Reksadana Pasar Uang, Investasi yang Cocok Untuk Kamu yang Ogah Rugi

Reksadana Pasar Uang, Investasi yang Cocok Untuk Kamu

Salah satu tujuan utama dari investasi adalah untuk mengembangkan aset atau uang yang kita miliki. Oleh karena itu, kamu harus menentukan produk investasi apa yang cocok dengan profil risiko yang kamu miliki, jangan sampai investasi yang diharapkan mendapat untung malah berakhir buntung.

Selain itu, investasi juga menawarkan keuntungan yang lebih besar dari sekedar uang yang ditabung namun dengan prinsip high risk high return, yang artinya semakin tinggi risiko yang kamu ambil maka keuntungan atau imbal hasil yang kamu peroleh juga bisa semakin tinggi. Adapun investasi yang saat ini tengah digemari oleh masyarakat adalah reksa dana.

Reksa dana sudah kian dikenal masyarakat di Tanah Air, terbukti dari nilai dana kelolaannya yang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tercatat pada akhir April 2021, jumlah dana kelolaan industri reksadana sebesar Rp 568,02 triliun.

Namun, masih banyak orang yang enggan untuk mulai berinvestasi karena tidak ingin mengambil risiko yang tinggi. Mereka cenderung menginginkan produk investasi yang dapat memberikan rasa aman dari kerugian. Mereka juga cenderung tidak mengharapkan keuntungan yang besar, yang penting tetap memberikan hasil yang positif secara stabil. Padahal, ada banyak keuntungan reksa dana loh.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang enggan mengambil risiko tinggi dan ogah rugi, maka reksa dana pasar uang adalah pilihan yang tepat buat kamu.

Reksa dana pasar uang merupakan salah satu instrumen investasi yang kini tengah digemari masyarakat terutama kaum milenial sebab memiliki risiko rendah.

Apa Saja Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang?

1. Reksa Dana Pasar Uang Memiliki Risiko Yang Lebih Rendah Dibanding Produk Investasi Lain

Keuntungan reksa dana kian beragam, namun Reksa Dana Pasar Uang bisa menjadi pilihan pertama terutama bagi kamu yang kurang menyukai risiko di bidang finansial dan ingin coba memulai dengan dana yang minimal.

Memutuskan terjun ke dunia investasi reksa dana pasar uang bukan berarti kamu bisa asal pilih produk. Kamu tetap harus melakukan pemilihan produk apa saja yang menurut kamu tepat dan dapat menghasilkan cuan lebih besar serta aman. Maka dari itu, digibank by DBS menyediakan 3 kategori untuk memudahkan kamu dalam menentukan pilihan yaitu ketagori berkinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik dengan pilihan lebih dari 50 produk reksa dana yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Melalui aplikasi digibank by DBS, sebelum memutuskan untuk membeli, menjual, atau pun switch investasimu, kamu akan mendapat informasi lengkap setiap produk, berupa prospektus dan ringkasan informasi reksa dana, serta syarat dan ketentuan dari Bank tersedia dalam dokumen di aplikasi digibank by DBS.

Apabila tingkat risiko produk lebih tinggi daripada profil risikomu, maka kamu akan mendapatkan pop up notifikasi yang menginformasikan perbedaan risiko tersebut. Setelah mempertimbangkan kesesuaian risiko produk dengan profil risikomu, kamu dapat memutuskan untuk tetap melanjutkan transaksi di aplikasi digibank by DBS. Aman banget kan?

 

2. Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang Lebih Tinggi Dibanding Tabungan dan Deposito

Dibandingkan dengan deposito atau instrumen investasi lainnya, reksa dana pasar uang memiliki return atau keuntungan reksa dana yang lebih tinggi karena didapatkan dari kenaikan nilai aset-aset di dalamnya.

Jadi, semakin tinggi kenaikan nilai aset, maka akan semakin tinggi pula keuntungan yang didapatkan. Sedangkan, suku bunga di deposito sudah ditetapkan dari awal sehingga tidak akan ada peningkatan keuntungan.

Akan tetapi, bagi kamu yang baru memulai untuk berinvestasi tentu perlu berhati-hati dan memahami produk investasi mana yang aman untuk mengelola keuanganmu, termasuk reksa dana pasar uang. Maka dari itu, kamu perlu melihat daftar produk reksa dana mana saja yang menunjukkan kinerja terbaik selama satu tahun terakhir, sampai tanggal tertera atas produk reksa dana yang dijual melalui PT Bank DBS Indonesia.

Tak hanya itu, supaya tetap up to date kamu juga bisa melihat daftar reksa dana berdasarkan hasil pembelian terbanyak oleh nasabah selama satu bulan terakhir sampai tanggal tertera atas produk reksa dana yang dijual melalui PT Bank DBS Indonesia.

Agar lebih aman, kamu juga bisa melihat reksa dana mana yang memiliki scoring terbaik melalui daftar reksa dana yang berdasarkan scoring produk yang diterbitkan oleh PT Infovesta Utama, sebuah perusahaan riset dan teknologi independen yang memberikan solusi bagi pasar modal dan disesuaikan dengan kebutuhan PT Bank DBS Indonesia. Scoring produk ini berdasarkan penilaian selama satu tahun dan proses penilaiannya dilakukan secara berkala setiap bulan

 

3. Reksa Dana Pasar Uang Dapat Dimulai Dengan Nominal Rp 100.000 Saja

Reksa dana pasar uang juga menawarkan kemudahan dari segi modal. Hanya dengan Rp 100.000 saja kamu sudah bisa memulai investasi kamu di reksa dana pasar uang. Hal ini tentu merupakan kabar gembira bagi pemula yang belum berani menggelontorkan dana besar untuk berinvestasi karena dengan uang Rp 100.000 tersebut selain untuk ajang coba-coba juga dapat dijadikan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut.

Ingin mempelajari lebih lanjut terkait investasi reksa dana tapi masih ragu untuk berinvestasi dengan jumlah besar? Jangan takut, melalui aplikasi digibank by DBS kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp100.000. Dengan begitu kamu bisa lebih lega untuk belajar investasi reksa dana tanpa takut rugi bandar. Wah, menarik bukan?

 

4. Pembelian dan Penarikan Dana Dapat Dilakukan Kapanpun dan Dimana Saja

Keuntungan lain dari reksa dana pasar uang adalah termasuk produk investasi yang flexibel. Dimana dana investasi kamu dapat diambil kapan saja tanpa harus melalui prosedur yang rumit. Proses pencairannya pun relatif mudah karena dapat dilakukan secara online.

Jika ini pembelian pertamamu, maka kamu perlu daftar Single Investor Identification atau SID  yang dapat kamu lakukan melalui aplikasi digibank by DBS. Caranya mudah sekali, kamu bisa langsung klik di aplikasi dan tunggu email konfirmasi maksimal 2x24 jam. SID atau nomor ID investasi ini penting karena merupakan nomor bukti bahwa seseorang resmi terdaftar sebagai investor pasar modal dan menjadi salah satu syarat utama untuk kamu berinvestasi Surat Berharga Negara.

Setelah mendapat SID, kamu bisa melakukan pembelian berkala agar lebih fleksibel. Pembelian secara berkala ini dapat kamu lakukan melalui aplikasi digibank by DBS dengan memilih reksa dana kemudian pilih pembelian berkala tanpa harus mendaftar lagi saat melakukan pembelian berikutnya. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengubah nominal investasi reksa dana per bulan dan tanggal pendebetan langsung di aplikasi digibank by DBS. Di sana kamu juga bisa melihat informasi lengkap terkait transaksi reksa dana kamu serta dokumen reksa dana lainnya.

Masa pandemi saat ini tentunya membatasi kegiatan kita dan mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah. Eits berada di rumah bukan menjadi penghalang untuk kamu yang ingin mencoba berinvestasi dengan aman. Dihadirkan oleh Bank DBS Indonesia sebagai bagian dari Bank DBS yang dinobatkan sebagai “Bank Teraman di Asia” selama 12 tahun berturut-turut oleh Global Finance, digibank by DBS memungkinkan nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan proses 100% digital yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Nah, sekarang kam sudah mengetahui dan memahami keuntungan reksa dana, tunggu apa lagi, ayo segera mulai investasimu bersama digibank by DBS ! Kamu dapat melakukan pendaftaran SID, jual beli switch dan pembelian berkala hanya dalam 1 aplikasi saja!

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /