Tanah
10 May 2023

Tips Mudah Beli Tanah Bermodalkan Investasi Obligasi

Berinvestasi bisa jadi strategi tepat bagi Anda yang punya tujuan finansial tertentu. Apalagi jika Anda memilih investasi obligasi yang cenderung aman dan memiliki nilai keuntungan menjanjikan. Ini bisa jadi sebuah langkah cerdas untuk mencapai target Anda, termasuk target membeli tanah sebagai aset yang potensial di masa depan.  

Investasi obligasi adalah instrumen yang cukup populer saat ini. Selain nilai modal bisa kembali, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan pasif lewat bunga kupon obligasi. Selain itu Anda juga dapat menerima cuan capital gain dari hasil menjual obligasi ke pihak lain.  

Bisakah Investasi Obligasi untuk Membeli Tanah? 

Tanah bisa menjadi pilihan aset yang tepat untuk dimiliki. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan pribadi maupun dijual kembali. Selain itu tanah juga punya nilai investasi yang sangat potensial. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli tanah sebagai salah satu aset berharga Anda di masa depan.  

Namun, perlu diketahui bahwa membeli tanah bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Apalagi di zaman sekarang ini harga tanah terus meningkat. Anda membutuhkan rencana dan strategi yang matang sehingga bisa menjangkau harga jual tanah tersebut. Demi mencapai tujuan ini Anda bisa mengandalkan investasi. 

Investasi obligasi adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin membeli tanah di masa depan. Keuntungan dari investasi ini bisa membantu Anda mencapai impian tersebut. Tentu saja Anda tidak bisa mencapai tujuan tersebut secara instan. Ada proses yang harus dijalani sehingga investasi ini akan memberi keuntungan dengan nilai yang memuaskan.  

Pada dasarnya investasi obligasi adalah investasi yang dilakukan pada bentuk instrumen surat utang. Anda bisa meletakkan uang yang Anda miliki sebagai modal untuk disimpan dalam bentuk obligasi tersebut. Simpanlah obligasi dalam bentuk investasi jangka panjang. Saat tiba jatuh tempo, Anda bisa mendapatkan kembali dana modal dan sudah dijumlahkan dengan semua keuntungan bunga kupon.  

Anda juga bisa bermain jual beli obligasi jika memang dirasa menguntungkan. Hanya saja langkah ini cukup berisiko dan Anda harus benar-benar tahu kapan waktu yang tepat melakukan jual beli. Jika strateginya tepat, bukan tidak mungkin Anda menerima banyak keuntungan dan bisa membeli tanah sesuai keinginan.  

Tips Beli Tanah dengan Modal Investasi di Instrumen Obligasi 

Semakin tertarik mengandalkan investasi ini untuk membeli tanah impian? Jika iya, maka Anda perlu menggunakan strategi yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membeli tanah dengan modal investasi obligasi: 

1. Lakukan Investasi Jangka Panjang 

Anda bisa menerapkan strategi buy and hold yang artinya menjadikan instrumen ini sebagai investasi jangka panjang. Seperti kita tahu kalau harga tanah itu tidaklah murah jadi Anda perlu menyimpan lebih banyak uang. Cobalah untuk melakukan investasi jangka panjang demi mendapatkan lebih banyak cuan.  

Semakin lama Anda menyimpan atau menahan surat utang tersebut, maka akan semakin besar juga penawaran bunga kuponnya. Anda bisa mendapatkan bunga lebih banyak dan ini akan menjadi peluang profit yang sangat menggiurkan. Nantinya semua keuntungan tersebut bisa Anda jumlahkan dengan nilai modal dan dipakai untuk membeli tanah.  

Apabila Anda sudah berkomitmen melakukan investasi jangka panjang, maka pastikan untuk fokus. Jangan mudah goyah apalagi terbawa FOMO atau fear of missing out. Simpan obligasi tersebut sampai masa berlakunya habis sesuai niat Anda saat memulai investasi.  

2. Simpan Semua Bunga Kupon 

Tips berikutnya, cobalah untuk menyimpan semua bunga kupon yang sudah diperoleh. Salah satu keuntungan investasi obligasi adalah bunga kupon yang diberikan secara rutin. Investasi saja tidak cukup untuk mendatangkan banyak keuntungan. Investasi bisa menjadi strategi untuk mencapai target finansial jika Anda bisa mengelolanya dengan baik.  

Salah satunya dengan mengelola bunga kupon yang Anda peroleh sebagai pemegang obligasi. Jika Anda menggunakan bunga kupon untuk hal-hal lain yang tidak penting maka sama saja tidak akan ada keuntungan yang bisa dinikmati. Lain halnya jika Anda mengumpulkan atau menyimpan semua bunga tersebut untuk mencapai tujuan finansial.  

Lebih bagus lagi jika bunga ini bisa diputar kembali ke instrumen investasi yang lain. Ini bisa jadi sebuah trik yang dapat Anda terapkan demi mencapai target investasi lebih cepat. Asalkan Anda tetap berhati-hati mengalokasikan dana tersebut ke instrumen investasi yang lain.  

3. Pilih Obligasi dari Pemerintah 

Ada dua jenis obligasi yang bisa Anda jadikan investasi yaitu obligasi pemerintah dan korporasi. Keduanya sama-sama punya potensi apalagi jika dikelola dengan baik. Namun secara umum obligasi pemerintah jauh lebih aman untuk diandalkan. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai investasi jangka panjang maka obligasi pemerintah lebih direkomendasikan.  

Jenis obligasi ini memiliki risiko gagal bayar yang lebih rendah. Selain itu Anda juga bisa lebih mempercayakan aset atau modal kepada negara daripada perusahaan yang tidak kompeten. Selama dikelola dengan tepat, hasil profit obligasi tersebut bisa membantu Anda membeli tanah impian.  

Produk obligasi pemerintah itu sendiri ada banyak jenisnya. Anda harus berhati-hati memilih mana seri surat utang yang ingin dibeli. Lakukan analisis terlebih dahulu kemudian pastikan Anda selalu update rate suku bunga sehingga bisa melakukan prediksi dengan tepat.  

4. Lakukan Diversifikasi 

Sama halnya seperti investasi yang lain, penting sekali untuk melakukan diversifikasi. Diversifikasi adalah langkah mengalokasikan dana atau modal ke instrumen investasi yang berbeda. Jadi Anda akan memiliki beberapa instrumen investasi dengan karakteristik yang tidak sama.  

Strategi ini akan membantu Anda terhindar dari kerugian besar. Jika ada instrumen investasi yang mengalami penurunan, Anda masih bisa mengandalkan instrumen yang lain. Begitu juga ketika ada beberapa instrumen yang mengalami peningkatan, jumlah keuntungan yang diterima bisa sangat besar.  

Jika Anda ingin berinvestasi di instrumen obligasi, maka Anda bisa membeli beberapa seri obligasi yang potensinya besar. Selain itu Anda juga bisa meletakkan modal ke instrumen lain di luar obligasi sebagai back up. Strategi ini akan membantu mengoptimalkan nilai cuan sehingga target finansial bisa lebih mudah terpenuhi.  

Mulai Investasi Sekarang Juga di digibank by DBS 

Anda bisa mencapai impian beli tanah dengan modal investasi obligasi jika melakukannya secara tepat. Mulailah berinvestasi di digibank by DBS yang terjamin aman dan terpercaya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan untuk Anda jika berinvestasi di sini: 

  • Tersedia banyak produk di pasar perdana dan pasar sekunder.  
  • Transaksinya praktis karena bisa dilakukan lewat satu aplikasi mobile 
  • Modal investasi terjangkau, mulai dari Rp1 juta atau $1000 USD  

Bagi Anda yang berencana membeli tanah, investasi obligasi adalah sebuah pilihan tepat. Apalagi jika Anda memulainya sekarang juga dengan strategi yang tersusun  rapi sesuai profil risiko. Lakukan analisis dengan cermat dan pastikan pilihan obligasi yang Anda beli sebagai instrumen investasi bisa memberi keuntungan optimal.  

Mulailah melakukan investasi obligasi sekarang juga bersama digibank by DBS. Semakin dini memulai maka akan semakin cepat target finansial Anda bisa terpenuhi. Langsung saja klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap sebelum mulai berinvestasi.