digital banking
03 May 2023

Digital Banking: 10 Challenge Menabung 2023 Lagi Viral

Kegiatan menabung mungkin terdengar sulit dan berkesan membosankan. Namun kamu bisa melakukannya dengan melakukan berbagai challenge. Sehingga menabung terasa lebih menyenangkan. Apalagi jika kamu menabung dengan memanfaatkan digital banking. 

Pastinya menabung akan terasa lebih mudah dan bisa kamu lakukan tanpa kendala. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba challenge yang saat ini sedang viral. Apa saja challenge tersebut, silakan kamu simak ini hingga selesai. 

Digital Banking: Inilah Challenge Menabung 2023 Lagi Viral  

Menabung adalah salah satu kunci penting dalam mencapai keuangan yang stabil. Namun, bagi sebagian orang, menabung seringkali menjadi tantangan yang sulit diatasi. Berbagai alasan seperti pengeluaran yang besar, gaya hidup yang boros, dan kebiasaan konsumtif membuat banyak orang sulit untuk menabung. 

Untuk mengatasi tantangan menabung, beberapa orang mencoba melakukan berbagai challenge menabung yang bisa membantu meningkatkan disiplin dan kebiasaan menabung. Berikut ini adalah beberapa challenge menabung yang bisa kamu coba: 

  • Challenge Menabung 30 Hari 

Cara pertama yang saat ini sedang viral adalah challenge menabung 30 hari. Ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai kebiasaan menabung. Pada challenge ini, kamu diharuskan menabung setiap hari selama 30 hari berturut-turut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menyelesaikan tantangan menabung 30 hari: 

  • Tentukan tujuan menabung dalam 30 hari dan hitung berapa banyak uang yang harus kamu tabung setiap hari. 
  • Buatlah jadwal yang tepat untuk menabung setiap hari. Tentukan waktu yang tepat untuk menabung, seperti sebelum tidur atau setiap pagi sebelum beraktivitas. 
  • Pilih metode yang tepat untuk menabung. Kamu dapat menggunakan kantong tabungan, celengan, atau akun tabungan khusus yang bisa kamu buka melalui digital banking. 
  • Ciptakan kebiasaan untuk mengontrol pengeluaran. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu selama 30 hari. 
  • Temukan sumber inspirasi, seperti buku atau artikel tentang bagaimana orang lain berhasil menabung dan mencapai tujuan keuangan mereka. 
  • Menantang diri sendiri untuk mencapai tujuan dan bertahan selama 30 hari dengan menabung. Tantangan diri sendiri ini bisa berguna untuk mempertahankan disiplin dan fokus pada tujuan. 

Dalam melakukan tantangan menabung 30 hari, ingatlah bahwa itu adalah proses yang perlu konsistensi dan disiplin. Kamu harus berkomitmen untuk menabung setiap hari dan menjaga motivasimu agar tetap tinggi selama 30 hari tersebut.  

  • Challenge selama 1 bulan tidak makan di luar rumah 

Menabung dengan cara tidak makan di luar selama sebulan adalah tantangan yang membutuhkan disiplin dan pengendalian diri yang kuat. Tantangan ini dilakukan dengan menahan diri dari kebiasaan makan di luar. Seperti makan di restoran, warung makan, atau membeli makanan cepat saji. 

Salah satu tantangan utama dalam menabung dengan tidak makan di luar selama sebulan adalah menghadapi godaan untuk membeli makanan di luar. Utamanya saat sedang sibuk atau tidak punya waktu untuk memasak.  

Apalagi makanan di luar juga seringkali lebih cepat dan mudah untuk didapatkan. Sehingga memerlukan tekad dan motivasi yang kuat untuk menghindari godaan ini. Oleh karena itulah, tantangan ini memerlukan perencanaan yang baik dalam hal pengelolaan anggaran.  

Adapun untuk mengelola anggaran, ada baiknya jika kamu mempelajari dan mengetahui informasi mengenai apa itu digital banking. Sebab ini merupakan salah satu cara yang bisa membantumu berhemat dan mengatur pengeluaran secara bijak.  

  • Mulai menabung berdasarkan tanggal 

Cara sederhana yang bisa kamu coba juga adalah menabung sesuai tanggal. Pada awal bulan, kamu bisa menentukan nominal yang akan ditabung sesuai dengan tanggal hari itu. Misalnya, pada tanggal 1, kamu menabung Rp. 1.000, pada tanggal 2, kamu menabung Rp. 2.000, dan seterusnya. 

Menabung dengan jumlah uang sesuai tanggal akan membantumu membangun kebiasaan berhemat. Sehingga kamu bisa meraih keuangan yang lebih stabil. Ingatlah bahwa kebiasaan menabung membutuhkan konsistensi dan kesabaran.  

Jadi tetaplah disiplin dan jangan mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak terduga. Untuk menghindari godaan mengambil uang tabungan, sebaiknya kamu menabung dan mencari informasi tentang apa itu digital banking. Niscaya uangmu akan aman dan kamu terbebas dari godaan untuk mengambilnya.  

  • Menabung dengan nominal berdasarkan angka favorit 

Cara lain yang bisa dicoba untuk menabung adalah dengan menabung sesuai dengan angka favoritmu. Misalnya, kamu menyukai angka 100, maka setiap kali kamu mendapatkan uang, kamu harus menabung sebanyak Rp. 100. 

Selain angka favorit tersebut kamu juga bisa menyesuaikan dengan menabung sesuai tanggal kesukaanmu. Jika kamu menyukai tanggal 20 maka kamu bisa menabung setiap tanggal 20 dengan nominal 20 ribu. Mudah bukan? 

Jika tak ingin ribet kamu bisa memanfaatkan digital banking selama proses menabung ini. Sehingga kamu bisa dengan mudah mengetahui berapa nominal yang sudah tersimpan dalam tabunganmu.  

Berhemat dan menabung dengan cara berinvestasi 

Menabung dengan berinvestasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan keuntungan lebih besar dari tabungan biasa. Dengan berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan uang yang ditabung untuk membeli aset seperti saham atau reksadana yang memberikan keuntungan jangka panjang. 

  • Tantangan menabung dengan menggunakan uang receh 

Kamu pasti sering mendapatkan kembalian saat berbelanja yang berbentuk uang receh. Uang receh ini bisa kamu kumpulkan dan ditabung dalam sebuah wadah yang tertutup rapat. Jangan khawatir dengan nilai yang kecil.  

Yang penting kamu sudah mencoba untuk melakukan penghematan. Lakukan kebiasaan ini secara konsisten sehingga kamu bisa mengumpulkan jumlah yang signifikan meskipun dalam jangka waktu lama. 

  • Challenge menabung dengan memanfaatkan alat transportasi umum 

Salah satu pengeluaran yang cukup besar adalah biaya transportasi. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa mencoba menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api daripada menggunakan kendaraan pribadi.  

Bukan hanya bisa menghemat uang, penggunaan transportasi umum juga bisa membantu mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Jadi, uang yang seharusnya menjadi jatah untuk biaya transportasi bisa kamu alihkan dan masukkan dalam tabungan. 

  • Menabung dengan cara arisan 

Kebiasaan menabung yang satu ini banyak dilakoni oleh para perempuan. Ya, arisan bisa menjadi cara yang efektif untuk menabung dan mengumpulkan uang secara bersama-sama dengan teman atau keluarga. 

Dalam arisan, setiap anggota kelompok menyetor sejumlah uang pada sebuah pot. Setiap bulan atau setiap periode tertentu, salah satu anggota kelompok akan mendapatkan uang dari pot tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa menabung sekaligus membantu teman atau keluarga yang sedang membutuhkan uang. 

  • Challenge menyimpan uang sisa 

Kebiasaan menabung bisa juga kamu mulai dengan cara sederhana seperti menyisihkan uang sisa dari pengeluaran setiap bulan. Misalnya, kamu bisa menabung sejumlah uang dari gaji yang belum terpakai atau dari uang kembalian setiap kali berbelanja. Jika uang kembalian ini sudah mulai banyak terkumpul, cobalah untuk memanfaatkan digital banking.  

  • Bikin Target Untuk Diri Sendiri 

Untuk memotivasi diri, kamu bisa membuat target terkait jumlah tabungan yang ingin kamu kumpulkan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, kamu bisa membuat target untuk menabung Rp1 juta dalam 6 bulan atau Rp5 juta dalam 1 tahun. Dengan membuat target yang spesifik dan terukur, kamu bisa lebih mudah memotivasi diri untuk menabung. 

  • Challenge menabung dengan memanfaatkan digital banking 

Mungkin kamu pernah mendengar tentang apa itu digital banking. Ya, menabung juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan bank secara digital. Ini artinya kamu menggunakan bank secara online untuk menyimpan tabunganmu. Ada banyak manfaat jika kamu menggunakan cara ini, diantaranya adalah: 

  • Mudah dan cepat sehingga kamu dapat menabung kapan saja dan dimanapun tanpa harus datang ke bank secara fisik. Cukup menggunakan smartphone atau komputer saja. 
  • Sangat aman dan terpercaya, sebab sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang super canggih. Seperti enkripsi data, penggunaan password, dan fitur keamanan tambahan lainnya. Ini merupakan opsi yang aman dan terpercaya untuk menabung. 
  • Menghemat waktu dan biaya, sebab tidak perlu datang ke bank secara fisik. Bahkan kamu juga tidak perlu membayar biaya administrasi seperti biaya buku tabungan atau biaya cetak buku tabungan. 
  • Kamu bisa dengan mudah melacak dan memantau perkembangan tabungan melalui aplikasi atau website tertentu yang terhubung dengan akun tabunganmu. 
  • Selain menabung, digital banking juga menawarkan berbagai pilihan investasi yang bisa kamu pilih. Hal ini dapat membantu kamu mengembangkan dana yang telah ditabung dengan lebih efektif. 
  • Dalam beberapa kasus, menabung secara digital juga memungkinkanmu untuk melakukan transaksi seperti transfer uang dan pembayaran tagihan dengan lebih mudah dan cepat. 

Intinya adalah, setelah kamu mengetahui apa itu digital banking, bisa disimpulkan bahwa menabung dengan cara tersebut memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah membantu Anda menghemat waktu, biaya, dan memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan Anda dengan lebih efektif. 

Itulah beberapa challenge menabung yang bisa dicoba untuk meningkatkan disiplin dan kebiasaan menabung. Namun, challenge menabung hanyalah awal dari perjalanan menabung yang sebenarnya. Konsistensi dan disiplin dalam menabung menjadi kunci utama untuk mencapai keuangan yang lebih stabil dan menghasilkan tabungan yang lebih besar.  

Mulai Menabung Dengan Menggunakan Digital Banking  

Kini kamu sudah mengetahui dengan jelas apa itu digital banking serta manfaatnya yang sangat besar dalam hal menabung. Dari sekian banyak aplikasi yang menyediakan transaksi secara digital, salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menabung sebab sangat mudah untuk memantau dan mengeceknya.  

Bukan hanya mudah saja, Aplikasi digibank by DBS juga memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah: 

  • Transaksi lengkap, aman dan juga mudah 
  • Menyediakan produk asuransi serta lebih dari 150 produk investasi 
  • Menawarkan kartu kredit juga pinjaman dengan approval 60 detik 

Bukan hanya mudah dalam hal menabung dan transaksi perbankan, digibank by DBS pun unggul sebab menawarkan beragam produk lainnya. Sebut saja asuransi, investasi, kartu kredit dan pinjaman.  

Tentunya ini menjadi poin penting dan merupakan jaminan jika aplikasi ini terbukti canggih, terpercaya dan terjamin keamanannya. Bahkan kamu bisa melakukan challenge menabung dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. 

Jadi, sudah putuskan untuk mencoba challenge yang mana? Yuk, cobain kelebihan digital banking melalui Aplikasi digibank by DBS. Jika perlu informasi lebih lengkap, kamu bisa cek langsung di sini.