Saat ini online banking merupakan jenis transaksi yang banyak peminatnya. Statistik menunjukkan, pengguna e-commerce di Indonesia diprediksi akan tumbuh sebanyak 15% di tahun 2021. Jika di tahun 2020 ada 138 juta pengguna, tahun 2021 diprediksi jumlah pengguna e-commerce di Indonesia bisa mencapai 159 juta pengguna.
Online banking adalah jenis pembayaran yang banyak diterima oleh pebisnis. Pemilik usaha harus memanfaatkan sebaik-baiknya teknologi ini agar tidak tertinggal dan mendapatkan keuntungan maksimal. dengan transaksi online, jangkauan konsumen yang bisa dilayani semakin luas yang berarti potensi bisnis terus berkembang.
Manfaat Online banking untuk Transaksi Bisnis Online
Dengan transaksi online, semua orang bisa melakukan pembayaran dan mutasi saldo dengan sangat mudah dan cepat. Tanpa perlu ke luar rumah, datang ke ATM atau mengantri di bank, bisa melakukan berbagai aktivitas keuangan. Kemudahan ini merupakan peluang yang harus ditangkap dan dimanfaatkan oleh semua orang, termasuk pebisnis.
Pemilihan transaksi online menguntung kedua pihak, baik pebisnis maupun konsumen. Dengan sistem yang sangat simpel, semua orang bisa mengakses dan menggunakannya. Saat ini banyak bank yang menyediakan aplikasi untuk melakukan transaksi yang mudah dan cepat. Cukup dengan membuka smartphone, semua kebutuhan keuangan bisa diselesaikan. Manfaatnya adalah
1 Praktis
Untuk melakukan transaksi online sangat praktis. Selain hemat waktu dan tenaga, juga aman. Konsumen bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja. Begitu juga dengan pebisnis. Tidak perlu cetak mutasi untuk mengetahui apakah konsumen sudah melakukan pembayaran. Pebisnis bisa mengecek dan memonitor keuangan usaha kapan saja.
Karena tidak harus datang ke kantor bank, semua transaksi dapat berlangsung selama 24 jam, termasuk ketika hari libur. Dengan menggunakan fasilitas ini untuk usaha, menjadikan bisnis tetap bisa berjalan meskipun pada saat hari libur.
2. Efisiensi SDM
Menerima uang pembayaran, menghitung dan menyimpan uang cash membutuhkan waktu yang cukup banyak. Apalagi jika terjadi kesalahan antara pencatatan dan jumlah fisik. Masalah ini sering dialami oleh pebisnis yang melakukan transaksi secara fisik. Namun dengan cashless, tidak perlu terjadi lagi.
Pebisnis bisa menghemat tenaga kerja. SDM yang sebelumnya bertugas untuk mencatat dan menghitung uang, bisa dialihkan untuk menghandle pekerjaan lain yang lebih produktif. Dengan layanan cashless, pebisnis bisa mengurangi kasir atau bagian pembayaran sehingga hemat biaya SDM.
3. Jangkauan konsumen lebih luas
Di pasar tradisional atau toko online jumlah konsumen sangat terbatas. Hanya orang yang berada di sekitar tempat usaha saja yang bisa datang untuk berbelanja. Karena kendala geografis sangat berpengaruh terhadap omzet dan perkembangan bisnis. terbatasnya transaksi berarti terbatas juga potensi keuntungan.
Bagi pebisnis yang sudah menggunakan digitalisasi perbankan bisa memperluas jangkauan konsumen. Konsumen dari mana saja bisa berbelanja dan melakukan transaksi tanpa harus datang ke toko atau pusat usaha tersebut. pembayaran melalui online banking yang mudah dan cepat menjadi solusi bagi yang akan bertransaksi.
Kemudahan-kemudahan ini menjadikan perkembangan bisnis yang pesat. Konsumen pun mendapat berbagai kemudahan sehingga saling menguntungkan. Pelayanan yang prima dari pebisnis dapat meningkatkan ketertarikan konsumen untuk kembali berbelanja.
4. Memberi rasa aman bagi pelanggan
Berbelanja online memang tidak selalu menguntungkan. banyak yang tertipu oleh pedagang online nakal yang melakukan kecurangan. Salah satunya adalah tidak mengirim barang pesanan meski konsumen sudah melakukan pembayaran.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat ini banyak marketplace yang berfungsi sebagai penengah antara konsumen dan pedagang. Transaksi dari konsumen akan masuk ke rekening marketplace sebelum diteruskan ke pedagang. Online banking memberikan fasilitas dan kemudahan untuk transaksi ini.
Pelanggan akan tetap merasa aman karena dana yang ditransfer akan ditahan oleh marketplace sampai pedagang mengirimkan barang pesanan konsumen. Dengan demikian meminimalkan kemungkinan konsumen menjadi korban penipuan.
5. Meningkatkan repeat order
Repeat order atau pembelian kembali bisa meningkatkan omset bagi pedagang. Konsumen yang merasa beruntung sudah belanja di toko secara online akan berbelanja kembali. Dengan fasilitas bank online yang memberikan kemudahan berbelanja, mendorong konsumen untuk terus bertransaksi dengan pebisnis tersebut. Bahkan bisa jadi akan merekomendasikan kepada kenalannya.
Pelayanan prima dari penyedia layanan online banking yang digunakan oleh pebisnis turut berpengaruh pada kepercayaan pelanggan. Karena itu, sebaiknya pebisnis selektif dalam menggunakan rekening untuk menerima pembayaran dari konsumen agar tidak kecewa.
6. Mudah mengontrol perkembangan bisnis
Bagi pebisnis, waktu sangat penting. Jika harus berlama-lama menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran tentu tidak efisien. Sekarang semua pebisnis bisa langsung mengetahui cash flow usaha hanya dengan melihat mutasi rekening dari aplikasi saja. Meski tidak sedang berada di lokasi usaha, namun tetap bisa memantau perkembangan bisnis.
Hal ini penting untuk bahan menentukan strategi bisnis yang akan dilakukan. Selain itu dengan adanya bank online, pebisnis lebih mudah melakukan pembayaran dan menyelesaikan berbagai kewajiban tanpa harus meninggalkan aktivitasnya. Kini semua hal yang berkaitan dengan keuangan bisnis, baik pembayaran, mengetahui laba rugi dan jumlah cashflow lebih mudah.
Adanya aplikasi dengan berbagai fitur sangat membantu pebisnis dalam mengelola usaha. Tanpa harus kehilangan banyak waktu, semua kebutuhan bisnis bisa dikerjakan. Pengawasan yang mudah ini menjadikan pebisnis mempunyai banyak waktu untuk mengembangkan usahanya.
7. Mudah melakukan promosi
Promosi merupakan salah satu strategi bagi pebisnis untuk bisa mengembangkan usaha. Dengan transaksi online, pemilik usaha lebih mudah untuk melakukan promosi. Pemberian cashback, reward yang bisa ditukar dengan uang dan lainnya lebih mudah dilakukan berkat dukungan bank online.
Kini saatnya pebisnis memanfaatkan bank online dengan berbagai kemudahannya untuk bisa meningkatkan volume usaha. Dengan pelayanan prima konsumen akan terus tertarik dan bertransaksi sehingga menghasilkan banyak keuntungan.
Keunggulan Digital Banking untuk Mendukung Bisnis Online
Online banking mendukung dan memberikan kemudahan untuk berbagai transaksi. Berbagai fitur dan keunggulan pelayanan ini menjadikan transaksi lebih mudah dan cepat. Dengan bertransaksi online, semua transaksi bisnis bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.
Online banking adalah jawaban bagi kebutuhan transaksi bisnis yang simpel dan modern. Banyak keunggulannya dibandingkan dengan sistem konvensional. Salah satu aplikasi mobile banking terbaik adalah Aplikasi digibank by DBS yang sangat user friendly.
Kelengkapan fitur di dalamnya menjadikan siapa saja bisa menggunakan secara aman tanpa kendala. Keunggulannya adalah:
- Transaksi lengkap, aman dan mudah
- Memiliki lebih dari 150 produk investasi serta produk asuransi
- Tersedia pinjaman dan Kartu Kredit
Keunggulan online banking dari digibank by DBS adalah untuk memberi kemudahan dalam bertransaksi sekaligus pembayaran online. Sehingga dengan kemudahan dalam transaksi tersebut, pebisnis pun akan lebih mudah mengembangkan usahanya.
Tunggu apalagi? Kini saatnya memiliki Aplikasi digibank by DBS untuk kemudahan bertransaksi. Informasi lebih detail bisa klik di sini.