security

Keamanan Tanpa Hambatan

Memperkenalkan DBS IDEAL digital token+ terbaru

Keamanan Tanpa Hambatan

Memperkenalkan DBS IDEAL digital token+ terbaru

Sekilas mengenai produk

Dengan DBS IDEAL digital token+ terbaru, Anda tidak perlu membawa token fisik, baik ketika melakukan perbankan melalui ponsel dalam perjalanan ataupun pada desktop Anda. 

security

Keamanan saat berpergian

idak ada token fisik dan SMS*, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas perbankan di mana pun Anda berada. Lupakan OTP, cukup ketuk dan geser untuk memverifikasi.

security

Keamanan yang ditingkatkan

Amankan otentikasi biometrik 2FA melalui sidik jari atau pengenalan wajah.

state

Tercanggih

Fleksibilitas tinggi pada mekanisme keamanan yang disesuaikan. Anda dapat mengatur beberapa grup penanda tangan dan matriks persetujuan agar sesuai dengan operasional harian Anda.

*SMS OTP akan tetap berlaku jika Anda menggunakan token fisik atau digital token versi lama. 

Fitur & keuntungan
DBS IDEAL digital token+

Dengan menggunakan otentikasi biometrik ponsel pintar Anda seperti sidik jari atau pengenalan wajah, Anda dapat dengan mudah masuk ke DBS IDEAL dan menyetujui transaksi penting dengan aman.

2FA dengan DBS IDEAL digital token+

2 Factor Authentication (FA) diimplementasikan untuk menawarkan kepada Anda perlindungan yang ditingkatkan. Ini berfungsi sebagai lapisan keamanan tambahan untuk mengakses layanan perbankan online melalui otentikasi biometric.

Pengaturan kebijakan otorisasi perusahaan

DBS IDEAL memberikan fleksibilitas untuk mengatur kebijakan otorisasi transaksi perusahaan Anda dengan berbagai tingkat kendali. Anda dapat menetapkan kendali yang berbeda berdasarkan jumlah transaksi dan jenis layanan.

  • Otorisasi satu atau beberapa tingkat
  • Kombinasi berbeda dari grup pemberi persetujuan
  • Persetujuan berurutan atau paralel dari grup pemberi persetujuan yang berbeda
Bagaimana cara kerjanya

Tips keamanan

Sebagai pengguna DBS IDEAL, Anda memainkan peranan penting dalam mengamankan transaksi perbankan Anda. Lihat tips berikut untuk melindungi diri Anda kapanpun Anda menggunakan perbankan online.

credentials protection

Perlindungan kredensial

  • Jangan memberitahukan atau membagikan ID pengguna, PIN, OTP, PIN Token melalui telepon atau email dengan orang lain.
  • Gunakan kumpulan kata sandi yang berbeda untuk layanan online lainnya seperti email atau situs belanja. 
Fraud protection

Perlindungan dari penipuan

  • Verifikasi detail pembayaran sebelum menyetujui pembayaran di DBS IDEAL.
  • Jangan menanggapi panggilan, email, atau SMS mencurigakan yang meminta Anda memberikan kredensial akun Anda / untuk melakukan transaksi.
Malware attack protection

Perlindungan dari serangan malware

  • Jangan mengklik tautan dari email atau menginstal program apapun dari sumber yang meragukan.
  • Jangan bertransaksi online di perangkat atau komputer yang Anda curigai berbahaya atau telah disusupi.
Bagaimana cara permohonannya

Daftarkan korporasi Anda ke DBS IDEAL, Syarat dan Ketentuan berlaku.

Pengguna DBS IDEAL

Unduhlah DBS IDEAL Mobile untuk login Anda yang pertama kali dan nikmati kemudahan dari DBS IDEAL digital token+.

appstore googleplay
appstore qr googleplay qr
Pertanyaan yang sering diajukan
Apa itu DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL digital token+ adalah solusi otentikasi yang memungkinkan akses mudah dan aman ke DBS IDEAL. Ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa token fisik dengan mengubah ponsel pintar Anda menjadi token.

Setelah instalasi digital token+ berhasil pada ponsel Anda, yang Anda butuhkan hanyalah satu geseran untuk mengotentikasi login dan otorisasi transaksi. Menggunakan DBS IDEAL Mobile pada perangkat digital token Anda memanfaatkan teknologi pengenalan biometrik perangkat, dan memungkinkan Anda melakukan aktivitas perbankan tanpa hambatan, bahkan saat Anda sedang berpergian!

Mengapa saya memerlukan perangkat keamanan (DBS IDEAL digital token+)?

Dengan semakin canggihnya penipuan online, diperlukan sistem keamanan online yang lebih ketat untuk memerangi potensi kejahatan dunia maya. Dengan penerapan 2 Factor Authentication (2FA), jika ID pengguna dan PIN Anda disusupi, "penipu" harus memiliki token keamanan pribadi Anda agar dapat mengakses akun DBS IDEAL Anda. Ini membuat prosesnya jauh lebih sulit bagi penipu.

Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL digital token+ tersedia untuk semua pengguna DBS IDEAL. Anda cukup mengunduh versi terbaru aplikasi DBS IDEAL Mobile dan login menggunakan kredensial dan PIN login Anda.

Jika Anda belum pernah login ke DBS IDEAL sebelumnya, harap login ke DBS IDEAL Mobile dan gunakan email dan SMS OTP yang disediakan untuk mengaktifkan DBS IDEAL digital token+ Anda.

Apa prasyarat untuk DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL Mobile dan digital token hanya dapat diinstal pada ponsel yang tidak di-jailbreak / tidak di-root untuk melindungi Anda.

Untuk keperluan verifikasi, Anda juga perlu mendaftarkan alamat email dan nomor ponsel yang valid ke DBS.

Bagaimana cara menggunakan DBS IDEAL digital token+?

Digital token+ dapat digunakan dalam 2 moda:

  1. Token yang berdiri sendiri: Anda dapat menggunakan digital token sebagai pengganti token fisik. Dengan kata lain, gunakan ini sebagai aplikasi ponsel pintar untuk menggeser dan mengotentikasi login dan juga persetujuan transaksi pada DBS IDEAL desktop. 
  2. Token terintegrasi: Saat Anda menggunakan aplikasi DBS IDEAL Mobile pada ponsel pintar di mana digital token telah terinstal, Anda dapat menikmati pengalaman tanpa hambatan di mana token memastikan keamanan tanpa meminta input yang tidak perlu. 
Apakah DBS IDEAL digital token+ aman?

Ya, teknologi yang digunakan untuk digital token+ telah diuji secara menyeluruh. Untuk keamanan tambahan, token dilindungi oleh otentikasi biometrik atau PIN token 6 digit pada perangkat yang tidak mendukung pengenalan sidik jari atau wajah. DBS IDEAL digital token+ juga dibatasi hanya untuk satu perangkat pada satu waktu. Artinya jika Anda menginstal digital token pada perangkat lain, token di perangkat sebelumnya akan secara otomatis dinonaktifkan.

Meskipun digital token aman, harap pastikan bahwa Anda tidak memberitahukan kredensial login Anda kepada orang lain sebagai praktik keamanan yang baik. 

Bagaimana jika saya lupa PIN Token untuk DBS IDEAL digital token+ saya?

Cukup dengan hapus dan instal ulang aplikasi DBS IDEAL Mobile. Anda dapat menginstal ulang token+ digital DBS IDEAL dengan menggunakan verifikasi Email dan SMS OTP.

Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya hilang?

Jika ponsel Anda hilang, Anda harus menonaktifkan digital token yang ada. Ini dilakukan dengan mengunduh dan menginstal aplikasi DBS IDEAL Mobile pada perangkat baru dan mengaktifkan digital token di dalamnya. Digital token Anda sebelumnya secara otomatis akan dinonaktifkan. Sekarang Anda hanya dapat menggunakan digital token pada perangkat baru.

Anda bisa yakin bahwa akun DBS IDEAL Anda masih sepenuhnya aman karena digital token Anda diamankan dengan PIN Token. Selain itu, kredensial login DBS IDEAL Anda diperlukan sebelum Anda dapat mengakses akun perbankan internet Anda.

Hubungi DBS BusinessCare kami jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut.

Dapatkah saya menginstal digital token+ DBS IDEAL di beberapa perangkat?

Tidak. Digital token hanya dapat diaktifkan di 1 perangkat pada satu waktu yang sama.

Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki perangkat baru?

Instal aplikasi DBS IDEAL Mobile pada perangkat baru Anda dan login dengan kredensial Anda. Anda akan diminta untuk memulai transfer digital token dari perangkat lama Anda ke perangkat baru. Cukup ikuti instruksi di layar.

Digital token Anda pada perangkat lama akan dinonaktifkan setelah transfer token ke perangkat baru berhasil.

Apa yang harus saya lakukan jika karyawan saya mengundurkan diri?

Akses DBS IDEAL karyawan tersebut harus dihentikan. Anda dapat menggunakan modul Administrasi Mandiri Nasabah di DBS IDEAL  desktop atau mengirimkan formulir pemeliharaan untuk penghentian. Anda dapat meminta untuk menangguhkan ID pengguna karyawan Anda terlebih dahulu saat permintaan pemeliharaan Anda sedang diproses. 

Untuk sementara, Anda harus memastikan bahwa karyawan Anda melakukan hal berikut: 

  1. Hapus aplikasi DBS IDEAL Mobile di perangkat mereka 
  2. Pastikan bahwa karyawan tidak lagi memiliki akses ke email dan ponsel yang terdaftar untuk mencegah penginstalan ulang
Perangkat apa yang mendukung DBS IDEAL digital token+?

DBS IDEAL digital token+ dapat digunakan di ponsel pintar atau tablet untuk iOS dan Android. Versi iOS dan Android terbaru akan didukung. 

Batasan persetujuan apa yang diberlakukan atas transaksi yang dibuat melalui DBS IDEAL?

Anda dapat mengatur matriks persetujuan Anda sesuai dengan proses pembukaan rekening atau yang lainnya, tergantung pada permintaan Anda, namun hal ini memerlukan persetujuan dari penandatangan perusahaan Anda sebagaimana ditunjuk dalam akta perusahaan.

Apakah ada pemisahan tugas antara pembuat dan pemberi persetujuan?

DBS IDEAL memungkinkan konfigurasi hak akses pengguna dalam dua kategori: 

  1. Akses tunggal: Di mana pembuat dapat mengotorisasi transaksinya sendiri. Ini berlaku untuk perusahaan kecil di mana DBS IDEAL dioperasikan hanya oleh satu orang 
  2. Pemisahan pengguna: Di mana ada pemisahan tugas antara pembuat dan pemberi otorisasi 
Dapatkah pemberi persetujuan menyetujui transaksi saat dia berada di luar kantor atau di luar negeri?

DBS IDEAL dapat diakses dari mana saja, jika koneksi internet tersedia. Pemberi persetujuan dapat login ke DBS IDEAL di ponsel atau desktop untuk menyetujui transaksi (selain dari persetujuan transaksi Trade Finance).

Bagaimana Anda memastikan tingkat keamanan tertinggi untuk pengguna DBS IDEAL?

DBS menerapkan mekanisme keamanan berikut di DBS IDEAL:

  1. Fitur Logout Otomatis DBS IDEAL akan secara otomatis mengakhiri sesi ketika Anda tidak aktif selama 10 menit atau lebih. Anda harus masuk lagi jika ingin terus mengakses layanan. Pengingat akan muncul ketika Anda memiliki 2 menit tersisa, sebelum sistem mengakhiri sesi.
  2. Pemantauan yang Konstan dan Waspada Kami telah menerapkan sistem pengawasan keamanan untuk terus memantau dan mendeteksi aktivitas yang berpotensi tidak sah di jaringan dan sistem kami. Selain itu, untuk memastikan efektivitas langkah-langkah keamanan kami, DBS melakukan tinjauan dan audit keamanan rutin yang dilakukan baik oleh auditor internal maupun eksternal.
  3. 2 Factor Authentication (2FA) Kami menggunakan 2 Factor Authentication (2FA) untuk memverifikasi identitas siapa pun yang mencoba mengakses akun Anda. Dua faktor yang terlibat adalah kredensial DBS IDEAL dan token keamanan.
  4. Akses pengguna dan matriks otorisasi Konfigurasi berikut pada DBS IDEAL telah dibuat berdasarkan instruksi yang Anda berikan selama onboarding. Anda dapat mengubah pengaturan ini melalui Administrasi Mandiri Nasabah secara online atau mengirimkan kertas formulir pemeliharaan.
    1. Akses pengguna
    2. Matriks otorisasi
Berapa banyak upaya login tidak valid yang dapat saya lakukan sebelum akun pengguna saya dikunci?

ID Pengguna akan terkunci setelah 5 kali upaya login yang tidak valid, dan digital token atau perangkat keamanan akan terkunci setelah 5 kali memasukkan PIN token yang salah ke dalam ponsel atau perangkat keamanan. 

Apa yang harus saya lakukan jika akun pengguna atau token saya terkunci?

Jika Anda lupa ID Pengguna atau PIN dan akun atau token Anda terkunci, Anda dapat mengklik "Lupa PIN Login/Buka Kunci Akun" di halaman login IDEAL. Atau, admin IDEAL DBS yang ditunjuk perusahaan Anda akan dapat membuka kunci akun atau perangkat untuk Anda (melalui modul Administrasi Mandiri Nasabah).

Hubungi kami
Butuh bantuan? Buat pertanyaan online atau hubungi BusinessCare.
call

Hubungi

Luar negeri:  +6221 29852800 
Di Indonesia: 1500 327
Jam operasi: 8:00-17:00 WIB, Senin - Jumat (tidak termasuk Hari Libur Nasional)