Kartu kredit
10 May 2023

Manfaat Melakukan Large Purchase dengan Kartu Kredit Online

Kartu kredit online dapat menjadi solusi paling ampuh dalam segala keadaan, tak terkecuali dalam kondisi yang urgent. Salah satunya untuk memudahkan transaksimu dalam membeli atau mendapatkan sesuatu yang sudah kamu idamkan. Entah itu smartphone baru atau booking hotel untuk staycation.

Mungkin kamu masih agak ragu jika harus melakukan large purchase dengan memakai kartu kredit. Apakah sebaiknya langsung melakukan purchase dengan kartu kredit atau menunggu dana terkumpul dulu? Di sini akan dibahas manfaat melakukan large purchase dengan kartu kredit.

Kenapa Lebih Baik Memakai Kartu Kredit Untuk Large Purchase?

Saat ini semua orang dapat dengan cepat dan instan untuk daftar kartu kredit, sehingga semakin memudahkan dalam melakukan pembelanjaan. Jika kamu berpikir bahwa kartu kredit tidak bisa digunakan untuk large atau big purchase, maka sudah saatnya untuk merubah anggapan itu.

Kamu bisa melakukan large purchase dengan kartu kredit dan mendapatkan banyak manfaat. Ada beberapa item barang yang seringkali berada pada limited time sale, sehingga mengharuskanmu melakukan pembelian dengan cepat.

Kartu kredit bisa menjadi solusi instan, kamu bisa mendapatkan produk tersebut tanpa harus menunggu dana terkumpul terlebih dahulu. Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu rasakan adalah fitur bonus lain seperti point, cashback atau bahkan penawaran eksklusif lainnya.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus jor-joran dalam melakukan large purchase. Ketika keadaan mengharuskanmu menggunakan kartu kredit untuk large purchase, kamu harus tetap memikirkan tentang berapa besaran pengeluarannya dan bagaimana sistem pembayarannya. Selain itu, pahami dulu apa saja keuntungan yang ditawarkan kartu kredit milikmu.

Misalnya, ada beberapa kartu kredit yang memberikan banyak penawaran menggiurkan hanya untuk transaksi belanja online. Maka akan lebih menguntungkan bagimu jika menggunakan kartu kredit dalam pembayaran belanja online saja.

Selain itu, sudah menjadi kewajiban bagimu untuk jangan sampai lalai pada pembayaran kartu kredit. Kamu harus tetap mempertimbangkan kemampuan finansial sebelum melakukan large purchase. Jangan lupa untuk tepat waktu dalam melakukan pelunasan tagihan kartu kredit.

Manfaat Lakukan Large Purchase dengan Kartu Kredit

Saat kamu mendengar kata large purchase untuk pertama kalinya, mungkin yang terlintas di benakmu adalah transaksi pembelian yang besar. Seperti misalnya liburan, pembelian gadget atau furniture baru. Namun, perlu diketahui bahwa large purchase tidak hanya berhubungan dengan barang-barang demikian saja.

Large purchase pada kartu kredit berarti rasio pemanfaatan kredit yang kamu miliki. Rasio inilah yang kemudian membandingkan antara nominal kredit yang kamu pakai dengan batas atau limit kartu kredit.

Large purchase merupakan pembelian yang memberikanmu lebih dari 30% dari penggunaan kredit. Ahli finansial menyarankan jumlah persentase tersebut untuk terus dipertahankan. Jadi, sebuah transaksi termasuk dalam large purchase atau tidak itu tergantung pada limit kredit secara keseluruhan.

Lantas, apa saja manfaat dari melakukan large purchase dengan Kartu Kredit Online?

●       Kesempatan Pelunasan dari Waktu ke Waktu

Bagi kamu yang membutuhkan pembelian item tertentu namun belum memiliki dana yang cukup, kartu kredit bisa menjadi pertolongan pertama. Kamu tetap bisa mendapatkan barang tersebut saat itu juga.

Kemudian mendapat banyak waktu untuk melunasinya tanpa perlu membayarkan bunga sama sekali. Namun kamu juga harus memperhatikan mengenai syarat dan ketentuan serta batasan pelunasan. Jangan sampai melewatkan pembayaran.

●       Mengumpulkan Banyak Rewards

Alasan lain bagi orang-orang yang suka melakukan large purchase setelah daftar kartu kredit adalah karena banyaknya reward yang bisa didapatkan. Biasanya, semakin besar jumlah purchase yang kamu lakukan maka semakin besar pula hadiahnya.

Misalnya ketika kamu harus membayar Rp 10 juta dan mendapatkan cashback hingga 2% maka kamu bisa lebih untung senilai Rp 200 ribu. Untuk itu sangat perlu juga bagimu memahami ketentuan atau penawaran seperti ini.

●       Benefit untuk Cardholder

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan large purchase di kartu kredit adalah benefit khusus untuk cardholder. Contohnya adalah jaminan-jaminan, proteksi pembelian ataupun asuransi lainnya.

