Mobil Klasik
24 Jul 2023

Tips Perawatan Mobil Klasik agar Tetap Mulus

Mobil klasik memang suatu hal yang menarik untuk dikoleksi. Nilai jual beli yang cukup tinggi pun menjadi poin penting bagi kolektor mobil klasik. Nilai jual yang tinggi juga berbanding lurus dengan biaya perawatannya.

Jika berencana memanfaatkan pinjaman KTA untuk membeli mobil klasik, jangan lupa mengalokasikan sebagian dana tersebut untuk biaya perawatan.


Referensi Mobil Klasik Incaran

Pasar mobil klasik di Indonesia termasuk jarang karena harga yang ditawarkan pun cukup tinggi. Beberapa jenis mobil klasik yang paling banyak diincar di tanah air ialah sebagai berikut. 

1.    Chrysler Imperial Ghia

Chrysler Imperial Ghia merupakan mobil dengan tipe Limousine yang diluncurkan pada tahun 1959. Jenis mobil ini termasuk jarang dan hanya tercatat sekitar 6 unit saja.

Salah satu pemiliknya ialah Presiden Indonesia pertama yaitu Ir. Soekarno. Harga mobil ini masih bertahan di harga kisaran Rp271 jutaan.

Anda sudah menemukan salah satu seller-nya tapi terkendala dana? Ajukan pinjaman dana cepat untuk meminangnya sesegera mungkin.

2.    Volkswagen Beetle

Para pecinta mobil kerap menyebutnya sebagai VW Kodok. Dari segi mesin, Volkswagen Beetle memiliki suara mesin yang unik dan beda.

Tak jarang jika mobil ini menjadi incaran kolektor mobil di tanah air. Adapun harga pasaran dari mobil ini berada di kisaran Rp175 jutaan.

3.    Mini Morris

Mini Morris sangat identik dengan serial Mr. Bean. Bentuknya yang mungil menjadi daya tarik bagi pecinta mobil klasik. Namun, bentuknya yang minimalis tak semungil harganya. Anda perlu menyiapkan dana sekitar 200 jutaan jika ingin membelinya.

4.    Mercedes Benz 280SE

Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA untuk meminang Mercedes Benz 280SE yang dibandrol dengan harga Rp200 jutaan ini.

Harga fantastis pada dasarnya selaras dengan tampilan dan desainnya yang khas. Bahkan, nama Mercedes Benz sudah menjadi alasan utama mengapa mobil klasik yang satu ini bernilai fantastis.

5.    Jeep Willys

Jeep Willys menjadi salah satu klasik legend yang diburu oleh kolektor mobil klasik. Pasalnya, sejak era perang dunia I dan II, mobil ini sudah turut serta terjun ke dalam medan perang. Secara historis, nilai mobil ini memang layak dibandrol di harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tips Perawatan Mobil Klasik

Perawatan mobil klasik tentu berbeda dengan jenis kendaraan modern yang ada saat ini. Nah, agar mobil klasik yang dimiliki tetap memiliki penampilan gagah dan mewah sekalipun dimakan usia, cobalah mengikuti tips-tips berikut.

●       Rutin Memeriksa Bagian Mesin Mobil

Berhubung mobil memiliki sistem kelistrikan yang cukup kompleks maka sangat penting untuk selalu menjaga dan memperhatikannya.

Ada baiknya untuk rutin melakukan tune up secara rutin karena bagaimanapun juga mobil klasik sangat rentang mogok dan rusak di tengah jalan. Jika merasa terdapat komponen yang perlu diganti maka segeralah melakukan penggantian komponen.

●       Rutin Ganti Oli

Agar performa mesin mobil klasik Anda tetap maksimal maka pastikan untuk melakukan penggantian oli secara berkala. Berhubung usia mobil klasik rata-rata di atas 10 bahkan 20 tahun maka sebuah mobil klasik memerlukan asupan oli secara lebih ekstra.

Jika tidak rutin mengganti oli bisa jadi mesin mobil klasik akan menjadi semakin rusak parah. Salah satu tips penting yang bisa diterapkan ialah dengan mengganti oli mesin setiap menempuh perjalanan 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi pada mesin mobil bisa ditekan agar performa mobil tetap maksimal.

Kemudian, jangan lupa untuk memperhatikan jenis oli yang akan dipilih. Pastikan untuk memilih oli dengan tingkat kekentalan antara SAE 10 hingga 40 W atau 15 hingga 40 W agar perlindungan mobil lebih maksimal.

●       Isi dengan Bahan Bakar yang Sesuai

Anda juga perlu memperhatikan jenis bahan bakar yang digunakan. Pasalnya, setiap mobil memiliki spesifikasi bahan bakarnya masing-masing. Jangan memakai bahan bakar dengan level oktan terlalu tinggi atau terlalu rendah karena hanya akan merusak mesin mobil.

Ada baiknya untuk mengisi bahan bakar secara rutin agar tangki tak mudah karatan dan keropos. Pastikan juga jika mobil selalu terisi bensin meskipun mobil jarang digunakan.

●       Perhatikan Kondisi Kabel Mobil

Komponen lain yang wajib Anda rawat ialah kabel dari mobil klasik. Kabel mobil yang sudah mengelupas umumnya bisa menimbulkan korsleting. Mobil pun bisa beresiko mengalami kebakaran. Jika tidak benar-benar teliti memperhatikannya, kabel mobil bisa memberi dampak buruk bagi mobil.

●       Cek Kaki Mobil, Ban, Velg, dan Komponen Lainnya 

Selain kabel mobil, jangan abaikan juga komponen lain dari mobil klasik Anda. Mulai dari ban, velg dan lain sebagainya. Jika tidak berniat menggunakan mobil dalam waktu lama maka coba lepas semua bannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya karatan pada ban mobil.

Tak hanya ban, Anda juga perlu rutin mengecek keadaan velg mobil. Jika bentuk velg sudah berubah seperti penyok atau berkarat maka, silakan menggantinya sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan yang semakin parah.

Kemudian, kondisi pada kaki mobil juga harus dalam keadaan baik terutama untuk bagian tie rod, ball joint, suspense, stabilizer dan bushing arm-nya. 

Jika mobil klasik memiliki komponen-komponen yang sudah rusak parah, maka Anda harus siap menyiapkan budget besar untuk menggantinya.

Selain biaya perawatan mobil klasik yang membutuhkan penanganan khusus dari mobil modern, komponen mobil klasik juga sudah terbilang langka di pasaran sehingga harganya pun tentu akan sangat mahal.

Oleh sebab itu,  gunakan pinjaman dana cepat untuk menutupi keseluruhan biaya perawatan dan reparasi mobil klasik yang Anda miliki.

●       Cuci Bersih Secara Rutin

Jangan sepelekan debu dan kotoran yang menempel pada mobil klasik Anda. Jika terus dibiarkan debu dan kotoran tersebut bisa merusak cat dan mesin mobil. Rutinlah membersihkan mobil dengan pembersih berformula khusus.

Jika memang tidak sempat melakukannya sendiri, tak ada salahnya untuk membawa ke salon khusus mobil klasik.

●       Buat Garasi yang Aman dan Nyaman

Akan lebih bagus lagi jika Anda menyiapkan garasi khusus untuk mobil klasik. Beberapa kolektor mobil menyarankan untuk menaruh mobil di tempat yang tak terkena oleh sinar matahari langsung.

Pasalnya, cahaya matahari langsung bisa merusak lapisan mobil klasik. Hal ini tentu akan menurunkan nilai historis dari mobil klasik tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa merawat mobil klasik dengan menggunakan cover mobil. Tips ini cukup ampuh dalam menjaga mobil dari debu hingga paparan sinar matahari langsung.

Beberapa jenis mobil klasik yang telah dibahas dalam artikel ini memang masih menjadi buruan para kolektor mobil. Tak heran jika harga dan biaya perawatannya sangatlah fantastis.

Jika Anda sedang mengincar salah satu jenis mobil klasik maka bersiaplah merogoh kocek hingga ratusan juta.

Namun, jika terkendala dana maka silakan mengajukan pinjaman KTA bersama DBS KTA. Hingga hari ini DBS Indonesia terus berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Proses pengajuan pinjaman pun menjadi lebih mudah dan praktis. Informasi lebih lanjut bisa Anda cek di sini.

 

 

Apply digibank KTA