Asia Tenggara
04 Sep 2023

Siapkan 10 Hal ini Sebelum Keliling Asia Tenggara

Berlibur keliling Asia Tenggara dapat menjadi alternatif untuk kamu yang ingin berjalan-jalan keluar negeri namun memiliki waktu liburan yang terbatas. Namun demikian, terdapat banyak hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan, salah satunya apply kartu kredit online.

Murah atau tidaknya biaya perjalanan untuk berkeliling Asia Tenggara, bergantung pada gaya hidup kamu selama berada di luar negeri. Inilah mengapa penting bagi kamu untuk mengatur strategi terbaik sebelum mulai berkeliling Asia Tenggara.

Ingin tahu lebih lengkap tentang persiapan berkeliling Asia Tenggara? Simak artikel ini hingga selesai.

10 Hal Penting Sebelum Pergi Keliling Asia Tenggara

Sebelum kalian memulai perjalanan berkeliling ke beberapa negara di Asia Tenggara, pastikan untuk menyiapkan beberapa hal ini:

●       Rute Perjalanan

Hal penting yang perlu kamu siapkan sebelum pergi berlibur adalah menentukan rute perjalanan yang ingin dan akan kamu tempuh.

Jika kamu sudah memiliki list tempat mana saja yang ingin dikunjungi, tentu erat kaitannya dengan mencari harga tiket terbaik untuk menuju tempat-tempat tersebut.

Misalnya, harga tiket dari Jakarta - Kuala Lumpur lebih murah dibandingkan dengan harga tiket Jakarta-Bangkok. Sementara untuk pergi ke Bangkok tiketnya lebih murah jika berangkat dari Kuala Lumpur. Maka rute yang perlu kamu buat adalah Jakarta – Kuala Lumpur – Bangkok. 

●       Pilihan Transportasi

Transportasi juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk disiapkan jika kamu ingin berlibur berkeliling Asia Tenggara. Terdapat dua jenis transportasi dalam perjalanan ke luar negeri yaitu transportasi antar negara dan juga transportasi dalam negara.

Misalnya untuk bepergian dari satu negara ke negara lain menggunakan pesawat dan untuk berjalan-jalan di dalam negaranya kamu memilih menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta atau mungkin memilih menyewa kendaraan pribadi.

●       Tempat Menginap

Selama berlibur, tentu kamu membutuhkan penginapan untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah seharian berjalan-jalan.

Untuk dapat memilih tempat penginapan yang tepat, pastikan untuk mencari harga terbaik, melihat dari lokasinya strategis atau tidak dan juga memperhatikan review dari orang-orang yang sudah menginap di tempat tersebut.

Pertimbangkan pula fasilitas yang ditawarkan seperti kamar mandi bersih, Wi-Fi, dan fasilitas lainnya agar kamu dapat merasa nyaman selama beristirahat disana.

Dengan memiliki kartu kredit, kamu dapat memilih penginapan yang sesuai dengan keinginanmu. Pastikan untuk mengetahui syarat kartu kredit yang berlaku agar lebih mudah saat bertransaksi.

●       Kartu Kredit

Sekalipun terdapat beberapa negara di Asia Tenggara yang terhubung dengan jalur darat, namun perlu kamu ketahui bahwa setiap negara di Asia Tenggara memiliki mata uang yang berbeda-beda.

Itu mengapa penting bagi kamu untuk menyiapkan kartu kredit. Dengan kartu kredit, maka kamu tidak perlu repot menukar uang lokal dengan uang asing.

●       Perlengkapan yang Perlu Dibawa

Melakukan perjalanan ke beberapa negara di Asia Tenggara yang memakan waktu berhari-hari tentu membutuhkan beberapa perlengkapan yang perlu dibawa seperti pakaian hingga makanan instan.

Yang terpenting adalah kamu harus memahami terlebih dahulu berbagai ketentuan yang berlaku mengenai barang yang boleh dan tidak boleh dibawa dalam pesawat yang hendak kamu naiki.

Hindari membawa terlalu banyak barang dan jangan sampai melebihi kapasitas yang sudah ditentukan oleh maskapai yang kamu gunakan. Hal ini juga bertujuan untuk mempermudah kamu selama di perjalanan. 

●       Print Semua Tiket

Sekalipun saat ini sudah mengusung konsep paperless, yaitu kamu cukup memperlihatkan tiket yang sudah dipesan secara online.

Namun untuk sekedar berjaga-jaga, kamu juga perlu print semua tiket untuk menyiasati jika HP kamu kehabisan daya. Tiket yang dimaksud ialah, seperti tiket pesawat, bus atau kereta yang akan digunakan.

●       Pilihan Alat Transaksi

Selama berada di luar negeri, kamu juga perlu memperhatikan pilihan alat transaksi yang dapat digunakan, misalnya uang cash maupun kartu kredit.

Sah-sah saja jika kamu menyiapkan banyak uang cash lokal, namun rasanya risikonya terlalu tinggi. Risiko kehilangan atau kehabisan uang cash ditengah perjalanan dapat kamu alami.

Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Dengan apply kartu kredit online kamu akan lebih mudah dan aman bertransaksi di luar negeri.

Hal ini dikarenakan sudah banyak pertokoan di berbagai negara yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Selain itu, dari sisi keamanan pun akan lebih baik jika dibandingkan dengan memegang uang cash saja.

●       Dokumen Penting

Hal penting lainnya yang perlu kamu siapkan adalah dokumen penting seperti paspor, visa (jika dibutuhkan), KTP dan kartu ATM. Pastikan untuk menyimpannya dalam satu tas khusus dan harus dibawa kemana pun kamu pergi. 

●       SIM Card

Untuk tetap dapat mengakses internet selama berada di negara lain, kamu perlu menyiapkan SIM Card yang memang dapat digunakan disana. Bahkan saat ini, sudah banyak provider di Indonesia yang menyediakan layanan luar negeri.

●       Obat-obatan Pribadi

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan mengonsumsi obat, pastikan untuk menyiapkan obat-obatan pribadi tersebut dan jangan sampai tertinggal.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa surat keterangan atau resep resmi dari dokter jika sewaktu-waktu ada pihak yang menanyakan alasan keberadaan obat-obatan yang kamu bawa.

Tips Berlibur Berkeliling Asia Tenggara

Agar perjalananmu lancar selama berlibur berkeliling Asia Tenggara, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

●       Menyusun Itinerary

Agar perjalananmu dapat lebih terorganisir, pastikan untuk membuat itinerary perjalanan yang tepat.

Kamu dapat menyiasati rencana perjalanan dengan rute yang tepat. Misalnya kamu dapat memulai perjalanan secara berurutan ke lima negara seperti berikut ini:

  1. Jakarta
  2. Singapura
  3. Malaysia
  4. Thailand
  5. Kamboja
  6. Vietnam

Buat pula itinerary perjalanan di masing-masing negara tersebut agar mempermudah kamu selama disana.

●       Memilih Penginapan dengan Harga Bersahabat

Pastikan untuk memilih penginapan dengan harga yang bersahabat dan tentunya sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Tentukan budget maksimal untuk penginapan mengingat kamu akan menginap di beberapa tempat selama berkeliling Asia Tenggara.

●       Minimalisir Budget untuk Konsumsi dan Transportasi

Sebisa mungkin pilihlah tempat makan dan alat transportasi dengan budget yang murah sehingga dana yang kamu miliki dapat dialokasikan ke kebutuhan lain.

Kamu juga dapat membawa beberapa makanan instan dari Indonesia untuk menghemat biaya makan selama berlibur.

●       Ketahui Tempat Wisata Alternatif

Tempat wisata mainstream biasanya akan lebih ramai dan harga tiketnya pun biasanya mahal. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mencari tahu alternatif wisata lain yang tidak terlalu ramai sehingga dapat lebih berhemat dari sisi budget.

●       Kuasai Bahasa Lokal Dasar

Untuk memudahkan kamu selama berada di luar negeri, kamu juga perlu menguasai beberapa kalimat penting dalam bahasa lokal seperti menanyakan tempat, menanyakan toilet dan sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu siapkan dan tips penting sebelum kamu memulai perjalanan berkeliling Asia Tenggara. Buat perjalananmu semakin mudah dengan menggunakan Kartu Kredit digibank untuk mendapatkan kemudahan bertransaksi.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera apply kartu kredit online bersama digibank by DBS, Approval 60 detik dan buat perjalanan liburanmu menjadi lebih mudah! Info lebih lanjut dan persyaratan lain, silakan cek di sini!