Rumah Kebanjiran Dan Butuh Renovasi? Ajukan KTA
17 Apr 2020

Rumah Kebanjiran Dan Butuh Renovasi? Ajukan KTA

Sampai beberapa minggu lalu, masyarakat Jakarta masih khawatir akan banjir yang bisa datang kapan saja kalau ada hujan deras. Kalau sudah musim hujan begini, banjir memang sudah seperti makanan sehari-hari buat warga Jakarta. Kalau sudah begini, mau tidak mau rumah harus direnovasi supaya kembali bersih dan nyaman setelah kebanjiran. 

 

Yang menjadi dilema adalah, biaya perbaikan yang harus ditanggung biasanya besar dan akan menguras isi tabungan. Tapi kalau dibiarkan saja, hunian akan menjadi semakin parah kerusakannya. Selain itu, kamu tentu tidak akan suka, bukan untuk tetap berdiam diri di dalam rumah bekas kebanjiran?

 

Karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kamu perlu cerdik dalam memilah-milah bagian mana dari rumahmu yang perlu diperbaiki segera.

 

Bagian apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya.

 

Dinding Rumah

 

Saat terendam banjir, bagian rumah paling beresiko mengalami kerusakan adalah dinding rumah. Seringkali warna cat di dinding menjadi kusam akibat lumpur saat banjir. Sedangkan kalau menggunakan wallpaper dinding, beberapa bagian akan kotor hingga mengelupas. Bukan cuma itu, banjir juga bisa menimbulkan kerak coklat dan bahkan berjamur akibat suhu ruangan yang lembab.

 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu segera mengecat ulang dinding rumahmu sebelum kerusakannya menjadi semakin parah. Akan lebih baik kalau misalnya kamu menggunakan cat dinding anti air sebelum melapisinya dengan cat berwarna agar dinding menjadi semakin indah dan kuat. Cara ini memang akan memakan biaya lebih mahal tapi keuntungannya, dinding akan menjadi lebih awet.

 

Pagar

 

Banjir juga umumnya membuat bagian pagar rumah menjadi rusak. Mulai dari cat pagar mengelupas hingga berkarat. Kondisi tersebut tentu akan tidak elok dilihat dan berbahaya jika di rumahmu ada anak kecil. Makanya, pagar rumah perlu segera diperbaiki dan jangan terlalu lama didiamkan. Selain itu pagar berkarat juga rentan ambruk sewaktu-waktu.

 

Memperbaiki pagar yang berkarat terbilang cukup sulit dilakukan. Ada baiknya kamu meminta bantuan dari orang yang ahli di bidangnya untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

 

Lantai

 

Banjir juga dapat membuat bagian lantai rumahmu menjadi retak hingga terlepas. Kalau lantai rumah memakai ubin, kadang-kadang lantai rumahmu menjadi tidak menempel sebagaimana mestinya dan mengeluarkan air.

 

Kalau kondisinya sudah seperti itu, mau tidak mau kamu harus mengganti ubin rumah dengan yang baru. Supaya hasilnya bagus, kamu bisa menggunakan jasa pemasangan ubin atau yang memang sudah ahlinya.

 

Jadi, semakin cepat perbaikannya, maka semakin sedikit pula jumlah uang yang harus kamu keluarkan. Tapi kalau ternyata kerusakannya cukup parah, kamu bisa menggunakan fasilitas KTA dari digibank KTA supaya dompetmu tidak terkuras habis.

 

Kalau kamu belum tahu, digibank KTA adalah platform kredit online yang disediakan oleh aplikasi digibank by DBS. Dengan digibank KTA, kamu bisa mulai semua proses nya tanpa ribet karena apply online dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta.

 

Sebelum mengajukan, pastikan dulu kamu memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan oleh digibank by DBS seperti, Warga negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 21 tahun, berdomisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang, atau Surabaya. Selain itu, ada juga syarat berdasarkan tipe profesi. Kalau kamu bekerja sebagai karyawan, usahakan kamu memiliki pengalaman kerja selama minimal 1 tahun. Kalau kamu adalah profesional dan wiraswasta, kamu harus sudah bekerja selama paling tidak 2 tahun sebelum mengajukan pinjaman online dari digibank KTA. Penghasilan kotor per bulan juga menjadi perhatian. Jika memungkinkan, akan lebih baik kalau kamu memiliki penghasilan sebesar Rp. 3.000.000 kalau kamu berprofesi sebagai karyawan atau Rp. 5.000.000 kalau kamu berprofesi sebagai wiraswasta atau profesional. 

 

Kalau kamu masuk dapat memenuhi syarat-syarat seperti diatas, besar kemungkinan kalau pengajuanmu akan disetujui. Proses approval-nya juga cepat dan tidak memerlukan berkas-berkas yang ribet. Kamu hanya perlu menyiapkan e-KTP dan tunggu selama 60 detik sebelum KTA yang kamu ajukan disetujui. Selain itu, dengan platform kredit sampai Rp80 juta, kamu tidak perlu lagi risau dan khawatir kekurangan dana saat hendak memperbaiki hunian yang kamu tinggali.

 

Selain pengajuannya mudah dan persetujuannya cepat, kelebihan lainnya adalah bunga pinjaman yang rendah, mulai dari 0.95% saja, sehingga cicilan menjadi ringan. Proses pembayaran cicilan juga sangat mudah dilakukan karena mendukung transfer dari berbagai bank. Yang lebih penting lagi, aplikasi digibank by DBS ini adalah aplikasi yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK.

 

Dengan digibank KTA, kamu tidak perlu khawatir lagi soal dana. Tinggal mulai saja pengajuan kreditnya, dan buat rumahmu terlihat seperti baru.