Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri, Perhatikan 3 Hal Ini

Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

Pandemi akibat virus corona sejak awal 2020 lalu telah membatasi pergerakan masyarakat dari dan ke luar negeri. Namun bukan berarti relasi dengan masyarakat global terputus. Bahkan selama pandemi transaksi keuangan antar negara terus tumbuh seiring dengan semakin mudahnya akses perdagangan antar negara.

Kemajuan teknologi membuat banyak orang mulai terlibat dalam pekerjaan lintas negara. Pekerjaan remote yang dulunya tidak terlalu dikenal kini menjadi lebih digemari seperti desain grafis, digital marketing, illustrator, content creator, dan website developer.

Selain menawarkan fleksibilitas waktu, pekerjaan remote diyakini juga dipercaya lebih efektif dan efisien. Karena itu jangan heran bila sahabat atau tetanggamu terlihat hanya bekerja dari rumah tetapi sesungguhnya ia sedang bekerja untuk perusahaan startup yang berbasis di Amerika Serikat atau India.

Tak hanya di bidang teknologi, bisnis manufaktur dan perdagangan lintas negara pun kini semakin luas. Keberadaan e-commerce dengan jangkauan global telah membuat transaksi jual beli lintas negara menjadi hal biasa. Sebagai contoh, orang tak riskan lagi memesan suatu produk langsung dari negara pembuatnya.

Meningkatnya transaksi perdagangan dan layanan jasa lintas negara ini membuat masyarakat semakin familiar dengan urusan transfer uang ke luar negeri. Padahal dulu, urusan transfer uang ke luar negeri ini biasanya hanya dipakai oleh keluarga yang menyekolahkan anak ke luar negeri, orang yang bekerja di luar negeri, atau mereka yang terbiasa melakukan pengobatan ke luar negeri.

Meski sudah banyak dikenal, mengirim uang ke luar negeri masih sering bikin deg-degan. Perbedaan mata uang atau kurs biasanya membuat orang harus  berpikir dua kali apakah uang yang dikirimkan sudah sesuai dengan nilai transaksi. Selain itu juga ada kekhawatiran transfer uang ke  luar negeri gagal karena salah data saat input.

Nah, agar proses kirim uang ke luar negeri berjalan lancar, ada baiknya kamu memperhatikan 5 hal ini:

1. Perhatikan Nilai Transaksi

Saat akan transfer uang ke luar negeri, kamu harus memastikan terlebih dahulu berapa total nilai transaksi yang dilakukan. Perbedaan nilai tukar mata uang biasanya akan mempengaruhi jumlah uang yang harus kamu kirim. Catat nilai transaksi yang sudah disepakati dengan detail dan jangan lupa untuk mengkonversi terlebih dahulu dengan mata uang rupiah.

Pastikan juga bahwa kamu sudah yakin dengan mata uang yang dipilih. Ada baiknya melakukan transaksi dan pengiriman dengan mata uang yang biasa menjadi acuan dunia agar lebih mudah untuk mengkonversinya. Setelah kamu yakin, kirimlah uang sesuai dengan mata uang dan nilai transaksi yang telah disepakati.

 

2. Ketahui ketentuan transaksi

Agar pengiriman uang yang kamu lakukan lancar dan berhasil, pastikan kamu juga mengetahui syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perbankan atau lembaga yang dipilih. Beberapa perbankan menerapkan biaya administrasi untuk transfer uang ke luar  negeri. Jangan sampai, order atau transaksi gagal karena uang yang dikirim berkurang karena terpotong biaya administrasi.

Bila tak ingin uangmu terpotong oleh biaya administrasi kamu bisa memilih perbankan yang tidak mengenai potongan administrasi untuk transfer uang ke luar negeri. DBS Bank merupakan salah satu lembaga yang tak mengenai biaya administrasi. Kamu bisa mengakses layanan transfer uang ke luar negeri lewat aplikasi digibank by DBS.

 

3. Fleksibilitas transaksi

Kamu tentu tak ingin urusan kirim uang ke luar negeri menjadi ribet dan merepotkan. Apalagi bila harus datang ke kantor cabang bank untuk bisa bertransaksi. Karena itu pilihlah layanan kirim uang lewat aplikasi yang bisa diakses hanya dari genggaman.

 

Aplikasi digibank by DBS merupakan solusi cerdas untuk kamu yang ingin transfer uang ke luar negeri tanpa ribet. Dengan mengunduh aplikasi digibank by DBS di ponsel, kamu bisa memanfaatkan fitur Transfer Valas untuk memudahkan transaksi.

Transfer Valas adalah fitur layanan pada Aplikasi digibank by DBS yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan pengiriman dana dalam mata uang asing (remittance) yang diinginkan. Menariknya fitur transfer valas tak hanya untuk mengirim uang ke luar negeri tetapi juga bisa pada penerima di dalam  negeri.

Lewat Aplikasi digibank by DBS, nasabah bisa memanfaatkan layanan transfer valas bebas biaya dengan memanfaatkan sistem internal Bank DBS Indonesia dengan menggunakan mata uang yang dimiliki negara tujuan. Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan layanan Transfer Valas Reguler dengan menggunakan sistem SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

Menggunakan fitur Transfer Valas dari digibank by DBS saat akan mengirim uang ke luar negeri akan memberi banyak manfaat untukmu. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah

  • Akses 24/7 tanpa perlu datang ke cabang. Kamu hanya perlu mengakses dan tinggal klik lewat ponsel dari genggaman.
  • Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan dengan 7 mata uang yaitu USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.
  • FX rate terkini dan juara dengan nilai tukar yang kompetitif
  • Sampai di hari yang sama untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Hadinyar fitur Transfer Valas di Aplikasi digibank by DBS merupakan solusi cerdas untuk kamu yang terbiasa dengan berbagai urusan baik perdagangan atau jasa lintas negara. Jadi, biar urusanmu makin lancar, jangan lupa untuk download aplikasi digibank by DBS agar bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

Transaksi lancar, hati jadi tenang dan senyum pun makin mengembang. Selanjutnya bersiaplah cuan akan datang!

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /