. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.