Ekstrover dan Introver
11 Sep 2023

Perbedaan antara Ekstrover dan Introver dalam Menata Rumah

Kepribadian dapat mempengaruhi perilaku kita baik dari hal kecil sampai hal besar. Menata rumah sesuai keinginan dapat dilakukan dengan pengajuan kartu kredit termudah.

Ekstrover adalah mereka yang suka berinteraksi dengan banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Sementara itu, introver lebih menyukai ketenangan dan suka menghabiskan waktu sendirian.

Dua kepribadian ini memiliki selera tersendiri dan sering bertolak belakang. Hal ini juga terlihat dari caranya menata rumah. Mulai pemilihan perabot hingga warna, masing-masing memiliki pilihan tersendiri Oleh karena itu, mari ketahui selengkapnya perbedaan kepribadian ekstrover dan introver dalam menata rumah berikut ini!

Perbedaan Kepribadian Ekstrover dan Introver saat Menata Rumah

Rumah memang mencerminkan kepribadian pemiliknya. Setiap orang pasti menata rumah mereka sesuai selera dan kebutuhan. Nyatanya, pribadi ekstrover dan introver juga memiliki perbedaan yang mencolok, lho!

Kepribadian menjadi penentu penting bagaimana kita menata rumah. Apa saja hal yang paling membedakan antara rumah introver dan ekstrover? Intip selengkapnya di sini.

●       Penataan Ruang

Terdapat perbedaan dari segi penataan ruang. Ekstrover menyukai aktivitas bersama teman atau keluarga di tempat yang luas. Oleh karena itu, ruang tamu dan keluarga adalah tempat favorit mereka. Ruangan besar yang menunjang kegiatan bersama dapat melengkapi rumah impian ekstrover.

Mereka cenderung merasa terkurung jika berada di kamar seharian. Ruangan yang dapat menunjang kegiatan seperti berkumpul, berpesta dengan teman, atau berbincang haruslah direncanakan secara tepat. Penataan rumah yang lebih bebas, fleksibel, dan berbaur bersama banyak orang membuat ekstrovert lebih bersemangat.

Sementara itu, para introver yang menyukai ketenangan dan kenyamanan memiliki persepsi sendiri tentang rumah. Mereka membutuhkan personal space untuk menghabiskan waktu sendirian.

Menjadi introver bukan berarti kita selalu menyukai kesendirian. Namun, personal space ini akan menjadi tempat untuk mengumpulkan energi kembali setelah berinteraksi dengan banyak orang.

Kamar tidur yang nyaman adalah tempat favorit bagi introver. Selain itu, kepribadian introver juga menyukai suasana alam yang tenang. Tak jarang, mereka gemar mengaplikasikan berbagai tanaman hijau di setiap sudut. Bagi introver, rumah adalah tempat personal yang penataannya harus dibuat setenang dan senyaman mungkin.

●       Gaya Interior

Gaya interior adalah tampilan menyeluruh yang mendominasi rumah. Terdapat beberapa gaya yang cocok untuk pribadi ekstrover maupun introver.

Bagi ekstrover, rumah yang hidup dan terkesan ramai membuat kita semangat menghabiskan waktu. Adapun gaya interior yang cocok untuk ekstrover yaitu pop art, rustic, hingga bohemian.

Gaya di atas membutuhkan padu padan dekorasi yang cukup banyak. Hal ini sejalan dengan karakter ekstrover yang menyukai banyak interaksi antara elemen di rumah. Selain itu, beberapa gaya di atas dapat dikreasikan sedemikian rupa tanpa aturan tertentu.

Untuk kepribadian introver, hampir setiap gaya yang mengusung warna netral cocok digunakan. Beberapa di antaranya yaitu scandinavian, japandi, natural, hingga tropis. Gaya tersebut mendukung suasana tenang yang diinginkan oleh setiap pribadi introver.

●       Perabotan yang Digunakan

Kepribadian ekstrover memiliki kebutuhan yang berbeda dari perabot yang digunakan. Dikutip dari dream.co.id, mereka membutuhkan furnitur yang cukup untuk menampung banyak orang, seperti meja dan kursi. Perabot pada rumah ekstrover menjelaskan seberapa kuat interaksi yang ada.

Selain furnitur, dekorasi-dekorasi yang meriah dan unik kerap diaplikasikan. Hal ini juga menunjukkan pribadi yang nyaman menjadi pusat perhatian. Karpet bermotif, gorden cerah, hingga patung-patung yang mencolok dapat menjadi identitas yang sempurna pada rumah ekstrover.

Introver membutuhkan perabot yang menunjang kenyamanan. Salah satu contohnya yaitu sofa panjang yang nyaman dengan bantal sandaran yang empuk. Perabot ini menciptakan suasana nyaman dan tenang, terutama untuk sekadar bersantai ketika membaca buku.

Mereka menyukai hiasan yang terinspirasi dari alam. Rumah memiliki suasana setenang mungkin, seperti tempat perlindungan rahasia. Dalam hal ini mereka juga memanfaatkan perabot yang menunjang kenyamanan.

Introver menyukai hal-hal yang menunjang aktivitas mereka. Salah satunya selimut yang menjadi barang wajib di dalam rumah. Selimut yang digunakan biasanya berbahan lembut dengan warna natural seperti hijau.

Berbagai dekorasi yang digunakan juga tidak meriah dan mengedepankan kelembutan. Contohnya tanaman indoor, lukisan alam, hingga dekorasi kayu yang natural. Bagaimana? Sangat nyaman dan menyimbolkan seorang introver, bukan?

●       Cat yang Sesuai

Warna cat yang digunakan sebenarnya dapat menjadi petunjuk mudah untuk membedakan rumah ekstrover dan introver.

Tidak dapat diabaikan, perbedaan kepribadian yang signifikan antara introver dan ekstrover salah satunya yaitu cara berekspresi. Introver adalah orang yang lebih tertutup dan suka menyembunyikan emosinya. Sebaliknya, orang ekstrover lebih mudah terbuka dengan banyak orang.

Oleh karena itu, pemilihan warna juga menjadi hal yang berbeda. Pemilihan warna bagi ekstrover lebih mencolok sedangkan introver lebih tenang dan kalem. Para ekstrover menyukai tempat yang meriah dan penuh dengan keseruan. Dengan begitu, mereka menyukai warna-warna terang dan mencolok.

Ekstrover lebih mudah bosan terutama ketika tinggal sendirian di sebuah ruang atau rumah. Oleh karena itu, cat yang terang dapat memberikan energi dan menghidupkan suasana. Adapun beberapa warna yang menjadi rekomendasi yaitu kuning cerah, orange, hingga merah.

Sementara itu, introver menyukai warna yang lembut dan cenderung cool tone. Warna-warna pastel juga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kepribadian introver. Adapun warna yang kerap digunakan yaitu hijau muda, putih, krem, dan biru muda.

Terutama cat di bagian kamar tidur, pemilihan warna harus dilakukan dengan tepat karena tempat ini merupakan pusat kegiatan bagi introver. Warna yang tidak terang, tidak gelap, dan netral adalah pilihan tepat untuk kepribadian ini.

Itulah beberapa perbedaan utama yang ada pada kepribadian ekstrover dan introver dalam menata rumah. Setiap orang memiliki selera tersendiri mengenai rumah impian mereka. Di sisi lain, kepribadian memiliki peran penting dalam mewujudkan hal tersebut.

Baik ekstrover ataupun introver, kini kamu dapat menata rumah sesuai keinginan dengan dukungan Kartu Kredit Digital digibank. Dengan pengajuan kartu kredit online ini, berbagai kebutuhan seperti menata rumah dapat dilakukan dengan mudah.

Kartu Kredit Digital digibank merupakan digital credit card pertama di Indonesia. Kamu bisa memeroleh banyak kelebihan dengan menggunakan credit card ini. Apply dan Approval dalam 60 detik.

Transaksi kamu juga dapat diubah menjadi cicilan hingga 60 bulan, kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi digibank by DBS. Selain itu, masih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan Kartu Kredit digibank

Tunggu apalagi? Yuk di sini untuk informasi lebih lengkap dan apply sekarang!