Uang Rp200 Juta: Lebih Bernilai Hari Ini atau 5 Tahun Lagi?
02 Mar 2021

Time value of money


Uang Rp200 Juta: Lebih Bernilai Hari Ini atau 5 Tahun Lagi?
 
Katakanlah, kamu seorang pekerja di sebuah perusahaan. Kamu meraih bonus senilai Rp200 juta tahun 2015. Sekitar 5 tahun kemudian atau 2020, kamu mendapatkan bonus lagi sebesar Rp200 juta.
 
Pertanyaannya: apakah Rp200 juta di tahun 2015 dan 2020 memiliki nilai yang sama?
 
Jawabannya adalah tidak.
 
Rp200 juta di 2015 lebih berharga daripada Rp200 juta di 2020. Kok bisa?
 
Jawabannya sederhana.
 
Uang tahun 2015 tersebut dapat "diputar" atau diinvestasikan di berbagai instrumen investasi. Dalam kurun waktu 5 tahun, dana Rp200 juta itu memiliki kesempatan untuk berkembang setelah diinvestasikan.
 
Logika yang sama berlaku untuk kondisi saat ini. Duit hari ini akan lebih bernilai daripada uang dengan jumlah yang sama di masa depan. Dana yang dimiliki  sekarang dapat diinvestasikan di berbagai instrumen investasi sehingga nilainya berkembang di masa depan.
 
Konsep ini dikenal dengan konsep nilai waktu uang (time value of money). Pada dasarnya, pemikiran ini mengajarkan kita bahwa uang pada masa kini lebih bernilai karena adanya potensi keuntungan di masa depan dari investasi yang kita lakukan saat ini.
 
Teori ini dapat dijadikan acuan untuk memahami betapa pentingnya aktivitas investasi. Dalam memahami konsep nilai waktu uang diperlukan pemahaman berbagai konsep lainnya seperti nilai sekarang (present value), nilai masa depan (future value) hingga tingkat bunga (interest rate).
Present Value
 
Salah satu penjabaran nilai waktu uang adalah present value. Secara sederhana, present value adalah ‘nilai sekarang dari jumlah uang di masa depan’. Pemikiran ini mengajarkan kita untuk menghitung berapa uang yang dibutuhkan pada masa kini untuk menghasilkan jumlah uang tertentu di masa depan.
 
Rumus konsep ini adalah:
 
 
PV = FV ÷ ((1 + i)^n)
 
FV = nilai masa depan (future value)
i  = tingkat bunga (rate of return)
n  = periode (number of periods)
 
Jangan khawatir, perhitungan present value tidak harus dilakukan secara manual. Present value dapat dihitung menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel di Windows. Konsep ini dapat digunakan untuk keperluan pengelolaan keuangan sehari-hari, sebagai contoh, persiapan dana pendidikan anak.
 
Misalnya, kamu memperkirakan kebutuhan anggaran sebesar Rp500 juta pada tiga tahun mendatang untuk keperluan sekolah putra atau putri kamu. Di saat yang sama, ada instrumen investasi yang menawarkan tingkat keuntungan sebesar 5% per tahun. Pertanyaannya, berapa uang yang perlu diinvestasikan saat ini untuk mendapatkan uang Rp500 juta pada tiga tahun mendatang?
 
Dengan kalkulasi menggunakan formula finansial di perangkat lunak Microsoft Excel, kamu bisa mendapatkan angka sebesar Rp432 juta. Apa artinya? Artinya, kamu perlu berinvestasi sebesar Rp432 juta dengan tingkat bunga sebesar 5% per tahun dalam waktu tiga tahun untuk mendapatkan dana pendidikan anak sekitar Rp500 juta.
Future Value
 
Konsep lain dari nilai waktu uang adalah future value. Secara sederhana, future value adalah ‘nilai uang di masa depan dengan perkiraan tingkat pertumbuhan tertentu’. Konsep ini mengajarkan kita berapa nilai uang di masa depan setelah diinvestasikan dengan perkiraan tingkat keuntungan tertentu dalam waktu tertentu.
 
Rumus konsep ini adalah:
 
FV = PV × ( 1 + i)^n
 
PV = nilai sekarang (present value)
i  = tingkat bunga (rate of return)
n  = periode (number of periods)
 
 
Sama seperti present value, konsep future value juga dapat dihitung dengan menggunakan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel di Windows. Konsep ini dapat digunakan untuk keperluan pengelolaan keuangan sehari-hari juga, lho!
 
Misalnya, kamu memiliki Rp200 juta pada saat ini. Kamu berencana menginvestasikan uang tersebut selama tiga tahun untuk keperluan berlibur. Di saat yang sama, ada instrumen investasi seperti Sukuk Ritel 013 yang menawarkan tingkat keuntungan sebesar 6,05% per tahun. Pertanyaannya, berapa hasil investasi tersebut?
 
Dengan kalkulasi menggunakan formula finansial di perangkat lunak Microsoft Excel, kamu akan mendapatkan angka sebesar Rp238.540.439.
 
Wah, apa artinya? Artinya, uangmu akan menjadi sebesar Rp238,5 juta setelah berinvestasi sebesar Rp200 juta dengan tingkat keuntungan 6,05% per tahun selama tiga tahun. Selisih sebesar Rp38,5 juta itu merupakan hasil investasi alias cuan!
 
Tentu saja, kamu juga perlu membayar pajak atas imbalan sukuk ritel sebesar 15%. Dengan demikian, setelah dikurangi pajak, kamu bakal mengantongi uang sebesar Rp232.759.373 setelah tiga tahun berinvestasi di Sukuk Ritel 013 dengan modal Rp200 juta.
 
Konsep nilai waktu uang seperti present value dan future value ini dapat juga kamu gunakan untuk keperluan pengelolaan keuangan pribadi kamu.
 
Nah, jadi mau hitung apa setelah memahami konsep nilai waktu uang ini?

Isi Kuis Time value of money