Apa itu obligasi
13 Mar 2023

Obligasi: Investasi Untung Jangka Panjang, Apa Alasannya?

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah obligasi. Ini merupakan surat utang yang diperjualbelikan oleh pemerintah maupun korporasi dan bisa dijadikan sebagai instrumen investasi. Surat utang ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda, termasuk keuntungan yang berlangsung untuk jangka waktu panjang.

Saat berinvestasi, Anda pasti akan mempertimbangkan faktor keuntungannya. Jika Anda memiliki target finansial yang cukup besar dalam jangka panjang, maka surat utang ini bisa jadi pilihan instrumen yang menguntungkan. Keuntungan yang diberikan termasuk keuntungan jangka panjang dan terbilang aman.

Tentang Obligasi

Mari berkenalan lebih dekat dengan instrumen investasi yang satu ini. Jika Anda memang tertarik untuk menginvestasikan dana ke sebuah instrumen, maka penting sekali memahami karakternya terlebih dahulu. Surat utang bisa diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi dan bisa memiliki jangka waktu panjang maupun menengah.

Surat utang ini bisa diperjualbelikan oleh si pemegang. Misalnya, Anda membeli surat utang pemerintah lalu ingin menjualnya kepada orang lain. Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa capital gain atau selisih harga jual dan beli dari aktivitas tersebut. Asalkan memang harga jual surat utang lebih tinggi dari harga beli yang Anda dapatkan di waktu lampau.

Surat utang tidak hanya memberikan keuntungan lewat capital gain. Anda bisa saja menyimpan surat utang tersebut untuk jangka panjang tanpa harus menjualnya. Lalu, darimana keuntungan diperoleh? Ada sistem kupon yang berlaku dalam instrumen investasi ini.

Pemberian kupon akan diatur oleh pihak penerbit surat utang. Nilai kupon yang diberikan juga tergantung kebijakan dari penerbit. Nantinya kupon ini akan diberikan secara berkala dan teratur. Bisa dikatakan bahwa surat utang adalah jenis instrumen investasi yang dapat memberikan Anda penghasilan pasif.

Surat utang juga memiliki masa berlaku sampai batas waktu tertentu. Ini harus Anda pahami sehingga paham kapan waktu yang tepat untuk menjual atau menyimpan surat utang tersebut. Setelah masa berlaku habis, maka Anda akan mendapatkan pengembalian modal awal. Inilah cara kerja instrumen surat utang yang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu.

Mengapa Memberi Untung Jangka Panjang?

Sebenarnya apa yang membuat surat utang dianggap bisa memberikan keuntungan jangka panjang? Setelah memahami apa itu obligasi dari penjelasan sebelumnya tadi, Anda mungkin sudah mendapatkan sedikit gambaran. Berikut ini beberapa alasan yang membuat surat utang disebut bisa memberi untung jangka panjang:

  • Ada Masa Berlakunya

Surat utang ini memiliki masa berlaku. Umumnya, masa berlaku surat utang dibuat jangka menengah dan jangka panjang. Adanya aturan masa berlaku ini akan membuat Anda sebagai investor jadi memiliki acuan jika ingin menjual surat utang. Jika memang ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang, maka beli saja surat utang dengan masa berlaku yang panjang.

Sebenarnya aturan masa berlaku ini tidak akan mengekang investor. Jika memang ingin menjual surat utang kepada investor lain maka tidak masalah karena bisa dilakukan kapan saja. Namun tidak masalah juga jika Anda ingin terus menyimpan surat utang sampai masa berlakunya habis.

  • Memiliki Jaminan Pengembalian

Ada jaminan pengembalian yang bisa Anda dapatkan setelah masa berlaku surat utang habis. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda apalagi jika ingin menjadikan surat utang sebagai instrumen investasi dalam jangka panjang. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kupon dan tetap mendapatkan jaminan pengembalian saat masa berlaku habis.

