Mesin Cuci
01 Nov 2023

Nyuci tanpa Worry! Kenali Jenis-Jenis Mesin Cuci Ini

Tujuan untuk apply kartu kredit online ada bermacam-macam, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Salah satu kebutuhan penting yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern saat ini adalah mesin cuci dan alat pengeringnya.

Lalu, tahukah kamu apa saja jenis-jenis mesin cuci dan mesin pengering yang banyak digunakan orang? Jika belum, mari intip ulasan berikut hingga tuntas untuk mencari tahu tipe mesin cuci terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai opsi untuk dibeli!

Jenis-Jenis Mesin Cuci

Sederhananya, mesin cuci adalah peralatan elektronik yang berfungsi untuk membersihkan pakaian. Berdasarkan sistem kerjanya, menurut Samsung mesin cuci bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu otomatis dan semi otomatis. Ini dia rinciannya:

●     Mesin Cuci Otomatis

Mari kita mulai dengan mesin cuci otomatis. Seperti namanya, tipe alat ini bekerja sepenuhnya otomatis. Jadi, kamu hanya perlu menekan tombolnya saja.

Biasanya, jenis mesin ini memiliki single tub yang berfungsi sebagai tempat cuci, pengering, dan juga membilas pakaian. Tersedia dalam jenis front loading atau top loading, mesin cuci otomatis memiliki berbagai fitur, program, dan tingkat efisiensi yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Kelebihan dari sistem otomatis adalah hasil cuciannya lebih bersih dan tidak akan membuat kamu lelah. Pasalnya, semua proses akan dilakukan oleh mesin. Namun di sisi lain, harganya memang cenderung lebih mahal.

●     Mesin Cuci Semi Otomatis

Selanjutnya, ada mesin cuci semi otomatis. Mesin ini tidak bekerja sepenuhnya secara otomatis, sehingga beberapa tahapan mencuci harus dilakukan secara manual, misalnya mengisi tabung dengan air sebelum menyalakan mesin.

Mesin cuci semi otomatis umumnya memiliki tipe tabung top loading untuk memudahkan proses pengisian air manual. Selain itu, ada juga beberapa jenis yang perlu diatur sendiri mode mencucinya.

Meskipun harganya lebih murah, namun karena penggunaannya tidak sepraktis mesin dengan sistem otomatis, maka tipe ini cukup jarang dipilih oleh banyak orang.

Jadi, jelas bahwa mesin cuci otomatis jauh lebih memudahkan untuk kamu yang lebih menyukai gaya hidup modern dan praktis. Jika tertarik, kamu bisa melakukan pengajuan kartu kredit online untuk membeli mesin cuci otomatis impian.

Namun sebelum itu, sebaiknya tentukan dulu jenis mesin cuci otomatis seperti apa yang kamu inginkan. Karena berdasarkan jumlah dan posisi bukaannya, mesin cuci bisa dibedakan lagi menjadi berbagai jenis berikut ini:

○      Front Loading

Tipe front loading adalah jenis mesin cuci yang memuat pakaian dari pintu depan dan umumnya menggunakan proses otomatis. Karena itu, mesin ini hanya terdiri atas 1 tabung saja untuk semua fungsi, mulai dari mencuci, membilas, hingga memeras.

Mesin cuci ini memiliki kelebihan seperti kapasitas yang relatif lebih besar, penggunaan air dan listrik yang lebih efisien, serta hasil cucian lebih bersih. Namun, mesin cuci front loading juga memiliki kekurangan seperti harga yang lebih tinggi dan waktu mencuci yang lebih lama.

 

○      Top Loading

Tidak suka membungkuk atau jongkok saat memasukkan pakaian ke dalam tabung mesin? Kalau begitu, mesin cuci top loading adalah pilihan yang paling cocok untuk kamu.

Keunggulannya yaitu pengisian pakaian yang lebih mudah. Bahkan, beberapa model juga memungkinkan penambahan cucian batu meskipun mesin sedang berjalan

Selain itu, proses mencuci di mesin tipe ini juga umumnya lebih singkat. Namun, hasil cuciannya kemungkinan tidak akan sebersih mesin cuci front loading.

Perbedaan lainnya adalah dari segi jumlah tabung. Karena bukaannya berada di atas, biasanya mesin ini terdiri atas 1 tabung dan 2 tabung. Pada tipe 1 tabung, seluruh fungsi dilakukan di dalam satu tempat secara sekaligus.

Sementara untuk tipe 2 tabung, tempat untuk mencuci dan membilasnya berbeda dengan tabung untuk memeras pakaian. Salah satu kekurangan dari tipe 2 tabung adalah proses mencucinya jadi kurang praktis karena prosesnya terbagi jadi 2 tahap.

4 Jenis Mesin Pengering

Selain apply kartu kredit online untuk beli mesin cuci, kamu juga butuh mesin pengering atau dryer untuk melengkapi perlengkapan rumah tanggamu. Masih mengutip dari Samsung, ada beberapa jenis mesin pengering pakaian yang perlu kamu kenali, di antaranya seperti:

●     Dryer Tipe Gas

Mesin pengering ini menggunakan gas alam atau propana untuk memanaskan udara dan mengeringkan pakaian di dalamnya. Jadi, perbedaan utama antara pengering gas dan pengering listrik adalah cara udaranya dipanaskan.

Tipe ini lebih cocok untuk penggunaan dalam skala besar, seperti laundry kiloan. Alasannya, tipe ini jauh lebih hemat energi daripada mesin pengering listrik dan prosesnya lebih cepat.

Namun, kamu butuh instalasi sambungan gas dan sistem ventilasi ke luar ruangan untuk bisa memasangnya.

●     Dryer Tipe Listrik

Selanjutnya, ada mesin pengering pakaian listrik. Mesin ini menggunakan listrik untuk menghasilkan panas yang digunakan untuk mengeringkan pakaianmu. Salah satu kelebihan dryer listrik adalah harganya yang lebih terjangkau.

Pemasangannya juga lebih sederhana, hanya memerlukan soket listrik empat cabang. Namun, tipe ini memakan lebih banyak energi dan proses pengeringannya cenderung lebih lama.

●     Ventless Dryer (Pengering Tanpa Ventilasi)

Jika kamu ingin menggunakan dryer tipe gas tetapi memiliki ruang yang terbatas atau tidak bisa membuat ventilasi udara keluar, ini adalah opsi tepat. Ventless dryer terbagi lagi menjadi 2 tipe, yaitu kondensor dan heat pump.

Untuk tipe kondensor akan mengambil udara dari luar mesin dan mengedarkannya melewati elemen pemanas, lalu menghilangkan kelembaban dengan menurunkan suhu udara hingga berubah jadi air. Namun, prosesnya memakan waktu lebih lama.

Sedangkan tipe heat pump menggunakan sistem coil yang mengedarkan udara panas dan dingin untuk menaikkan suhu di dalam drum pengering. Meski lebih hemat listrik, namun harganya lebih mahal

●     Dryer Tipe Uap

Selain jenis gas dan listrik, ada pula tipe lain yaitu yang menggunakan uap. Pengering tipe uap ini adalah alternatif praktis untuk menyegarkan ulang pakaian lama di lemari agar tidak berbau tanpa perlu mencucinya.

Namun, tipe ini masih cukup jarang digunakan orang. Selain itu, harganya juga cenderung lebih mahal dibanding jenis pengering lain.

Gabungan Mesin Cuci & Pengering

Menggunakan mesin terpisah untuk mencuci dan mengeringkan pakaian terasa tidak ideal jika kamu memiliki space atau ruang yang terbatas. Meski bisa ditumpuk jadi satu, namun tetap saja akan memakan ruang.

Butuh opsi yang lebih praktis dan ringkas? Tenang, kini tersedia jenis mesin cuci dan pengering pakaian combo yang sudah menggabungkan dua fungsi mencuci dan mengeringkan secara sekaligus.

Desain mesin yang ringkas membuatnya gampang ditempatkan hampir di mana saja serta tidak membutuhkan ventilasi satu pun. Namun, harganya jelas lebih mahal dibandingkan tipe mesin cuci atau mesin pengering biasa.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa coba pengajuan kartu kredit online via Aplikasi digibank by DBS untuk dapatkan mesin cuci dan pengering combo impian. Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, apply kartu kredit gampang dan proses approval-nya super cepat hanya 60 detik.

Setelah diterima, kartu kredit digitalnya bisa langsung diaktivasi, dan semua prosesnya bisa dilakukan secara online. Selain itu, pembayaran juga jadi lebih mudah dengan digibank Pay Later.

Yuk, segera apply kartu kredit online terbaik, yaitu Kartu Kredit Digital digibank! Kamu bisa mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan! Untuk apply kartu kredit ini, dapatkan informasi selengkapnya di sini!