Cara Berpikir Lebih Jernih

Cara Berpikir Lebih Jernih

Ini bukanlah sekedar “positive thinking”, tapi bagaimana kita bisa mengendalikan pikiran kita untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Mengendalikan pikiran bukanlah memanipulasi otak kita yang berujung pada hasil yang semu, tapi memusatkan konsentrasi pada hal-hal yang bertujuan membangun diri dan membentuk karakter kita pada akhirnya. Ada banyak cara untuk melatih diri berpikir jernih.

#1 – Clean eating atau detox

Tak semua jenis makanan kita perlukan untuk kelangsungan hidup kita. Dengan memilih jenis dan porsi makanan yang tepat, tubuh kita justru akan menjadi lebih kuat dan bertahan untuk memerangi segala jenis penyakit. Semudah mengganti processed foods seperti sandwich breads menjadi wheat breads, atau nasi putih menjadi nasi merah, bubble tea with sugar menjadi buah potong yang segar. Tubuh kita akan berterimakasih atas perubahan komposisi nutrisi yang dapat lebih mudah diserap.

 

#2 – Berolah raga

Tak terasa ketika kita merasa baik-baik saja, justru itulah saat dimana tubuh kita sangat membutuhkan perhatian. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang terus mengalami perkembangan. Perkembangan ini baru akan terjadi ketika kita terus men-challenge setiap jaringan otot dan sendi secara konstan, disertai dengan makan dan tidur yang cukup.

 

#3 – Meditasi

Memusatkan perhatian pada diri kita sendiri seperti apa adanya, menerima segala kekurangannya dan menepis pikiran negatif dan ‘noise’ yang dapat mengganggu konsentrasi. Melatih diri kita untuk melakukan pernapasan yang baik, menghargai setiap tarikan nafas akan membawa ketentraman dalam pikiran kita.

 

#4 – Beberes rumah

Apalagi di saat WFH begini, dimana rumah kita menjadi tempat kerja kita juga. Tanpa kita sadari, sudut rumah yang dibiarkan berantakan akan mempengaruhi kita secara psikologis. Jadi, hindari rasa cuek dan kecenderungan untuk menghindar dari kewajiban kita mengurus rumah di setiap sudut, agar rumah terjaga tak hanya bersih dan bebas dari penyakit, tapi juga rapih dan menginspirasi banyak ide cemerlang.

 

#5 – Gadget Clean-up

Berapa banyak foto yang tersimpan dalam galeri foto kita dan memakan memory smartphone kita? Berapa banyak yang benar-benar menjadi harta memoir? Atau berapa banyak aplikasi gadget yang kamu miliki di smartphone kamu, tapi gak pernah dipake selama lebih dari 3 bulan? Ini waktunya buat kamu beberes smartphone dan pilih aplikasi mana yang benar-benar memberi nilai untuk hidup yang lebih baik.

 

 

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /