barcode
14 Aug 2023

Gabung Cashless Society dengan Kartu Kredit Digital!

Kemajuan zaman yang dibarengi dengan berbagai inovasi teknologi yang ada saat ini membuat berbagai jenis transaksi pun semakin mudah. Kehadiran kartu kredit digital adalah salah bentuk inovasi pembayaran tanpa uang tunai atau sering juga disebut dengan sistem cashless.

Banyak kalangan sebenarnya sudah akrab dengan transaksi jenis ini. Sayangnya, beberapa kalangan masih belum terbiasa menggunakan pembayaran secara non tunai. Padahal, dengan menjadi bagian dari cashless society, kamu bisa merasakan banyak manfaat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Apa itu Cashless?

Secara sederhana, cashless merupakan bentuk pembayaran transaksi non tunai yang memberikan kemudahan transaksi kepada setiap penggunanya. Karena tidak menggunakan uang cash, maka kamu pun akan melakukan pembayaran secara digital.

Pada dasarnya, sistem pembayaran non tunai ini sendiri sudah lama berjalan di tanah air. Bahkan, sudah banyak kalangan yang lebih memilih menggunakan metode cashless dibandingkan tunai. Beberapa contoh yang bisa kamu lihat di antaranya seperti pembayaran tol yang menggunakan sistem E-Toll hingga berbelanja menggunakan kartu kredit secara digital.

Kemajuan teknologi membuat banyak orang sudah mengenal apa itu kartu kredit dan manfaatnya. Karena memiliki beragam fitur yang memudahkan penggunanya untuk bertransaksi, tak heran jika berbagai lapisan masyarakat di tanah air pun mulai jarang menyiapkan uang tunai. Bahkan, jumlah orang yang membawa dompet berisikan uang tunai yang cukup tebal pun sudah mulai jarang terlihat.

Hanya dengan mengandalkan aplikasi e-wallet atau kartu kredit lewat smartphone, kamu pun tak perlu repot-repot lagi membawa dompet kemana-mana. Beragam jenis transaksi pun bisa dilakukan secara praktis tanpa membutuhkan waktu lama lagi.

Apa itu Cashless Society?

Dilansir dari situs OJK, Cashless Society merupakan perubahan kebiasaan pada proses transaksi dari tunai menjadi non tunai atau transaksi digital. Perilaku masyarakat yang cenderung memilih bertransaksi secara cashless dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Bayangkan, tanpa perlu mengambil uang di ATM, kamu pun sudah bisa melakukan pembayaran secara instan lewat smartphone saja. Mulai dari berbelanja, nonton di bioskop, memesan tiket hingga mengirim uang juga sudah bisa dilakukan secara digital. Kemudahan-kemudahan seperti inilah yang mendorong gerakan cashless society semakin menjamur di tengah masyarakat.

Cashless society semakin populer karena dianggap lebih praktis dan efisien dalam melakukan berbagai jenis transaksi. Selain itu, kehadiran penawaran menarik lainnya seperti voucher, cashback dan diskon pun menjadi alasan mengapa banyak kalangan gemar bertransaksi secara digital dibandingkan menggunakan uang tunai.

Meskipun pengguna cashless semakin menjamur, akan tetapi bukan berarti jika peredaran uang tunai akan dihentikan. Bagaimanapun juga, masyarakat belum bisa lepas sepenuhnya dari uang cash. Singkatnya, penggunaan uang tunai semakin dikurangi dan digantikan dengan uang digital.

Apa Saja Benefit yang Ditawarkan oleh Cashless Society?

Menjadi bagian dari cashless society sebenarnya memberikan banyak manfaat loh. Lalu, apa saja benefit yang bisa didapatkan sebagai  cashless society? Berikut ulasan selengkapnya:

●     Lebih Higienis

Tentu kamu sudah tahu betul jika uang menjadi salah satu benda yang dapat menularkan bakteri dengan mudah. Karena uang terus berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya, maka bertransaksi menggunakan uang tunai memberikan risiko penularan penyakit yang cukup tinggi.

Tak heran, jika kampanye menggunakan hand sanitizer hingga mencuci tangan dengan sabun cukup gencar dilakukan untuk menghindari bakteri jahat yang menempel pada uang. Karena faktor kebersihan dan kesehatan inilah, banyak kalangan yang lebih menyukai bertransaksi menggunakan kartu kredit digital atau secara cashless.

Dengan demikian, risiko penularan bakteri dan virus bisa dicegah. Transaksi dengan metode cashless umumnya juga semakin ramai dilakukan saat pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Dampak kekhawatiran terkena virus lewat transaksi uang tunai ini pun akhirnya terus berlanjut dan semakin ramai hingga hari ini.

●     Praktis Dibawa ke Mana Saja

Zaman yang terus bergerak maju membuat segala aktivitas semakin praktis. Berbeda dengan beberapa tahun terakhir di mana metode pembayaran membutuhkan proses yang cukup panjang, saat ini proses itu pun menjadi semakin simple dengan kehadiran dompet digital.

Tanpa perlu antri di ATM, kamu pun bisa langsung bertransaksi lewat smartphone. Tak hanya itu, kehadiran e-wallet juga bisa menghindarkan kamu dari keberadaan dompet tebal yang mengganggu aktivitas dan ruang di dalam tasmu.

●     Mudah Melakukan Transaksi Jenis Apapun dan Kapanpun

Salah satu benefit menjadi bagian dari cashless society ialah kemudahan melakukan transaksi apapun dan kapanpun. Saat ingin transfer uang tetapi malas ke ATM, maka gunakan saja aplikasi kartu kredit online di smartphone-mu. Atau jika ingin memesan tiket melalui agent tapi sudah malam, silahkan melakukan booking lewat smartphone saja.

Beberapa orang mungkin hanya mengetahui kartu kredit fisik dan belum mengenal secara lebih detail apa itu kartu kredit dalam bentuk digital.

Jika dibandingkan kartu kredit fisik, kehadiran kartu kredit berbentuk digital memberikan lebih banyak kemudahan, salah satunya ialah transaksi 24/7 dengan proses yang lebih cepat dan praktis. Lebih simple, bukan?

●     Aman dari Pencurian

Kasus pencurian uang seperti perampokan atau jambret memang bukanlah hal yang baru lagi di tengah masyarakat. Untuk meminimalisir tindakan kejahatan seperti ini, maka banyak orang pun cenderung memilih metode cashless.

Membawa sejumlah uang yang cukup banyak kemana-mana memang sangat berisiko. Agar tidak was-was, maka akan lebih baik untuk mengandalkan aplikasi kartu kredit pada smartphone.

●     Transaksi Lebih Mudah Dikontrol

Jika kamu gemar berbelanja tetapi sering bingung dengan jumlah pengeluaran, maka sudah saatnya kamu beralih menjadi cashless society.

Umumnya, jumlah pengeluaran yang tidak terkontrol disebabkan oleh jumlah uang yang tak dicatat. Metode mencatat secara manual pada dasarnya memang cukup ribet. Oleh sebab itu, bertransaksi secara digital bisa menjadi solusi terbaik untuk mengelola keuangan.

●     Banyak Promo Menarik

Faktor lain mengapa semakin banyak orang yang menjadi cashless society ialah karena banyaknya penawaran menarik. Saat ini, banyak merchant yang sudah bekerja sama dengan dompet digital dan kartu kredit berbentuk digital dengan penawaran diskon hingga cashback besar-besaran.

Melihat promo-promo seperti ini, maka siapa yang tidak tergiur untuk melakukan transaksi lewat smartphone saja. Hadirnya cashback dan diskon lainnya juga membuat pengguna akan jauh lebih hemat dibandingkan berbelanja menggunakan uang tunai. 

Adakah Negara yang Berhasil Menerapkan Cashless Society?

Cashless Society atau masyarakat tanpa uang tunai pada dasarnya sedang dan sudah diaplikasikan di banyak negara. Pemerintah di tanah air pun turut mendukung gerakan ini dengan hadirnya program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Sejak tahun 2014 silam, gerakan cashless society sudah gencar diterapkan di Indonesia. Hal ini dilakukan guna mendukung transaksi keuangan masyarakat yang lebih mudah, aman dan efisien.

Mengutip data dari Katadata, Kanada menduduki urutan pertama sebagai negara yang berhasil menerapkan metode cashless di dunia. Forex Bonuses sendiri memberikan skor sebesar 6,48 dari skala 10 untuk Kanada. Semakin tinggi skor yang diberikan,  maka semakin banyak pula masyarakat yang memanfaatkan pembayaran cashless.

Indikator skor tersebut meliputi kepemilikan penggunaaan kartu kredit dan debit per orang, kartu pembayaran nirkontak, pertumbuhan sistem transaksi non tunai dalam lima tahun terakhir, metode pembayaran non tunai dan kesadaran warga dalam menggunakan opsi pembayaran secara cashless.  

Setelah Kanada, negara selanjutnya yang menggunakan sistem cashless terbesar di dunia ialah Swedia dengan nilai 6,47. Diurutan ketiga ditempati oleh Inggris dengan skor 6,42 serta Prancis dengan skor 6,25. Amerika sebagai raksasa ekonomi global menempati urutan kelima dengan skor 5,87 dan disusul oleh China di urutan keenam dengan skor 5,17.

Bisakah Menjadi Cashless dengan Kartu Kredit Digital?

Kemajuan teknologi saat ini tentu membuka pintu bagi siapapun yang ingin menjadi bagian dari cashless society. Berbagai benefit menjadi masyarakat pengguna non tunai tentu akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan untuk kamu dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

Kamu bisa menjadi cashless dan bergabung dengan cashless society dengan menggunakan Kartu Kredit Digital digibank. Dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS, kamu pun bisa melakukan berbagai jenis transaksi secara praktis dan mudah.

Kartu Kredit Digital digibank sendiri merupakan kartu kredit digital pertama di Indonesia. Para penggunanya bahkan bisa menikmati berbagai penawaran menarik di berbagai merchant pilihan. Jika kamu tertarik silahkan melihat informasi lebih jelasnya di sini.