Monitor
02 Jun 2023

Gamers Merapat! Nge-Game Jadi Lebih Asik dengan Monitor Ini

Belanja kebutuhan elektronik sekarang makin mudah berkat adanya kartu kredit digital. Apalagi bagi para pecinta game. Sebab kartu kredit ini tentunya makin mempermudah gamers untuk belanja perlengkapan main games.

Bagi gamers sendiri salah satu perlengkapan terpenting adalah monitor. Penggunaan monitor yang bagus bisa menambah keseruan main game. Pengalaman main juga lebih optimal dan menyenangkan.

Tips Memilih Monitor yang Tepat

Monitor memang jadi poin penting yang akan mendukung gamers menjalankan hobinya. Jadi jangan sampai asal-asalan pilih monitor. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1.     Sesuaikan Jenis Panel dengan Kebutuhan

Tips pertama, kamu harus menyesuaikan jenis panel dengan kebutuhanmu. Ternyata tiap gamer bisa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, jadi tipe panelnya pun tidak sama.

Ada dua jenis panel yang biasanya dipakai pada monitor gaming. Pertama TN atau Twisted Nematic Panel lalu yang kedua IPS atau In Plane Switching Panel.

Kedua jenis panel ini memiliki banyak perbedaan. Dari segi harga, TN panel lebih murah dan response time serta refresh rate-nya juga lebih baik.

Namun, ada kelemahan yang dimiliki oleh TN panel. Jika dibandingkan IPS, TN panel tidak punya sudut pandang yang cukup lebar jadi kurang nyaman untuk bermain game.

2.     Pilih Monitor Resolusi Tinggi

Pastikan untuk memilih monitor dengan resolusi yang tinggi. Semakin tinggi resolusi monitor yang dipakai untuk main game pasti akan terasa semakin mantap dan seru.

Rata-rata monitor untuk main game saat ini memiliki resolusi Full HD atau 1080p. Tapi ada juga monitor yang sudah pakai resolusi UHD 4K.

Lalu monitor dengan resolusi berapa yang paling cocok denganmu? Pilihan tiap gamer bisa berbeda-beda. Sebaiknya sesuaikan pilihan resolusi monitor dengan jenis game yang dimainkan.

Kalau kamu hobi main game FPS maka monitor dengan resolusi Full HD atau 1080p. Sementara itu jika kamu hobi main game RPG maka monitor UHD 4K sangat direkomendasikan.

3.     Pilih Monitor dengan Response Time Rendah

Tips berikutnya, kamu harus perhatikan response time dari monitor tersebut. Response time merupakan waktu yang dibutuhkan supaya monitor bisa memberi tampilan.

Semakin lama response time-nya maka akan semakin lemot. Jadi lebih baik memilih monitor dengan response time yang jauh lebih rendah sehingga lebih cepat.

Rata-rata gamers akan mencari monitor dengan response time di bawah 5ms. Semakin rendah nilainya, maka akan semakin cepat pula dan memberi pengalaman lebih baik bagi pengguna.

Hal ini juga bisa menyesuaikan dengan jenis game yang kamu mainkan. Pastikan refresh rate monitor sudah sesuai dengan kebutuhan game. Jadi kamu bisa menikmati game secara optimal tanpa lemot.

4.     Pastikan Refresh Rate Tinggi

Selain response time, faktor lain yang juga harus diperhatikan saat membeli monitor untuk game adalah refresh rate. Berkebalikan dengan response time, refresh rate untuk monitor game harusnya lebih tinggi.

Refresh rate merupakan jumlah berapa kali monitor melakukan refresh frame per detik. Umumnya monitor untuk komputer pemakaian normal atau biasa hanya memiliki refresh rate sebesar 60Hz.

Jika kamu ingin mencari monitor untuk main game, pilihlah yang punya refresh rate minimal 90Hz. Ini sudah cukup bagus dan memberi pengalaman pengguna yang baik karena tidak lemot.

5.     Pilih Ukuran Monitor yang Tepat

Belilah monitor dengan ukuran yang tepat. Tentunya ukuran monitor ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan dan kemampuan budget masing-masing.

Semakin besar ukuran monitornya, maka akan semakin mahal. Namun pengalaman pengguna juga akan lebih memuaskan jika memakai ukuran monitor yang lebih besar.

Jadi pemilihan ukuran monitor ini sangat subjektif tergantung kebutuhan dan budget tiap pengguna. Bisa saja memilih monitor dengan ukuran yang besar namun harus siap mengeluarkan dananya.

Urusan budget ini sebenarnya bisa dipersiapkan lebih mudah di zaman sekarang. Apalagi syarat pengajuan kartu kredit saat ini makin mudah dan praktis.

Kamu bisa lebih mudah membeli monitor gaming dengan ukuran layar besar dan harga yang lebih mahal pakai kartu kredit. Pilih yang penawarannya paling menguntungkan dan cara apply-nya mudah.

Rekomendasi Monitor yang Bisa Jadi Pilihan

Langsung saja yuk pilih monitor yang paling cocok untuk main game. Kamu bisa beli pakai kartu kredit digital jadi praktis dan cepat. Ini dia beberapa monitor yang bisa kamu pilih:

1.     Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor 34’’

Rekomendasi pertama datang dari Xiaomi yaitu Xiaomi Mi Curved dengan ukuran 34 inci. Sesuai namanya, monitor ini berbentuk melengkung alias tidak datar seperti monitor pada umumnya.

Monitor ini memiliki jangkauan warna yang sangat luas sehingga tampak nyaman dilihat oleh gamer. Selain itu monitor ini juga punya refresh rate yang terhitung tinggi.

Salah satu poin menarik dari produk monitor ini adalah manajemen kabel yang sudah disertai magnet. Jadi tidak hanya terlihat canggih, namun juga sangat rapi tanpa kabel terbengkalai.

Kelengkungan layar ini mencapai 1500R yang memberi kesan tersendiri bagi para gamers. Tampilan gambar dalam layar cekung ini membuat gamer jadi lebih fokus.

2.     Acer Monitor Gaming Nitro RG241Y_P

Pilihan berikutnya adalah monitor gaming dari Acer. Monitor ini menjadi favorit para gamer karena dari segi harga terjangkau namun kualitas sangat bagus dan memuaskan.

Response time-nya rendah yaitu 1ms dipadu refresh rate yang tinggi yaitu 165Hz. Dari segi performa bisa disimpulkan cukup baik dan tidak lemot untuk bermain game.

Menariknya lagi monitor ini punya viewing angle sebesar 178 derajat. Jadi, kalau dipakai untuk main game cukup memuaskan karena tidak lemot sekaligus jarak pandangnya luas.

Tidak aneh jika monitor ini jadi favorit banyak gamers. Tampilannya memang sangat luas sehingga jauh lebih mantap. Area pandang saat bermain game pun bisa jadi lebih optimal.

3.    Acer 23,8 FreeSync Premium Gaming Monitor

Pilihan berikutnya ada monitor dari Acer yang juga cocok sekali digunakan oleh para gamers. Kelebihannya terletak pada kualitas monitor yang bisa menghasilkan warna-warna jelas dan kontras.

Sesuai namanya, monitor ini memiliki sebuah fitur yang disebut fitur FreeSync premium. Fitur ini akan mengoptimalkan pengalaman bermain game dan meminimalkan risiko lemot saat monitor beroperasi.

Tidak hanya itu, produk monitor gaming satu ini juga dilengkapi adjustable stand. Jadi Anda bisa lebih leluasa mengatur posisi monitor dan menyesuaikannya dengan kebutuhan sekaligus kenyamanan.

Fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh monitor ini adalah Flicker Free. Fitur ini akan membuat mata pengguna merasa jauh lebih nyaman meskipun bermain game cukup lama.

4.    MSI Artymis 273CQR

Rekomendasi lain yang juga tidak kalah bagus untuk dipakai bermain game adalah monitor MSI Artymis 273CQR. Monitor ini punya banyak kelebihan yang bisa mendukung kebutuhan para pencinta game.

MSI Artymis 273CQR memiliki LED RGB yang bisa dengan mudah disinkronisasi. Selain itu kontras warna yang dimiliki oleh monitor ini juga sangat jelas sehingga memberi tampilan yang jauh lebih memuaskan.

Monitor ini juga punya keakuratan warna yang cukup tinggi. Jadi tidak hanya memiliki resolusi gambar yang bagus namun juga tampilan warnanya memuaskan.

Tidak cukup sampai di situ, monitor ini juga memiliki LED strip tambahan. Bagian ini bisa diatur sesuka hati untuk meningkatkan estetika ruangan atau meja gaming.

5.    Samsung 27’’ Odyssey G7

Pilihan berikutnya jatuh pada monitor keluaran Samsung. Monitor gaming ini memiliki tampilan yang sangat estetik dan futuristik. Terlihat jelas dari desain fisiknya yang begitu elegan.

Keunggulan utama dari monitor ini adalah punya refresh rate yang sangat cepat. Tidak heran jika monitor ini banyak direkomendasikan untuk para gamers dengan game tingkat tinggi yang butuh kecepatan.

Selain itu monitor ini juga sudah punya fitur NVIDIA G-Sync yang akan mendukung performa game jadi lebih mulus. Ditambah lagi rasio kontras warnanya sangatlah tajam.

Monitor Samsung ini memiliki kualitas grafis yang sangat bagus. Pengguna bisa menikmati game dengan kualitas grafis yang memuaskan sehingga menambah keseruan permainan.

Itulah beberapa rekomendasi monitor terbaik yang wajib kamu miliki, langsung saja pilih monitor gaming mana yang paling cocok untukmu. Gunakan kartu kredit digital digibank by DBS yang praktis dan mudah. Klik di sini untuk apply sekarang juga!