apply kartu kredit
08 Jun 2023

Baca Dulu! Ini Ketentuan Kartu Kredit Sebelum Mengajukan

Ketika kamu hendak apply Kartu Kredit, tentunya akan ada syarat dan juga ketentuan yang perlu dipelajari. Masing-masing lembaga penerbit Kartu Kredit biasanya memiliki ketentuannya sendiri yang sesuai dengan perusahaan mereka.

Untuk itu, ketika kamu berniat untuk membuat Kartu Kredit, kamu perlu memperhatikan tiap-tiap syarat dan ketentuan yang diterapkan di sana. Dengan kamu memahami seluruh ketentuan dari produk tersebut, kamu jadi bisa tahu apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh pemegang Kartu Kredit.

Artikel ini akan mencoba membahas mengenai ketentuan yang umumnya diterapkan dalam penggunaan Kartu Kredit. Selengkapnya mengenai topik pembahasan tersebut akan dijelaskan pada pembahasan berikut!

Sebelum Apply Kartu Kredit, Ketahui 5 Ketentuan Penggunaannya

Saat ini, Kartu Kredit menjadi salah satu alternatif pembayaran yang banyak digemari oleh masyarakat. Tidak hanya itu, Kartu Kredit juga banyak digunakan oleh masyarakat karena menawarkan berbagai keunggulan termasuk salah satunya mempermudah transaksi yang dilakukan.

Bicara soal Kartu Kredit, tentunya alat yang sering digunakan sebagai alternatif ketika melakukan transaksi ini memiliki ketentuan dalam penggunaannya. Apa saja ketentuan yang umumnya ditetapkan pada penggunaan Kartu Kredit? Yuk simak penjelasannya berikut!

●       Ketentuan Usia Pengguna Kartu Kredit

Hal pertama yang biasanya tercantum dalam ketentuan penggunaan Kartu Kredit, yaitu mengenai usia dari penggunanya. Masing-masing produk Kartu Kredit biasanya memiliki batasan usia minimalnya sendiri. Beberapa lembaga penerbit ada yang menjadikan usia 21 tahun hingga 25 tahun sebagai batasan usia minimalnya untuk bisa mengajukan permohonan pembuatan Kartu Kredit ini.

●       Ketentuan Penghasilan Pengguna Kartu Kredit

Selain ketentuan usia, ada juga ketentuan mengenai penghasilan. Oleh karena pemilik Kartu Kredit harus bisa bertanggung jawab atas jumlah tagihannya, maka pengguna Kartu Kredit harus sudah memiliki penghasilan sendiri.

Masing-masing lembaga penerbit memiliki ketentuannya sendiri soal batas penghasilan minimal yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin permohonannya disetujui. Umumnya batas minimal penghasilan supaya pengajuan pembuatan Kartu Kredit ini bisa lolos seleksi, yaitu sebesar Rp10 juta per bulannya.

●       Ketentuan Bunga

Ketentuan bunga yang ditetapkan oleh masing-masing lembaga penerbit Kartu Kredit sangat bervariasi. Sebagai contoh, beberapa lembaga penerbit ada yang menetapkan suku bunga sebesar 1,75% untuk setiap bulannya.

●       Ketentuan Pembayaran Tagihan

Selain itu, ada pula ketentuan yang mengatur soal pembayaran tagihan. Ketentuan ini biasanya menjelaskan mengenai pembayaran tagihan yang dilakukan. Lembaga penerbit biasanya menyediakan pilihan untuk membayar tagihan secara penuh dalam artian lunas dan juga membayar tagihan secara sebagian.

Pembayaran tagihan Kartu Kredit secara sebagian ini akan ditentukan oleh masing-masing lembaga penerbit, seperti misalnya paling minimal 5% dari keseluruhan total tagihan pada bulan itu.

●       Ketentuan Denda Akibat Keterlambatan Pembayaran Tagihan

Kemudian ada juga ketentuan yang menjelaskan tentang denda apabila telat melakukan pembayaran tagihan. Umumnya, lembaga penerbit Kartu Kredit menetapkan denda sebesar 1% dari total tagihan yang dibebankan pada bulan tersebut.

Demikian, itu dia beberapa contoh ketentuan yang biasanya ditetapkan oleh para lembaga penerbit Kartu Kredit dan perlu diketahui oleh para nasabah yang ingin mencoba apply Kartu Kredit.

Manfaat Membaca Ketentuan Penggunaan Kartu Kredit

Setelah mengetahui ketentuan dari penggunaan Kartu Kredit, berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan membaca dan memahami seluruh ketentuan dari produk Kartu Kredit yang ingin kamu ajukan pembuatannya.

Manfaat penting yang bisa dirasakan ketika kamu membaca ketentuan penggunaan Kartu Kredit antara lain, yaitu sebagai berikut:

●       Bisa Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Dengan membaca ketentuan dari penggunaan Kartu Kredit, kamu jadi bisa menggunakan Kartu Kredit secara bijak. Jadi, yuk, sebelum mengajukan permohonan pembuatan Kartu Kredit, pastikan kamu membaca ketentuannya terlebih dahulu.

●       Bisa Menemukan Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhan

Tidak hanya itu, dengan membaca ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga penerbit, kamu jadi bisa menemukan Kartu Kredit yang sesuai sama kebutuhanmu. Membaca ketentuan penggunaan Kartu Kredit bisa membuatmu menilai Kartu Kredit mana yang paling sesuai untukmu.

●       Bisa Mengetahui Konsekuensi dari Penggunaan Kartu Kredit

Setelah memahami ketentuan yang ada, kamu jadi bisa mengetahui tentang konsekuensi dari penggunaan Kartu Kredit. Seperti contoh dari ketentuan di atas, kamu akan mendapatkan konsekuensi denda apabila telat dan menunggak pembayaran tagihan bulanan.

●       Bisa Mengerti Apa yang Sebaiknya Dilakukan dan Dihindari

Ketentuan Kartu Kredit juga biasanya menjelaskan tentang apa yang boleh dilakukan oleh pemegang Kartu Kredit dan apa yang sebaiknya dihindari. Dengan membaca ketentuan tersebut, kamu bisa terhindar dari kerugian.

Itu dia penjelasan soal pentingnya atau manfaat dari membaca ketentuan penggunaan Kartu Kredit. Mengetahui hal ini, ayo biasakan untuk membaca ketentuan yang ditetapkan oleh sebuah perusahan sebelum menyetujui penawarannya!

Poin Penting Pembuatan Kartu Kredit Pertama

Untuk kamu yang baru pertama kali ingin membuat Kartu Kredit, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Supaya tidak keliru dan proses pembuatan Kartu Kredit bisa lancar, berikut ini akan dijelaskan mengenai poin-poin penting yang perlu kamu ketahui saat hendak mengajukan Kartu Kredit pertama kali.

●       Memahami Konsep Kartu Kredit dengan Baik

Poin penting ketika kamu ingin membuat Kartu Kredit untuk pertama kalinya, yaitu kamu perlu memahami konsep dari Kartu Kredit terlebih dahulu. Meskipun seringkali dijadikan sebagai alternatif pembayaran, namun kamu perlu paham bahwa bagaimanapun Kartu Kredit ini merupakan utang yang harus dibayarkan.

Untuk itu, ketika kamu sudah memutuskan untuk membuat Kartu Kredit sendiri, kamu harus bisa bersikap dewasa. Bersikap dewasa ini bukan hanya sekedar angka pada usia melainkan pada kepemilikan sifat tanggung jawab.

Dalam kaitannya dengan penggunaan Kartu Kredit, sikap dewasa ini perlu dimiliki agar kamu punya rasa tanggung jawab untuk membayarkan tiap-tiap tagihan yang ada per bulannya.

Jangan pernah sembarang membuat Kartu Kredit untuk memenuhi kebutuhan konsumtifmu namun enggan membayarkannya. Pasalnya ketika ini dilakukan, bukan hanya riwayat kreditmu yang akan menjadi jelek namun kamu juga bisa mengalami kerugian dari tunggakan tagihan yang tidak dibayarkan.

●       Memastikan Bahwa Riwayat Kreditmu Aman

Poin penting berikutnya yang juga perlu kamu ketahui ketika tertarik untuk membuat Kartu Kredit pertama kali, yaitu kamu perlu memastikan bahwa riwayat kreditmu aman. Aman yang dimaksud ini memiliki artian bahwa kamu tidak memiliki tunggakan tagihan dari pinjaman yang dahulu dilakukan.

Sebab apabila kamu memiliki riwayat atau skor kredit yang jelek, lembaga penerbit Kartu Kredit kemungkinan akan ragu untuk menyetujui pembuatannya, terlebih ketika kamu masuk ke dalam blacklist milik Bank Indonesia (BI).

Namun apabila skor kreditmu bagus, tidak pernah mengalami kredit macet, dan selalu membayarkan tagihan dengan tepat waktu, pihak penerbit bisa dengan mudah menyetujui permohonan pembuatan Kartu Kredit yang kamu ajukan.

●       Memilih Kartu Kredit yang Tepat

Ketika sudah paham tentang konsep dari Kartu Kredit dan yakin bahwa riwayat kreditmu bagus, poin berikutnya yang perlu kamu ketahui saat hendak mengajukan Kartu Kredit, yaitu kamu perlu memilih produk yang tepat.

Saat ini telah ada banyak produk Kartu Kredit yang dipilih, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Untuk kamu yang hobi belanja, kamu bisa memilih produk Kartu Kredit yang menawarkan banyak keuntungan seperti akses yang luas hingga penawaran banyak promo, bebas iuran tahunan, dan sebagainya.

Agar bisa menemukan Kartu Kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu perlu banyak-banyak riset dan membaca masing-masing ketentuan yang ditetapkannya.

●       Melengkapi Persyaratan yang Ditentukan

Begitu sudah menemukan produk Kartu Kredit yang tepat, untuk mengajukannya, kamu perlu mencari tahu persyaratan apa saja yang diperlukan. Biasanya, informasi mengenai persyaratan pembuatan Kartu Kredit ini bisa ditemukan di laman resmi dari produk Kartu Kredit tersebut.

Beberapa contoh dokumen penting yang biasanya diperlukan sebagai syarat pembuatan Kartu Kredit ini antara lain kartu identitas hingga slip gaji. Meskipun demikian, kamu juga tetap harus menyiapkan dokumen lainnya untuk berjaga-jaga apabila diperlukan.

●       Mengisi Formulir yang Disediakan

Begitu syarat sudah lengkap, kamu bisa melanjutkan pembuatan Kartu Kredit dengan mengisi formulir yang disediakan. Dalam pengisian formulir, pastikan bahwa kamu mengisi data dengan benar. Periksa dengan teliti tiap-tiap kolom data sebelum dikirimkan agar terhindar dari kesalahan data.

Itulah beberapa poin penjelasan yang penting untuk kamu ketahui terkait pengajuan Kartu Kredit Online, terutama untuk pemula. Apabila kamu tertarik untuk memiliki Kartu Kredit, salah satu rekomendasi produk yang bisa kamu pilih untuk mengatur keuangan dan membeli beragam kebutuhan, yaitu Kartu Kredit Digital digibank yang merupakan Kartu Kredit Digital pertama di Indonesia!

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam dan berniat untuk apply Kartu Kredit tersebut, kamu bisa mendapatkan informasinya dengan mengunjungi tautan berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/kartu/kartu-digibank/digibank-digital-kredit-card.