berkuda
02 Oct 2023

Suka Berkuda? Yuk Tunjang Hobimu dengan 5 Peralatan Ini

Selain bagus untuk kesehatan, ternyata posisi saat berkuda dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Tak heran jika berkuda sangat dianjurkan untuk kalian yang memiliki postur tubuh kurang bagus.

Selain bagus untuk memperbaiki penampilan, berkuda juga dapat memperkuat otot inti dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Bukan sekedar olahraga biasa, olahraga ini juga bisa menjadi hobi yang positif bagi anak muda.

Apa kamu tertarik melakukan olahraga ini? Dengan melakukan apply kartu kredit online kamu bisa membeli perlengkapannya dengan fitur cicilan. Berikut macam-macam perlengkapan yang harus disiapkan sebelum berkuda.

Jenis-Jenis Peralatan Berkuda yang Wajib Dimiliki

Meski memiliki banyak manfaat bukan berarti berkuda boleh dilakukan secara sembarangan tanpa memedulikan keselamatan. Hampir sama seperti olahraga lain kamu perlu perlengkapan khusus untuk mencegah terjadinya cedera. Mau tahu apa saja pelengkap berkuda yang wajib dimiliki? Simak jenis-jenisnya di bawah ini.

●     Helm

Perlengkapan keselamatan yang paling utama adalah helm untuk melindungi kepala saat kamu terjatuh dari kuda.  Melansir dari penelitian ilmiah yang dilakukan National Electronic Injury Surveillance System (NEISD) pada tahun 2007 ditemukan 12.000 orang mengalami cedera kepala karena terjatuh saat berkuda.

Menurut keterangan dari ahli bedah saraf, berkuda termasuk olahraga yang paling sering menyebabkan cedera kepala. Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan helm saat melakukan olahraga ini untuk meminimalisir cedera di bagian kepala.

●       Rompi Pengaman

Tak hanya kepala, berkuda juga bisa menimbulkan cedera di area organ dalam, tulang rusuk, dan tulang belakang. Supaya bagian tersebut terlindungi kamu wajib menggunakan rompi pengaman saat berkuda.

Rompi ini biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan empuk sehingga cukup nyaman saat dipakai. Kalau ingin lebih hemat kamu bisa membelinya dengan promo kartu kredit untuk mendapat harga yang lebih murah. 

●      Pelindung Mulut

Mungkin banyak di antara kalian yang menyepelekan alat ini karena dianggap tidak penting. Padahal pelindung mulut wajib dipakai saat berkuda untuk meminimalisir benturan yang bisa membahayakan gigi. Hal tersebut bisa terjadi saat kamu mengalami tabrakan atau kuda melompat terlalu tinggi sehingga membentur gigi.

●       Sarung Tangan

Sama seperti pelindung mulut, sarung tangan sering kali disepelekan dan dianggap tidak terlalu penting. Padahal sarung tangan bisa membantu memperkuat cengkeraman tangan dan mencegah lecet saat kamu menarik tali ketika menunggang kuda.

Perlu kamu tahu, sarung tangan yang bagus untuk berkuda biasanya terbuat dari bahan kulit asli karena lebih kuat dan tahan lama.

●       Sepatu Boot

Saat menunggangi kuda bagian kaki juga harus terlindung jadi pastikan kamu memakai sepatu boot.  Selain untuk melengkapi penampilan, sepatu ini juga berguna untuk mencegah tergelincir dan melindungi kaki dari gesekan saat berkuda.

Akan lebih baik lagi jika kamu membeli sepatu boot khusus untuk horse riding agar kualitas dan keamanannya lebih terjamin. Mau beli sepatu boot tapi dompet lagi tipis? Coba apply kartu kredit online untuk menikmati semua promo dan fitur menariknya.

Dari beberapa perlengkapan berkuda di atas, mana yang belum kamu punya? Keselamatan selama berkuda merupakan hal utama yang harus dipersiapkan. Agar terhindar dari cedera yang fatal sebaiknya kamu membeli alat-alat berkuda selengkap mungkin.


Tips Berkuda agar Tetap Aman bagi Pemula

Apa kamu baru memulai hobi ini? Pasti akan terasa sangat sulit saat di awal karena menunggang kuda memang bukan hal yang mudah. Apalagi dibutuhkan keseimbangan yang tinggi dan harus bisa menyesuaikan tubuh dengan gerakan kuda. Tapi jangan khawatir kamu akan tetap aman jika mengikuti tips di bawah ini.

●       Pelajari Cara Menggerakkan Kuda

Hal pertama yang harus dipahami adalah cara menggerakkan kuda sesuai keinginan kita. Membuat kuda mengerti apa yang kita perintahkan sebenarnya cukup mudah. Cara membuat kuda berjalan yaitu dengan menarik tali kendalinya.

Sambil mengeluarkan suara ‘hush’ atau dengar memecut bagian bokongnya. Meski terlihat mudah kamu harus membangun chemistry dengan kuda tersebut agar kalian saling terhubung satu sama lain.

●       Selalu Memakai Perlengkapan Berkuda

Hal paling penting yang tidak boleh dilupakan yaitu memakai perlengkapan berkuda secara lengkap untuk meminimalisir cedera yang parah. Walaupun punya banyak manfaat, olahraga ini cukup berisiko jika tidak dilakukan dengan benar.

Apalagi jika tidak didukung dengan peralatan keamanan yang memadai tentu risikonya akan semakin meningkat. Jika ingin membeli alat-alat berkuda dengan sistem cicilan kamu bisa menggunakan Kartu Kredit.

Coba apply kartu kredit online sekarang untuk menunjang hobi berkudamu. Dengan memiliki alat-alat yang lengkap kamu bisa lebih tenang karena tubuh akan terlindungi dengan baik.

●       Berlatih Menyeimbangkan Tubuh

Keseimbangan menjadi bekal utama yang harus kamu pelajari saat menunggangi kuda. Tanpa berlatih keseimbangan sampai kapan pun kamu tidak akan bisa menungganginya.

Untuk menjadi penunggang kuda profesional kamu harus terus mengasah keterampilan menyeimbangkan tubuh. Agar tidak mudah terjatuh saat kuda melompat dan berbelok.

●       Memahami Sifat atau Karakter Kuda

Sama seperti manusia kuda juga memiliki emosional yang harus kita pahami. Tak heran jika berkuda disebut sebagai olahraga yang memiliki rasa simpati dan empati tinggi. Setiap kuda memiliki sifat/karakter yang berbeda-beda.

Ada kuda yang temperamental, sabar, dan ada juga yang penurut. Dengan memahami karakternya, kamu bisa menaklukkan dan meredam emosi kuda tersebut saat di arena pacuan.

●       Harus Belajar Tenang dan Berani

Tanpa ketenangan dan keberanian kamu akan kesulitan karena olahraga ini cukup memacu adrenalin. Sensasi menunggang kuda sangat berbeda dengan mengendarai motor maupun mobil.

Hal ini dikarenakan bahwa kuda bukan robot melainkan makhluk hidup yang tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh manusia, sehingga diperlukan ketenangan dan keberanian yang tinggi.

●       Membiasakan Diri dengan Gerakan Kuda

Saat pertama kali menunggang kuda tubuh pasti terasa kaku dan tidak nyaman karena tidak terbiasa. Untuk mengatasinya kamu harus belajar membiasakan diri dengan gerakan-gerakan kuda.

Tips ini bertujuan agar tubuhmu lebih lentur saat berjalan di atas pelana kuda. Saat tubuh sudah terbiasa dengan gerakan-gerakan kuda, maka kamu akan merasa lebih nyaman saat menungganginya.

Demikian tips menunggang kuda untuk para pemula, kamu wajib menerapkannya jika ingin berkuda dengan aman. Ingin beli perlengkapan berkuda tapi gajian masih lama? Tenang, ada Kartu Kredit Digital digibank yang bisa kamu andalkan. Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, Kartu Kredit Digital digibank menawarkan banyak penawaran menarik.

Ada banyak fitur-fitur keren yang akan mempermudahmu melakukan berbagai transaksi. Salah satunya fitur PayLater yang bisa membantumu mengubah transaksi menjadi cicilan hingga 60 bulan. Tak hanya satu, kamu akan mendapat 2 jenis Kartu yaitu Kartu Kredit Digital dan Kartu Kredit Fisik dengan nomor berbeda.

Cara pembuatannya mudah dan proses approval-nya tergolong singkat yaitu dalam 60 detik. Tertarik apply kartu kredit online? Ayo cari tahu syarat dan tata cara pembuatannya di sini.