Tips Menabung Anti Gagal, Cocok untuk Milenial!

Tips Menabung Anti Gagal, Cocok untuk Milenial!

Rajin menabung bikin rezeki makin melambung. Ungkapan ini sejak dulu menjadi salah satu pemicu orang untuk rajin menyisihkan uang dan menabungkannya. Apalagi, menabung terbukti menjadi cara yang efektif untuk mewujudkan banyak harapan dan impian.

Menabung merupakan cara paling efektif untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk dengan tujuan tertentu. Baik sekolah lagi atau melakukan perjalanan impian. Dahulu orang terbiasa menabung dengan menyimpan emas atau berupa uang tunai di rumah. Sekarang orang lebih memilih menabung di bank. Selain faktor keamanan, menabung di bank memberi kemudahan bagi Anda dalam mengelola uang.

Sayangnya, tak sedikit pula orang yang gagal menabung meski sudah paham akan manfaatnya. Banyak alasan yang membuat rencana menabung buyar.  Ada karena meningkatnya biaya hidup sementara pemasukan tetap sama. Ada pula yang tetap tak bisa menabung walaupun pendapatan sudah meningkat beberapa kali lipat.

Salah satu faktor yang biasanya menjadi momok gagalnya program menabung adalah kelalaian dalam mengelola pengeluaran. Pergaulan dan tuntutan untuk selalu up to date membuat banyak orang menjadi lebih konsumtif. Gaya hidup serba instan, maunya enak dan gampang, membuat orang terdorong untuk lebih boros dalam membelanjakan uang.

Nah, agar konsistensi dalam menabung terus terjaga dan bisa merasakan manfaat maksimal dari menabung, yuk lakukan langkah berikut:

  1. Tentukan target

Agar semangat dan konsistensi untuk menabung terus terpelihara, sangat penting bagi Anda untuk selalu membuat perencanaan yang matang. Tentukan pos jangka pendek, tujuan jangka menengah maupun jangka panjang penggunaan uang tabungan yang sedang disiapkan.

Menentukan tujuan peruntukan tabungan yang sedang disimpan akan memberi motivasi bagi Anda memenuhi target yang sudah dibuat. Dengan tahapan menabung yang terencana biasanya Anda akan lebih mudah menyisihkan uang untuk menabung.

Buat target yang realistis dan sesuai dengan minat dan hobi. Sebagai contoh menabung untuk target liburan, untuk membeli alat atau kebutuhan yang diinginkan seperti gadget baru, mobil baru dan rumah baru.

  1. Kurangi Nongkrong

Bagi para pekerja muda terutama yang tinggal di kota besar, salah satu godaan yang bisa membuat keinginan menabung buyar adalah besarnya tuntutan lifestyle. Batasi diri untuk tidak boros.

Nongkrong untuk minum kopi atau makan di restoran boleh saja dilakukan tapi jangan setiap hari. Lakukan seperlunya. Mulailah untuk melakukan langkah kecil seperti membawa bekal daripada memesan makanan siap saji yang pasti lebih mahal. Belum lagi adanya tambahan biaya ongkos kirim yang pastinya akan dibebankan kepada pembeli.

  1. Buka tabungan khusus

Untuk memudahkan Anda dalam mengumpulkan uang dengan target tertentu, bukalah tabungan khusus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya tabungan untuk ke Eropa, tabungan untuk membeli mobil atau tabungan untuk naik haji. Pemisahan tujuan akan memudahkan Anda dalam menyisihkan uang dan menentukan skala prioritas.

Bila target atau tujuan menabung lebih dari satu, beri nama berbeda untuk setiap tabungan. Hal ini akan membuat motivasi menjadi lebih baik. Membuat tabungan berbeda untuk tujuan berbeda secara psikologis bisa menstimulasi  diri lebih giat mengumpulkan uang untuk mencapai tujuan.

  1. Transfer otomatis

Memiliki rekening tabungan yang terpisah dari rekening utama perlu Anda lakukan agar lebih mudah mengontrol anggaran. Rekening terpisah membatasi Anda dalam penggunaan anggaran sehingga dana yang ada tidak terambil untuk pengeluaran rutin.

Nah, agar rekening tabungan tetap terisi, Anda bisa memanfaatkan layanan transfer otomatis. Dengan layanan ini, saldo tabungan akan terisi otomatis sesuai tanggal yang disampaikan kepada pihak bank.

Bila tidak punya layanan transfer otomatis, Anda juga bisa menetapkan target sendiri dan menentukan tanggal saat harus menambah tabungan. Meski sudah menggunakan layanan transfer otomatis Anda bisa melakukan penambahan secara manual dengan konsisten menabung jika terdapat tambahan pendapatan di luar penghasilan rutin.

Menetapkan tanggal transfer otomatis menjadi cara efektif memastikan Anda tidak tergoda membelanjakan seluruh dana yang ada di rekening. Sebaiknya pilih tanggal transfer sehari setelah tanggal gajian.

  1. Jaga Saldo

Salah satu hal yang membuat orang malas menabung di bank adalah adanya biaya administrasi yang harus dibayarkan setiap bulan. Agar Anda tidak terbebani dengan biaya administrasi pastikan bahwa dana yang ada di rekening tabungan berada di ambang batas saldo minimum sesuai suku bunga yang ditetapkan oleh bank tempat Anda menabung.

Jadi agar tidak terbebani biaya administrasi penting memastikan pendapatan bunga yang diperoleh lebih besar dari biaya bulanan yang dibebankan hingga tabungan tidak berkurang. Anda bisa jeli memilih tabungan dengan imbal hasil yang lebih besar dibanding tabungan lain. Tips lainnya, bukalah rekening tabungan yang tidak dikenakan biaya administrasi seperti Tabungan Maxi yang bisa diakses dari aplikasi digibank by DBS.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa konsisten menabung. Jangan lupa, saat memutuskan untuk menabung di bank pilihlah bank yang memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditetapkan.

Memilih bank terpercaya seperti DBS Bank akan memberi jaminan dan kepastian bahwa uang Anda simpan akan aman. Pastikan juga bahwa tabungan yang dipilih memenuhi syarat untuk dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Di zaman serba canggih, akan lebih baik pula bila Anda memanfaatkan berbagai layanan mobile dan aplikasi perbankan online yang memudahkan dalam mengelola uang. Anda bisa menggunakan aplikasi investasi terbaik dari digibank by DBS  untuk memudahkan transaksi keuangan.

Menggunakan layanan transaksi perbankan elektronik lewat Aplikasi digibank by DBS, akan lebih menghemat biaya, waktu dan energi. Anda tidak perlu datang ke cabang bank untuk melakukan transaksi seperti setoran tabungan dan transfer rekening

Nah, agar tabungan Anda bisa tumbuh dengan maksimal penting untuk memilih tabungan yang memberi banyak manfaat seperti yang bisa dirasakan saat membuka Tabungan Maxi lewat Aplikasi digibank by DBS. Tabungan Maxi adalah produk tabungan dari digibank by DBS yang menawarkan bunga lebih tinggi dari tabungan biasa.

Selain bunga yang tinggi, tabungan digibank Maxi dapat ditarik kapan pun sesuai dengan kebutuhan nasabah. Berikut beberapa keuntungan memiliki tabungan Maxi melalui Aplikasi digibank by DBS:

  • Buka rekening online tanpa harus pergi ke bank. Hal ini akan sangat memudahkan karena Anda tidak perlu lagi mengantri dan mengisi berlembar-lembar formulir untuk membuka rekening.
  • Cuma perlu e-KTP dan sidik jari untuk verifikasi.
  • Bebas biaya transfer ke mana saja dan tarik tunai di ATM mana saja.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Tidak ada minimum saldo sehingga Anda bisa menggunakan tabungan berapapun.

Menabung lewat Aplikasi digibank by DBS dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi akan sangat membantu dalam memudahkan berbagai urusan perbankan. Anda juga bisa berinvestasi karena digibank by DBS merupakan aplikasi investasi terbaik yang memudahkan banyak urusan.

Dengan mengunduh Aplikasi investasi di digibank by DBS Anda akan mudah mengelola keuangan sehingga bisa lebih berdisiplin menabung. Rajin menabung berarti selangkah makin dekat dengan impian.

Jadi bagaimana, masih ragu untuk mulai menabung dari sekarang? Biar gampang jangan lupa unduh aplikasi investasi terbaik yaitu Aplikasi digibank by DBS dan buka rekening di Tabungan Maxi ya.***


Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /