Apa keuntungan dari punya tabungan hanya bunga tabungan?

Apa keuntungan dari punya tabungan hanya bunga tabungan?

Kamu sudah punya tabungan? Kalau sudah, selamat! Kamu selangkah lebih maju dari rata-rata orang di Indonesia. Buat kamu yang belum punya tabungan, ayo mulai dari sekarang kamu pertimbangakan untuk mulai menabung. Upgrade diri kamu biar makin dekat dengan kebebasan finansial

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, “tabungan itu bukannya rekening, yah?” atau “tabungan itu untuk apa ya?” Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, kamu harus paham kalau Tabungan dan Simpanan itu ternyata beda, loh. Banyak dari kamu yang beranggapan kalau tabungan itu adalah uang yang disimpan di rekening bank. Padahal, ada perbedaan yang sangat jauh antara tabungan dengan simpanan. Yang paling mendasar adalah cara pengelolaan uang yang ada dalam rekening tabungan dan rekening simpanan. Rekening simpanan itu bisa kamu ibaratkan rekening dimana kamu melakukan kegiatan perbankan harian. Misalnya untuk tujuan transfer gaji, atau penarikan ATM untuk belanja bulanan. Sementara rekening Tabungan itu memang ditujukan sebagai tempat khusus untuk kamu menyisihkan pendapat kamu demi tujuan jangka panjang. Misalnya untuk dana darurat, persiapan liburan, untuk beli barang yang kamu inginkan, dan berbagai rencana kamu di tahun-tahun berikutnya

“Terus apa aja yang bisa didapatkan dari menabung?”

Kondisi arus keuangan kamu jadi makin sehat

Manfaat paling utama dari menabung adalah kamu bakal punya perencanaan keuangan. Soalnya, kalau kamu sudah memasukkan menabung dalam pos anggaran bulanan kamu, kamu bakal bisa menentukan skala prioritas pos mana saja yang harus dipenuhi dan bisa dihemat. Kamu bakal lebih aware tentang pengeluaran dan pemasukan kamu. Kalau misalnya kamu kepikiran mau hangout di cafe langganan kamu, kamu pasti punya pertimbangan apakah uang ini lebih baik ditabung, atau dipakai nongkrong. Secara tidak sadar, kamu sudah menerapkan manajemen keuangan di setiap keputusan pembelian kamu. Kalau kamu sudah punya mindset manajemen keuangan, dijamin arus pemasukan dan pengeluaran kamu jadi makin sehat dan efisien. 

Mending Menabung atau Investasi ?

“Why not both?” Tabungan dan Investasi sama-sama membantu kamu untuk mencapai kebebasan finansial. Yang harus kamu pahami adalah tabungan itu bersifat liquid, sementara investasi itu tidak. Jadi ada baiknya kamu punya pos tabungan dan investasi yang sejalan. Tabungan dibutuhkan biar kamu bisa punya uang tunai yang siap dipakai kalau keadaan terdesak. Sementara investasi juga kamu butuhkan untuk mendapatkan passive income, dan menjaga uang kamu agar tidak termakan laju inflasi. Jangan lupa juga kalau tabungan adalah salah satu dari risk management dalam investasi, loh.  Lebih oke lagi kalau ternyata tabungan kamu juga didukung oleh aplikasi investasi terbaik seperti Aplikasi digibank by DBS. Ada banyak kemudahan yang bisa membantu kamu untuk memulai memisahkan rekening. Kenapa harus digibank by DBS? Soalnya ada beberapa kemudahan yang bisa membuat kamu lebih nyaman menabung di aplikasi investasi terbaik ini:

  • Buka rekening tanpa harus pergi ke bank. Kamu gak perlu repot repot antri ke bank. Kamu bisa buka tabungan online!
  • Cuma perlu E-KTP dan sidik jari untuk verifikasi. Gak usah repot-repot mengisi dokumen yang berlembar-lembar.
  • Bebas biaya transfer ke mana aja dan tarik tunai di ATM mana aja.

Tabungan siap digunakan kalau kamu ada dalam posisi terdesak.

Lebih jauh tentang kondisi darurat, suatu saat kamu pasti membutuhkan uang tunai untuk menghadapi keadaan yang terjadi diluar kuasa kita. Contohnya kamu tiba-tiba jatuh sakit. Atau kena PHK. Dengan punya tabungan, kamu bisa menghadapi kondisi tersebut tanpa perlu berhutang. Dengan uang yang kamu sisihkan setiap bulannya, nanti suatu saat  pasti bakal bisa menolong kamu.

Kamu bisa dapat uang tambahan dari keuntungan bunga tabungan.

Selain bisa membantu kamu merencanakan keuangan, Tabungan juga bisa membuat kamu mendapatkan pendapatan extra, loh. Meskipun memang bunga tabungan tidak sebesar deposito, menabung di rekening bank masih lebih baik dibandingkan kalau kamu cuma menabung di rumah atau brankas. Memang tujuan menabung untuk mengumpulkan uang, tetapi kalau uang kamu bisa bertambah lebih banyak dibandingkan yang ditabung, gak ada salahnya, kan?

Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat menabung? Makanya , kalau kamu belum punya tabungan, ayo langsung buka rekening sekarang juga. Pada saat pertama kali mau membuka tabungan, kamu pasti punya pertanyaan “ kira-kira berapa yah jumlah tabungan yang harus dikumpulkan?”. Kalau kita berbicara angka, setiap orang pasti punya kemampuan finansial yang berbeda-beda. Menabung harus disesuaikan dengan kemampuan kamu, biar kegiatan menabung bukan malah menjadi beban. Yang ada malah nantinya kamu bakal lupa dan malas untuk menabung. Salah satu langkah awal yang bisa kamu jalankan untuk memulai menabung adalah kamu harus memahami betul apa saja sumber- sumber pemasukan, pengeluaran, dan aset yang kamu miliki. Gaji bulanan kamu, uang hasil kerja sampingan, hasil investasi, sampai menang hadiah undian juga harus mulai kamu masukkan ke dalam jumlah pemasukan kamu. Jadi, kamu punya angka real yang nantinya bakal dipisah-pisah sesuai dengan pengeluaran.

Setelah, itu, kamu bisa mulai menentukan berapa jumlah uang yang harus disisihkan untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Kalau bisa, kamu harus punya beberapa rekening   tabungan yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalkan ada rekening khusus untuk transfer gaji, rekening untuk pengeluaran belanja bulanan, rekening untuk uang cash pegangan, rekening tabungan, rekening investasi, dan yang lain-lain,  yang sesuai dengan pola pengeluaran kamu. Punya rekening yang terpisah sesuai pengeluaran juga membuat kamu makin gampang untuk memantau alur keluar masuk uang.

Langkah selanjutnya adalah kamu juga harus punya target angka setoran tabungan per bulan. Umumnya, 10% dari total pemasukan kamu harus bisa masuk dalam rekening tabungan. Nilai ini bisa mencapai 30%-40% buat kamu yang masih single, karena kamu masih belum punya tanggungan keluarga.kalau merasa 10 % itu terlalu besar buat awal kamu menabung, kamu bisa mulai dari nominal yang kecil dulu. Tetapi dengan catatan, angka setoran kamu harus terus bertambah setiap bulannya. Jangan malah jadi lebih kecil. Usahakan pertumbuhannya konsisten sampai nilainya mencapai target 10%. Kalau kamu sudah berhasil mencapai  target 10%, dengan sendirinya nanti kamu pasti akan menaikkan target setoran bulanan kamu. Kuncinya cuma konsisten dan disiplin. Kalau sudah terbiasa, pasti nanti kamu bakal scale up tabungan kamu dengan sendirinya.

Ternyata banyak banget, kan,  manfaat dari punya tabungan. Gak sekedar soal bunga tabungan doang. Tabungan juga bisa menentukan nasib kamu kedepannya. Perencanaan keuangan yang baik selalu dimulai dari kebiasaan menabung. Nanti kalau kamu sudah terbiasa menabung, kamu bakal lebih gampang buat belajar investasi. Soalnya tabungan dan investasi itu dua modal utama buat kamu bisa bisa hidup tenang di masa depan. Jangan lupa, digibank by DBS siap membantu kamu baik dari sisi tabungan, sampai menyediakan aplikasi investasi terbaik.


Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /