Mau jadi reseller sukses? digibank by DBS siap membantu kamu!

Mau jadi reseller sukses? digibank by DBS siap membantu kamu

Kamu pasti tau dong, apa itu reseller? reseller adalah sebutan untuk orang yang menjual kembali produk milik orang lain. Jenis bisnis ini makin ramai beberapa tahun terakhir, salah satunya karena efek pandemi. Memang sama-sama jualan produk, tapi yang jadi pembedanya adalah reseller gak punya stok barang atau alur produksi barang sendiri. Selain itu, bisnis reseller juga bisa dilakukan siapa pun. Makanya, sekarang banyak menjamur reseller di berbagai platform media sosial. Biasanya, reseller punya harga beli khusus buat produk yang akan dijual. Jadi keuntungan yang didapat adalah margin harga beli dan harga jual.

Kunci dari jadi reseller adalah bisa menemukan barang apa aja yang lagi hits dan banyak dicari orang. Selain Itu, kamu yang mau jadi reseller juga harus pintar-pintar menemukan supplier barang yang punya margin harga beli dan harga jual yang profitable. Beberapa reseller yang sukses, biasanya punya supplier barang dari luar negeri, terutama buat barang-barang yang belum ada di Indonesia. Tinggal pesan barang, terus kirim uang ke luar negeri. Langsung bisa jualan deh. Gak seribet yang dipikirkan, kan?. Cuma, info seperti ini masih belum terlalu terekspos, jadi hanya beberapa orang saja yang dapat info seperti ini.

Kalau kamu mau coba jadi reseller, kamu harus sering cari-cari info dan jangan malu bertanya ke orang-orang yang sudah sukses menekuni bisnis ini. Seperti memulai bisnis lainnya, persiapan yang matang bisa jadi penentu apakan kamu bakal jadi reseller yang sukses atau biasa saja. Kalau kamu udah tertarik mau terjun ke bisnis ini, yuk intip beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk jadi reseller sukses.

Media sosial adalah kunci pemasaran

Gak aneh dong kalau kamu belakangan ini lihat banyak reseller berseliweran di feed kamu? Sosial media memang jadi ujung tombak para reseller. Soalnya dengan memanfaatkan social media, kamu bisa showcase produk-produk kamu. Selain Itu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli yang kebetulan mampir ke akun jualanmu. Gak ada salahnya kamu mulai cari info dan belajar soal social media marketing. Kamu bisa mulai dengan membuat foto produk yang baik, belajar membuat posting yang menarik, dan mengelola akun reseller kamu biar terlihat profesional. 

Perhatikan harga jual produk mu

Salah satu aspek penting dalam menjadi reseller yang baik adalah kemampuan  perhitungan harga. Pastikan kalau harga jual produk bisa bersaing dengan para reseller lainnya. Pasti kalau kamu ada di posisi konsumen, selain mencari barang berkualitas, kamu juga mencari harga yang lebih terjangkau, dong?. Tapi kamu juga jangan sembarang mematok harga miring. Kamu juga harus memastikan harga jual sudah menutupi biaya pokok produk kamu, seperti biaya belanja barang, ongkos kirim, biaya transfer, biaya packing, operasional, dan lainnya. Di sinilah kemampuan perhitungan kamu dibutuhkan. Reseller yang sukses bisa membuat rumusan harga yang bersaing, tapi tetap menghasilkan profit yang maksimal.

Pastikan kamu punya target market buat produk jualanmu

Percuma kalau kamu punya plan yang bagus, tapi produk kamu ternyata belum ada pembelinya. Jadi reseller artinya kamu harus bisa melihat peluang bisnis. Cari tahu produk-produk apa saja yang lagi hot. Tapi ingat, kamu juga jangan ‘sikat semua demi cuan’. Kamu juga harus selektif memilih barang yang dijual. Menjual banyak barang bisa menyita waktu dan tenaga kamu, kecuali kalau kamu memang siap dengan sumber daya.  Satu peluang yang banyak dilewatkan oleh reseller adalah pasar luar negeri. Jangan cuma terpaku sama pasar dalam negeri aja. Coba reach out ke pasar luar negeri, minimal ke komunitas WNI di luar negeri. Siapa tau kamu bisa jadi reseller sambal favoritmu buat teman-teman kita di Arab Saudi. Jangan lupa untuk mengurus remittance kalau kamu jadi jualan ke luar negeri

Teliti dalam memilih Supplier (Penjual Pertama)

Kamu sudah tau produk mana yang mau kamu jual. Sekarang kamu harus jeli memilih supplier yang tepat buat kamu. Ada tiga faktor utama yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih supplier. Pertama adalah kekuatan memasok barang sudah kuat. Artinya supplier kamu bisa memasok barang dengan jumlah besar. Kamu pasti gak mau dong pas jualan lagi banyak order, eh ternyata supplier kamu ternyata gak sanggup menuhin. Yang kedua, adalah harga beli barang yang masuk dalam perhitungan margin profit kamu. Biasanya, supplier punya harga khusus untuk pemesanan dalam jumlah besar. Kamu tinggal cari supplier mana yang menguntungkan buat kamu. Yang ketiga adalah profesionalisme dari supplier. Jangan sampai barang yang sudah kamu pesan lama terkirim, dan suppliernya susah untuk dihubungi. Kalau supplier kamu ada di luar negeri, pastikan kalau kamu paham cara transfer uang ke luar negeri. Jangan sampai pembayaran jadi macet, bisa-bisa supplier jadi kapok kerja sama sama kamu.  

Jadilah penjual yang profesional

Reseller yang sukses harus selalu siap melayani pembeli. Selalu tanggap dalam menjawab pertanyaan calon pembeli dan membantu pembeli untuk berbelanja adalah kunci bisnis reseller. Pelayanan yang baik pasti akan memberikan kesan positif, yang nantinya bisa jadi media promosi kamu. Karena pemasaran yang punya impact paling besar adalah word of mouth. Kalau kamu punya ratusan testimoni positif, pasti calon pembeli akan semakin percaya dengan kamu. Kalau kamu punya supplier di luar negeri, pastikan kamu punya layanan remittance yang baik. Misalkan kalau kamu pesan barang dari luar negeri, usahakan pembayarannya bisa selesai dalam satu hari, jadi barang kamu juga bisa makin cepat terkirim.

Kalau kamu bingung cara transfer uang ke luar negeri yang cepat dan gak ribet, kamu bisa pakai Aplikasi digibank by DBS. Ada banyak keunggulan remittance yang bisa membantu bisnis kamu:

  1. Akses 24/7 Tanpa harus ke Cabang

Melalui aplikasi digibank by DBS, kamu bisa memiliki akses full 24/7 tanpa harus repot-repot datang ke kantor cabang buat transfer uang. Kamu hanya membutuhkan smartphone, dan satu klik transaksi pun bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja.

  1. Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara

Selain praktis, aplikasi digibank by DBS ini membebaskan kamu dari biaya transfer pada 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP. Jadi, buat kamu yang ingin berjualan sampai luar negri bisa banget dapetin untung lebih besar.

  1. FX rate terkini dan juara

Melalui aplikasi digibank by DBS kamu akan mendapatkan FX rate terkini, sehingga kamu bisa menggunakan nilai tukar yang kompetitif untuk biaya transfer lebih ringan.

  1. Sampai di hari yang sama

Dalam membuat transaksi antar negara, kamu akan diberikan batas waktu tertentu agar pengiriman dapat diterima pada hari yang sama.

Itu tadi beberapa tips buat kamu yang mau mulai bisnis reseller. Memulai bisnis memang gak gampang, termasuk jadi reseller. Kalau biasanya kamu ada di posisi pembeli, sekarang kamu bisa memanfaatkan pengalaman belanja online kamu biar kamu bisa jadi penjual yang dicari-cari calon pembeli. Mulai dari kecil dahulu, jangkau teman-teman terdekat kamu. Perlahan kamu bisa memperluas pasar kamu sampai ke luar negeri. Semoga sukses!

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /