Investasi obligasi kini menjadi pilihan yang banyak digemari

Cara Mudah Berinvestasi ORI Lewat Satu Aplikasi

Cara Mudah Berinvestasi ORI Lewat Satu Aplikasi

Investasi obligasi kini menjadi pilihan yang banyak digemari. Terlebih sejak pemerintah gencar mengeluarkan seri obligasi negara dalam bentuk Surat Berharga Negara untuk mendapatkan pendanaan dari publik.

Selain menawarkan yield yang kompetitif, berinvestasi lewat instrumen obligasi negara menjadi pilihan karena lebih aman dibanding obligasi korporasi. Pengembalian uang para investor untuk obligasi pemerintah dijamin oleh undang-undang sehingga risiko gagal bayar menjadi kecil.

Meningkatnya minat publik untuk berinvestasi obligasi pemerintah seperti ORI ini didukung pula dengan semakin terbukanya informasi mengenai cara membeli dan berinvestasi ORI. Apalagi, obligasi adalah pilihan investasi yang bisa dibeli secara terbuka dengan harga mulai Rp 1 juta hingga Rp3 miliar. 

Obligasi Negara Ritel atau ORI adalah obligasi negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui mitra distribusi di pasar perdana dan dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Obligasi Negara Ritel  seri ORI dijual di pasar perdana hanya kepada individu WNI, yang dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku dan tercatat di Dukcapil.

Nantinya, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI akan digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) .Bahkan pada 2020 ini, pemerintah juga mengeluarkan seri obligasi ORI yang digunakan untuk pembiayaan penanganan akibat pandemi Corona atau Covid-19.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh para investor dengan berinvestasi melalui obligasi ORI, antara lain:

  1. Risiko gagal bayar untuk investasi obligasi ORI relatif kecil dan mungkin tidak ada. Pembayaran imbalan atau kupon serta nilai investasi dijamin negara berdasarkan Undang-Undang SUN dan Undang-Undang APBN.
  2. Sangat terbuka peluang untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Pada saat diterbitkan, imbalan berupa kupon ORI ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Selain itu kupon akan diterima dengan bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.
  3. Obligasi ORI yang dibeli di pasar perdana bisa dijual lagi di pasar sekunder sehingga membuka peluang untuk mendapatkan capital gain.
  4. Membeli obligasi ORI di pasar perdana memungkinkan investor mendapatkan harga terbaik. Biasanya tersedia kuota harga beli (bid price) sehingga calon investor bisa memesan terlebih dahulu obligasi yang diincar sebelum masa penjualan perdana dilakukan.
  5. Memiliki obligasi ORI akan memberi keuntungan tambahan karena bisa dijadikan jaminan untuk mendapat pendanaan. Bukti kepemilikan ORI dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain.
  6. Memberi kesempatan masyarakat untuk ikut serta dalam mendukung pembangunan dengan ikut membantu pembiayaan negara. Selain itu kebijakan bahwa pembelian ORI di pasar perdana hanya bisa dibeli oleh WNI dengan menunjukkan KTP akan semakin memperkuat nasionalisme.

Banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan membeli ORI melalui pasar perdana menjadi makin menarik karena pemesanan pembelian obligasi ritel negara ini juga bisa dilakukan secara online lewat program e-SBN. Hanya dengan mengunduh Aplikasi digibank by DBS dan memanfaatkan fitur obligasi negara, kamu sudah bisa memesan ORI sebanyak yang diinginkan dengan modal mulai dari Rp 1 juta. .

Sekarang, pembelian SBN atau Obligasi makin mudah diakses dengan adanya layanan e-SBN. Layanan tersebut memungkinkan kamu untuk memesan, membayar, membuat Single Investor Identification (SID) yang dibutuhkan untuk mulai investasi, mengecek profil risiko, dan menjual surat berharga yang kamu miliki secara online.

Lebih mudah lagi karena proses registrasi dan beli obligasi ORI melalui aplikasi digibank by DBS  bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Kamu tinggal download atau login di Aplikasi digibank by DBS, isi data pribadi, dan selanjutnya bisa lakukan pemesanan SBN.

Oh iya, sebelum melakukan pemesanan obligasi via digibank by DBS, ada baiknya terlebih dahulu melakukan pembukaan rekening. Bila telah memiliki tabungan, maka proses pembelian obligasi akan lebih mudah.

Kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Login ke dalam Aplikasi digibank by DBS di ponselmu.
  • Klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Apabila nomor SID sudah dibuat, kamu akan mendapatkan notifikasi email,
  • Setelah registrasi SID berhasil, kamu bisa masuk lagi ke Aplikasi digibank untuk melihat pilihan produk yang tersedia di bawah menu “Obligasi”

Selanjutnya kamu bisa dengan leluasa melakukan transaksi jual beli obligasi. Oh iya, untuk menambah pengetahuan akan manfaat dan berbagai hal menarik seputar investasi obligasi kamu tinggal memanfaatkan fitur-fitur menarik yang terdapat dalam aplikasi.

Selain membeli obligasi ORI di pasar perdana, kamu juga bisa memanfaatkan fitur secondary bonds yang ada di Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan transaksi obligasi di pasar sekunder.

Terdapat dua jenis seri obligasi yang bisa dibeli di pasar sekunder yaitu obligasi FR dan INDON. Obligasi FR merupakan seri obligasi yang diperdagangkan dengan mata uang rupiah dan dapat dibeli mulai dari Rp1 juta. Sedangkan INDON merupakan seri obligasi yang diperdagangkan dalam mata uang dollar dan dapat dibeli mulai dari USD 1000.

Bila kamu tak sabar untuk berinvestasi obligasi baik ORI maupun obligasi SR dan INDON, kamu hanya perlu menginstall Aplikasi digibank by DBS yang dapat diunduh melalui go.dbs.com/obligasi. Bila sudah menginstalnya kini kamu bisa dengan mudah mulai berinvestasi ORI.

Selamat berinvestasi.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /