kartu kredit
10 Aug 2023

Menarik! Kenali 3 Inovasi Terbaik Kartu Kredit Saat Ini

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang digandrungi saat ini. Terlebih lagi saat ini ada kartu kredit online yang mudah dipakai. Asosiasi Kartu Kredit Indonesia sendiri mencatat terdapat hampir 17,5 juta kartu kredit yang dimiliki masyarakat.

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, berbagai penyedia kartu kredit melakukan inovasi. Apa saja inovasi tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini beserta manfaat dari penggunaan kartu kredit itu sendiri.

Inovasi Kartu Kredit Saat Ini

Banyak inovasi telah dilakukan pihak penyedia kartu kredit di berbagai bidang. Berikut beberapa di antaranya:

1.    Kartu Nirsentuh

Saat ini dunia perbankan telah menghadirkan contactless credit card atau kartu kredit nirsentuh. Jika sebelumnya para pengguna kartu kredit harus memasukkan PIN, maka tidak demikian pada kartu nirsentuh.

Sesuai namanya, kamu hanya perlu mendekatkan kartu nirsentuh ke terminal untuk melakukan pembayaran. Jadi, pembayaran menjadi lebih praktis dan cepat. Kartu ini cocok untuk kamu yang anti ribet.

Kartu nirsentuh sudah banyak diproduksi oleh berbagai penyedia layanan kartu kredit. Begitu pula dengan toko-toko di Indonesia yang telah melengkapi alat pembayarannya untuk mengakomodasi kartu ini.

Bagaimanapun juga, kamu harus berhati-hati agar kartu ini tidak jatuh ke tangan orang yang salah. Hal ini disebabkan orang tersebut tak memerlukan PIN-mu untuk melakukan transaksi.

2.    Kartu Kredit Online

Jenis yang satu ini berbeda dengan kartu kredit pada umumnya. Hal ini disebabkan kamu tidak perlu kartu fisik seperti umumnya, namun cukup kartu berbentuk digital.

Umumnya proses pengajuannya pun cukup mudah, yakni kamu hanya perlu mengunduh aplikasi bank tertentu dan melakukan prosedur yang sudah ditentukan.

Jika sudah disetujui oleh bank, kamu bisa langsung menggunakannya tanpa harus menunggu kartu fisiknya. Nantinya, kartu seperti ini akan dikelola melalui aplikasi yang sudah kamu unduh sebelumnya.Kartu kredit jenis ini banyak disukai oleh anak muda karena tidak merepotkan dan bisa cepat digunakan. Terlebih lagi, kartu kredit ini mudah digunakan saat belanja online.

3.    QR

Pasti kamu sudah tahu dengan pembayaran menggunakan QR Code atau Quick Response Code. Ya, akhir-akhir ini masyarakat marak menggunakan jenis pembayaran tersebut untuk memudahkan transaksi. Terlebih lagi sebelumnya ada pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita membatasi kontak langsung dengan orang lain, termasuk saat membayar sesuatu.

Bank Indonesia sendiri telah menerbitkan QRIS atau Quick Response Indonesian Standard agar pembayaran terintegrasi. Awalnya, QRIS ada untuk membayar lewat dompet digital.

Namun kini, berbagai bank mulai berinovasi untuk memudahkan nasabahnya dalam pembayaran. Salah satunya dengan menghadirkan kartu kredit yang bisa menggunakan QRIS.

Jadi, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi kartu kredit yang ada di ponsel untuk memindai QRIS saat pembayaran. Maka dari itu, kamu tak perlu membuang waktu untuk mengeluarkan kartu fisik lagi.

Manfaat Kartu Kredit

Selain berbagai inovasi di atas yang bisa memudahkanmu dalam pembayaran, masih ada manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari penggunaan kartu kredit ini. Inilah rinciannya.

1.    Banyak Promo

Siapa sih yang tak suka promo? Apalagi kalau kamu suka belanja, bukan? Melihat hal tersebut, bank bekerja sama dengan berbagai merchant untuk menghadirkan banyak promo menarik bagi nasabah.

Promo tersebut umumnya berbentuk diskon atau cashback setiap kamu melakukan transaksi. Jadi, kamu bisa berhemat saat ingin belanja baik secara langsung maupun online.

Selain itu, bank dan merchant juga sering menyediakan promo bagi pelanggan setia. Maka dari itu, semakin kamu sering belanja di sana, semakin banyak pula promo yang akan kamu dapatkan.

2.    Praktis

Salah satu hal utama yang bisa kamu dapatkan saat mempunyai kartu kredit adalah kamu tidak perlu membawa banyak uang tunai saat transaksi. Jadi, kamu hanya perlu satu kartu untuk membayar banyak hal yang kamu inginkan.

Hal tersebut dipermudah dengan hadirnya kartu kredit online. Dengan kartu kredit tersebut, kamu bahkan tidak perlu membawa kartu fisik. Kamu bisa melakukan pembayaran hanya melalui aplikasi di ponselmu.

Kartu kredit juga memungkinkanmu untuk membayar tagihan dengan mencicil nantinya. Hal ini bisa meringankan beban keuanganmu terutama saat kamu benar-benar membutuhkan suatu barang.

3.    Meningkatkan Reputasi Kredit

Setiap kamu melakukan transaksi melalui kartu kredit, maka hal itu akan terekam dalam database kredit nasional. Database ini diperlukan bank saat seseorang ingin mengajukan pinjaman.

Singkatnya, penggunaan kartu kredit akan membuat datamu di sana menjadi lebih baik. Semakin banyak menggunakannya, maka semakin baik pula data yang tercatat.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah mendapatkan pinjaman. Bahkan bank bisa saja memberimu pinjaman dengan nilai lebih besar daripada orang yang tidak mempunyai data di database tersebut.

Namun perlu diperhatikan bahwa kamu harus melunasi tagihanmu dengan tepat waktu. Jika tidak, maka datamu di sana akan menjadi buruk sehingga kamu kesulitan untuk mengajukan pinjaman.

4.    Memudahkan saat Tidak Ada Uang Tunai

Mungkin kamu sering mengalami saat-saat tidak membawa atau bahkan kehilangan uang tunai. Terlebih lagi ATM terdekat masih cukup jauh dari tempatmu dan kamu sedang buru-buru untuk membeli sesuatu.

Nah, kamu bisa menggunakan kartu kreditmu di saat seperti ini. Jadi, kamu tak perlu repot-repot mencari uang tunai untuk melakukan pembayaran.

Tak hanya itu saja, berbagai transaksi juga bisa lebih murah jika dibayar dengan kartu kredit daripada menggunakan uang tunai.

Hal ini disebabkan oleh adanya promo seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya.

5.    Bisa Transaksi di Mana Saja dan Kapan Saja

Kartu kredit memudahkanmu untuk transaksi di mana saja dan kapan saja di saat kamu membutuhkannya. Hal ini cocok bagi kamu yang suka travelling ke tempat-tempat baru dan belum mengetahui seperti apa kondisi di sana.

Selain itu, banyak kartu kredit yang bisa digunakan saat sedang berlibur di luar negeri. Jadi, kamu juga tak perlu repot-repot menukarkan banyak uang tunai saat sedang berada di sana.

6.    Membantu Pencatatan Keuangan

Setiap kamu melakukan transaksi dengan kartu kredit, maka akan dicatat oleh sistem bank secara otomatis. Hal ini bisa memudahkanmu untuk mengetahui pengeluaran bulananmu.

Hal tersebut akan lebih mudah lagi kalau kamu menggunakan kartu kredit online karena semua riwayat transaksi bisa kamu akses di aplikasi. Jadi, kamu bisa mengetahuinya kapan saja dan di mana saja.

7.    Cicilan 0%

Saat ini banyak penyedia layanan kartu kredit telah menghadirkan fitur cicilan 0% pada berbagai transaksi. Artinya, kamu hanya perlu membayar pokok tagihannya saja.

Hal ini bisa menjadi pilihan di saat mendesak. Selain itu, layanan ini juga bisa meringankan beban keuanganmu.

Itulah berbagai inovasi dan manfaat dari kartu kredit. Tertarik untuk merasakan hal-hal di atas? Jika iya, maka kamu bisa daftar kartu kredit online di digibank by DBS, dengan keunggulan yang ditawarkan seperti gratis iuran tahun pertama dan Approval dalam 60 detik dapat mempermudah kamu dalam apply kartu kredit. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.