Manfaat Microneedling untuk Wajah
01 Dec 2023

Tak Banyak yang Tahu! Ini Manfaat Microneedling untuk Wajah

Tampil menawan di depan banyak orang menjadi salah satu mimpi para perempuan, salah satu cara mewujudkannya yaitu dengan melakukan perawatan microneedling. Dikutip dari National Library of Medicine (NLM), microneedling adalah prosedur perawatan kulit untuk mengatasi bekas jerawat, bekas luka, dan membantu meremajakan kulit.

Perawatan ini dilakukan dengan teknik penusukan menggunakan jarum berukuran mikro yang sudah disterilkan. Namun, hasilnya tidak bisa didapat secara instan diperlukan treatment berulang agar terlihat perubahannya. Kamu bisa memanfaatkan promo Kartu Kredit untuk melakukan treatment secara rutin, yuk segera apply Kartu Kredit online sekarang!

4 Manfaat Microneedling untuk Kulit Wajah

Microneedling termasuk salah satu metode perawatan kulit yang populer di kalangan wanita. Kepopulerannya berkat hasil yang diberikan karena tergolong cukup efektif untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Academy of Dermatology Association (AAD), proses penyembuhan pasca microneedling bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit. Serta mengurangi munculnya noda-noda hitam di wajah, mau tahu apa saja manfaatnya untuk kulit? Intip penjelasan di bawah ini!

  • Membantu Meratakan Tekstur Kulit

Pemilik kulit kasar dan bertekstur wajib mencoba treatment ini karena microneedling akan membantu proses pembentukan kolagen. Dengan meningkatnya produksi kolagen kulit akan terasa lebih halus dan pori-pori akan terlihat mengecil.

Tapi, jangan terlalu berharap banyak jika hanya melakukannya sekali karena tidak akan memberi hasil yang maksimal. Untuk mengatasi kulit bertekstur, garis-garis halus, dan parut jerawat kamu harus melakukan microneedling minimal 3 kali.

Jika memiliki permasalahan kulit yang lebih serius, maka kamu perlu meningkatkan frekuensinya yakni sekitar 6 – 8 kali. Perawatan tersebut harus dilakukan setiap 4 – 6 minggu sekali, jangan lupa gunakan kartu kredit digital untuk melakukannya secara rutin.

  • Mencerahkan Kulit

Manfaat microneedling selanjutnya yaitu membantu mencerahkan warna alami kulit, sehingga wajah akan terlihat lebih bercahaya dan sehat. Setelah melewati beberapa kali perawatan kulit akan terasa lebih kenyal dan halus.

  • Menyamarkan Kerutan dan Garis-Garis Halus

Melakukan perawatan microneedling bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin terlihat awet muda. Selain membantu memperbaiki tekstur kulit, perawatan ini juga dapat mengatasi kerutan dan garis-garis halus di wajah.

Setelah melakukan microneedling produksi kolagen akan meningkat, secara tidak langsung hal tersebut bermanfaat sebagai anti penuaan. Tapi, perlu diingat hasil yang maksimal akan kamu rasakan setelah melakukan beberapa kali treatment.

  • Memudarkan Bekas Jerawat atau Luka

Bekas jerawat dan bekas luka merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering kali dikeluhkan banyak orang. Jika kamu mengalaminya, coba lakukan perawatan microneedling untuk mengurangi bekasnya. Tapi, sangat diimbau jangan melakukannya saat kulit sedang berjerawat karena hal tersebut dapat memperluas penyebaran infeksi. 

Setelah mengetahui manfaat microneedling apakah kamu tertarik mencobanya? Jika ingin lebih hemat, coba apply kartu kredit online untuk mendapat promo dan diskon di klinik kecantikan yang sudah bekerja sama.

 
Apa Persiapan Sebelum Melakukan Microneedling?

Meski perawatan microneedling  tergolong aman namun tetap ada kemungkinan risiko yang harus kamu pahami. Perawatan ini bisa menimbulkan pembengkakan, kemerahan, memar, kulit kering, kulit mengelupas, hingga infeksi. Untuk meminimalisir risikonya sebaiknya lakukan beberapa hal berikut sebelum melakukan microneedling.

  • Selalu Memakai Sunscreen

Beberapa hari sebelum melakukan treatment, kamu harus menjaga kulit dari paparan sinar UV. Disarankan memakai sunscreen minimal SPF 30 meski beraktivitas di dalam ruangan. Jika lebih sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan SPF di atas 30 dan jangan lupa lakukan pengaplikasian kembali setiap 4 jam sekali.

  • Jangan Gunakan Riasan

Tidak disarankan menggunakan riasan di hari saat melakukan perawatan microneedling, contohnya menggunakan foundation, concealer, dan lainnya. Sebelum melakukan perawatan cucilah wajah hingga bersih dengan sabun dan air.

  • Hindari Eksfoliasi

Dalam dua minggu menjelang treatment kamu harus menghindari skincare dan kosmetik yang bisa mengiritasi kulit, contohnya produk-produk eksfoliasi. Selain itu, jangan lakukan perawatan yang berisiko meningkatkan sensitivitas kulit, seperti laser dan IPL (Intense Pulsed Light).

  • Hindari Teknik Perawatan Hair Removal

Jika ingin melakukan microneedling di area tubuh, sebaiknya jangan melakukan perawatan hair removal terlebih dulu. Hindari melakukan elektrolisis, laser hair removal, menggunakan krim hair removal, dan waxing.

Perawatan tersebut akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, sehingga dapat menimbulkan efek samping saat melakukan microneedling. Perawatan hair removal sebaiknya dihindari selama 8 hari menjelang treatment.

  • Hindari Accutane dan Retinoid

Selama menjelang perawatan kamu tidak disarankan menggunakan obat jerawat jenis accutane. Ini karena di dalamnya mengandung bahan aktif retinoid. Selain menghindari produk perawatan berbahan retinoid kamu juga tidak disarankan mengonsumsi obat atau suplemen mengandung vitamin A1 atau retinol oral.

Sebelum melakukan perawatan microneedling, maka pastikan sudah melakukan hal-hal di atas. Dengan harapan, kamu tidak mengalami efek samping yang serius. Jika belum menyiapkan dana untuk melakukan treatment, kamu bisa apply kartu kredit online untuk melakukan transaksi di berbagai klinik kecantikan dengan mudah.


Bagaimana Langkah Penyembuhan setelah Microneedling?

Setelah melakukan perawatan ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari efek buruk pasca microneedling. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan setelah melakukan treatment.

  • Memakai Pembersih dan Pelembap yang Tepat

Setelah melakukan perawatan, kamu tidak disarankan menggunakan pembersih dan pelembap secara sembarangan. Agar efek samping tidak timbul, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memilih pembersih dan pelembab wajah.

Umumnya pelembap mengandung asam hialuronat aman dipakai setelah melakukan microneedling. Karena kandungan tersebut dapat membantu menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Untuk tipe kulit kering disarankan memakai minyak kelapa untuk menghidrasi wajah setelah perawatan.

  • Hindari Eksfolian, Retinol, dan Vitamin C

Setelah melakukan perawatan jangan menggunakan produk yang mengandung parfum dan bahan eksfolian, seperti asam glikolat atau asam alfa hidroksi (AHA). Jadi, kamu harus menghindari skincare berbahan retinol dan vitamin C pada 2 hari pertama setelah treatment.

  • Lindungi Kulit dari Infeksi

Infeksi merupakan salah satu efek samping microneedling yang cukup serius. Untuk mencegahnya kamu perlu memakai krim antibiotik yang telah diresepkan dokter. Berikut cara melindungi kulit dari infeksi:

  • Mencuci tangan sebelum menyentuh wajah;
  • Jangan memakai makeup dalam 24 jam setelah perawatan;
  • Jangan berenang dan melakukan olahraga yang menimbulkan banyak keringat.

Setelah 72 jam, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut seperti biasanya. Namun, sangat disarankan agar tetap harus hati-hati agar kulit tidak terkena infeksi.

  • Selalu Mengaplikasikan Sunscreen

Setiap hari kamu harus rutin memakai sunscreen meski hanya beraktivitas di dalam ruangan. Pemakaian sunscreen ini wajib dilakukan secara terus-menerus selama 2 minggu pertama setelah perawatan.

Pada minggu pertama, sebaiknya jangan terlalu lama di bawah paparan sinar matahari karena kondisi kulit masih terlalu rentan mengalami kerusakan.

Tertarik melakukan microneedling? Yuk manjakan diri dengan perawatan di klinik kecantikan favoritmu! Kamu bisa menggunakan kartu kredit berbasis digital pertama di Indonesia untuk mempermudah transaksimu, yaitu Kartu Kredit Digital digibank.

Proses apply kartu kredit online digibank by DBS tidak ribet. Kamu bisa mendapatkan approval dalam 60 detik. Selain itu, kamu bisa mendapatkan berbagai cashback hingga Rp250 ribu. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini!