Empty Wallet
07 May 2023

Inilah Ciri-ciri Tipe Orang Boros dalam Keuangan

Diantara kita banyak sekali orang yang punya kebiasaan boros. Kebiasaan tersebut bahkan membuatnya terjebak oleh utang kartu kredit, dikejar debt collector hingga harus membayar bunga yang tinggi. Apalagi kalau orang tersebut tak punya tabungan, bahkan tak paham dengan adanya bank digital. Kondisi ini tentu membuat kehidupannya gali lubang tutup lubang. 

Well, salah satu kunci untuk menghapus kebiasaan boros ini yakni dengan mengetahui alasan di balik sikap boros tersebut. Nah, bagaimana ciri-ciri tipe orang boros tersebut? Adakah tips untuk menghindarinya? Simak ulasan ini hingga akhir. 

Perilaku Boros dan Cara Kelola Keuangan dengan Bank Digital 

Manajemen keuangan yang baik menjadi kunci penting dalam meraih kestabilan finansial. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan mengelola keuangan mereka dengan baik. Ada sebagian orang yang cenderung boros dalam mengelola keuangannya.  

Tipe orang boros dalam keuangan memiliki ciri-ciri khusus yang dapat mengancam stabilitas keuangannya. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah: 

  • Tidak memiliki rencana keuangan yang jelas 

Merupakan salah satu ciri-ciri tipe orang boros dalam keuangan. Hal ini berarti bahwa kamu tidak memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana akan menggunakan uang dalam jangka panjang. Sebagai contoh, kamu tidak memiliki anggaran bulanan, rencana investasi, atau target tabungan dalam bank digital yang jelas. 

Tanpa adanya rencana keuangan yang jelas, kamu akan cenderung membiarkan uang mengalir tanpa arah yang jelas. Bahkan kamu sering kali mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Kamu juga cenderung tidak memperhatikan pengeluaran rutin yang sebenarnya bisa dihemat. 

  • Seringkali impulsif dalam pengeluaran 

Ciri selanjutnya adalah seringkali impulsif dalam pengeluaran. Tipe seperti ini menunjukkan kalau kamu sering membeli barang atau jasa tanpa mempertimbangkan dengan matang apakah benar-benar membutuhkan atau tidak. Atau apakah memang mampu membelinya atau tidak.  

Kamu suka terbawa emosi dan tergoda untuk membeli barang atau jasa yang sebenarnya tidak perlu atau diluar rencana keuangan. Perilaku impulsif ini bisa terjadi dalam berbagai situasi. Seperti saat melihat iklan diskon yang menarik, berbelanja di mall atau supermarket.  

Bahkan saat berada di luar rumah, kamu akan tergoda untuk membeli makanan atau minuman yang sebenarnya tidak harus kamu beli. 

  • Menggunakan kartu kredit secara berlebihan 

Memakai kartu kredit secara berlebihan juga merupakan ciri-ciri tipe orang boros dalam keuangan. Kamu yang punya kebiasaan ini umumnya akan melakukan pembelian barang atau jasa secara tidak terkendali dan tanpa mempertimbangkan kemampuan keuanganmu. 

Kebiasaan ini membuatmu tak peduli apakah bisa membayar tagihan tepat waktu atau bahkan tak mampu membayar sama sekali. Kamu hanya berpikir beli saja dahulu, bayarnya nanti bisa dipikirkan. 

Menggunakan kartu kredit secara berlebihan dapat menjadi permasalahan dalam keuangan. Lantaran kartu kredit biasanya menawarkan bunga yang tinggi jika tagihan tidak dibayar sesuai jatuh tempo. Hal ini dapat menyebabkan utang yang semakin menumpuk dan mengakibatkan kamu terjebak dalam masalah keuangan yang lebih besar. 

  • Tidak memiliki pengendalian terhadap utang 

Jika kamu tidak memiliki pengendalian terhadap utang, maka kamu dalam masalah besar. Kondisi ini juga akan membuatmu sulit untuk menabung. Bahkan untuk membuka rekening di bank digital yang notabene mudah pun tak bisa kamu lakukan.  

Selain itu, jika kamu tak membayar utang pada waktu sesuai ketentuan maka kamu akan terkena denda. Kamu bahkan dapat mengalami penurunan kredit yang dapat memengaruhi kemampuan keuanganmu di masa depan. 

