obligasi
10 May 2023

Apa Itu Fixed Rate? Ini Pengertian, Keuntungan, & Contohnya!

Obligasi atau surat utang masih menjadi pilihan instrumen investasi yang bisa diandalkan saat ini. Selain mudah diperjualbelikan, surat utang juga memberikan keuntungan dalam bentuk bunga kupon yang nominalnya cukup menarik. Apalagi jika menerapkan sistem bunga fixed rate yang dianggap sangat menguntungkan investor.  

Bicara soal fixed rate, Anda pasti sudah sering mendengar istilah ini. Ini merupakan sebuah sistem perhitungan bunga flat yang ditetapkan di awal. Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang pengertian obligasi dan seperti apa sistem bunga fixed rate yang ditetapkan di dalamnya.   

Investasi Obligasi untuk Capai Target Finansial 

Mari berkenalan dulu dengan instrumen surat utang yang ternyata cukup banyak diandalkan oleh para investor saat ini. Anda tentunya juga harus memahami pengertian obligasi terlebih dahulu sebelum mulai menyimpan dana di instrumen tersebut.  

Ini merupakan sebuah instrumen investasi dalam bentuk surat utang yang bisa dikeluarkan oleh pemerintah maupun perusahaan atau korporasi. Surat utang ini menjadi sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa perusahaan atau pemerintah meminjam dana dari investor. Dana tersebut akan dikembalikan setelah masa berlaku surat utang tadi habis beserta dengan bunganya.  

Surat utang ini bisa berpindah tangan atau diperjualbelikan jika memang Anda menghendakinya. Jika berhasil menjual surat utang dengan harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka Anda akan mendapat keuntungan dari capital gain. Semakin besar selisih harganya maka akan semakin besar juga cuan yang bisa Anda nikmati dari surat utang tersebut.  

Lalu bagaimana jika Anda ingin menyimpan surat utang tersebut sampai masa berlakunya habis? Tidak masalah karena Anda masih bisa mendapatkan keuntungan atau profit dari instrumen tersebut. Anda akan menerima kupon atau bunga yang diberikan secara berkala dengan nominal tertentu.  

Dalam sistem kupon inilah ada istilah fixed rate. Jika Anda sudah memahami pengertian obligasi, maka selanjutnya Anda perlu berkenalan dengan sistem bunga fixed rate tadi. Tujuannya agar Anda bisa memperhitungkan berapa nanti keuntungan yang bisa didapatkan dari instrumen investasi tersebut.  

Pengertian Fixed Rate 

Apa sebenarnya fixed rate itu? Ini merupakan sebuah sistem perhitungan bunga flat yang acuannya adalah kesepakatan di awal periode surat utang. Selama Anda memegang surat utang tersebut, maka besaran suku bunga setiap bulannya akan sama. Sistem ini membuat perhitungan jadi lebih mudah karena nilai atau rate suku bunga selalu sama tidak naik turun.  

Dalam dunia investasi obligasi, fixed rate ini merupakan jenis kupon yang akan dibayarkan pihak penerbit kepada investor dalam periode waktu tertentu. Kupon tersebut akan terus dibayarkan sampai masa berlaku surat utang habis. Investor akan menerima kupon dengan nilai bunga yang selalu sama karena memberlakukan sistem fixed rate 

Pada awal sebelum membeli surat utang, investor sebaiknya memperhatikan perhitungan suku bunga ini. Fixed rate akan ditentukan di awal periode investasi. Pihak penerbit dan pembeli surat utang sama-sama tahu berapa fixed rate yang ditawarkan. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua surat utang menggunakan sistem kupon dengan perhitungan fixed rate. Jadi investor memang harus berhati-hati dan mempelajari surat utang yang akan dibeli secara cermat. Beberapa produk Surat Berharga Negara atau SBN yang menggunakan kupon fixed rate di antaranya adalah SBN Ritel seri ORI dan SR.  

Ada banyak investor yang memilih untuk meletakkan modal mereka di surat utang yang menggunakan sistem fixed rate. Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh sistem kupon fixed rate. Mari cari tahu apa saja keuntungannya sehingga Anda bisa menjatuhkan pilihan ke produk surat utang yang tepat.  

Keuntungan Fixed Rate dan Contohnya 

Sistem fixed rate ini tidak hanya berlaku dalam dunia investasi namun juga bisa diterapkan pada produk pinjaman. Bagi para investor, sistem kupon fixed rate memang dianggap sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang diberikan oleh sistem perhitungan bunga fixed rate: 

1. Imbal Hasil Lebih Stabil 

Sudah bisa ditebak bahwa imbal hasil yang akan Anda terima jauh stabil nilainya karena sistem fixed rate. Anda akan menerima nilai kupon yang sama terhitung sejak menjadi pemegang surat utang sampai jatuh tempo tiba. Perlu diketahui bahwa nilai kupon ini adalah salah satu sumber keuntungan yang bisa Anda peroleh dari instrumen surat utang.  

Misalnya Anda berinvestasi pada produk SBN Syariah dengan seri SR018 tenor 3 tahun. Dalam jangka waktu 3 tahun tersebut Anda akan menerima imbal hasil tetap sesuai ketentuan yang sudah disepakati bersama. Tentunya imbal hasil ini akan dipotong pajak terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada Anda sebagai investor.  

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain atau mungkin surat utang yang tidak menerapkan sistem fixed rate, pasti akan jauh berbeda. Nilai imbal hasil yang Anda terima bisa berbeda-beda tiap bulannya. Bisa saja bulan ini mendapatkan imbal hasil besar namun bulan berikutnya jauh lebih kecil.  

Bagi seorang investor, perhitungan imbal hasil ini sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya investor akan merasa lebih aman jika imbal hasil yang diperoleh stabil setiap bulan. Jauh lebih aman daripada harus merasakan imbal hasil yang besarnya sangat fluktuatif.  

2. Risiko Lebih Rendah 

Kupon yang menggunakan sistem fixed rate juga dianggap menguntungkan karena punya risiko lebih rendah. Anda tentu bisa memahami hal ini karena fixed rate tadi memberikan imbal hasil yang relatif stabil. Jika nilai suku bunganya tidak stabil atau merata maka risikonya bisa jadi lebih tinggi.  

Pada jenis perhitungan bunga yang fluktuatif, Anda memang bisa mendapatkan peluang imbal hasil lebih besar. Namun risiko untuk mendapatkan imbal hasil jauh lebih rendah juga ada. Jika ingin cari aman maka kupon dengan sistem perhitungan fixed rate akan menjadi sebuah pilihan tepat.  

Setiap bentuk investasi memang selalu punya risiko. Tugas Anda sebagai investor adalah berusaha untuk mencari strategi yang tepat demi memperkecil risiko tersebut. Salah satunya dengan mencari instrumen investasi surat utang yang punya perhitungan kupon fixed rate 

3. Cocok bagi Investor Pemula dan Konservatif 

Melihat dua keuntungan yang sudah dibahas tadi, bisa disimpulkan bahwa jenis kupon dengan sistem perhitungan fixed rate ini lebih cocok untuk pemula. Selain investor pemula, investor konservatif juga sangat cocok memilih instrumen investasi tersebut. Risikonya rendah dan terbilang jauh lebih aman dengan imbal hasil yang selalu stabil setiap bulannya.  

Bagi investor pemula, manajemen risiko dalam berinvestasi memang penting untuk dipelajari. Daripada harus mempertaruhkan aset dengan berinvestasi di instrumen yang berisiko tinggi, lebih baik memilih instrumen yang jauh lebih aman. Selain bisa digunakan sebagai media belajar juga bisa membantu investor agar tidak trauma dengan potensi kerugian yang besar.  

Sementara itu untuk investor yang konservatif biasanya tidak akan tertarik dengan instrumen yang risikonya tinggi. Memang benar jika instrumen investasi dengan risiko tinggi akan memberikan imbal hasil yang juga tinggi. Namun investor dengan sifat konservatif tidak tertarik pada hal tersebut. Mereka cenderung lebih suka cari aman dan memilih imbal hasil yang stabil.  

4. Bisa Menjadi Passive Income 

Pada pembahasan pengertian obligasi tadi sudah disebutkan kalau instrumen investasi ini akan memberikan keuntungan bunga kupon secara berkala. Jika bunga kuponnya dihitung dengan sistem fixed rate maka ini akan menjadi sumber passive income yang cukup menjanjikan. Sama halnya seperti gaji karena datangnya secara konsisten dan nilainya juga stabil.  

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan tujuan bisa memperoleh pendapatan pasif atau passive income, maka ini akan menjadi sebuah pilihan tepat. Gunakan instrumen investasi surat utang yang menerapkan sistem kupon fixed rate. Jadi Anda bisa mendapatkan pemasukan pasif secara rutin tanpa harus khawatir nilainya turun.  

Hal ini membuat surat utang yang punya sistem fixed rate cocok untuk dijadikan pilihan diversifikasi. Apabila Anda sudah melakukan investasi di instrumen lain, maka cobalah untuk tetap membeli produk surat utang dengan kupon fixed rate. Nantinya ini bisa jadi diversifikasi yang menguntungkan karena memberi Anda keuntungan stabil secara rutin.  

5. Bisa Jadi Pilihan Investasi Jangka Panjang 

Memberi keuntungan stabil secara rutin, tidak heran jika instrumen investasi seperti ini cocok untuk diandalkan dalam jangka panjang. Coba saja perhitungkan kembali, instrumen ini bisa memberikan keuntungan stabil dalam jangka waktu yang lama. Cocok bagi investor dengan tujuan finansial jangka panjang lebih dari 5 tahun dengan risiko yang rendah.  

Bukan hal yang aneh jika instrumen investasi ini juga direkomendasikan bagi para investor yang mempersiapkan dana pensiun. Saat sudah memasuki usia pensiun nanti, Anda bisa tetap mendapatkan pendapatan pasif secara rutin. Nilainya juga stabil dan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.  

Sebenarnya ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa diandalkan untuk jangka panjang. Namun tidak semuanya bisa memberi keuntungan yang memuaskan. Jauh lebih aman memilih instrumen investasi yang keuntungannya stabil saja. Jadi Anda tidak perlu memikirkan nilai imbal hasil atau bahkan takut jika imbal hasilnya turun drastis.  

Meskipun begitu jangan lupa untuk tetap berhati-hati. Jika memang ingin berinvestasi pada instrumen surat utang dengan fixed rate maka perlu dilihat dulu berapa penawaran imbal hasilnya. Pastikan Anda bisa mendapatkan keuntungan optimal dan mencapai target investasi berkat pilihan instrumen yang tepat.  

Investasi Lebih Mudah dan Aman Pakai digibank by DBS 

Penerapan suku bunga fixed rate tadi membuat obligasi akan menjadi pilihan instrumen investasi yang tepat. Anda bisa mulai melakukan investasi surat utang secara aman dan mudah melalui digibank by DBS. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan: 

  • Modal investasi ringan mulai dari Rp1 juta.  
  • Ada banyak pilihan produk di pasar perdana maupun pasar sekunder.  
  • Transaksi lebih praktis karena pakai satu aplikasi smartphone 

Setelah memahami pengertian obligasi dan seperti apa sistemnya, Anda pasti lebih yakin untuk memilih instrumen ini. Apalagi jika Anda melakukan investasi bersama digibank by DBS yang terbukti aman dan menawarkan begitu banyak keunggulan menarik.  

Langsung saja mulai langkah investasi obligasi Anda sekarang juga bersama digibank by DBS. Gunakan instrumen investasi ini untuk mencapai tujuan finansial yang anda harapkan. Silakan klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap dan susun strategi investasi yang menguntungkan.