Bahkan untuk pendaftaran juga banyak fitur dan bonus menarik yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan detail bonus lainnya yang mungkin tidak ditunjukkan di awal.

Misalnya, dalam pembelian beberapa produk tertentu jika kartu kredit kamu telah memiliki bentuk kerja sama khusus. Bila pembelian menggunakan kartu kredit tersebut aka nada perpanjangan waktu garansi atau benefit ekstra lainnya. Menyenangkan bukan?

Tips Kartu Kredit Antiboros Karena Large Purchase

Memiliki kartu kredit saat ini benar-benar seperti memiliki pintu kemana saja milik Doraemon, sehingga memudahkanmu dalam mendapatkan apa saja. Tidak jarang hal tersebut menjadi boomerang untukmu.

Banyak orang yang kemudian menjadi konsumtif dan boros dengan kemudahan yang kartu kredit tawarkan. Akan tetapi, tidak sedikit juga mereka-mereka yang justru keadaan finansial jadi lebih terkontrol setelah memiliki kartu kredit.

Untuk pengeluaran yang masuk ke jenis large purchase, kebanyakan pada tiap orang berbeda-beda. Namun untuk kondisi umumnya, banyak cardholder yang melakukan large purchase di kartu kredit untuk family trip seperti booking hotel atau tiket pesawat, pembelian alat elektronik, furniture bahkan hingga rental kendaraan.

Inilah tips yang bisa kamu lakukan agar tidak sampai overspending saat menggunakan kartu kredit.

●       Membuat Wishlist

Kartu kredit bisa saja membuat kamu dengan mudah melakukan pembelanjaan impulsif. Agar mengurangi tendensi untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, kamu bisa membuat wishlist.

Sehingga kamu memiliki lebih banyak waktu untuk memprioritaskan kebutuhan mana. Selain itu juga merenungkan kembali apakah barang tersebut benar-benar harus terpenuhi saat itu juga?

●       Realistis Sesuai Kemampuan

Tahukah kamu? Ketika kamu melakukan pembelian sebuah barang dengan kredit, sesungguhnya kamu sedang menabung untuk hal tersebut. Bedanya dengan tabungan konvensional hanya pada barang yang sudah kamu pegang dan dapatkan dengan sistem kredit.

Sehingga tetap sangat penting bagi kamu untuk berpikir realistis. Sebelum melakukan pembelian, pastikan bahwa finansialmu memang mampu untuk melunasi pembelian itu. Karena jika kamu tidak dapat melunasi tagihan kartu kredit sesuai jatuh tempo akan mendapatkan konsekuensi.

●       Jangan Melebihi Limit Kredit

Saat membuat kartu kredit tentu kamu sudah mendapatkan atau menentukan limit kredit. Jangan sampai karena habis melakukan large purchase kartumu jadi limit. Sehingga kamu tidak bisa melakukan transaksi lain yang lebih kecil dengan kartu kreditmu.

Hal ini tentu akan mempersulit kamu jika hendak melakukan pemenuhan kebutuhan lain yang lebih urgent. Apalagi jika kamu memiliki pembayaran otomatis tiap bulan dengan kartu kredit untuk tagihan lain (contoh: wifi, KPR, listrik, dsb).

●       Melakukan Kontrol di Aplikasi

Saat ini telah tersedia kartu kredit digital yang bisa dikontrol pemakaiannya di aplikasi. Maka bisa membuatmu menjadi lebih waspada saat melakukan pembelanjaan. Hal ini dapat meminimalisir overspending atau pembelian impulsif yang tidak begitu dibutuhkan.

●       Memanfaatkan Momen Promo

Pada waktu-waktu tertentu, tentu saja akan terdapat penawaran khusus pada cardholder. Sehingga hal ini bisa menjadi kesempatan menarik untukmu agar belanja namun tetap hemat.

Jangan sampai ketinggalan informasi-informasi seperti ini. Ada baiknya kamu tidak terlalu mengabaikan notifikasi yang dimunculkan oleh bank penyedia kartu kredit. Agar kamu tidak ketinggalan momen promo.

Sekarang kamu sudah mengetahui kan apa saja manfaat yang bisa kamu raih dengan melakukan large purchase pakai kartu kredit? Jangan lupa untuk menerapkan juga beberapa tips di atas jika ingin tetap mencapai kondisi finansial yang lebih aman.

Dengan penggunaan yang bijak kartu kredit bisa menjadi cara paling aman dan nyaman untuk melakukan large purchase. Saat ini tugas kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu memiliki kartu kredit yang dapat memudahkanmu.

Kamu bisa memulai large purchase dengan kartu kredit online pertama di Indonesia dari digibank. Banyak keuntungan maksimal yang bisa kamu raih, mulai dari approval 60 detik saja, fitur digibank Pay Later, gratis iuran di tahun pertama,  hingga cashback Rp250 ribu rupiah!

Tunggu apalagi? Saatnya miliki Kartu Kredit Digital digibank dengan apply sekarang di sini.