Tips Mengatur Belanja di Tengah Pandemi, Perhatikan 4 Hal Ini

Tips Mengatur Belanja di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan mendasar seluruh sendi kehidupan masa kini. Berkurangnya perjalanan menuju kantor, pembatasan pasar, hingga perubahan jam operasional tempat refreshing seperti bioskop dan pusat perbelanjaan memicu munculnya prioritas baru dalam berbelanja.

Dampak yang paling terlihat adalah berkurangnya keinginan belanja, nongkrong atau makan di tempat kekinian. Namun, sebagai gantinya konsumsi produk hobi dan gaya hidup sehat yang ditunjang kemudahan layanan digital menjadi meningkat. 

Demam tanaman janda bolong, spider plant, kaktus atau tanaman hias lain menjadi fenomena baru peningkatan belanja di tengah pandemi pada sejumlah e-commerce. Demikian juga gaya hidup sehat melalui hobi bersepeda, sepatu roda atau lari di ruang terbuka.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan meningkatnya belanja untuk pemenuhan hobi ini. Namun, alarm waspada perlu berbunyi saat kamu mulai kalap dan harus memborong semua hal untuk menunjang hobi tersebut. Bisa saja kamu tergoda untuk membeli sepeda atau bunga yang harganya mulai di atas kewajaran atau tergolong mewah.

Hobi yang semula bermanfaat ini adakalanya menjadi berlebihan. Harga tanaman incaran yang terus naik atau memburu sepatu lari pilihan yang harganya mengganggu kestabilan keuangan seringkali menggoda kamu untuk sesekali keluar dari zona nyaman. Hal ini menjadi pilihan yang mengundang risiko dan ancaman bagi keuangan keluarga jika tidak dikontrol.

Agar tidak tergoda kamu perlu konsisten disiplin mengatur belanja. Apalagi pandemi belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat. Bahkan kasus harian covid-19 di seluruh Indonesia terus meningkat. Karena itu kamu perlu menyusun ulang skala prioritas dalam berbelanja dengan tetap memperhatikan kebutuhan akan hobi.

Nah, pengeluaran dan hal apa saja yang bisa dilakukan dalam kondisi saat ini agar kamu tetap sehat lahir batin? Berikut ulasannya:

 

1. Berikan Budget untuk Hobi

Pandemi membuat kamu memiliki lebih banyak waktu di rumah. Hal ini membuka peluang untuk kamu kembali menekuni hobi yang pernah terbengkalai ketika bekerja. Berkebun, menjahit ataupun hobi lain kini  dapat dilakukan seiring hilangnya waktu di perjalanan ketika bekerja ke kantor.

Hobi adalah salah satu bentuk kegiatan untuk menyenangkan diri, jadi tidak salah untuk dilakukan. Akan tetapi, tetapkan anggaran untuk hobi dengan ketat. Misalnya, bersabar untuk belanja tanaman tertentu atau peralatan yang dibutuhkan jika belum terpenuhi dalam satu kali penganggaran. Kamu juga bisa mencari alternatif lain yang bisa menjadi pengganti.

 

2. Jangan Lupa Tambah Pengetahuan

Menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobi tentu sah saja kamu lakukan. Namun, jangan lupa untuk menambah pengetahuan baru. Kamu bisa membeli buku baru yang menawarkan pengetahuan baru, atau ikut pelatihan berbayar sesuai dengan bidang yang ditekuni. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk mendengar podcast yang sesuai dan bermanfaat untukmu.

Realitas baru atau new normal akan dijalani oleh seluruh orang setelah pandemi berlalu. Tentu, akan lebih baik mengincar pengetahuan baru yang akan dibutuhkan setelah wabah berlalu. Hal lain yang bisa dilakukan adalah  mencari pengetahuan untuk memberi nilai tambah. Dunia baru membutuhkan banyak pengetahuan yang sebelumnya belum dikenal.

 

3. Gaya Hidup Sehat, dari Makanan Segar hingga Olahraga

Pandemi mengajarkan bahwa kesehatan adalah harta yang sangat berharga. Untuk menjaga kesehatan itu, maka meningkatkan belanja untuk produk kesehatan adalah langkah yang diperlukan.

Produk untuk menunjang gaya hidup sehat yang bisa kamu beli misalnya makanan segar yang sehat, multivitamin hingga peralatan olahraga. Selain menghindarkan diri dari pandemi, menjaga diri untuk tetap fit akan memberi manfaat dalam waktu panjang.

 

4. Lipatkan Dana Darurat

Pandemi membuat semua kondisi terburuk dapat saja terjadi kapan saja. Tak peduli seberapa hebat kamu menjaga stamina kalau memang tiba waktunya, bisa saja sakit menyapa. Karena itu kamu perlu selalu menyiagakan rekening darurat.

Buat kamu yang memang sudah punya tabungan untuk kepentingan dana darurat maka inilah waktunya bagimu untuk meningkatkan persentase dana yang disisihkan. Sedangkan buat kamu yang belum punya, maka jangan lagi menunda.

Dana darurat harus diletakkan dalam rekening terpisah agar tidak terganggu. Kamu bisa buka tabungan online secara mudah dan tanpa ribet dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS.

 

Buka tabungan online melalui digibank by DBS merupakan langkah pintar dalam mengelola dan mengembangkan dana darurat serta aktivitas digital dalam satu aplikasi. Layanan pintar karena semua cukup dilakukan melalui ponsel. Jadi kamu tidak perlu ribet untuk mengurus berlembar-lembar dokumen untuk membuka rekening baru. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat buka tabungan online melalui Aplikasi digibank by DBS di antaranya:

  • Tidak perlu datang ke bank untuk melakukan pembukaan rekening. Kamu tidak perlu antri dan mengisi dokumen pembukaan rekening.
  • Cukup dengan e-KTP dan sidik jari, verifikasi dapat dilakukan dari manapun dan kapanpun.
  • Bebas biaya transfer ke mana saja dan dapat dilakukan penarikan tunai di ATM mana saja.

 

Membuka tabungan online lewat aplikasi digibank by DBS selain mudah juga menawarkan keuntungan lewat pendapatan bunga. DBS Bank menawarkan bunga tabungan yang kompetitif dan menarik dibanding bank lain. Semakin besar saldo tabungan, semakin tinggi pula nilai bunga yang bisa kamu peroleh. 

Hadirnya Aplikasi digibank by DBS merupakan solusi tepat buat kamu yang ingin merasakan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Tak hanya buka tabungan online dengan mudah, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk berinvestasi. Terdapat berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk Level Up segala aktivitas perbankan untuk berbagai keperluan.

Jadi tunggu apalagi. Kini kamu bisa rasakan kemudahan transaksi digital hingga perencanaan darurat untuk keadaan yang tidak pasti akibat pandemi dengan  memiliki tabungan digital melalui digibank by DBS. Kini kamu selangkah lebih maju dalam mengatur keuangan yang terencana.***

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /