Obligasi pemerintah
13 Jan 2021

Obligasi Pemerintah jadi incaran investor! Ini penyebabnya.


Tahukah kamu? Obligasi Pemerintah merupakan salah satu produk keuangan yang menawarkan keuntungan berupa bunga atau kupon dan potensi peningkatan harga (capital gain) di tengah pandemi.

Dilihat dari tren-nya, kepemilikan SUN oleh investor individual meningkat sepanjang tahun 2020.

obligasi pemerintah

Source DJPPR Kemenkeu

Bahkan tren ini diprediksi berlanjut di 2021, dimana Obligasi Pemerintah terus menjadi incaran para investor dalam negeri lho. Antusiasme ini terlihat dari hasil lelang Obligasi Pemerintah perdana di 2021, yang diadakan 5 Januari 2021 lalu.

Lelang itu sendiri merupakan salah satu metode penjualan obligasi oleh pemerintah. Dari lelang ini lah nantinya, Agen Lelang yang ditunjuk Menteri Keuangan akan menentukan nominal yang dimenangkan dan yield (imbal hasil) yang akan didapat peserta lelang setelah mengajukan penawaran pembelian obligasi tersebut.

 

Hasil Lelang Obligasi Pemerintah pada tanggal 5 Januari 2021.

sbn

  • Target awal penawaran : IDR 35 triliun
  • Total penawaran yang masuk : IDR 97 Triliun.

 

Dari tingginya angka penawaran yang masuk sebanyak Rp97 triliun, volume penawaran terbesar dari investor terbanyak ke seri obligasi FR 88, FR83 dan FR89 (70% dari total volume penawaran), khususnya tenor 15 tahun yaitu FR88 yang volume terbesar mencapai IDR 31.38 Triliun atau 31% dari total penawaran yang masuk.

Bayangkan dari target awal pemerintah memenangkan 35 Triliun saja, penawaran yang masuk hampir 2.7x. Hal ini tentu saja menggambarkan minat investor yang masih tinggi terhadap obligasi negara di tengah suku bunga acuan Bank Indonesia yang masih rendah dan situasi pandemic sekarang ini. Selain Obligasi Negara menawarkan yield (imbal hasil) yang lebih tinggi. juga dilindungi oleh Undang-Undang.

 

 

Yuk, ikut ambil bagian dan langsung beli Obligasi yang ada pada Aplikasi digibank kamu.



Beli Obligasi di digibank

Download Sekarang Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS
Beli Sekarang Buat yang sudah memiliki Aplikasi digibank by DBS


Nantikan juga kehadiran Obligasi Pemerintah terbaru: FR0087, FR0088 dan FR0083 di Aplikasi digibank segera!

Explore more

Investings