Namun perlu diketahui bahwa surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah bisa lebih dipercaya daripada surat utang oleh korporasi. Jika Anda memang ingin mendapatkan jaminan pengembalian yang lebih mudah dipercaya maka surat utang pemerintah bisa jadi pilihan.

Lalu, apakah surat utang korporasi tidak direkomendasikan? Belum tentu karena ada banyak surat utang dari korporasi yang ternyata memiliki stabilitas cukup tinggi. Jadi kembali lagi pada pilihan Anda. Pastikan untuk melakukan analisis dengan matang sehingga pilihan surat utang korporasi yang Anda ambil bisa memberi keuntungan optimal.

  • Bisa Memberi Penghasilan Pasif

Tadi sudah disebutkan bahwa surat utang akan memberi keuntungan berupa kupon yang diberikan secara teratur. Kupon ini akan menjadi sumber penghasilan pasif bagi Anda karena diberikan terus-menerus sesuai aturan penerbit surat utang. Sampai masa berlaku habis, nilai kupon akan terus dibagikan kepada pemegang surat utang.

Sampai di sini Anda bisa memahami bahwa surat utang banyak dijadikan pilihan instrumen investasi jangka panjang karena memang menguntungkan. Ada sumber penghasilan pasif yang bisa Anda dapatkan dalam kurun waktu tertentu sampai masa berlaku surat utang selesai.

Hal ini pasti akan sangat menguntungkan bagi Anda. Apalagi jika nilai kuponnya cukup tinggi. Penghasilan pasif ini bisa menambah pemasukan Anda dan meningkatkan kemampuan untuk berinvestasi lebih banyak lagi. Anda bisa memanfaatkan keuntungan dari kupon untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau bisa diputar lagi di instrumen investasi yang lain.

  • Memiliki Nilai Bunga Lebih Tinggi

Surat utang diketahui memberi nilai bunga yang lebih tinggi dibandingkan produk tabungan dan deposito di bank. Ini menjadi pertimbangan yang penting untuk diperhatikan apalagi tujuan utama investasi adalah demi mendapatkan keuntungan optimal. Semakin besar nilai bunga yang ditawarkan maka akan semakin besar juga keuntungan Anda.

Surat utang bisa jadi pilihan instrumen investasi jangka panjang mengingat nilai bunganya lebih tinggi daripada deposito. Anda bisa menikmati bunga yang besar untuk jangka waktu lama. Jika terus dikumpulkan maka nilai bunga tadi bisa Anda alokasikan untuk mencapai target finansial tertentu.

Sampai di sini, Anda bisa melihat peluang besar yang diberikan oleh instrumen investasi surat utang. Instrumen ini ternyata memiliki banyak potensi keuntungan dan layak untuk dijadikan investasi jangka panjang. Mulailah sekarang juga dan pastikan untuk berhati-hati dalam memilih produk investasinya agar bisa mendapatkan keuntungan optimal.

Mulai Investasi Obligasi  bersama digibank by DBS

Investasi dalam bentuk surat utang ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang. Aplikasi digibank by DBS akan jadi pilihan terbaik. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati:

  • Tersedia banyak pilihan produk baik di pasar perdana maupun pasar sekunder.
  • Modal transaksi ringan bisa mulai dari Rp1 juta atau $1000 USD
  • Transaksi investasi sangat praktis lewat Aplikasi digibank by DBS

Investasi memang jadi pilihan tepat untuk menjaga aset dan membuatnya bertumbuh jadi semakin besar. Apalagi jika Anda punya target finansial tertentu yang ingin dicapai, tentu investasi sangat penting untuk dilakukan. Aplikasi digibank by DBS ini akan menjadi fasilitas yang mempermudah Anda mewujudkan strategi investasi tersebut.

Obligasi menjadi pilihan instrumen yang dianggap sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Langsung saja mulai langkah investasi Anda bersama digibank by DBS. Semakin awal memulai maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang semakin besar. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.