  • Tidak memiliki tabungan atau investasi 

Kondisi kehidupan yang tidak memiliki tabungan atau investasi dapat berdampak negatif pada keuangan. Terutama dalam menghadapi situasi darurat atau perencanaan keuangan jangka panjang.  

Kamu yang tidak memiliki tabungan atau investasi, tidak akan memiliki cadangan keuangan yang dapat digunakan. Khususnya ketika terjadi keadaan darurat seperti kehilangan pekerjaan atau sakit. 

Sementara itu, tidak memiliki investasi juga dapat membuatmu kehilangan peluang untuk meningkatkan kekayaan dan mempersiapkan masa depan yang lebih cerah. Padahal, dalam jangka panjang, investasi dapat membantumu mencapai tujuan keuangan seperti memiliki rumah sendiri, pendidikan anak, atau pensiun. 

  • Cepat puas dengan barang-barang yang dimiliki 

Kamu yang termasuk dalam tipe ini cenderung merasa puas dengan membeli barang yang murah atau barang diskon. Walaupun barang tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan atau kualitas yang diinginkan. 

Perilaku cepat puas ini dapat berdampak negatif pada keuanganmu. Terutama jika kamu sering membeli barang yang useless atau yang tidak berkualitas sama sekali. Selain itu, jika terus membeli barang yang murah atau diskon, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli barang yang baru. Sebab barang murah tersebut tak tahan lama. 

  • Tidak memiliki kemampuan untuk menunda gratifikasi  

Bagi kamu yang memiliki tipe ini, biasanya cenderung tidak bisa menunda kepuasan untuk membeli barang atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Meskipun itu tidak masuk akal secara finansial. 

Ketidakmampuan untuk menunda gratifikasi dapat menyebabkan kamu mengeluarkan uang untuk keinginan atau kebutuhan percuma. Bahkan kamu tidak mempertimbangkan konsekuensi dan dampak jangka panjangnya.  

Hal ini pastinya akan memicu perilaku pengeluaran yang boros, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kamu kehilangan kontrol atas keuanganmu. Kondisi seperti ini jika kamu biarkan berlarut-larut akan menyebabkan utang, keterlambatan pembayaran, atau bahkan kebangkrutan. 

Itulah beberapa ciri-ciri tipe orang boros dalam keuangan. Bagaimana menurutmu, apakah kamu memiliki salah satu dari ciri-ciri tersebut? Jika benar demikian, maka kamu harus segera mengubah kebiasaan boros tersebut. Supaya kehidupan serta keuanganmu di masa depan aman dan tentram. 

Kelola Keuangan Agar Tak Boros dengan Bank Digital 

Bank digital adalah sebuah layanan keuangan yang disediakan oleh institusi keuangan atau fintech yang berbasis teknologi digital. Layanan ini dapat diakses secara online melalui aplikasi atau website.  

Beberapa layanan yang tersedia sama seperti bank konvensional, seperti membuka rekening, mentransfer uang, membayar tagihan, dan lain-lain. Namun, yang membedakannya adalah kecepatan, kemudahan, dan biaya yang lebih rendah. 

Menggunakan layanan bank digital akan membuatmu memiliki pengalaman perbankan yang lebih modern dan lebih efisien. Dalam hal penggunaan, ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghemat waktu dalam mengelola keuangan mereka secara online. Artinya kamu bisa melakukan transaksi dari mana pun dan kapan saja.  

Selain itu, layanan bank digital biasanya tidak memerlukan biaya administrasi atau biaya transaksi yang tinggi, seperti bank konvensional. Hal ini menjadi pilihan yang menguntungkan dan lebih terjangkau bagi banyak orang dalam mengatur keuangan. 

Bagusnya lagi, layanan ini bisa menjadi solusi efektif bagi kamu yang ingin mengelola keuangan dengan baik guna menghindari perilaku boros. Berikut adalah beberapa cara untuk mengelola keuangan dengan bijak melalui bank digital: 

  • Membuat rencana anggaran  

Untuk membuat rencana anggaran yang jelas dan realistis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bank digital. Dengan memiliki anggaran yang terorganisir, kamu dapat memantau pengeluaran dan pendapatan dengan lebih mudah dan meminimalkan risiko boros. 

  • Menggunakan fitur notifikasi 

Sebagian besar bank dengan transaksi digital menyediakan fitur notifikasi yang memungkinkan untuk menerima pemberitahuan mengenai setiap transaksi yang kamu lakukan. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk memantau secara real-time dan mengontrol pengeluaran yang tidak perlu. 

  • Menghindari penggunaan kartu kredit 

Gunakan fitur kartu virtual yang tersedia dan ini memungkinkan kamu untuk membuat nomor kartu virtual yang berbeda untuk setiap transaksi. Hal ini dapat membantumu meminimalkan penggunaan kartu kredit yang berlebihan. 

  • Menabung secara otomatis 

Sebagian besar layanan bank digital menyediakan fitur menabung secara otomatis. Kamu dapat memanfaatkannya dengan menentukan jumlah yang ingin ditabung setiap bulan. Nantinya uang akan secara otomatis berpindah ke rekening tabunganmu setiap bulan. 

  • Menggunakan investasi online 

Beberapa bank yang prosesnya secara digital juga menyediakan platform investasi online. Ini memungkinkanmu untuk menginvestasikan uang dengan lebih mudah dan terorganisir. Kamu dapat memanfaatkan layanan bank digital ini untuk memaksimalkan potensi penghasilan dan menghindari perilaku boros. 

  • Membayar tagihan tepat waktu 

Salah satu cara terbaik untuk menghindari biaya keterlambatan dan bunga adalah dengan membayar tagihan tepat waktu. Kamu dapat menggunakan fitur pembayaran tagihan yang tersedia untuk membayar secara otomatis dan menghindari keterlambatan pembayaran. 

  • Memiliki tanggung jawab keuangan 

Penting untuk memiliki tanggung jawab keuangan dan memantau pengeluaran secara teratur. Jangan membiarkan pengeluaran tidak terkontrol dan terus terjadi. Kamu bisa menggunakan layanan bank digital untuk mengawasi pengeluaran dan mengetahui di mana saja uangmu mengalir. 

  • Memiliki tujuan finansial jangka panjang 

Terakhir, penting untuk memiliki tujuan finansial jangka panjang. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat mengatur keuangan secara lebih baik dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.  

Agar memudahkan, kamu dapat menggunakan aplikasi bank digital untuk memantau kemajuan menuju tujuan keuanganmu. Bahkan kamu juga bisa membuat rencana yang lebih baik untuk mencapai tujuan tersebut. 

Dengan mengikuti cara di atas dan memanfaatkan fitur yang ada pada bank online ini, kamu dapat mengelola keuangan dengan bijak. Kamu pun bisa menghindari perilaku boros. Yang perlu kamu ingat, setiap keputusan finansial harus diambil dengan hati-hati dan berdasarkan rencana yang jelas. 

Bank Digital: Solusi Tepat Kelola Keuangan Anti Ribet  

Ada banyak aplikasi di luar sana yang menyediakan layanan bank digital. Salah satunya adalah digibank by DBS. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan keuangan dan perbankan yang bisa kamu manfaat secara bijak dan mudah. Sehingga kamu bisa terhindar dari sifat boros.  

Dengan menggunakan layanan perbankan dari aplikasi ini, kamu sebagai nasabah tentunya akan merasakan banyak manfaat dan keuntungan. Sebab ada banyak kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, sebut saja: 

  • Semua transaksi aman, mudah dan lengkap. 
  • Tersedia produk asuransi serta investasi lebih dari 150 produk. 
  • Terdapat penawaran kartu kredit serta pinjaman.  

Keunggulan inilah yang bisa kamu nikmati jika melakukan transaksi keuangan dan perbankan melalui Aplikasi digibank by DBS. Tentunya masih banyak lagi poin unggul dari aplikasi ini. Yang paling utama adalah Aplikasi digibank by DBS sudah terpercaya serta terjamin keamanannya. Sebab aplikasi ini sudah mengantongi izin dan mendapat pengawasan dari otoritas keuangan.  

Tentunya dengan kelebihan dan keunggulan ini kamu tak perlu merasa cemas dan ragu ketika ingin menggunakannya. Jika penasaran dan ingin tahu lebih detail mengenai bank digital dan keunggulan Aplikasi digibank by DBS, silakan cek di sini.