Snorkeling
21 May 2023

Hobi Snorkeling atau Diving? 4 Alat ini Harus Kamu Miliki!

Apply Kartu Kredit saat ini lebih mudah, hanya butuh 60 detik saja untuk proses approval-nya. Sehingga akan memudahkan kamu dalam melakukan segala transaksi kapan saja dan di mana saja. Termasuk untuk menjalani hobi snorkeling atau diving.

Snorkeling menjadi hobi yang menyenangkan, apalagi Indonesia dipenuhi dengan laut dengan pemandangannya yang indah. Namun, snorkeling tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa pelatihan. Selain itu, agar hobimu berjalan lancar tentu harus didukung dengan peralatan yang mumpuni.

4 Alat Wajib Hobi Snorkeling dan Tips Memilihnya

Apabila kamu mempunyai peralatan snorkeling yang lengkap, tentu akan memudahkan kegiatanmu dalam menjelajahi keindahan bawah laut. Memiliki peralatannya sendiri tentu akan memudahkan kamu dalam melakoni hobi ini kapan saja.

Jika dibandingkan dengan menyewa, tentu lebih menyenangkan jika kamu memiliki sendiri, sehingga kualitasnya menjadi lebih terjaga. Segera apply Kartu Kredit Digital untuk mendapatkan banyak cashback dan rewards di setiap transaksi!

●       Scuba Diving Mask

Salah satu alat yang paling penting untuk dimiliki bagi kamu yang hobi snorkeling adalah scuba diving mask. Jika tidak mempunyai alat ini, kamu akan kesulitan dalam menikmati keindahan dasar laut.

Lebih parahnya, kamu akan kesulitan untuk membuka mata dan hidung juga menjadi lebih mudah kemasukan air. Untuk model mask ini, kamu bisa memilih 2 varian, yaitu yang lensa tunggal dan binocular.

Mask lensa tunggal bisa membuat kamu lebih leluasa dalam menikmati sajian keindahan laut. Sebab mask ini jarak pandangnya lebih luas. Jika kamu tertarik untuk melakukan fotografi di bawah air, sangat cocok menggunakan jenis lensa ini.

Akan tetapi, jika kamu memiliki masalah penglihatan maka tidak disarankan untuk menggunakan lensa ini.

Sementara itu, mask dengan lensa binocular lebih compact dan telah dilengkapi dengan lensa korektif. Jadi, jika kamu punya masalah dengan penglihatan tetap bisa leluasa menggunakan mask ini.

Kelebihan lainnya, lensanya sudah memiliki lateral yang berada pada sisi kanan dan sisi kiri. Membuat kamu jadi lebih mudah dalam melihat ke sisi samping. Selain jenis lensa, kamu juga bisa memilih bahannya.

Terdapat lensa berbahan plastik dan juga lensa dengan bahan kaca. Untuk material plastik cenderung lebih ringan dan aman, tidak mudah pecah. Sehingga cocok juga untuk dipakai oleh anak-anak.

Untuk lensa dengan bahan kaca akan membuat vision menjadi lebih jernih saat berada di lautan. Hanya saja resiko retaknya lebih banyak ketika terjadi benturan kuat. Namun saat ini juga sudah banyak lensa dengan bahan tempered glass.

●       Pipa dan Snorkel

Kamu juga harus memiliki pipa dan snorkel agar lebih mudah bernafas saat di bawah laut. Dalam memilih dua perlengkapan ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai salah memilih ukuran diameternya. Karena ukuran diameter yang dibutuhkan biasanya tergantung pada kapasitas paru-paru kamu.

Untuk usia dewasa bisa memakai ukuran 18 mm, sementara itu untuk anak-anak bisa memakai snorkel dengan ukuran 16 mm. Jika seorang wanita memiliki tubuh yang kecil maka bisa menggunakan snorkel untuk anak dengan pipa ramping.

Selanjutnya, untuk mouthpiece juga sebaiknya disesuaikan dengan ukuran mulut kamu. Karena jika ukuran mouthpiece-nya terlalu besar, bisa membuatmu menjadi cepat lelah. Standar ukurannya 50 mm, namun masih bisa membeli yang lebih kecil.

●       Fins

Fins atau kaki katak berguna untuk memudahkan gerakan di bawah air menjadi lebih cepat. Sebelum membelinya, sebaiknya kamu mengetahui bahwa ada dua jenis fins yang bisa jadi opsi, yaitu full foot dan open heeled.

Jenis full foot menutupi kakimu hingga ke bagian tumit. Hanya saja, kamu tidak bisa mengatur ukurannya agar pas dengan kakimu.

Sementara untuk fins jenis open heeled dilengkapi dengan adanya sabuk pengikat pada bagian tumitnya. Sehingga lebih mudah untuk dipasang dan dilepas sesuai keinginanmu. Manfaatkan promo Kartu Kredit untuk mendapatkan fins dengan harga terbaik!

●       Wetsuit

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya memiliki sendiri wetsuit dibandingkan mengandalkan persewaan, agar lebih terjaga kebersihannya dan tetap nyaman dipakai. Sebelum membelinya, kamu juga harus mengetahui bahwa terdapat banyak ukuran, model, ketebalan dan merk wetsuit.

Tips yang bisa kami berikan, sebaiknya kamu membeli yang sesuai dengan ukuranmu dan tidak terlalu ketat. Pastikan juga resletingnya berfungsi dengan baik. Agar kamu lebih semangat untuk snorkeling, bisa membeli wetsuit yang terbaik agar membuatmu lebih bersemangat menjalani hobimu.

Permudah juga proses transaksi dengan menggunakan Kartu Kredit Digital paling tepat! Apply Kartu Kredit lebih mudah dengan syarat yang antiribet dan approval instan. Sehingga kamu bisa berbelanja peralatan snorkeling dengan praktis.

Perhatikan Hal-hal Ini dalam Menjalani Hobi Snorkeling

Sebagai salah satu kegiatan air yang menyenangkan, tentu saja melakukan hobi snorkeling ini bisa membawa kesegaran. Meski dapat mengakses keindahan laut dengan mudah, bukan berarti bisa seenaknya untuk merusaknya.

Berikut ini adalah pantangan yang harus dihindari oleh snorkeler. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan hal-hal penting di bawah ini saat menjalani hobimu!

●       Menginjak Terumbu Karang

Sebagai snorkeler, tentu ada saja beberapa kejadian menginjak terumbu karang. Baik hal itu dilakukan secara sengaja ataupun tidak sengaja. Kamu harus lebih mempedulikan lingkungan sekitar, jangan sampai dengan sengaja menginjak terumbu karang. Sehingga, ketika kamu mengayunkan kakimu untuk berenang, lakukanlah dengan lebih hati-hati.

●       Menyentuh Terumbu Karang

Kamu perlu memahami bahwa sentuhan tangan manusia pada terumbu karang bisa menimbulkan kematian. Jika terumbu karang mati, maka warnanya akan menjadi kecoklatan dan kehilangan keindahannya.

Meski merasa takjub dengan keindahan terumbu karang, sebaiknya tetap menjaga jarak dan jangan sampai secara sengaja menyentuh apalagi menabraknya. Keindahan laut menjadi tanggungjawab bersama.

●       Memberi Makan Ikan

Beberapa orang menginginkan pengambilan foto saat tengah dikerubungi oleh ikan-ikan. Sehingga, mereka dengan sengaja menyebarkan makanan yang memancing kehadiran para ikan. Pada umumnya banyak yang membawa roti atau mie instan.

Hal seperti itu sebaiknya dihindari, karena hanya akan mengotori laut. Selain itu, ikan-ikan demikian tidak terbiasa dengan makanan demikian. Makanan-makanan tersebut hanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kondisi laut.

Efek paling buruknya, jika terlalu banyak snorkeler yang melakukan hal tersebut, akan membuat mereka ketergantungan. Sehingga mereka bisa kehilangan nafsu makan, dan mati kelaparan untuk menunggu suapan dari snorkeler.

●       Membuang Sampah Sembarangan

Jangan sampai spot untuk snorkeling di Indonesia malah dipenuhi oleh sampah. Ironisnya sampah tersebut malah dibawa oleh para snorkeler yang tidak bertanggung jawab.

Meski kamu sedang menjalani hobimu, jangan lupa untuk tetap menjalaninya dengan penuh tanggung jawab. Bahwa bukan kamu saja yang menjadi penikmat laut, namun ada banyak biota perairan yang sangat mengandalkan laut.

Kini kamu telah mengetahui alat-alat wajib yang bisa menunjang hobi snorkeling. Selain itu, kamu juga harus menghindari pantangan-pantangan yang telah disebutkan di atas agar bisa menjalani hobi dengan lebih bertanggung jawab.

Hobi snorkeling tentu lebih menyenangkan dengan akomodasi peralatan sendiri yang lebih lengkap. Berbelanja alat-alat snorkeling kini lebih mudah dengan memakai Kartu Kredit Digital pertama di Indonesia, yaitu Kartu Kredit Digital digibank.

Apply Kartu Kredit Digital digibank sekarang! Selain memudahkanmu dalam bertransaksi, Kartu Kredit Digital digibank juga memberikan banyak cashback dan rewards yang lebih menguntungkan. Dapatkan informasi lebih lanjut untuk promo Kartu Kredit dengan klik di sini sekarang juga.