Enggak Perlu Pusing, Begini Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri
03 Apr 2020

Mengenal Transfer Valas dari Aplikasi digibank by DBS

Enggak Perlu Pusing, Begini Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

Urusan kirim-mengirim uang ke luar negeri memang suka bikin deg-degan, apalagi jika dana yang ingin dikirimkan adalah suatu hal yang mendesak, seperti untuk kebutuhan studi anak di luar negeri, misalnya.

Kebutuhan-kebutuhan semacam ini tentu tak bisa menunggu lama. Memilih layanan perbankan secara acak berisiko menimbulkan beberapa masalah, seperti mekanisme transfer uang yang berbelit-belit, dana yang dikirimkan tidak bisa diterima secara cepat, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui layanan kirim uang ke luar negeri yang aman, cepat, dan juga mudah, agar proses studi anak di luar negeri dapat berjalan secara lancar. Misalnya, seperti menggunakan fasilitas Transfer Valas (Valuta Asing) dari Aplikasi digibank by DBS.

Mengenal Transfer Valas dari Aplikasi digibank by DBS

Transfer valas adalah sebuah fitur yang tersedia pada Aplikasi digibank by DBS. Fitur ini berguna bagi para nasabah digibank by DBS yang ingin mengirimkan sejumlah dana dalam bentuk mata uang asing (remittance) untuk penerima di dalam ataupun luar negeri.

Tersedia dua jenis layanan yang bisa kamu pilih pada saat menggunakan fitur transfer valas, yakni:

1. Layanan Transfer Valas Bebas Biaya


Seperti namanya, layanan Transfer Valas Bebas Biaya memungkinkanmu untuk melakukan transaksi luar negeri (transfer uang) tanpa dikenakan biaya administrasi.

Selain itu, layanan ini juga menjanjikan waktu pengiriman dan terima uang dalam hari yang sama untuk beberapa negara melalui sistem internal Bank DBS Indonesia menggunakan mata uang negara tujuan pengiriman, seperti USD ke Amerika Serikat, SGD ke Singapura, AUD ke Australia, dan lain-lain.

2. Layanan Transfer Valas Reguler


Berbeda dengan sebelumnya, layanan Transfer Valas Reguler dilakukan dengan menggunakan sistem SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

SWIFT sendiri adalah sistem perbankan internasional yang digunakan untuk mengirim, serta menerima informasi berkaitan dengan transaksi keuangan dengan menggunakan standar keamanan dan lingkungan yang bisa diandalkan. Itu sebabnya, kamu tidak perlu ragu ketika menggunakan layanan yang satu ini.

Layanan Transfer Valas Reguler sendiri dapat dimanfaatkan apabila kebutuhan pengiriman mata uang asing tersebut di luar jalur layanan Transfer Valas Bebas Biaya. Mata uang yang bisa dikirim menggunakan layanan ini, di antaranya USD, SGD, JPY, THB, HKD, AUD, NZD, EUR, GBP, SEK, CHF, dan CAD.

Kelebihan Transfer Valas dari Aplikasi digibank by DBS

Setelah membaca penjabaran di atas, kamu sudah tidak ragu lagikan menggunakan layanan transfer valas dari aplikasi digibank by DBS dalam memenuhi kebutuhan studi anak di luar negeri?

Nah, agar kamu semakin yakin menggunakan layanan yang satu ini, berikut beberapa keunggulan layanan transfer valas dari aplikasi digibank by DBS dibandingkan layanan transfer valas bank lainnya, seperti:

1. Akses 24 Jam Tanpa Harus ke Cabang

Ya, perbedaan yang paling menonjol dari layanan digibank transfer valas adalah kamu tak perlu buang-buang waktu untuk datang ke kantor cabang, sebab aktivitas transfer valas tersebut dapat dilakukan melalui genggaman tangan lewat aplikasi digibank by DBS.

2. Gratis Biaya Pengiriman ke Lebih 20 negara

Seperti yang telah disebutkan, dengan layanan Transfer Valas Gratis Biaya kamu dimungkinkan untuk melakukan pengiriman uang ke lebih dari 20 negara, dengan 7 mata uang (USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP) tanpa dikenakan biaya transfer sepeserpun, lho.

3. FX Rate Juara dan Terkini

Apapun jenis layanan transfer valas yang kamu pilih, pihak digibank menjanjikan sebuah layanan yang menguntungkan. Oleh sebab itu, layanan ini akan diberikan dengan nilai tukar terkini dan kompetitif.

4. Waktu Pengiriman dan Terima di Hari yang Sama

Jika kamu mentransfer hari ini, maka dana dapat diterima dalam waktu 1x24 jam. Dengan catatan, pengiriman uang tersebut harus dilakukan sebelum batas waktu mata uang berakhir ya.

Selain itu, keunggulan yang dimiliki oleh layanan yang satu ini adalah cara kerjanya yang simpel. Sehingga, kamu tidak perlu repot dan kebingungan pada saat menggunakan aplikasi digibank by DBS, seperti:

  • Buka aplikasi digibank by DBS, lalu klik menu ‘Transfer’ dan pilih ‘Transfer Valas’;
  • Setelah itu, klik ‘Tambah Penerima’ lalu ikuti petunjuk selanjutnya;
  • Jangan lupa pilih negara yang dituju;
  • Pilih pula mata uang pengiriman;
  • Pilih bank dan masukkan detail pengiriman kamu; serta
  • Masukkan nominal dana yang akan dikirim, dan transaksi selesai setelah kamu klik tombil ‘Lanjut’.

Mudah sekali bukan cara penggunaannya? Semoga ulasan di atas bermanfaat, selamat mencoba!